cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komputer dan Agri-Informatika
ISSN : 20896026     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Ilmu Komputer dan Agri-Informatika (JIKA) diterbitkan setiap bulan Mei dan November, memuat tulisan ilmiah yang berhubungan dengan bidang Ilmu Komputer serta aplikasi informatika untuk pengembangan pertanian. Berkala ilmiah ini menerima tulisan hasil penelitian dari luar IPB.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 1 (2020)" : 7 Documents clear
KENDALI ROBOT BERODA OTONOM DENGAN INVERSE KINEMATICS Manullang, Michael Julyus Christopher; Hardhienata, Medria Kusuma Dewi; Priandana, Karlisa
Jurnal Ilmu Komputer dan Agri-Informatika Vol. 7 No. 1 (2020)
Publisher : Departemen Ilmu Komputer IPB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1049.569 KB) | DOI: 10.29244/jika.7.1.62-73

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan robot otonom yang dikendalikan dengan pendekatan matematika inverse kinematics. Robot yang digunakan pada penelitian ini adalah robot beroda nonholonomic differential drive. Metode penelitian yang digunakan terdiri atas empat tahapan, yaitu: penentuan parameter robot beroda, pengembangan kontrol inverse kinematics, pembuatan data lintasan (trajectory) berupa garis lurus, dan pengujian sistem kendali. Pada pengujian, data trajectory yang dibangkitkan dibandingkan dengan pengukuran berdasarkan observasi di lapangan. Pengukuran data gerakan robot di lapangan dilakukan dengan dua alat, yaitu dengan global positioning system (GPS) yang terpasang pada robot dan GPS smartphone. Hasil pengujian menunjukkan bahwa robot beroda dapat dikendalikan dengan inverse kinematics dengan rata-rata nilai galat sebesar 0.9 meter. Kata Kunci: inverse kinematics, kendali, otonom, robot beroda.
ANALISIS PENERAPAN MODEL BUSINESS INTELLIGENCE PADA APLIKASI PAYMENT POINT ONLINE BANKING DALAM MENINGKATKAN STRATEGI PEMASARAN (STUDI KASUS: APLIKASI APOTIKKUOTA) Yunistira, Altesa; Fudholi, Dhomas Hatta
Jurnal Ilmu Komputer dan Agri-Informatika Vol. 7 No. 1 (2020)
Publisher : Departemen Ilmu Komputer IPB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (647.731 KB) | DOI: 10.29244/jika.7.1.1-10

Abstract

Perkembangan bisnis era digital saat ini membuat stakeholder aplikasi ApotikKuota menyadari besarnya tantangan dalam dunia bisnis. Saat ini, data merupakan hal yang berharga dan memiliki nilai penting sehingga membuat stakeholder ApotikKuota memiliki fokus pada penanganan data yang baik. Data tersebut antara lain berupa transaksi penjualan, pelanggan, serta data lainnya yang akan berguna dalam pengambilan keputusan dalam penerapan strategi pemasaran. Selama ini, penanganan pemasaran didasarkan pada intuisi stakeholder tanpa melihat manfaat dari proses analisis data yang ada. Business intelligence menjadi solusi bagi perusahaan atau organisasi untuk menganalisis dan menyediakan akses ke data guna membantu mengambil keputusan secara lebih baik. Dalam penelitian ini, peneliti merancang dan membangun model business intelligence untuk mendukung strategi pemasaran pada bisnis payment point online bank. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji penerapan business intelligence dengan membuat dashboard pelaporan dan online analytical processing untuk membantu stakeholder mengambil keputusan. Hasil penelitian ini berupa penyajian informasi yang dibutuhkan oleh stakeholder dalam proses pengambilan keputusan dengan mengacu pada penerapan strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang memiliki komponen 4P, yaitu price, product, place, dan promotion. Kata Kunci: business intelligence, dashboard, payment point online bank, strategi pemasaran, pengambilan keputusan
PRA-PRODUKSI APLIKASI PERMAINAN SIMULASI BUDIDAYA KOLAM EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT GENERASI MUDA TERHADAP PERIKANAN BUDIDAYA Darmawan, Dady; Asfarian, Auzi; Maulana, Fajar
Jurnal Ilmu Komputer dan Agri-Informatika Vol. 7 No. 1 (2020)
Publisher : Departemen Ilmu Komputer IPB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2013.2 KB) | DOI: 10.29244/jika.7.1.11-20

Abstract

Potensi sektor perikanan di Indonesia menjadi bagian penting dalam pembangunan nasional. Penelitian ini dilakukan untuk merancang aplikasi permainan edukatif berupa simulasi perikanan budidaya sehingga dapat memperkenalkan tentang perikanan budidaya kepada generasi muda melalui cara yang lebih menarik. Proses pra-produksi yang dilaksanakan pada penelitian ini menghasilkan dokumen desain permainan yang dibuat berdasarkan wawancara dan studi literatur. Hasil dari penelitian ini telah berhasil menghasilkan rancangan aplikasi permainan yang edukatif dan sangat menarik. Dokumen tersebut memuat unsur-unsur permainan yang meliputi objek dan perilakunya yang akan digunakan untuk membuat permainan simulasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan rancangan aplikasi permainan yang dapat digunakan untuk menambah wawasan pemain tentang perikanan budidaya Kata Kunci: edukatif, permainan, perikanan, perikanan budidaya, simulasi
PERANCANGAN WEB PELAYANAN PERIZINAN PEMERINTAH MENGGUNAKAN LEAN UX Ramadhan, Dean Apriana; Gultom, J Arnold Parlindungan
Jurnal Ilmu Komputer dan Agri-Informatika Vol. 7 No. 1 (2020)
Publisher : Departemen Ilmu Komputer IPB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (605.685 KB) | DOI: 10.29244/jika.7.1.21-30

Abstract

Saat ini telah berkembang konsep e-government, yaitu konsep memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi pada aktivitas pemerintahan. Salah satu bentuk implementasinya adalah pelayanan publik dengan menggunakan website untuk pelayanan perizinan. Optimalisasi pelayanan publik secara online perlu dilakukan oleh pemerintah dalam rangka menaikkan tingkat kepuasan masyarakat. Masyarakat menginginkan pelayanan publik yang mudah. Salah satu elemen penting agar masyarakat dapat dengan mudah menggunakan website pelayanan publik adalah aspek user experience. Penelitian ini bertujuan untuk merancang website layanan perizinan pemerintah yang sesuai dengan aspek user experience dengan menggunakan metode Lean UX. Perancangan antarmuka yang diimplementasikan berupa high fidelity prototype dalam bentuk website. Rancangan website diuji dengan metode Thinking Aloud kepada tiga orang pengguna di Kecamatan Bogor Utara. Fitur website yang telah dikembangkan adalah pengajuan perizinan, status perizinan, ubah profil dan fitur pesan kotak masuk. Hasil pengujian menunjukkan 81.5% komentar positif sehingga disimpulkan bahwa rancangan website telah mencapai user experience yang baik. Kata Kunci: e-government, Kecamatan Bogor Utara, Lean UX, perizinan, user experience
DETEKSI SPAM PADA TWITTER MENGGUNAKAN ALGORITME NAïVE BAYES Wahyuningtyas, Andita; Sitanggang, Imas Sukaesih; Khotimah, Husnul
Jurnal Ilmu Komputer dan Agri-Informatika Vol. 7 No. 1 (2020)
Publisher : Departemen Ilmu Komputer IPB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (693.607 KB) | DOI: 10.29244/jika.7.1.31-40

Abstract

Di era berkembangnya penggunaan Internet, Twitter merupakan salah satu layanan jejaring sosial yang sering digunakan sebagai alat komunikasi yang saling menghubungkan antar pengguna. Selain itu Twitter juga dimanfaatkan sebagai media untuk promosi, kampanye politik, dan sarana protes. Twitter dihadapkan pada berbagai masalah seperti gangguan privasi pengguna dan spam pada Twitter. Dengan adanya masalah spam, perlu dilakukan klasifikasi untuk tweet spam dan bukan spam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi tweet spam dan bukan spam. Hal tersebut dapat dilakukan dengan klasifikasi, terdapat berbagai macam metode klasifikasi, salah satu metode dalam data mining untuk mengklasifikasikan spam dan bukan spam adalah Naïve Bayes. Naïve Bayes banyak digunakan karena kesederhanaan algoritme dan mudah untuk diimplementasikan. Penelitian ini mengumpulkan data spam dari Twitter dengan mengidentifikasi terlebih dahulu akun yang diduga sebagai spammer. Penelitian ini menggunakan 70% data latih dan 30% data uji dengan metode klasifikasi Naïve Bayes. Data Twitter yang diperoleh merupakan data teks yang masih banyak mengandung kata-kata yang tidak baku, sehingga dibutuhkan tahap praproses, tahap yang dilakukan adalah tokenizing, filtering, normalisasi kata, stemming. Akurasi hasil klasifikasi tweet spam dan bukan spam adalah  95.57%. Kata Kunci: klasifikasi spam, Naïve Bayes, text mining, Twitter.
PENGELOMPOKAN DOKUMEN TUGAS AKHIR MAHASISWA S1 ILMU KOMPUTER IPB BERDASARKAN FREQUENT TERM SETS Farid, Miftah; Sitanggang, Imas Sukaesih
Jurnal Ilmu Komputer dan Agri-Informatika Vol. 7 No. 1 (2020)
Publisher : Departemen Ilmu Komputer IPB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (512.633 KB) | DOI: 10.29244/jika.7.1.41-49

Abstract

Pengelompokan dokumen tugas akhir mahasiswa perlu dilakukan karena dokumen tugas akhir mahasiswa bertambah setiap tahunnya. Pengelompokan dokumen dilakukan agar dokumen yang memiliki kesamaan konteks dapat dikelompokkan ke dalam suatu kategori. Tujuan dari penelitian ini menerapkan teknik association rule mining (ARM) untuk menentukan frequent term sets dengan menggunakan algoritme ECLAT. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data abstrak dokumen tugas akhir mahasiswa Ilmu Komputer IPB dalam bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan algoritme ECLAT dengan minimum support sebesar 0.1, 0.15, 0.20, 0.25, 0.30, dan 0.35. Penelitian ini menggunakan metode hierarchical frequent term based clustering untuk menentukan cluster. Frequent term sets hasil algoritme ECLAT masih terlalu umum untuk digunakan sebagai penciri dokumen. Pada penelitian ini hasil clustering dengan minimum support 0.35 terbentuk 3 tingkat hirarki term. Term yang sering muncul pada minimum support 0.35 adalah ?result?, ?base?, ?use?, ?one?, ?data?. Sedangkan asosiasi dua term yang sering muncul pada minimum support 0.35 adalah ?result-use?, ?base-use?, ?one-use?, ?data-use?. Hasil clustering dapat mempermudah pencarian dokumen berdasarkan kata kunci tertentu. Kata Kunci: association rule mining, ECLAT, frequent term sets, clustering hirarki
PENGAMBILAN DATA TERBANG QUADCOPTER SEBAGAI DATA LATIH PADA SISTEM KENDALI JARINGAN SARAF TIRUAN PROPAGASI BALIK Hazim, Muhammad; Priandana, Karlisa; Wulandari
Jurnal Ilmu Komputer dan Agri-Informatika Vol. 7 No. 1 (2020)
Publisher : Departemen Ilmu Komputer IPB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (931.233 KB) | DOI: 10.29244/jika.7.1.50-61

Abstract

Saat ini sistem kendali yang populer digunakan pada quadcopter adalah kendali proportional, integral, derivate (PID) karena algoritme tersebut sederhana. Namun pada implementasinya, PID membutuhkan penyetelan parameter yang memakan waktu dan rentan terhadap kesalahan. Oleh karena itu, sistem kendali jaringan saraf tiruan propagasi balik untuk quadcopter saat ini mulai banyak dikembangkan karena menawarkan stabilisasi yang lebih baik dari faktor-faktor yang tidak diketahui dan data sensor yang mengandung noise. Akan tetapi, sistem kendali jaringan saraf tiruan propagasi balik memerlukan data latih yang akurat dan dapat mewakili seluruh kemungkinan kondisi terbang quadcopter. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data terbang quadcopter dari data log sensor dan aktuator yang ada di quadcopter, yaitu giroskop, akselerometer, magnetometer, barometer, GPS, dan pulse width modulation output. Pengambilan data dilakukan dengan menerbangkan quadcopter secara otomatis dengan koordinat awal dan akhir yang telah ditentukan untuk mengisi data log terbang. Data log terbang diambil menggunakan perangkat lunak Mission Planner. Data log akan dipraproses untuk kemudian dilakukan sinkronisasi time sampling. Sinkronisasi dilakukan dengan mengikuti data sensor yang time sampling-nya paling besar. Hasil dari penelitian ini adalah data terbang dari sensor dan pulse width modulation output quadcopter yang telah disinkronisasi untuk menjadi data latih jaringan saraf tiruan propagasi balik. Kata Kunci: data terbang quadcopter, jaringan saraf tiruan propagasi balik, quadcopter, sistem kendali

Page 1 of 1 | Total Record : 7