cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
pto@umpwr.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
ISSN : 23033738     EISSN : 26232502     DOI : -
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari dan Juni. Redaksi menerima artikel dari kalangan mahasiswa, guru, dosen maupun pemerhati pendidikan. Redaksi berhak mengubah naskah sepanjang tidak merubah substansi/isi tulisan. Tanggung jawab isi tulisan sepenuhnya ada pada penulis.
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH" : 14 Documents clear
UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING Aris, M. Chairul; Sudarsono, Bambang
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 11, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (834.656 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menerapkan penelitaian tindakan kelas dengan metode pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran mata pelajaran pemeliharaan sistem pengapian konvensional, 2) mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran problem based learning terhadap motivasi belajar siswa, dan 3) mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa Kelas XI Tkr 3 Smk Negeri 2 Kebumen tahun ajaran 2016/2017, yang berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 33 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Aspek yang diteliti meliputi kegigihan, tingkah laku, dan aktivitas siswa yang menunjukkan motivasi belajar siswa dan tindakan pembelajaran yang ditunjukkan oleh guru sebagai indikator keterlaksanaan pembelajaran problem based learning. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk mencari persentase rata-rata motivasi dan hasil belajar siswa.Hasil penelitian ini mengalami peningkatan yaitu pada kondisi awal, siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata siswa tuntas pada observasi awal yaitu 50,74%, nilai pada siklus I menjadi 62,59%, dan pada siklus II menjadi 72,22%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI Tkr 3 Smk Negeri 2 Kebumen dengan ditandai meningkatnya hasil pembelajaran.Kata kunci : Prestasi belajar, Sistem Pengapian Konvensional, Metode Pembelajaran Problem based learning
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN OVERHOUL KEPALA SILINDER MENGGUNAKAN CUTTING KEPALA SILINDER SEPEDA MOTOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TSM SMK PN 2 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2016/2017 Sugeng, Sugeng; Primartadi, Aci
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 11, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1060.971 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : 1). Untuk mengembangkan media pembelajaran overhoul kepala silinder menggunakan cutting kepala silinder. 2). Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran overhoul kepala silinder menggunakan cutting kepala silinder. 3). Pengaruh media pembelajaran overhoul kepala silinder menggunakan cutting kepala silinder terhadap hasil belajar siswa kelas XI TSM SMK PN 2 Purworejo tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D) dengan subjek penelitian, yaitu kelas XI TSM A SMK PN 2 Purworejo sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 25 siswa dan kelas XI TSM B SMK PN 2 Purworejo sebagai kelas kontrol dengan jumlah 25 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) untuk mengetahui kelayakan media yang digunakan untuk penelitian. Uji analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa media pembelajaran cutting kepala silinder yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada kompetensi overhoul kepala silinder, di SMK PN 2 Purworejo. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil validasi yang dilakukan oleh dosen ahli media yang menunjukkan hasil 90.00% dari skor kriterium, validasi oleh dosen ahli materi yang menunjukkan hasil 85.00% dari skor kriterium. Media pembelajaran cutting kepala silinder juga telah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui respon siswa yaitu meliputi uji coba kelompok kecil memperoleh 84.00% yang meliputi 5 siswa dan uji coba kelompok besar memperoleh skor 85.70% yang meliputi 25 siswa. Pada hasil belajar siswa menunjukkan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media cutting kepala silinder dan yang menggunakan media cutting kepala silinder. Setelah diuji prasyarat analisis data disimpulkan berdistribusi normal dan homogen, melalui uji t-tes dengan taraf kesalahan 5%, hasilnya t hitung lebih besar dari harga t-tabel yaitu 3,393 > 1.71. Dengan demikian terjadi perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan media pembelajaran cutting kepala silinder.Kata Kunci : Media Pembelajaran, Cutting Kepala Silinder, Hasil Belajar
MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR DENGAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CUTTING SISTEM AC Mirhadi, Mirza; Susanto, Arif
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 11, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (937.189 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana prosedur mengembangkan media pembelajaran cutting sistem AC di Prodi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, (2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Cutting sistem AC untuk digunakan dalam pembelajaran di Prodi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, (3) untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajararan dengan menggunakan media pembelajaran cutting sistem AC di Prodi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, dan (4) Bagaimana peningkatan pemahaman belajar mahasiswa dengan menggunakan media pembelajaran cutting sistem AC di Prodi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo.Penelitian ini menggunakan metode Research And Development R & D. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 4 Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Validasi media pembelajaran menggunakan instrumen angket, diberikan kepada ahli dan responden atau mahasiswa dengan skala Likert empat pilihan. Data pemahaman belajar menggunakan data dokumentasi hasil evaluasi. Analisis data hasil penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Pengembangan media pembelajaran yang di kembangkan yaitu berupa media pembelajaran Cutting Sistem AC. 2) Tahap uji validitas oleh ahli materi dan media mendapatkan kategori ?cukup valid?, dan uji kelayakan oleh responden atau mahasiswa, media pembelajaran Cutting sistem AC pada kelompok kecil persentase skor 81,83% dan kelompok besar 81,20%; dengan kategori ? valid?. 3) Pada penelitian, pelaksanaan pembelajaran dari pencapaian pemahaman belajar didapatkan nilai rata-rata mahasiswa kelompok eksperimen menggunakan media pembelajaran Cutting sistem AC sebesar 79,20 dan nilai rata-rata mahasiswa kelompok kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran Cutting sistem AC sebesar 67,20.Kata kunci : Media Pembelajaran, Cutting, Pemahaman Belajar
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PENGISIAN PADA MOBIL KIJANG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF SEMESTER 3 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO Rijal, Nasrur; Suyitno, Suyitno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 11, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (849.296 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana pengembangan media sistem pengisian mata kuliah kelistrikan pada mahasiswa semester 3 universitas muhammadiyah purworejo. 2) mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran menggunakan alat peraga sistem pengisian pada mahasiswa semester 3 universitas muhammadiyah purworejo. 3) mengetahui hasil keterampilan belajar mahasiswa semester 3 universitas muhammadiyah purworejo terhadap materi sistem pengisian setelah menggunakan media sistem pengisian.Penelitian memiliki desain R & D. 1) Populasi penelitian 37 mahasiswa semester 3 universitas muhammadiyah purworejo, kelas A dan kelas B. 2) Hasil analisis pengembangan media sistem pengisian pencapaian persentase skor jawaban tanggapan mahasiswa tentang sistem pengisian adalah 83,02% artinya pengembangan media sistem pengisian dinilai valid dan layak digunakan. Tanggapan ahli media 73,33% artinya termasuk kriteria cukup valid. Tanggapan ahli materi 77,5% artinya termasuk kriteria cukup valid. 3) Keterampilan belajar mahasiswa setelah menggunakan media sistem pengisian menunjukan nilai kelompok eksperimen secara bermakna lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol.Kata Kunci: Pengembangan Media, Keterampilan Belajar, Sistem Pengisian
PENGGUNAAN MEDIA SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK GIRIPURO SUMPIUH TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Adjie, Gandhi Permana; Sudarsono, Bambang
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 11, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (837.068 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui cara pembuatan media pembelajaran sistem pengapian konvensional. 2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran sistem pengapian konvensional. 3) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran sistem pengapian konvensional terhadap hasil belajar.Hasil penelitian menunjukkan 1) Pengembangan media pembelajaran yang di kembangkan oleh peneliti yaitu berupa media pembelajaran stand pada pembelajaran sistem pengapian konvensional. 2) Hasil penelitian pada tahap uji validitas atau kelayakan oleh ahli materi dan media mendapatkan kategori ?valid? dengan rata-rata presentase 85%. Hasil penelitian uji kelayakan oleh responden atau mahasiswa, media pembelajaran stand sistem pengapian konvensional ditinjau dari dua kelompok kecil dan besar, pada kelompok kecil mendapatkan persentase skor 81,17%; pada kelompok besar mendapatkan persentase skor 84,11%; Total penilaian kedua kelompok mendapatkan persentase skor 82.64% dengan kategori ? valid?. 3) Pada penelitian, pelaksanaan pembelajaran dari pencapaian pemahaman belajar didapatkan nilai rata-rata siswa pre test 70,73 adalah siswa yang tidak menggunakan media dalam pembelajaran sedangkan pelaksanaan pembelajaran dari pencapaian pemahaman belajar didapatkan nilai rata-rata siswa post test 80,73 adalah siswa yang tidak menggunakan media dalam pembelajaran dengan selisih nilai rata-rata 10 sehingga hasil belajar siswa setelah menggunakan media sistem pengisian menunjukan nilai pre test secara bermakna lebih tinggi dibandingkan nilai post test.Kata Kunci: Pengembangan Media, Hasil Belajar, Sistem Pengapian Konvensional
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VIDEO PADA MATA DIKLAT MOTOR BAKAR 4 LANGKAH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA Wibowo, Adhi; Widiyatmoko, Widiyatmoko
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 11, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (844.612 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1)mengetahui bagaimana prosedur pengembanagan media pembelajaran audio video pada mata diklat motor bakar 4 langkah. 2)bagaimana kelayakan media pembelajaran audio video pada mata diklat motor bakar 4 langkah terhadap kegiatan pembelajaran siswa kelas X SMK Puspa Jati Buluspesantren Kebumen. dan 3)pengaruh penggunaan media pembelajaran audio video pada mata diklat motor bakar 4 langkah terhadap minat belajar siswa kelas X SMK Puspa Jati Buluspesantren Kebumen.Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D). Dari hasil penelitian, menunjukan bahwa : 1) prosedur pengembangan media pembelajaran audio video meliputi pencarian potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, pengujian produk, uji coba pemakaian dan revisi produk. 2) media pembelajaran audio video layak digunakan untuk media pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dari ahli media yang menunjukan skor rata ? rata 3,37. Validasi dari ahli materi yang menunjukan skor rata ? rata 3,36. Media pembelajaran audio video juga telah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui respon siswa yaitu meiputi uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata ? rata 3,10 yang meliputi 5 siswa dan uji coba kelompok besar memperoleh skor rata ? rata 3,15 yang meliputi 25 siswa. 3) Pada minat belajar siswa menunjukkan minat belajar siswa yang tidak menggunakan media audio video dan yang menggunakan media audio video. Melalui uji normalitas diperoleh p = 0.261, karena p > 0,05 maka menunjukkan kedua kelompok berdistribusi normal, melalui uji homogenitas diperoleh Fhitung = 0,661 dengan p = 0.578, karena p > 0,05 maka kedua kelompok memiliki varian homogen, melalui uji t-tes hasilnya thitung 2.352 dengan p = 0,000 < 0,05 yang menunjukan adanya perbedaan minat belajar kelas ekperimen dan kelas kontrol. Perbandingan minat belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai rata ? rata kelas eksperimen 82.8 dan nilai rata ? rata kelas kontrol 78,7. Berdasarkan hasil tersebut maka media pembelajaran audio video dapat meningkatkan minat belajar siswa.Kata Kunci : Media Pembelajaran, Audio Video, Minat Belajar
UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DENGAN PENGEMBANGAN MEDIA AUTO CUT OFF CHARGER Tazani, Muhammad Sa?dudin Ataf; Sudarsono, Bambang
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 11, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (954.672 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pembuatan media pembelajaran dan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan media auto cut off charger yang diaplikasikan pada mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif. Populasi yang diambil adalah siswa SMK N Nusarwungu yang mendapatkan materi sistem kelistrikan baterai. Sampel yang diambil adalah siswa kelas X TKR 1 dengan jumlah 35 siswa.Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan desain pretest-postest. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dengan tes objektif pretest dan postest serta angket untuk mengetahui kelayakan media yag digunakan untuk penelitian. Uji analisis menggunakan statistik parametris dengan uji normality test dan uji t-test. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa media pembelajaran auto cut off charger yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif, di SMK N Nusawungu hal ini dapat dibuktikan dari hasil validasi yang dilakukan oleh dosen ahli media yang menunjukkan hasil 81.6% dari skor kriterium. validasi oleh dosen ahli materi yang menunjukkan hasil 75% dari skor kriterium. Media pembelajaran auto cut off charger juga telah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui respon siswa melalui dua tahap uji coba yaitu, uji coba kelompok kecil memperoleh skor 78% yang meliputi 3 siswa, uji coba kelompok kecil memperoleh 86.66% yang meliputi 5 siswa dan uji coba kelompok besar atau tahap akhir yang memperoleh skor 86.85% yang meliputi 35 siswa. Pada hasil aktivitas dan hasil belajar siswa juga menunjukkan prestasi peningkatan dari yang sebelum menggunakan media auto cut off charger dan sesudah menggunakan media auto cut off charger.Hasil Penilaian aktivitas belajar siswa menunjukan peningkatan dari nilai 43,73 % sebelum menggunakan media menjadi 81,25 % dengan menggunakan media auto cut off charger. Sementara Hasil Evaluasi Belajar Melalui uji t-tes dengan taraf kesalahan 5%, hasilnya t hitung lebih kecil dari harga t-tabel yaitu -26.824 < -2.193. Dengan demikian ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa antara sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran ini.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Auto Cut Off Charger, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TGT DAN KONVENSIONAL KOMPETENSI SISTEM STARTER MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF SEMESTER 5 KELAS A DAN B UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO Nugroho, Dwi Priyo; Sudarsono, Bambang
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 11, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (932.394 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran TGT pada Kompetensi sistem starter mahasiswa pendidikan teknik otomotif semester 5 Universitas muhammadiyah purworejo tahun ajaran 2016, 2) Untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran (TGT) pada Standar Kompetensi sistem starter mahasiswa pendidikan teknik otomotif semester 5 kelas A dan B Universitas muhammadiyah purworejo tahun ajaran 2016, 3) Untuk mengetahui peningkatkan minat belajar Standar Kompetensi sistem starter mahasiswa pendidikan teknik otomotif semester 5 kelas A dan B Universitas muhammadiyah purworejo tahun ajaran 2016, dan 4) Untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar Standar Kompetensi sistem starter mahasiswa pendidikan teknik otomotif semester 5 kelas A dan B Universitas muhammadiyah purworejo tahun ajaran 2016.Jenis penelitian ini adalah Ekperiment. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan teknik otomotif semester 5 kelas B Universitas muhammadiyah purworejo tahun ajaran 2016 Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner. Analisis data menggunakan uji beda (uji t).Hasil validasi produk oleh ahli materi, uji coba kelompok kecil dan uji coba pemakaian produk menunjukkan produk layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil validitas ahli materi diperoleh skor 78,33 % (cukup valid), uji coba kelompok kecil 84,5% (valid). Hasil uji t perbandingan rata-rata posttest minat belajar kelas eksperimen dan kontrol diperoleh thitung = 10,399 dengan p=0,000<0,05 menunjukkan bahwa hasil posttest minat belajar kelas eksperimen dan kontrol terbeda secara signifikan, artinya minat belajar kelas eksperimen 53,91 lebih tinggi minat belajar kontrol 41,38. Hasil uji t perbandingan rata-rata posttest hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol diperoleh thitung = 2,108 dengan p=0,043<<0,05 menunjukkan hasil posttest hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol terbeda secara signifikan, artinya rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi 77,95 dibandingkan kelas kontrol 71,54. Hal tersebut menunjukkan media pembelajaran yangdikembangkan efektif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar mashasiswa pada mata kuliah produktif sistesm starterKata-kata kunci : Minat Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Model TGT dan Konvensional
PENGARUH MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR OTOMOTIF SISWA KELAS X SMK YPE SAWUNGGALIH KUTOARJO Pribadi, Wahyu Dewanto; Susanto, Arif
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 11, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1082.869 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui apakah ada hubungan minat belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran dasar otomotif siswa kelas X SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo.2. Untuk mengetahui apakah ada hubungan lingkungan belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran dasar otomotif siswa kelas X SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo.3. Untuk mengetahui apakah ada hubungan minat belajar dan lingkungan belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran dasar otomotif siswa kelas X SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo.Hasil penelitian, menunjukkan bahwa: 1) Adanya hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar Mata Pelajaran Dasar Otomotif kelas X SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo tahun ajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan dengan nilai ??1? sebesar 0,644 dan ???????lebih besar dari ?????? sebesar 6,402>1,989. 2) Adanya hubungan positif dan signifikan antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar Mata Pelajaran Dasar Otomotif kelas X SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo tahun ajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan dengan nilai ??2? sebesar 0,630 dan ???????lebih besar dari ?????? sebesar 6,274>1,989. 3)Adanya hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dan lingkungan belajar secara bersam-sama dengan prestasi belajar Mata Pelajaran Dasar Otomotif kelas X SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo tahun ajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan dengan nilai ??(1,2) sebesar 0,645 dan ???????lebih besar dari ?????? sebesar 25,561>3,11.Kata Kunci: Minat Belajar, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar.
MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR DENGAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL SISTEM AC DI SMK MUHAMMADIYAH PURWODADI Pratama, Sandika Yoga; Suyitno, Suyitno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 11, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (868.445 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui proses pembelajaran pada saat ini didalam kelas; (2) untuk mengetahui ada tidaknya dalam peningkatan hasil belajar, dengan pengembangan media pembelajaran audio visual sistem AC di SMK Muhammadiyah Purwodadi; (3) untuk mengetahui ada tidaknya dalam peningkatan minat belajar siswa, dengan pengembangan media pembelajaran audio visual sistem AC di SMK Muhammadiyah Purwodadi.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di kelas XII TKR SMK Muhammadiyah Purwodadi yang berjumlah 20 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket minat belajar siswa dan soal tes tertulis yang berbentuk pilihan ganda yang digunakan pada setiap akhir siklus. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif.Hasil penelitian, menunjukkan bahwa: (1) melalui proses pembelajaran dengan penerapan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan persentase minat belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa; (2) berdasarkan hasil angket respon minat belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa. terbukti dengan perolehan angket respon minat belajar siswa dengan rata-rata persentase 73,87% pada siklus I dan mengalami peningkatan 76% pada siklus II; sedangkan (3) hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan terbukti pada pra siklus diperoleh nilai rata-rata sebesar 53,25 dengan ketuntasan 15% meningkat menjadi rata-rata 73,25 dengan ketuntasan 55% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi rata-rata 75,75 dengan ketuntasan 80% pada siklus II.Kata Kunci: media pembelajaran, audio visual, minat, hasil belajar

Page 1 of 2 | Total Record : 14