cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
pto@umpwr.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
ISSN : 23033738     EISSN : 26232502     DOI : -
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari dan Juni. Redaksi menerima artikel dari kalangan mahasiswa, guru, dosen maupun pemerhati pendidikan. Redaksi berhak mengubah naskah sepanjang tidak merubah substansi/isi tulisan. Tanggung jawab isi tulisan sepenuhnya ada pada penulis.
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 01 (2017): JURNAL AUTOTECH" : 17 Documents clear
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI SISTEM TRANSMISI PADA SISWA KELAS XII SMK MUHAMMADIYAH PURWODADI TAHUN AJARAN 2016/2017 Junaidi, Qyki
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 10, No 01 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (846.489 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui tahapan membuat produkpengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk diterapkan sebagai mediapembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar khususnya pada kompetensi sistemtransmisi di SMK Muhammadiyah Purwodadi, (2) Untuk mengetahui prosedurpelaksanaan pembelajaran dengan multimedia pembelajaran interakti f systemtransmisi kelas XII SMK Muhammadiyah Purwodadi, (3) Untuk mengetahui peningkatanPrestasi belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran sistem transmisi dikelas XII SMK Muhammadiyah Purwodadi.Jenis penelitian yang digunakan adalah R and D (Research and Development).Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Muhammadiyah Purwodadi tahun pelajaran2016/2017, yang berjumlah 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan denganmenggunakan metode angket. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakanteknik deskripsi presentase.Dari hasil penelitian dan pengembangan ini, maka dapat disimpulkan sebagaiberikut: (1) Proses pembuatan media pembelajaran interakttif system transmisi inimenggunakan software aplikasi Adobe Flash professional CS 6 secara prinsip merupakanpenggabungan teks, gambar, audio dan video yang diintegrasikan membentuk suatumedia yang siap pakai, (2) Tahap pengembangan media pembelajaran interakttif systemtransmisi pada siswa Kelas XII TKR SMK Muhammadiyah Purwodadi telah meliputipencarian potensi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain,perbaikan desain, pengujian produk, ujicoba pemakaian dan revisi produk, (3) Prosedurpelaksanaan pembelajaran ystem transmisi pada siswa Kelas XII TKR SMKMuhammadiyah Purwodadi dengan media interaktif, kegiatan dalam prosedurpenelitian ini merupakan proses yang berurutan meliputi studi pendahuluan,pengembangan prototipe, dan uji lapangan, (4) Perhitungan statistitik uji beda rata-ratahasil belajar kelas eksperimen dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol diperoleh t hitung3.058 lebih besar dari harga t tabel 1,684. artinya rata-rata hasil belajar kelaseksperimen secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.Kata Kunci : Multimedia Pembelajaran Interktif, Sistem transmisi, Prestasi Belajar.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN ALAT PERAGA ENGINE CUTTING SISTEM KARBURATOR DI SMK PANCASILA 1 KUTOARJO Pramono, Herlambang
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 10, No 01 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (954.447 KB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui 1) Bagaimana pengembangan mediapembelajaran menggunakan alat peraga cutting karburator pada kelas X TSM di SMKPancasila Kutoarjo, 2) Untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaranmenggunakan alat peraga cutting karburator pada kelas X TSM di SMK PancasilaKutoarjo, 3) Untuk mengetahui hasil belajar dari media pembelajaran alat peraga cuttingkarbutator pada kelas X TSM di SMK Pancasila Kutoarjo.Jenis penelitian yang digunakan adalah R and D (Research and Development).subjek penelitian siswa kelas X TSM SMK Pancasila Kutoarjo tahun pelajaran 2016/2017,yang berjumlah 35 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket daninstrumen tes menggunakan 22 soal yang masing-masing akan dikerjakan oleh kelascontrol dan eksperimen. Setelah semua data diperoleh kemudian dianalisismenggunakan teknik deskripsi kuantitatif.Hasil skor penilaian oleh ahli media terhadap media 37 dengan presentase 74%.Dan dari penilaian ahli materi mendapatkan skor 35 dari total skor maksimal 50 denganpersentase 70%. Hasil analisis data hasil evaluasi kelas kontrol dan kelas eksperimendiperoleh nilai rata-rata kelas control 70.00 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 75.00.Antara kelompok eksperimen dan kelompok control memiliki hasil belajar yang berbedadan mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 5,43%. Dari data tersebut terdapatperbedaan yang signifikan antara siswa yang belum menggunakan media dan yangsudah menggunakan media pembelajaran alat peraga cutting karburator. Maka dari itudapat disimpulkan bahwa media pembelajaran alat peraga cutting karburator cukupefektif digunakan sebagai media pembelajaran di SMK Pancasila Kutoarjo.Kata Kunci: Pengembangan, media pembelajaran, alat peraga cutting karbutator
PENGARUH SUMBER MEDIA INTERNET TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT SISTEM PEMINDAH TENAGA SISWA KELAS XI TEKHNIK KENDARAAN RINGAN A SMK CIPTA KARYA PREMBUN KEBUMEN 2016/2017 Arif Susanto, Eko widiyanto
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 10, No 01 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (937.112 KB)

Abstract

Penelitian Penelitian ini bertujuan mengetahui ada atau tidaknya pengaruhsumber belajar internet terhadap minat dan prestasi belajar pada mata pelajaran sistempemindah tenaga kelas XI TKR SMK Cipta Karya prembun Tahun Pelajaran 2016/2017.Jenis penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yaitu penelitian yang mengujihipotesis, tetapi tidak memberikan perlakuan-perlakuan tertentu karena sesuatu sebabuntuk memberikan perlakuan atau manipulasi.Populasi penelitian ini adalah siswakelas XI TKR di SMK Cipta Karya Prembun sebanyak 94 siswa. Pengambilan sampel dalampenelitian ini menggunakan teknik probability sampling, diperoleh sampel sebanyak 75siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan metodeangket yang telah diuji cobakan dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas sertametode dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan pengujian analisisregresi linear sederhana.Penelitian ini menggunakan dua teknik pengumpulan data yaituteknik angket atau kuisioner dan teknik dokumentasiHasil penelitian ini menunjukkanbahwa ; (1) terdapat pengaruh yang signifikan sumber media belajar internet terhadapminat belajar siswa kelas XI TKR di SMK Cipta Karya Prembun yang ditunjukkan dengannilai thitung > ttabel yaitu; 16,514 >1,992, (2) terdapat pengaruh yang signifikan sumbermedia belajar internet terhadap prestasi belajar siswa kelas XI TKR di SMK Cipta KaryaPrembun yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel yaitu; 8,951>1,992.Kata kunci: Sumber media belajar internet, minat belajar, prestasi belaja
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CUTTING CVT (CONTINOUSLY VARIABLE TRANSMISSION) SEPEDA MOTORUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARPADA SISWA KELAS XI TSM SMK PN2 PURWOREJO Bambang Sudarsono, Agus Solekhan
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 10, No 01 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (975.876 KB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan mediapembelajaran cvt sepeda motor pada siswa kelas XI TSM di SMK PN2 Purworejo,untukmengetahui kelayakan pengembangan media pembelajarancvt sepeda motor padasiswa kelas XI TSM di SMK PN2 Purworejo,untuk mengetahui keefektifan penggunaanmedia pembelajarancvt sepeda motor pada siswa kelas XI TSM di SMK PN2Purworejo,untuk mengetahui hasil belajar siswa terhadap media pembelajarancvtsepeda motor pada siswa kelas XI TSM di SMK PN2 Purworejo.Jenis penelitian yang digunakan adalah R and D (Research and Development).Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TSM B SMK PN2 Purworejo tahun pelajaran2016/2017, yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan denganmenggunakan metode angket dan instrument tes. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi presentase.Hasil analisis data hasil evaluasi kelas control dan kelas eksperimen diperoleh nilairata-rata kelas kontrol 75,00 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 85,00. Terdapat selisihantara kelas control dengan kelas eksperimen dan juga hasil nilai rata-rata kelaseksperimen sudah diatas KKM. Dari analisis data tersebut terdapat perbedaan yangsignifikan atara siswa yang belum mengunakan media pembelajaran dan siswa yangsudah menggunakan media pembelajaran. Dari hasil belajar tersebut, maka dapatdigunakan sebagai salah satu metode untuk meningkatkan prestasi siswa terhadappemahaman materi. Media pembelajaran cutting cvt sepeda motor dinyatakan validserta layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran di SMK PN 2 Purworejo.Kata Kunci: Media pembelajaran, stand, cutting cvt sepeda motor.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER KELISTRIKAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK MUHAMMADIYAH KUTOWINANGUN Suyitno, Susilo
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 10, No 01 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1011.662 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan proses pengembanganmedia pembelajaran trainer kelistrikan siswa Kelas XI TKR SMK MuhammadiyahKutowinangun, 2) Mendeskripsikan tahap pengembangan media pembelajarantrainer kelistrikan siswa Kelas XI TKR SMK Muhammadiyah Kutowinangun,3) Mengetahui kelayakan media pembelajaran trainer kelistrikan siswa Kelas XI TKRSMK Muhammadiyah Kutowinangun, dan 4) Mengetahui peningkatan hasil belajarsystem kelistrikan mobil siswa kelas XI TKR SMK Muhammadiyah Kutowinangunsetelah menggunakan menggunakan media pembelajaran trainer kelistrikan.Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Subjek dalampenelitian ini adalah siswa kelas XI TKR A dan XI TKR B. Kelas XI TKR A sebagai kelaseksperimen dan kelas XI TKR B sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan databerupa kuesioner dan soaltes. Analisis data menggunakan uji beda (uji t).Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) Proses pembuatan media pembelajaransystem berupa trainer kelistrikan dan berdasarkan analisis masalah dan disesuaikandengan kebutuhan sehingga diharapkan membentuk suatu media yang siap pakai,2) Tahap pengembangan media pembelajaran trainer kelistrikan telah meliputipencarian potensi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain,perbaikan desain, ujicoba produk, pengujian produk, ujicoba pemakaian dan revisiproduk, 3) Hasil validasi produk oleh ahli materi maupun ahli media, uji cobakelompok kecil dan uji coba pemakaian produk menunjukkan produk layakdigunakan sebagai media pembelajaran, 4) Hasil uji beda membuktikan bahwa mediapembelajaran yang dibuat efektif untuk meningkatkan prestasi belajar (thitung =5,131 dan p=0,000) Media pembelajaran dapat digunakan dalam pembelajaransebagai media untuk meningkatkan hasil belajar karena dalam uji coba kelompokbesar dengan jumlah siswa 40 orang dibuktikan memiliki rata-rata prestasi belajar82,63 lebih tinggi daripada rata-rata kelas kontrol 73,00.Kata kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Trainer Kelistrikan
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MECHANICAL MATIC ENGINE MENGGUNAKAN ENGINE CUTTING 5.5 HP UNTUK DASAR MESIN 4 TAK Bambang Sudarsono, Yuyun Dwi Prabowo
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 10, No 01 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (989.912 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mendeskriptipkan media engine bensin Cutting 5.5 Hp. 2) pengembangan engine bensin 5.5Hp, 3) cara menvisualisasikan bagian-bagian dalam engine bensin 5.5 Hp, 4) cara menyatukan materi dengan praktik.Desain penelitian ini adalah R&D (Research and Development). Objek dalam penelitian ini adalah Mechanical Matic Engine. Fokus penelitian engine cutting 5.5 hp. Pengumpulan data menggunakan teknik analisis data angket dan kuesioner.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media dengan engine cutting 5.5 Hp dilakukan dengan cara pengumpulan materi dan produk untuk dibuat engine cutting dengan cara pemotongan atau pembelahan bagian- bagian pada matic engine. Proses penyatuan materi dengan pengembangan engine cutting 5.5 Hp dapat memudahkan proses pembelajaran atau menvisualisasikan materi yang diberikan. Hal ini dapat dilihat dari hasil validasi oleh para ahli media menunjukkan presentase 88%. Dengan demikian, media dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran dasar mesin 4 tak.Kata kunci : Media Mechanical Matic Engine , Engine Cutting 5.5 Hp
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MACROMEDIA FLASH KOMPETENSI PEMELIHARAAN SISTEM TANDA DAN PENERANGAN KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 1 SAPURAN Suyitno, Riyadi
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 10, No 01 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (975.876 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk menciptakan sebuah media pembelajaraninteraktif Macromedia Flash pada kompetensi pemeliharaan sistem tanda danpenerangan kendaraan ringan di SMK Negeri 1 Sapuran Kabupaten Wonosobo, 2) untukmengetahui kelayakan dan keefektifan media pembelajaran interaktif Macromedia Flashpada kompetensi pemeliharaan sistem tanda dan penerangan kendaraan ringan di SMKNegeri 1 Sapuran Kabupaten Wonosobo, 3) untuk mengetahui tanggapan danpeningkatan hasil belajar siswa terhadap penggunaaan media pembelajaran interaktifmacromedia flash pada kompetensi pemeliharaan sistem tanda dan penerangankendaraan ringan di SMK Negeri 1 Sapuran Kabupaten Wonosobo.Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Subjek dalam penelitianini adalah peserta didik kelas X TKR SMK Negeri 1 Sapuran. Instrumen pengumpulan databerupa kuesioner. Analisis data menggunakan uji beda (uji t).Hasil validasi produk oleh 1) ahli media diperoleh persentase 87,5 % (valid), 2)validasi ahli materi diperoleh persentase 90 % (valid), 3) uji coba kelompok kecil 84,5%(valid), dan 4) uji coba kelompok besar diperoleh persentase 83,30% (valid). Berdasarkanhasil uji prasyarat analisis, menunjukkan bahwa data yang diperoleh adalah kriterianormal dan homogen, sedangkan hasil uji t perbandingan rata-rata posttest hasil belajarkelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai Sig (2-tailed) = 0,000. Karena nilai Sig(2-tailed) <0,05 menunjukkan bahwa hasil belajar posttest dari kelas eksperimen dankontrol terdapat perbedaan yang signifikan, artinya nilai rata-rata hasil belajar kelaseksperimen lebih tinggi yaitu 85,4091, dibandingkan dengan kelas kontrol yangmemperoleh nilai 67,8095. Hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaraninteraktif macromedia flash yang dikembangkan termasuk dalam kriteria layak danefektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi pemeliharaan sistemtanda dan penerangan kendaraan ringan.Kata kunci : Media, Pembelajaran, Interaktif, dan Macromedia Flash
HUBUNGAN PELAKSANAAN PRAKTIK INDUSTRI DENGAN KESIAPAN MENTAL KERJA SISWA KELAS XII JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK BINA KARYA 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Warsono, Edi
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 10, No 01 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (813.861 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1)Mengetahui tingkat kesiapan mental kerja siswa kelas XII Jurusan Teknik Kendaraan Ringan, SMK Bina Karya 2 Karanganyar.(2)Mengetahui hubungan pelaksanaan praktik industri dengan kesiapan mental kerja siswa kelas XII Jurusan Teknik Kendaraan Ringan, SMK Bina Karya 2 Karanganyar.Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode simple random sampling. Alasan menggunakan teknik tersebut karena pada populasi ini terdiri atas jumlah siswa XII Jurusan Teknik Kendaraan Ringan yang memiliki kesamaan pada kompetensi keahlian di SMK Bina Karya 2 Karangayar Pengambilan sampel dari setiap kelas akan dilakukan secara acak. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 162 siswa, taraf kesalahan yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 5%. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa tingkat kesiapan kerja siswa kelas XII Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Bina Karya 2 Karanganyar termasuk dalam kategori sedang.Kata kunci: praktek kerja Industri, Kesiapan mental kerja
PENGARUH MOTIVASI MEMASUKI DUNIA KERJA DAN PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN KERJA PESERTA DIDIK KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 TULUNG KLATEN Widhigdo, Hata
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 10, No 01 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (973.193 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) pengaruh Motivasi Memasuki Dunia Kerja terhadap Kesiapan Kerja peserta didik Kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Negeri 1 Tulung tahun pelajaran 2016/2017, (2) pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Kerja peserta didik Kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Negeri 1 Tulung tahun pelajaran 2016/2017 dan (3) pengaruh Motivasi Memasuki Dunia Kerja dan Pengalaman Praktik Kerja Industri secara bersama-sama terhadap Kesiapan Kerja peserta didik Kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Negeri 1 Tulung tahun pelajaran 2016/2017.Jenis Penelitian ini adalah penelitian Populasi. Populasi penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK N 1 Tulung tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 54 peserta didik. Kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) terdiri dari 2 kelas, yaitu XII TKR 1 dengan jumlah peserta didik 20, XII TKR 2 dengan jumlah peserta didik 34. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner atau angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama dan kedua serta analisis regresi ganda untuk hipotesis ketiga.Hasil penelitian ini adalah (1) motivasi memasuki dunia kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kesiapan kerja. Hal tersebut terbukti dengan nilai t hitung sebesar 3,628 dengan probabilitas 0,001 dimana angka tersebut signifikan karena (p<0,05), (2) pengalaman praktik kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kesiapan kerja. Hal tersebut terbukti dengan nilai t hitung sebesar 3,851 dengan probabilitas 0,000 dimana angka tersebut signifikan karena (p<0,05), (3) motivasi kerja dan pengalaman prakrik kerja industry berpengaruh positif terhadap kesiapan kerja. Hal tersebut terbukti dengan nilai f hitung sebesar 10,208 dengan probabilitas 0,000 dimana angka tersebut signifikan karena (p<0,05).Kata Kunci : Motivasi, Dunia Kerja, Pengalaman Praktek, Kesiapan Kerja
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PENDINGIN BERBASIS SOLIDWORKS DAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK CIPTA KARYA PREMBUN KEBUMEN Suyitno, Doni Setyawan
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 10, No 01 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (975.902 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui proses mengembangkan media pembelajaran berbasis solidworks dan Macromedia Flash dalam meningkatkan motivasi belajar, 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Solidworks dan Macromedia Flash dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, dan 3) Mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis Solidworks dan Macromedia Flash di SMK Cipta Karya Prembun. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR A dan XI TKR B. Kelas XI TKR A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKR B sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner. Analisis data menggunakan uji beda (uji t). Hasil penelitian menunjukkan. 1) Tahap pengembangan media pembelajaran sistem pendingin telah dilakukan sesuai dengan metode penelitian yang ditetapkan revisi produk termasuk kriteria baik. 2) Hasil validasi produk oleh ahli materi 82,5%, maupun ahli media 85%, uji coba kelompok kecil 84,5% dan uji coba pemakaian 81,95%, menunjukkan media layak digunakan dalam pembelajaran. 3) Hasil uji benda membuktikan bahwa media pembelajaran yang dibuat efektif untuk meningkatkan motivasi belajar (thitung = 5,116 dan p=0,000) siswa Kelas XI TKR SMK Cipta Karya Prembun. Media pembelajaran dapat digunakan dalam pembelajaran sebagai media untuk meningkatkan motivasi r karena dalam uji coba kelompok besar dengan jumlah siswa 35 orang telah berhasil meningkatkan motivasi belajar.Kata kunci : Media Pembelajaran, Solidworks dan Macromedia Flash, Motivasi

Page 1 of 2 | Total Record : 17