cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
pto@umpwr.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
ISSN : 23033738     EISSN : 26232502     DOI : -
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari dan Juni. Redaksi menerima artikel dari kalangan mahasiswa, guru, dosen maupun pemerhati pendidikan. Redaksi berhak mengubah naskah sepanjang tidak merubah substansi/isi tulisan. Tanggung jawab isi tulisan sepenuhnya ada pada penulis.
Articles 403 Documents
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN OVERHOUL SEPEDA MOTOR DENGAN MENGGUNAKAN JOBSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNOLOGI OTOMOTIF Amri, Faizal; Jatmoko, Dwi
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 13, No 01 (2019): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1158.354 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui prosedur pembuatan media pembelajaran overhoul sepeda motor. 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran overhoul sepeda motor terhadap kegiatan pembelajaran mahasiswa Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo dan 3) mengetahui penggunaan media pembelajaran alat peraga overhoul sepeda motor terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo.Hasil penelitian ini adalah bahwa motivasi dan hasil belajar siswa meningkat dari tiap siklusnya. Hal ini dapat dibuktikan dari ahli media yang menunjukan skor rata ? rata 80,35%. Validasi dari ahli materi yang menunjukan skor rata ? rata 78%. 3) Pada hasil belajar mahasiswa menunjukkan Hasil belajar mahasiswa yang tidak dan yang menggunakan media overhoul sepeda motor. Melalui uji normalitas diperoleh p = 0,153 karena p > 0,05 maka menunjukkan kedua kelompok berdistribusi normal, melalui uji t-tes hasilnya thitung 2,501 dengan p = 0,771 > 0,05 yang menunjukan adanya perbedaan hasil belajar kelas ekperimen dan kelas kontrol. Perbandingan hasil belajar mahasiswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai rata ? rata kelas eksperimen 77,29 % dan nilai rata ? rata kelas kontrol 73,33 %. Berdasarkan hasil tersebut maka media pembelajaran overhoul sepeda motor dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa.Kata kunci: Media pembelajaran, overhoul sepeda motor, hasil belajar
PENINGKATAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIVMENT DIVISION ( STAD ) PADA MATERI SISTEM STARTER DI SMK DARUSSALAM KARANGPUCUNG TAHUN 2017 Susanto, Endra Rino
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 13, No 01 (2019): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1152.62 KB)

Abstract

Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Materi Sistem Starter di SMK Darussalam Karangpucung Tahun 2017.Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2018 Penelitian ini bertujuan untuk : 1) bagaimana desain metode pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) . 2) untuk meningkatkan aktifitas belajar siswa dengan metode pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD). 3) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ).Tahap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing masing siklus terdiri dari I pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Darussalam Karangpucung kelas XII TKR 5 Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 37 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis kualitatif .Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan 1) aktifitas belajar siswa yaitu siswa mampu bertanggungjawab dengan mengerjakan soal sendiri dan aktif dalam pembelajaran dengan perolehan rerata persentase siklus I yaitu 73,51 % dengan kategori cukup. Pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 83,24 % pada siklus II dengan kategori Baik. 2) kemampuan siswa menyelesaikan soal tes dengan perolehan rerata persentase yaitu 63,51 % dengan kategori cukup pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 78,29 % dengan kategori Baik.Kata kunci : Aktifitas belajar siswa, hasil belajar, metode pembelajaran kooperatif metode STAD
PENGARUH KEMAMPUAN PRAKTIK MATA PELAJARAN MOTOR BENSIN TERHADAP KESIAPAN SISWA SMK PANCASILA 1 KUTOARJO DALAM MENGHADAPI PRAKERIN Setiawan, Endar; Sudarsono, Bambang
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 13, No 01 (2019): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1154.137 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan praktik motor bensin terhadap kesiapan siswa SMK Pancasila 1 Kutoarjo dalam menghadapi prakerin. Jenis Penelitian ini adalah Ex Post Facto dengan jumlah populasi 35 siswa semester 2 kelas XI TKR C SMK Pancasila 1 Kutoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kuisioner dan juga dokumentasi. Validasi kuisioner yang akan diberikan kepada subyek berupa angket yang terlebih dahulu diberikan kepada ahli dan menggunakan skala Likert empat pilihan jawaban untuk mengukur kesiapan kesiapan siswa menghadapi prakerin. Data dari kemampuan praktik diperoleh dengan metode dokumentasi diambil dari database nilai pihak sekolah. Analisis data hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Variabel kemampuan praktik berpengaruh signifikan terhadap kesiapan Prakerin siswa kelas XI TKR C SMK Pancasila Kutoarjo tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil pengujian, pengaruh kemampuan praktik terhadap kesiapan siswa menghadapi prakerin diperoleh data sebesar 4,803 lebih besar dari pada df=33 dengann taraf signifikansi 5% yaitu 2,035 atau P 0,000 lebih kecil dari 0,05. Artinya tersebut signifikan pada taraf signifikansi 5%. Maka variabel kemampuan praktik berpengaruh pada kesiapan prakerin siswa kelas XI TKR C SMK Pancasila Kutoarjo tahun ajaran 2018/2019.Kata Kunci: Kesiapan siswa menghadapi prakerin, kemampuan praktik.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VIDEO MATERI OVERHOUL MOTOR BAKAR 4 LANGKAH BERBASIS INTERNET UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA Muyalin, Muhammad; Jatmoko, Dwi
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 13, No 01 (2019): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1031.499 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1)mengetahui bagaimana prosedur pengembanagan media pembelajaran audio video pada mata diklat motor bakar 4 langkah. 2)megetahui kelayakan media pembelajaran audio video pada mata diklat motor bakar 4 langkah terhadap kegiatan pembelajaran siswa kelas XI SMK Muhammadiyah kutowinangun. 3)pengaruh penggunaan media pembelajaran audio video pada mata diklat motor bakar 4 langkah materi over houl terhadap minat belajar siswa kelas XI SMK Muhmamdiyah Kutowinangun KebumenPenelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D) dengan subyek penelitian yang diambil adalah siswa kelas XI SMK Muhmamdiyah Kutowinangun Kebumen yang berjumlah 60 siswa. dengan sampel dua kelompok kelas, yaitu kelas A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa dan kelas B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) untuk mengetahui kelayakan media yang digunakan untuk penelitian. Uji analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas uji t-test.Dari hasil penelitian dibuktikan dari ahli media yang menunjukan skor rata ? rata 3,1. Validasi dari ahli materi yang menunjukan skor rata ? rata 3,1. Media pembelajaran audio video juga telah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui respon siswa yaitu meiputi uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata ? rata 3,0 yang meliputi 5 siswa dan uji coba kelompok besar memperoleh skor rata ? rata 3,17 yang meliputi 30 siswa. 3) Pada minat belajar siswa menunjukkan minat belajar siswa yang tidak menggunakan media audio video dan yang menggunakan media audio video. Melalui uji normalitas diperoleh p = 0.200, karena p > 0,05 maka menunjukkan kedua kelompok berdistribusi normal, melalui uji homogenitas diperoleh F hitung = 0,578 dengan p = 0.450, karena p > 0,05 maka kedua kelompok memiliki varian homogen, melalui uji t-tes hasilnya thitung 2.558 dan T tabel dengan p = 0,000 < 0,05 yang menunjukan adanya perbedaan minat belajar kelas ekperimen dan kelas kontrol. Perbandingan minat belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai rata ? rata kelas eksperimen 82.5 dan nilai rata ? rata kelas kontrol 80,0. Berdasarkan hasil tersebut maka media pembelajaran audio video dapat meningkatkan minat belajar siswa.Kata Kunci : Media Pembelajaran, Audio Video, Minat Belajar,Berbasis Internet
MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI TKR SEMESTER 4 SMK PANCASILA 1 KUTOARJO 2017/2018 Riswanto, Riswanto
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 13, No 01 (2019): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1030.009 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk 1) Mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran modul dan jobsheet pada materi sistem stater 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran modul dan jobsheet terhadap kegiatan pemebelajaran siswa kelas XI TKR SMK Pancasila 1 Kutoarjo. 3) Mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran modul dan jobsheet terhadap minat belajar siswa kelas XI TKR SMK Pancasila 1 Kutoarjo.Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D) dengan subyek adalah siswa kelas XI SMK Pancasila 1 Kutoarjo yang berjumlah 50 siswa. dengan sampel dua kelompok kelas, yaitu kelas A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 25 siswa dan kelas B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 25 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) untuk mengetahui kelayakan media yang digunakan untuk penelitian. Uji analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas uji t-test.Dari hasil penelitian, menunjukan bahwa : 1) prosedur pengembangan media pembelajaran system starter meliputi pencarian potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, pengujian produk, uji coba pemakaian dan revisi produk. 2) media pembelajaran sistem starter layak digunakan untuk media pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dari ahli media yang menunjukan skor rata ? rata 2,9. Validasi dari ahli materi yang menunjukan skor rata ? rata 3,33. Media pembelajaran sistem starter juga telah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui respon siswa yaitu meiputi uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata ? rata 3,14 yang meliputi 5 siswa dan uji coba kelompok besar memperoleh skor rata ? rata 3,15 yang meliputi 25 siswa. 3) Pada minat belajar siswa menunjukkan Melalui uji normalitas diperoleh p = 0.125 karena p > 0,05 maka menunjukkan kedua kelompok berdistribusi normal, melalui uji homogenitas diperoleh Fhitung = 0,828, dengan p = 0.367, karena p > 0,05 maka kedua kelompok memiliki varian homogen, melalui uji t-tes hasilnya thitung 2.332 dengan p = 0,000 < 0,05 yang menunjukan adanya perbedaan minat belajar kelas ekperimen dan kelas kontrol. Perbandingan minat belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai rata - rata kelas eksperimen 80.4, dan nilai rata ? rata kelas kontrol 76,1.Kata Kunci : Media Pembelajaran, Modul, Jobsheet, Sistem Starter, Minat Belajar
PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN CUTTING FUEL INJECTION PUMP TYPE DISTRIBUTOR PE PADA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI MOTOR DIESEL TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO Saputra, Moh Liant
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 13, No 01 (2019): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1150.685 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana prosedur pembuatan cutting fuel injection pump, 2) mengetahui bagaimana kelayakan media pembelajaran alat peraga cutting fuel injection pump dan, 3) mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran cutting fuel injection pump type distributor pe pada pembelajaran teknologi motor diesel pada mahasiswa universitas muhammadiyah purworejo, penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D) dengan subjek penelitian, yaitu Mahasiswa Semester II kelas A PVTO Universitas Muhammdiyah Purworejo tahun ajaran 2017/2018 berjumlah 24 mahasiswa dan Mahasiswa Semester IV kelas B PVTO Universitas Muhammdiyah Purworejo tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 24 mahasiswa aktif.Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) untuk mengetahui pengaruh penerapan media yang digunakan untuk penelitian. Uji analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test. hasil penelitian, menunjukkan bahwa : 1) prosedur penerapan media pembelajaran alat peraga cutting fuel injection pump meliputi pencarian potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, pengujian produk, uji coba pemakaian dan revisi produk. 2) media pembelajaran alat peraga cutting fuel injection pump yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Teknologi Motor Diesel di Universitas Muhammadiyah Purworejo. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil validasi yang dilakukan oleh dosen ahli media menunjukkan hasil 82.5%, validasi oleh dosen ahli materi menunjukkan hasil 77,5%. 3) hasil uji t membuktikan bahwa media pembelajaran yang dibuat efektif untuk meningkatkan minat belajar yang menunjukan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,425 > 0,05, maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dalam Uji Independent sample t-test, maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan antara rata-rata minat belajar semester II yang belum mendapatkan materi dan semester IV yang sudah mendapatkan materi Fuel Injection Pump.Kata kunci : Media Pembelajaran, Cutting Fuel Injection Pump, Minat Belajar
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM TRANSMISI MANUAL SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA FIT Nurshella, Ryan Pyegi; Widiyatmoko, Widiyatmoko
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 11, No 02 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (973.383 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengembangkan media pembelajaran dan alat peraga pada sistem transmisi manual sepeda motor. 2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran dan alat peraga pada sistem sistem transmisi manual sepeda motor. dan 3) Untuk mengetahui minat belajar mahasiswa setelah menggunakan media pembelajaran alat peraga pada sistem transmisi manual sepeda motor di Universitas Muhammadiyah Purworejo Progam Studi Pendidikan Teknik Otomotif Semester IV.Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D). Dari hasil penelitian, menunjukan bahwa : 1) pengembangan media pembelajaran alat peraga pada mahasiswa semester IV meliputi : pencarian potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, pengujian produk, uji coba pemakaian dan revisi produk. 2) Hasil validasi produk oleh ahli materi 3,5 (sangat baik), ahli media 3,16 (baik), uji coba kelompok kecil 3,28 (sangat baik), dan uji coba pemakaian produk 3,15 (baik). Dari hasil penilaian tersebut menunjukkan produk layak (baik) digunakan sebagai media pembelajaran. 3) Pada minat belajar siswa menunjukkan minat belajar siswa yang tidak menggunakan media alat peraga dan yang menggunakan media alat peraga. Melalui uji normalitas diperoleh p = 0.117, karena p > 0,05 maka menunjukkan kedua kelompok berdistribusi normal, melalui uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1.661 dengan p = 0.253, karena p > 0,05 maka kedua kelompok memiliki varian homogen, melalui uji t-tes hasilnya thitung 2.352 dengan p = 0,000 < 0,05 yang menunjukan adanya perbedaan minat belajar kelas ekperimen dan kelas kontrol. Perbandingan minat belajar siswa pada kelaseksperimen dan kelas kontrol dengan nilai rata ? rata kelas eksperimen 82.8 dan nilai rata ? rata kelas kontrol 78,7. Berdasarkan hasil tersebut maka media pembelajaran alat peraga dapat meningkatkan minat belajar siswa.Kata kunci : Media Pembelajaran, Alat Peraga, Minat Belajar
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOTOR BENSIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO Priyana, Kamal; Susanto, Arif
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 11, No 02 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (970.399 KB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran motor bensin untuk meningkatkan hasil belajar pada mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, (2) untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran motor bensin untuk meningkatkan hasil belajar pada mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, dan (3) untuk mengetahui seberapa besar efektivitas hasil belajar terhadap media pembelajaran motor bensin untuk meningkatkan hasil belajar pada mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Jenis penelitian yang digunakan adalah R and D(Research and Development).Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2016/2017, yang berjumlah 50 mahasiswa.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan instrumen tes. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisa deskripsi.Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa : (1) Prosedur pengembangan media pembelajaran motor bensin yang di kembangkan oleh peneliti meliputi pencarian potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk sampai uji coba pemakaian. (2) Media pembelajaran motor bensin cukup layak digunakan untuk pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan tahap kelayakan oleh ahli media mendapatkan 75% dengan kategori ?cukup valid?, serta ahli materi mendapatkan 80% dengan kategori ?valid?.Hasil penelitian uji kelayakan oleh responden atau mahasiswa, media pembelajaran motor bensin ditinjau dari dua kelompok kecil dan besar, pada kelompok kecil mendapatkan persentase skor 81%; pada kelompok besar mendapatkan persentase skor 82,40%; Total penilaian kedua kelompok mendapatkan kategori ?valid?. (3) Pada penelitian, pelaksanaan pembelajaran dari pencapaian hasil belajar didapatkan nilai rata-rata mahasiswa kelompok kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran motor bensin sebesar 72,60 dan nilai rata-rata mahasiswa kelompok eksperimen yang menggunakan media pembelajaran motor bensin sebesar 79,20 dengan selisih rata-rata sebesar 6,60.Kata Kunci : Media pembelajaran, Hasil Belajar, Motor bensinĀ 
PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TSM B PADA MATERI KOMPETENSI BATERAI DI SMK NEGERI 8 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2016/2017 Maulana, Ibnu
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 11, No 02 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (963.773 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui peningkatan hasil belajarpada pembelajaran materi kompetensi baterai kelas X TSM B di SMKN 8Purworejo setelah diterapkan pembelajaran metode Tutor Sebaya.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom actionresearch) yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari (1)Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Subyekpenelitian kelas X TSM B SMKN 8 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancaradan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalahdeskriptif kuantitatif.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwapenerapan metode Tutor Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XTSM B SMKN 8 Purworejo dalam kompetensi baterai. Hasil belajar siswameningkat dengan rata-rata awal 70, setelah dilaksanakan siklus I meningkatmenjadi 76 dengan prosentase pencapaian 53% dan pada siklus II menjadi 81dengan prosentase pencapaian 84%.Kata kunci : Peer Teaching, Metode Tutor Sebaya, Metode Ceramah, HasilBelajar.
UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING Aris, M. Chairul; Sudarsono, Bambang
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 11, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (834.656 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menerapkan penelitaian tindakan kelas dengan metode pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran mata pelajaran pemeliharaan sistem pengapian konvensional, 2) mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran problem based learning terhadap motivasi belajar siswa, dan 3) mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa Kelas XI Tkr 3 Smk Negeri 2 Kebumen tahun ajaran 2016/2017, yang berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 33 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Aspek yang diteliti meliputi kegigihan, tingkah laku, dan aktivitas siswa yang menunjukkan motivasi belajar siswa dan tindakan pembelajaran yang ditunjukkan oleh guru sebagai indikator keterlaksanaan pembelajaran problem based learning. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk mencari persentase rata-rata motivasi dan hasil belajar siswa.Hasil penelitian ini mengalami peningkatan yaitu pada kondisi awal, siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata siswa tuntas pada observasi awal yaitu 50,74%, nilai pada siklus I menjadi 62,59%, dan pada siklus II menjadi 72,22%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI Tkr 3 Smk Negeri 2 Kebumen dengan ditandai meningkatnya hasil pembelajaran.Kata kunci : Prestasi belajar, Sistem Pengapian Konvensional, Metode Pembelajaran Problem based learning

Page 1 of 41 | Total Record : 403