cover
Contact Name
Abdul Gani Haji
Contact Email
aganihaji@unsyiah.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jpsi@unsyiah.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. aceh besar,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia
ISSN : 23384379     EISSN : 2615840X     DOI : -
Core Subject : Education,
The Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) abbreviated JPSI was published at 2013 by the Pendidikan IPA Studies Program, Postgraduate of Syiah Kuala University. At 2016, the JPSI was published collaborate between Pendidikan IPA Studies Program, Postgraduate of Syiah Kuala University with Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (Indonesian Society for Science educator) abbreviated PPII through the Manuscript of Cooperation Agreement No. 07/PPII/J/2016, 23 April 2016. The articles was published by JPSI related to natural science and natural science education. The science that are intended is articles related to Physics education, chemistry education, and biology education. The article of natural science that are published at JPSI if the contents related to education and learning of Physics, Chemistry, and Biology. The article was published at April and October for every year.
Arjuna Subject : -
Articles 195 Documents
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Berbasis Home Experiment Pada Materi Koloid Sanita, Nina; Khaldun, Ibnu; A.R, Djailani
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol 1, No 1 (2013): OKTOBER 2013
Publisher : Program Pascasarjana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (89.682 KB)

Abstract

Studi ini untuk menentukan efektivitas penggunaan model koorperatif learning NHT home experimentuntuk memahami konsep dan ketrampilan sains siswa pada materi proses koloid. Penelitian denganmetode eksperimen dilakukan dalam kelas XI-IA2 dan XI-IA3 pada SMA Negeri 11 Banda Acehsemester kedua tahun akademik 2012/2013. Data dikumpulkan dengan menggunakan pretes danpostes untuk pemahaman dan ketrampilan proses sains, lembar aktivitas guru dan siswa, dan angketuntuk mengentahui respon siswa terhadap pelaksanaan model pelajaran yang dilakukan.
Metode Pembelajaran Eksperimen Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Generik Sains Siswa SMA Darmawan, Jon; Halim, A; Nur, Syahrun
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol 1, No 1 (2013): OKTOBER 2013
Publisher : Program Pascasarjana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1263.092 KB)

Abstract

Pelaksanaan penelitian menggunakan metode the matching-only pretest-posttest control group pada siswa SMA kelas XI. Data dikumpulkan dengan menggunakan ujian pre dan pos terkait dengan pemahaman dan ketrampilan generic sains dan juga menggunakan angket untuk mengetahui responsiswa terhadap penggunaan metode inkuiri.
Pengembangan Kemampuan Multimodal Materi Pengajaran Kinematika untuk Meningkatkan Representatif Calon Guru Fisika Sabdin, Abdul Karim; Yusrizal, Dr.; Ilyas, Suhrawardi
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol 1, No 1 (2013): OKTOBER 2013
Publisher : Program Pascasarjana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.936 KB)

Abstract

Tujuan kajian ini adalah mengembangkan materi kinematika yang dapat digunakan untukmeningkatkan kemampuan mahasiswa (calon guru) dalam mempresentasikan multijudul fisika padafakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Pelaksanaan penelitian menggunakan metode deskriptif danevaluatif. Metode deskriptif digunakan untuk mendapatkan data dan informasi awal tentang kondisiyang ada. Sedangkan metode evaluatif digunakan untuk mengevaluasi pengembangan materipembelajaran. Material pembelajaran dikembangkan melalui penggunaan sedereta uji coba danmasing-masing uji coba dievaluasi aktivitasnya, yaitu terkait dengan proses dan hasil kegiatan.
Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Home Experiment Agustina, Maya; ,, Adlim; ,, Yusrizal
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol 1, No 1 (2013): OKTOBER 2013
Publisher : Program Pascasarjana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (101.25 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains dan motivasi belajarsiswa dengan penerapan home experiment. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen kausalkomparatif dengan Randomized Subject, Pretest, Posttest Control Group Design.
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SENYAWA HIDROKARBON DAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMAN 1 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR ., Murhamatillah; Hasan, M; Khaldun, Ibnu
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol 1, No 1 (2013): OKTOBER 2013
Publisher : Program Pascasarjana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1294.704 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji coba penggunaan model learning cycle 5E pada konsepsenyawa hidrokarbon untuk mendapatkan gambaran efektivitasnya dalam meningkatkan pemahamankonsep dan keterampilan berpikir kritis siswa SMA, Tanggapan siswa dan guru terhadap modellearning cycle 5E positif. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dan deskriptifdengan desain The Randomized Pretest-Posttest Control Group Design yang dilaksanakan di kelas Xdi SMA Negeri 1 Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar pada tahun pelajaran 2012/2013.
Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Materi Titrasi Asam Basa Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Mahasiswa zakiyah, Hayatuz; ,, Adlim; Halim, A.
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol 1, No 1 (2013): OKTOBER 2013
Publisher : Program Pascasarjana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (127.823 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan studi pra-eksperimen melalui one group pretest-posttest design Tujuanpenelitian untuk melihat bagaimana aktivitas kelompok mahasiswa, apakah ada peningkatanketerampilan generik sains, dan bagaimana respon mahasiswa terhadap penerapan model PBL.
Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Generik Sains Siswa SMP Mayasari, Putri; Halim, A.; Ilyas, Suhrawardi
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol 1, No 1 (2013): OKTOBER 2013
Publisher : Program Pascasarjana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (903.884 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran Problem Solving Kreatif (PSK) dalampembelajaran konsep tekanan. Tujuan penelitian adalah untuk melihat efektivitas penggunaanmodel penyelesaian masalah kreatif dan juga untuk meningkat pemahaman konsep danketrampilan generic sains pada konsep tekanan siswa Sekolah Menengah Atas. Pelaksamaampenelitian menggunakan metode penelitian “the matching-only pretest-posttest control group”.Penelitian dilakukan pada kelas VIII siswa Sekolah Menengah Pertama tahun ajaran 2012/2013.
Upaya Mengatasi Miskonsepsi Siswa Melalui Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) Berbasis Simulasi Komputer pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis Saputra, Hendri; Halim, A; Khaldun, Ibnu
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol 1, No 1 (2013): OKTOBER 2013
Publisher : Program Pascasarjana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.789 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana model pembelajaran CLIS berbasis SimulasiKomputer dapat mengurangi kuantitas miskonsepsi siswa pada pembelajaran listrik dinamis.Pembelajaran CLIS berbasis Simulasi komputer dilakukan dengan pengerjaan LKS praktikum listrikdinamis yang dikerjakan dengan menggunakan bantuan software Phet Circuit Construction Kit DCOnly
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERORIENTASI NILAI ISLAMI PADA MATERI HIDROLISIS GARAM Munandar, Haris; Yusrizal, Yusrizal; Mustanir, Mustanir
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol 3, No 1 (2015): April 2015
Publisher : Program Pascasarjana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (146.287 KB)

Abstract

pendidikan karakter di sekolah memerlukan pemahaman tentang konsep, teori, metodologi dan aplikasi yang relevan dengan pembentukan karakter dan pendidikan karakter. LKPD diyakini juga berkontribusi dalam pembentukan karakter peserta didik. LKPD konvensional hanya berorientasi pada pemahaman ilmu kimia. Sementara LKPD yang diperkaya dengan integrasi nilai Islami dihasilkan LKPD modifikasi atau disebut dengan LKPD berorientasi nilai Islami. LKPD ini diterapkan pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 11 Banda Aceh pada materi hidrolisis garam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep dan karakter peserta didik dengan menggunakan LKPD berorientasi nilai dan juga untuk mengetahui respon peserta didik selama menggunakan LKPD berorientasi nilai Islami pada materi hidrolisis garam. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan menggunakan model ADDIE. Desain penelitian ini menggunakan desain eksperimen One Group Pretes-Postes Design. Data pretes dan postes diolah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep, sedangkan hasil observasi dan skala sikap diolah untuk mengetahui peningkatan nilai-nilai karakter pada diri peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman konsep peserta didik untuk setiap indikator meningkat dengan rata-rata peningkatan mencapai 55,23%, sedangkan karakter peserta didik juga meningkat dengan rata-rata peningkatan mencapai 24,57%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berorientasi nilai Islami dapat meningkatkan pemahaman konsep dan karakter peserta didik pada materi hidrolisis garam.
PENGEMBANGAN PENDEKATAN BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING) DENGAN POLA KELOMPOK REMEDIAL UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN DAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA PADA SISWA SMPN 2 SAKTI KABUPATEN PIDIE Bustami, Bustami; Yusriza, Yusriza; Adlim, Adlim
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol 4, No 2 (2016): Oktober 2016
Publisher : Program Pascasarjana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.749 KB)

Abstract

Page 1 of 20 | Total Record : 195