cover
Contact Name
M. Rudi Irwansyah
Contact Email
rudi.irwansyah@undiksha.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.ekuitas@undiksha.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi
ISSN : 23546107     EISSN : 25492292     DOI : -
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi offers original articles on economics education. The journal is aimed at publishing and disseminating the results of researches and studies on economics education conducted by researchers, teachers, and practitioners of economic education.
Arjuna Subject : -
Articles 81 Documents
Pengaruh Pemahaman Akuntansi, Kompetensi Sumber Daya Manusia, Pengalaman Kerja, dan Peran Internal Audit Terhadap Kualitas Laporan Keuangan pada SKPD Kabupaten Bangli Wirawan, Dewa Gede Candra
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 4, No 2 (2016)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.364 KB) | DOI: 10.23887/ekuitas.v4i2.12790

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris pengaruh pemahaman akuntansi, kompetensi sumber daya manusia, pengalaman kerja, dan peran internal audit terhadap kualitas laporan keuangan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner dan diukur dengan menggunakan skala likert. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan judgement sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kasubag keuangan dan staf akuntansi pada masing-masing SKPD Kabupaten Bangli, sehingga jumlah responden sebanyak 64 orang dari 32 SKPD yang terdapat di Kabupaten Bangli. Setiap SKPD terdiri dari dua responden. Kuesioner yang di sebar sebanyak 64 kuesioner dan yang kembali sebanyak 64 kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji regresi linier berganda. Data dianalisis dengan menggunakan software SPSS versi 19.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemahaman akuntansi terhadap kualitas laporan keuangan, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi sumber daya manusia terhadap kualitas laporan keuangan, (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengalaman kerja terhadap kualitas laporan keuangan, dan (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara peran internal audit terhadap kualitas laporan keuangan. Kata Kunci: pemahaman akuntansi, sistem informasi akuntansi keuangan daerah, pengalaman kerja, internal audit, kualitas laporan keuangan
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN KREDIT MACET PADA LEMBAGA PERKREDITAN DESA (LPD) DI KECAMATAN X Irwansyah, M. Rudi; Dharmayasa, I Putu Arya
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.808 KB) | DOI: 10.23887/ekuitas.v6i1.14240

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan deskriptif mengenai kredit macet, faktor-faktor yang menyebabkan kredit macet, dan faktor yang paling dominan menyebabkan kredit macet pada LPD di Kecamatan X. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan jenis atau bentuk penelitian verifikasi dengan metode survei. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan faktor.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kredit macet pada LPD di Kecamatan X mengalami kenaikan dari Tahun 2014 sampai tahun 2016 dengan rata-rata kenaikan 488,27% pada tahun 2008 dan 19,80% pada tahun 2016, (2) Faktor-faktor yang menyebabkan kredit macet pada LPD di Kecamatan X adalah faktor Intern yang terdiri dari kelemahan administrasi dan kelemahan kualitas sumber daya manusia serta faktor ekstern yaitu faktor debitur, (3) Faktor yang paling dominan menyebabkan kredit macet adalah kelemahan dalam dokumentasi kredit merupakan faktor intern yang paling dominan menyebabkan kredit macet dan kecerobohan debitur merupakan faktor ekstern yang paling dominan menyebabkan kredit macet pada LPD di Kecamatan X
ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT DALAM MENGGUNAKAN JASA KOPERASI KREDIT KUBU GUNUNG TEGALJAYA DI DESA PANCASARI Irwansyah, M. Rudi
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (172.608 KB) | DOI: 10.23887/ekuitas.v4i1.15562

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor – faktor yang mempengaruhi minat masyarakat dalam menggunakan jasa koperasi kredit kubu gunung tegaljaya di desa pancasari. Subjek penelitian ini adalah koperasi kredit Kubu Gunung Tegaljaya sedangkan objek penelitian adalah Tingkat Suku Bunga (X1), Promosi (X2), Kepuasan Anggota (X3), SHU (X4), Kinerja Karyawan (X5) dan Minat Masyarakat (Y). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kausal yang digunakan untuk memperoleh temuan yang teruji mengenai Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Dalam Menggunakan Jasa Koperasi Kredit Kubu Gunung Tegaljaya Di Desa Pancasari. Hasil penelitian menunjukan bahwa Tingkat Suku Bunga (X1) dengan nilai signifikansi 0.009 < 0.01, Promosi (X2) dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.01, Kepuasan Anggota (X3) dengan nilai signifikansi 0.002 < 0.01, Sisa Hasil Usaha (X4) dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.01, Kinerja Karyawan (X5) dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.01.
PERSEPSI TAMU TERHADAP PELAYANAN HOTEL NAYA GAWANA RESORT AND SPA Dewi, Desak Komang Selly Sutrisna
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.513 KB) | DOI: 10.23887/ekuitas.v5i1.15567

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi tamu terhadap pelayanan Hotel Naya Gawana Resort and Spa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi penelitian ini adalah tamu Hotel Naya Gawana Resort and Spa. Sampel ditentukan sebanyak 100 orang yang diambil dengan menggunakan teknik incidental sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi tamu terhadap pelayanan Hotel Naya Gawana Resort and Spa ditinjau dari dimensi motivasi dikategorikan sangat setuju dengan total skor sebesar 1.802 yang berada antara 1.680 - 2.000. Persepsi tamu terhadap pelayanan Hotel Naya Gawana Resort and Spa ditinjau dari dimensi harapan dikategorikan sangat setuju dengan total skor sebesar 2.734 yang berada antara 2.520 - 3.000. Persepsi tamu terhadap pelayanan Hotel Naya Gawana Resort and Spa ditinjau dari dimensi lingkungan dikategorikan sangat setuju dengan total skor sebesar 4.090 yang berada antara 3.780 - 4.500. Persepsi tamu terhadap pelayanan Hotel Naya Gawana Resort and Spa ditinjau dari dimensi kedekatan dikategorikan sangat setuju dengan total skor sebesar 2.183 yang berada antara 2.100 - 2.500. Persepsi tamu terhadap pelayanan Hotel Naya Gawana Resort and Spa ditinjau dari dimensi suasana hati dikategorikan sangat setuju dengan total skor sebesar 1.337 yang berada antara 1.260 - 1.500.
Model Pendidikan "PATRIOT" Untuk MEnumbuhkan Budaya Kewirausahaan di PErguruan tinggi Suharsono, Naswan
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.659 KB) | DOI: 10.23887/ekuitas.v1i1.9022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan suatu alternatif model Pendidikan Kewirausahaan secara terpadu dari teori ke aplikasi. Keterpaduan dimulai dari penguasaan pengetahuan teoritik, mempraktikkan di lapangan, dan mengkaji secara ilmiah fenomena tumbuhkembangnya budaya kewirausahaan itu di kelangan mahasiswa. Rekayasa model itu dilakukan dengan menyusunan prototipa perangkat pembelajaran berdasarkan model teoritik PATRIOT, kemudian menawarkannya kepada mahasiswa melalui bidang pendidikan, pengabdian, dan penelitian secara bertahap. Adapun kompetensi sasaran akhir yang ingin dicapai adalah terbentuknya kemampuan melakukan tindakan usaha (TUsaha) sesuai bidang keilmuan dan minat mahasiswa. Perangkat pembelajaran yang diperkukan sebagai pendukung terdiri dari bahan ajar kewirausahaan (BA-KWU), standar operasional praktek kerja lapangan (SO-PKL), standar operasional kuliah kerja lapangan (SO-KKL), dan standar operasional penelitian karya akhir (SO-PKA) yang diformat dalam satu Buku Panduan Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan di Perguruan Tinggi (P3-BKPT). Keempat komponen itu merupakan instrumental input yang harus diuji-empirik ke mahasiswa, dosen, dan praktisi untuk mendapatkan data sinergi kinerja antar komponen dan pola manajemennya.
Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan Perilaku Belajar Sebagai Pemoderasi Dewi, Ni Nyoman Sri Rahayu Trisna; Yogantara, Komang Krishna
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.698 KB) | DOI: 10.23887/ekuitas.v5i2.12754

Abstract

Mahasiswa diharapkan tidak hanya memiliki kemampuan dan pengetahuan di bidang akuntansi tetapi juga kemampuan lain yang diperlukan untuk berkarier, yaitu kecerdasaan emosional. Mahasiswa yang memiliki kecerdasan emosional yang baik juga perlu menerapkan perilaku belajar yang baik. Perilaku belajar yang baik akan mampu meningkatkan kecerdasan emosional yang dimiliki oleh mahasiswa untuk dapat memahami mata kuliah yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional pada tingkat pemahaman akuntansi dengan perilaku belajar sebagai pemoderasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah moderated regression analysis. Sampel dalam penelitian ini dipilih berdasarkan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh positif pada tingkat pemahaman akuntansi serta perilaku belajar memoderasi pengaruh kecerdasan emosional pada tingkat pemahaman akuntansi.Kata kunci: pemahaman akuntansi
Pengembangan Skenario Problem Based Learning (PBL) dalam Mata Pelajaran Ekonomi SMA Hidayati, Syafaátul
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.161 KB) | DOI: 10.23887/ekuitas.v1i1.12759

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan umum yaitu mengembangkan skenario Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Design Based Research (DBR) dan secara rinci tujuan penelitian dan pengembangan ini, sebagai berikut: (1) mengidentifikasi permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran ekonomi selama ini; (2) merumuskan skenario pembelajaran dengan berkolaborasi bersama tim ahli; (3) menyusun desain dan pengembangan prototipe skenario Problem Based Learning (PBL) dalam mata pelajaran ekonomi, sehingga dapat mewadahi empat tujuan dari mata pelajaran ekonomi; (4) melakukan uji coba skenario Problem Based Learning (PBL), sehingga dapat mewadahi empat tujuan dari mata pelajaran ekonomi; dan (5) mengkomunikasikan hasil uji coba skenario Problem Based Learning (PBL) kepada guru dan siswa. Secara umum penerapan penelitian berbasis desain menggunakan metode yang sistematis namun fleksibel yang bertujuan untuk meningkatkan praktik-praktik pendidikan melalui analisis iterative, desain, pengembangan dan implementasi, berdasarkan kolaborasi antara peneliti dan praktisi secara nyata tanpa adanya rekayasa. Kata kunci : Skenario Pembelajaran, Problem Based Learning (PBL).
Implementasi Model Pembelajaran Arias (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar dalam Mata Kuliah Dasar-Dasar Akuntansi dada Mahasiswa Program S1 KKT Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha Tahun 2012 Meitriana, Made Ary; Indrayani, Luh
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.406 KB) | DOI: 10.23887/ekuitas.v1i1.12764

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan aktivitas belajar siswa, 2) meningkatkan hasil belajar siswa, dan 3) mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran ARIAS pada mahasiswa Program S1 KKT Jurusan Pendidikan Ekonomi tahun 2012 yang berjumlah 25 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) penerapan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan aktivitas belajar, 2) Penerapan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan hasil belajar siswa, 3) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran ARIAS berada pada kategori respon sangat  positif Kata kunci: model pembelajaran ARIAS, aktivitas belajar, hasil belajar, dan respon mahasiswa
Efektivitas Penerapan SIA Berbasis Komputer dengan Pendekatan DBMS pada KSP Asri Sari Utama Mandiri Santi, Ni wayan Ayu
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.24 KB) | DOI: 10.23887/ekuitas.v3i1.12769

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)  penerapan sistem informasi akuntansi (SIA) berbasis komputer dengan pendekatan database management system  (DBMS)  pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Asri Sari Utama Mandiri, dan (2) efektivitas penerapan SIA berbasis komputer dengan pendekatan DBMS pada KSP Asri Sari Utama Mandiri. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, kuisioner dan dokumentasi, yang selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan penerapan SIA berbasis komputer dengan pendekatan DBMS pada KSP Asri Sari Utama Mandiri terdiri dari tiga proses yaitu input, proses pada DBMS, dan output dan (2) efektivitas penerapan SIA berbasis komputer dengan pendekatan DBMS pada KSP Asri Sari Utama Mandiri yang diukur melalui enam indikator yaitu independensi data, standarisasi data, integrasi data, waktu, keamanan data  dan variasi  laporan                                                            berada pada kriteria efektif. Hal ini  dapat  dilihat dari perolehan masing-masing indikator, yaitu berdasarkan indikator independensi data dengan kriteria efektif (288), indikator standarisasi data dengan kriteria efektif (249), indikator integrasi data dengan kriteria efektif (314), indikator waktu dengan kriteria efektif (312), indikator keamanan data dengan kriteria efektif (260), dan indikator variasi laporan dengan kriteria sangat efektif (266). Kata kunci: DBMS, efektivitas, dan SIA
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IS SMA N 1 Singaraja Kabupaten Buleleng Pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2013/ 2014 Saputra, Agus Dita
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.983 KB) | DOI: 10.23887/ekuitas.v2i1.12774

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Singaraja tahun pelajaran 2013/ 2014. Penelitian ini akan dilaksanakan dalam pola siklus. Artinya siklus selanjutnya akan ditentukan berdasarkan siklus sebelumnya, sampai diperoleh hasil yang diharapkan. Penelitian ini direncanakan akan dilaksanakan dalam beberapa siklus, tiap siklus akan dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Pertemuan pertama, kedua, dan ke tiga untuk pembahasan materi, sedangkan pertemuan ke empat untuk pemberian tes evaluasi dan refleksi.Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT)  dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IS SMA N 1 Singaraja pada semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar ekonomi yaitu Pada siklus I ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 33,33% dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 67,22, sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa sudah mencapai 91,70% rata-rata hasil belajar siswa sebesar 90,22. Dari siklus I hingga siklus II ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 58,37%. Kata kunci: Kooperatif, Numbered Head Together (NHT)