cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
pto@umpwr.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
ISSN : 23033738     EISSN : 26232502     DOI : -
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari dan Juni. Redaksi menerima artikel dari kalangan mahasiswa, guru, dosen maupun pemerhati pendidikan. Redaksi berhak mengubah naskah sepanjang tidak merubah substansi/isi tulisan. Tanggung jawab isi tulisan sepenuhnya ada pada penulis.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH" : 12 Documents clear
EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING PADA MATA PELAJARAN MENERAPKAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA LINGKUNGAN HIDUP (MK3LH) SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 BINANGUN Cahyadi, Johan
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 12, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (835.518 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan sebagai untuk mengetahui EfektivitasPenerapan Model Pembelajaran Joyfull Learning dengan metode ceramah pada MataPelajaran Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan Hidup (MK3LH) SiswaKelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Binangun.Metode yang digunakan adalah metode tes awal dan tes akhir dengan kelompokkontrol (The Randomized Pretest-Posttest Group Design). Metode tes ini diberikan setelahpeneliti melakukan pembelajaran pada dua kelas dengan soal yang sama. Tes ini dilakukansiswa dengan mengerjakan lembar evaluasi pada mata pelajaran Menerapkan Keselamatandan Kesehatan Kerja Lingkungan Kerja (MK3LH). Bentuk tes pilihan ganda berjumlah 25 soaldengan pilihan A, B, C, D, dan E. Kemudian hasil tes tersebut digunakan untuk mengujikebenaran hipotesis.Hasil belajar pada Kompetensi Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan KerjaLingkungan Hidup (MK3LH) Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Binangunyang menggunakan model pembelajaran joyfull learning dengan rata-rata nilai pretest67,33, rata-rata postest 79,17 dan indeks gain 0,370. Pada kelas kontrol yangmenggunakan model pembelajaran konvensional dengan rata-rata nilai pretest 67,73, rataratapostest 74,93 dan indeks gain 0,229. Pengujian hipotesis menunjukkan efektivitaspembelajaran joyfull learning lebih tinggi dibandingkan pembelajaran konvensional padaKompetensi Mata Pelajaran Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja LingkunganHidup (MK3LH) Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Binangun.Kata-kata kunci : Metode Joyfull Learning, Kesehatan dan Keselamatan Kerja
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM KEMUDI TIPE RACK AND PINION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PEMBELAJARAN CHASIS KELAS XI SMK PATRIOT PITURUH Rubiyanto, Eri; Susanto, Arif
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 12, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (945.165 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui prosedur pengembangan mediapembelajaran,mengetahui kelayakan media pembelajaran, 2) efektivitas mediapembelajaran cutting sistem kemudi tipe rack and pinion yang diaplikasikan padakompetensi mata pelajaran chassis serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XISMK Patriot Pituruh.Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development R & D. Subjekpenelitian yang diambil adalah siswa kelas XI TKR A dan kelas XI TKR B SMK Patriot Pituruhsebanyak 60 siswa yaitu kelas XI TKR A sebagai kelas ekperimen dengan jumlah 30 siswa dankelas XI TKR B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa. Pengumpulan datamenggunakan metode kuesioner (angket) untuk mengetahui kelayakan media yangdigunakan untuk penelitian. Uji analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, danuji t-test.Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa media pembelajaran sistem kemudi tiperack and pinion yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran padakopetensi mata pelajaran chassis, hal ini dapat dibuktikan dari hasil validasi oleh dosen ahlimedia dengan persentase 76.66%, dan validasi oleh dosen ahli materi dengan persentase83,33% dari. Media pembelajaran sistem kemudi tipe rack and pinion juga telah memenuhikriteria kualitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui respon siswa pada uji cobakelompok kecil memperoleh 97% yang meliputi 5 siswa , dan uji coba kelompok besarmemperoleh 83% dan nilai hasil belajar kelas eksperimen dengan rata-rata 79,50%sedangkan pada kelas kontrol hanya 72,00%. Prestasi belajar siswa kelas ekperimen lebihbesar dibandingkan kelas kontrol berdasarkan hasil persentase skor tersebut. Melalui ujinormalitas diperoleh p=0.172, karena p>0,05 maka kedua kelompok berdistribusi normal,melalui uji homogenitas diperoleh F hitung =6,312 dengan p=0.680, karena p>0,05 makakedua kelompok memiliki varian homogen, melalui uji t-tes dengan taraf kesalahan 2%,hasilnya t hitung lebih besar dari harga t-tabel yaitu 3,663 dengan p = 0,000 < 0,05. Dengandemikian penggunaan media pembelajaran cutting sistem kemudi tipe rack and pinion dapatmeningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMK Patriot Pituruh.Kata kunci : Media Pembelajaran, Cutting Sistem Kemudi, Hasil Belajar
UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN POMPA BAHAN BAKAR TIPE DISTRIBUTOR DI SMK N 4 PURWOREJO Kurnia, Faried; Suyitno, Suyitno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 12, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (726.877 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa SMKNegeri 4 Purworejo dengan media pembelajaran pompa bahan bakar diesel tipedistributordan 2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK Negeri 4 Purworejo denganmedia pembelajaran pompa bahan bakar diesel tipe distributor.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Tahap penelitian terdiridari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan dalam 2siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 1 pertemuan. Subjek penelitian ini adalahsiswa SMK N 4 Purworejo kelas XI TKR B tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 32siswa. Metode pegumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknikanalisis data dengan analisis kualitatif.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan dengan mediapembelajaran pompa bahan bakar diesel tipe distributordapat meningkatkan 1) keaktifanbelajar siswa yaitu siswa mampu bertanggungjawab dengan mengerjakan soal sendiri danaktif dalam pembelajaran dengan perolehan rerata persentase siklus I yaitu 60,50% dengankategori cukup . Pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 79,00% pada siklus II dengankategori Baik. 2) kemampuan siswa menyelesaiakan soal tes dengan perolehan reratapersentase yaitu 66,30% dengan kategori cukup pada siklus I dan meningkat pada siklus IImenjadi 79,10% dengan kategori Baik. Penelitian dilakukan hanya 2 siklus karena siklus Ibelum memenuhi kriteria peniaian, sedangkan pada siklus II sudah memenuhi kriteriapenilaian.Kata-kata Kunci : Keaktifan Belajar, Hasil Belajar
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JOBSHEET MENGGUNAKAN AUTOCAD SERIES TERHADAP PRESTASI PADA SISWA SMK INSTITUT INDONESIA KUTOARJO Prabowo, Eko Sulistyanto; Widiyatmoko, Widiyatmoko
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 12, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (911.171 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1). menerapkan penelitian Quasy eksperiman dengan metode pengembangan media pembelajaran Jobsheet menggunakan Autocad series terhadap pretasi pada siswa SMK institut indonesia kutoarjo, dan 2). mengetahui pengaruh pengembangan media pembelajaran Jobsheet terhadap prestasi pada siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Quasy eksperimen. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XI teknik kendaraan ringan SMK institut indonesia tahun ajaran 2017/2018, yang berjumlah 65 siswa dalam 2 kelas XI A dan XI B. Aspek ini meliputi pemahaman icon, pemahaman garis gambar, dan pemahaman gambar pada program Autocad siswa yang menunjukan hasil belajar siswa dan tindakan pembalajaran yang ditunjukan oleh Guru sebagai indikator keterlaksaan pembelajaran program Autocad.Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik penilaian dan persentase. Analisis data untuk mencari persentase rata-rata hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah hasil belajar siswa meningkat dari 2 kelas. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata hasil belajar siswa dari persentase kelas kontrol 67,69% kategori cukup, dan meninggat menjadi 68,73% dikelas ekperimen.Hasil belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya hasil pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran menggambar berdasarkan persentase siswa yang memenuhi standar kompetensi. 1). Hasil uji normalitas perbandingan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh p = 0,060 karena p = 0.05 menunjukan kedua kelompok berdistribusi normal. 2). Hasil uji t perbandingan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh t hitung sebesar 1,324 dengan p = 0,191 > 0,05 menunjukan ada perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, artinya rata-rata hasil belajar kelas eksperimen secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. 3). Hasil belajar siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai rata-rata kelas kontrol 67,69 dan nilai rata-rata eksperimen 68,73. Dari data tersebut maka hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, berarti membuktikan prestasi belajar kelas XI telah meningkat daripada sebelumnya.Kata kunci : metode pembelajaran program Autocad , hasil belajar
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM KEMUDI TIPE RACK AND PINION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN CHASSIS KELAS XI TKR SMKN 6 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2016/2017 Rohmanato, Rohmanato; Suyitno, Suyitno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 12, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (836.334 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran, mengetahui kelayakan media pembelajaran dan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran cutting sistem kemudi tipe rack and pinion yang diaplikasikan pada kopetensi mata pelajaran chassis serta untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI TKR SMKN 6 Purworejo.Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D). Subjek penelitian yang diambil adalah siswa kelas XI TKR I dan kelas XI TKR II SMKN 6 Purworejo sebanyak 63 siswa yaitu kelas XI TKR I sebagai kelas ekperimen dengan jumlah 31 siswa dan kelas XI TKR I sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) untuk mengetahui kelayakan media yang digunakan untuk penelitian. Uji analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test.Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa media pembelajaran sistem kemudi tipe rack and pinion yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada kopetensi mata pelajaran chassis, hal ini dapat dibuktikan dari hasil validasi oleh dosen ahli media dengan hasil 71.66% dari skor kriterium. Validasi oleh dosen ahli materi dengan hasil 90,00% dari skor kriterium. Media pembelajaran sistem kemudi tipe rack and pinion juga telah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui respon siswa pada uji coba kelompok kecil memperoleh 88,00% yang meliputi 5 siswa , dan uju coba klompok besar memperoleh81,12% dan nilai hasil belajar kelas eksperimen dengan rata-rata 77,74% sedangkan pada kelas kontrol hanya 71,09%. Prestasi belajar siswa yang tidak menggunakan media cutting sistem kemudi tipe rack and pinion dan yang menggunakan media cutting sistem kemudi tipe rack and pinion . Melalui uji normalitas diperoleh p=0.142, karena p>0,05 maka kedua kelompok berdistribusi normal, melalui uji homogenitas diperoleh F hitung =6,948 dengan p=0.850, karena p>0,05 maka kedua kelompok memiliki varian homogen, melalui uji t-tes dengan taraf kesalahan 2%, hasilnya t hitung lebih besar dari harga t-tabel yaitu 3,310 dengan p = 0,000 < 0,05. Dengan demikian penggunaan media pembelajaran cutting sistem kemudi tipe rack and pinion dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI TKR SMKN 6 Purworejo tahun ajaran 2016/2017.Kata Kunci : Media Pembelajaran, Cutting Sistem kemudi, prestasi Belajar
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM STARTER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK PANCASILA 1 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Algal, Ahmad Agil
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 12, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (823.578 KB)

Abstract

ini bertujuan untuk 1). meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam bidang sistem stater. 2.) memudahkan guru untuk memberi penjelasan terhadap siwa agar mudah dipahami. 3.) Meningkatkan motivasi pembelajaran dan hasil belajar khususnya mata pelajaran sistem stater.Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR A dan XI TKR B. Kelas XI TKR A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKR B sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dan soal tes. Analisis data menggunakan uji beda (uji t).Hasil uji beda membuktikan bahwa media pembelajaran yang dibuat efektif untuk meningkatkan motivasi belajar (thitung = 6,955 dengan p=0,000) dan hasil belajar (thitung = 3,389 dengan p=0,001) siswa Kelas XI TKR SMK Pancasila 1 Purworejo. Media pembelajaran dapat digunakan dalam pembelajaran sebagai media untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar karena dalam ujicoba kelompok besar dengan jumlah siswa 35 orang telah berhasil meningkatkan motivasi dan hasil belajar.Kata-kata kunci : Media Pembelajaran, Sistem Starter
UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) KELAS XI TKR SMK MUHAMMADIYAH MAJENANG CILACAP. Widiastuti, Eka Rini; Suyitno, Suyitno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 12, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (702.75 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan minat 2) untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa; 3) untuk mengetahui bagaimanakah prosedur penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS); 4) untuk mengetahui seberapa besar peningkatan minat belajar siswa, dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran sistem bahan bakar bensin melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah Majenang Cilacap.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di kelas XI TKR SMK Muhammadiyah Majenang yang berjumlah 36 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket minat belajar siswa dan soal tes tertulis berbentuk pilihan ganda yang gunakan pada setiap akhir siklus. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif.Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan persentase minat dan ketuntasan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil angket respon minat belajar siswa menunjukan adanya peningkatan minat belajar siswa, terbukti dengan perolehan angket respon minat belajar siswa dengan rata-rata persentase 68,14% pada siklus I dan mengalami peningkatan menjadi 71,25% pada siklus II Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan terbukti pada pra siklus diperoleh nilai rata-rata sebesar 50,42 dengan ketuntasan 19,44% meningkat menjadi rata-rata 74,44 dengan ketuntasan 66,67% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi rata-rata 80,42 dengan ketuntasan 86,11% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Majenang Cilacap.Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Minat, Hasil Belajar
SISWA KELAS X MATA DIKLAT OTOMOTIF DASAR MELALUI METODE PRODUCTION BASED TRAINING DI SMK MUHAMMADIYAH MAJENANG CILACAP Muzaki, Ahmad Ghufron; Susanto, Arif
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 12, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (842.485 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada Mata diklat otomotif dasar Siswa Kelas X-A SMK Muhammadiyah Purworejo.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X -A yang berjumlah 30 orang.Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan, pertemuan pertama dan pertemuan kedua pada siklus I dan siklus II adalah pembelajaran sekaligus tes praktik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, observasi, dan tes. Aspek yang diteliti meliputi hasil belajar siswa dan aktifitas belajar siswa. Tindakan yang diberikan oleh guru adalah pembelajaran praktik menggunakan metode Production Based Training.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X Mata Diklat Otomotif Dasar Melalui Metode Production Based Training. Hal ini ditunjukkan oleh: (1) aktivitas belajar siswa saat pembelajaran praktik pada siklus I mencapai 82,56%, dengan kriteria sangat kuat, pada siklus II meningkat menjadi 100%, dengan kriteria sangat kuat; (2) rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I adalah 78,00, dengan kriteria sangat baik, pada siklus II meningkat menjadi 84,68, dengan kriteria sangat baik.Kata-kata kunci: hasil, aktivitas, metode, Production Based Training
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEKNIK PENGELASAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROJECT BASED LEARNING DI SMK MUHAMMADIYAH MAJENANG CILACAP Kuswanto, Kuswanto; Susanto, Arif
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 12, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (712.494 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan prestasi pembelajaran pada praktik pengelasan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PBL). 2) mendapatkan bukti peningkatan prestasi pembelajaran praktik pengelasan setelah diterapkan model Project Based Learning (PBL).Penelitian ini merupakan Penilitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus pada kelas XI Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri (TPMI) A di SMK Muhammadiyah Majenang Cilacap dengan Subyek penelitian adalah siswa dan guru. Penelitian ini menggunakan desai Kemmis & Taggart yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, catatan lapangan, wawancara dan studi dokumen. Analisa dilakukan dengan analisa kualitatif untuk menggambarkan suasana pembelajaran yang berlangsung dalam kelas dan analisa kuantitatif untuk melihat perkembangan hasil belajar siswa dan kualitas pembelajaran.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) penerapan pemberalajaran menggunakan Project Based Learning di kelas TKR Smk Muhammadiyah Majenang Cilacap dapat meningkatkan prestasi pembelajaran sesuai dengan KKM ( Kriteria ketuntasan minimum ) yaitu 75 dengan presentase siswa mencapai 80% atau lebih. 2) Peningkatan prestasi tersebut dapat terlihat dari nilai prestasi yang didapat, dimana sebelum penelitian nilai yang didapat sebesar 65,8 dengan tingkat kelulusan sebesa3 13,89%, siklus I 73,8 dengan tingkat kelulusan sebesar 71,22% dan siklus 2 sebesar 82,0 dengan tingkat kelulusan siswa 100%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan pembelarjaran praktik pengelasan.Kata kunci : Model Projeect Based Learning, Prestasi Pembelajaran, Praktik Pengelasan
PENGARUH KEGIATAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN KERJA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 8 PURWOREJO Sugianto, Arif; Suyitno, Suyitno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 12, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (712.86 KB)

Abstract

Pengaruh Kegiatan Praktek Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Purworejo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) gambaran kegiatan praktik kerja industri, (2) kesiapan kerja, dan (3) pengaruh antara kegiatan praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa di SMK N 8 Purworejo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII (siswa yang telah melaksanakan prakerin) jurusan Tata Busana, Teknik Kendaraan Ringan dan Teknik sepeda motor SMK Negeri 8 Purworejo yang berjumlah 188 siswa yang terbagi menjadi 6 kelas. Penelitian ini termasuk penelitian sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling, yaitu sampel diambil secara acak sebesar 40% dari jumlah populasi ditambah 10% dari sampel untuk keperluan missing data dan non response. Jadi, jumlah sampel keseluruhan adalah 83 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen dilakukan pada 30 respoden di luar anggota sampel tetapi masih dalam satu populasi. Data yang masuk kemudian diuji validitas menggunakan rumus korelasi Product Moment dan reliabilitas menggunakan rumus Cronbach?s Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi praktik kerja industri dalam kategori cukup dengan frekuensi relatif 59,14% dan kesiapan kerja dalam kategori tinggi dengan frekuensi relatif 72,04%. Berdasarkan hasil uji korelasi Product Moment, diperoleh rhitung = 0,538. Nilai rtabel pada taraf signifikan 5% untuk N = 93 adalah 0,204 (rxy 0,538 > rtabel 0,204). Berdasarkan hasil tersebut, ada pengaruh positif dan signifikan antara prestasi praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa di SMK N 8 Purworejo. Koefisien determinan (R2) sebesar 0,289, artinya besarnya sumbangan yang diberikan oleh variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 28,9%, sedangakan sisanya 71,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.Kata Kunci: kegiatan praktek kerja industri, kesiapan kerja

Page 1 of 2 | Total Record : 12