cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
pto@umpwr.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
ISSN : 23033738     EISSN : 26232502     DOI : -
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari dan Juni. Redaksi menerima artikel dari kalangan mahasiswa, guru, dosen maupun pemerhati pendidikan. Redaksi berhak mengubah naskah sepanjang tidak merubah substansi/isi tulisan. Tanggung jawab isi tulisan sepenuhnya ada pada penulis.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 01 (2019): JURNAL AUTOTECH" : 12 Documents clear
IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK MUHAMMADIYAH I SALAM Sudarsono, Bambang
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 14, No 01 (2019): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (808.964 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dengan penerapan metode pembelajaran Quantum Teaching dan seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa kelas X TKR SMK Muhammadiyah I Salam.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berhasil mencapai indikator keberhasilan dalam 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TKR SMK Muhammadiyah I Salam yang berjumlah 36 siswa.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode tes, yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pretest dan lembar postest. Analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan persentase dan rerata.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai siswa sebelum memanfaatkan metode Quantum Teaching adalah siklus I meningkat menjadi 74 dan lebih meningkat lagi pada siklus II yaitu menjadi 82. Hal ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas X TKR SMK Muhammadiyah I Salam dengan diterapkannya model pembelajaran Quantum Teaching.Kata kunci: Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Quantum Teaching
IMPLEMENTASI METODE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMK MA’ARIF 1 KEBUMEN Sudarsono, Bambang
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 14, No 01 (2019): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (946.04 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar l belajar siswa dalam pembelajaran materi Alat Ukur di SMK Ma?arif 1 sebelum dan sesudah penerapan metode Think Pair Share.Penelitian merupakan hasil dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajara pada kelas X TDSM SMK Ma?arif 1 Kebumen yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan data kualitatif.Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode Think Pair Share dalam pembelajaran materi sistem bahan di SMK Ma?arif 1 Kebumen dilakukan sesuai tahapan pelaksanaannya, yaitu tahapan think (berfikir), pair (berpasangan) dan share (berbagi) dengan pembelajaran diskusi kelompok. (2) Peningkatan Aktivitas siswa meningkat dengan rata-rata pada observasi awal yaitu 52% hasil observasi pada siklus I menjadi 73% dan pada siklus II menjadi 88%.Kata kunci: think pair share, aktivitas belajar
PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN CHASIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DI SMK PN PURWOREJO Hariyanto, Syahman; Suyitno, Suyitno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 14, No 01 (2019): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1023.806 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui meningkat atau tidaknya keaktifan siswa yang telah diterapkan model PBL (Problem Based Learning) pada mata pelajaran chasis kelas XI di SMK PN Purworejo. 2) Untuk mengetahui meningkat atau tidaknya hasil belajar siswa setelah diterapkannya model PBL (Problem Based Learning) pada mata pelajaran chasis kelas XI di SMK PN Purworejo.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK PN Purworejo tahun ajaran 2018/2019, yang berjumlah 27 siswa, yang terdiri dari 26 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan. Aspek yang diteliti meliputi keingintahuan, tingkah laku, dan keaktifan siswa yang menunjukkan semangat belajar siswa dan tindakan pembelajaran yang ditunjukkan oleh guru sebagai indikator pelaksana pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk mencari persentase rata-rata keaktifan dan hasil belajar siswa.Hasil penelitian ini adalah bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa meningkat dari tiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata keaktifan siswa dari pra siklus dengan persentase 70,37% berkategori kurang, naik menjadi 82,87% berkategori baik dan semakin meningkat pada siklus II yaitu sebesar 90,89% dan masuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan untuk hasil belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya hasil pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Berdasarkan hasil belajar rata-rata siswa yang memenuhi standar kompetensi yaitu sebagai berikut: pada pra siklus nilai rata-rata sebesar 72,37 dengan presentase sebesar 29,63% masuk dalam kategori cukup kemudia n meningkat pada siklus I dengan rata-rata sebesar 81,03 dengan presentase sebesar 51,85% dan masuk dalam kategori baik dan semakin meningkat pada siklus II dengan rata-rata sebesar 90,66 dengan presentase sebesar 88,88% dan masuk dalam kategori sangat baik.Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah (problem based learning), keaktifan siswa, hasil belajar.
54 JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF_UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO PENGARUH KEDISIPLINAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS XI TBSM SMK NEGERI 1 KUTASARI TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Antoro, Mujib Budi
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 14, No 01 (2019): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (788.552 KB)

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kedidiplinan dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa kelax XI TBSM SMK Negeri 1 Kutasari. Jenis penelitian ini menggunakan metode expost fakto,subjek penelitian yang di ambil adalah siswa kelas XI TBSM SMK Negeri 1 Kutasari yang berjumlah 90 Siswa. Pengumpulan data prestasi belajar dilakukan dengan metode dokumentasi, sedangkan data kedisiplinan dan data kemandirian belajar dilakukan dengan teknik angket. Dari hasil penelitian di deskripsikan dalam sekor tertinggi dan sekor terendah.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Kedisiplinan Belajar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI TBSM dalam pembelajaran produktif di SMK Negeri 1 Kutasari. 2) Kemandirian Belajar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI TBSM dalam pembelajaran produktif di SMK Negeri 1 Kutasari.Kata kunci : Kedisiplinan, Kemandirian, Prestasi Belajar
PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR DENGAN METODE PROJECT BASED LEARNING TERHADAO KOMPETENSI SISTEM BAHAN BAKAR DIESEL DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO Fadlil Zen, Alif Ahmad; Sudarsono, Bambang
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 14, No 01 (2019): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (932.9 KB)

Abstract

Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Dengan Metode Project Based Learning Pada Kompetensi Sistem Bahan Bakar Diesel di Universitas Muhammadiyah Puworejo?. Program Keahlian Pendidikan vokasional teknologi otomotif universitas muhammadiyah Purworejo?.. Skirpsi. Pendidikan Teknik Otomotif. FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2019.Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menerapkan penelitaian tindakan kelas dengan metode pembelajaran project based learning dalam kompentesi sistem bahan bakar diesel, 2) mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran project based learning terhadap minat belajar siswa, dan 3) mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa.1) Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan ini adalah mahasiswa semester 4 Program pendidikan otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun ajaran 2019, yang berjumlah 24 orang yang semuanya adalah mahasiswa laki-laki. Aspek yang diteliti meliputi kegigihan, tingkah laku, dan aktivitas mahasiswa yang menunjukkan minat belajar siswa dan tindakan pembelajaran yang ditunjukkan oleh dosen sebagai indikator keterlaksanaan pembelajaran project based learning. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk mencari persentase rata-rata minat dan hasil belajar siswa.Hasil penelitian ini adalah bahwa minat dan hasil belajar siswa meningkat dari tiap siklusnya. 2) Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata minat mahasiswa dari pra siklus dengan persentase 63,75% berkategori kurang, naik menjadi 67,29% berkategori cukup dan semakin meningkat pada siklus II yaitu sebesar 76,46%. 3) Hasil belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya hasil pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran project based learning berdasarkan persentase siswa yang memenuhi standar kompetensi pada pra siklus sebesar 32%, pada siklus I meningkat sebesar 48% naik menjadi 79% pada siklus II.Kata kunci: metode pembelajaraan project based learning, minat belajar, hasil belajar
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKR PADA KOMPETENSI SISTEM PENDINGINAN DI SMK YPE KROYA Akbar, Akhanul Fikri; Suyitno, Suyitno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 14, No 01 (2019): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (935.371 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui penerapan minat belajar siswa setelah diterapkannya metode berbasis masalah Problem Based Learning (PBL) pada mata diklat PMKR (Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan) dengan Kompetensi Sistem Pendinginan, 2) Untuk mengetahui penerapan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode berbasis masalah Problem Based Learning (PBL) pada mata diklat PMKR (Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan) dengan Kompetensi Sistem Pendinginan.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XI TKR SMK YPE Kroya, yang berjumlah 57 orang. Aspek yang diteliti meliputi kegigihan, tingkah laku, dan aktivitas mahasiswa yang menunjukkan minat belajar siswa dan tindakan pembelajaran yang ditunjukkan oleh dosen sebagai indikator keterlaksanaan pembelajaran Problem based learning. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk mencari persentase rata-rata minat dan hasil belajar siswa.Hasil penelitian ini adalah bahwa minat dan hasil belajar siswa meningkat dari tiap siklusnya. Hal ini terlihat dari nilai rata rata dari kelas pada siklus I sebesar 71,5, mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 75,88. Presentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat, siklus I presentase ketuntasan 63%, meningkat menjadi 78% pada siklus II.Kata kunci : Metode pembelajaraan problem based learning, minat belajar, hasil belajar
36 JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF_UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO HUBUNGAN KEMAMPUAN PRAKTIK DAN TEORI MATA KULIAH PRODUKTIF OTOMOTIF TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO Rochman, Adam Ainur
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 14, No 01 (2019): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (915.564 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan kemampuan praktik terhadap minat berwirausaha mahasiswa semester 5 Universitas Muammadiyah Purworejo; (2) hubungan kemampuan teori terhadap minat berwirausaha mahasiswa semester 5 Universitas Muhammadiyah Purworejo; (3) hubungan kemampuan praktik dan kemampuan teori secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha mahasiswa semester 5 Universitas Muhammadiyah Purworejo.Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto dan dilakukan di Universitas Muhammadiyah Purworejo pada mahasiswa semester 5 Jurusan Teknik Otomotif dengan jumlah Populasi sebanyak 50 Mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuisioner dan juga dokumentasi. Validasi kuisioner yang akan diberikan kepada subyek berupa angket yang terlebih dahulu diberikan kepada ahli dan menggunakan skala Likert empat pilihan jawaban untuk mengukur minat berwirausaha mahasiswa. Data dari kemampuan praktik dan teori diperoleh dengan metode dokumentasi diambil dari database nilai dosen mata kuliah produtif otomotif. Teknik analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis regresi linear berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan praktik berhubungan terhadap minat berwirausaha mahasiswa (2) kemampuan teori berhubungan terhadap minat berwirausaha, (3) kemampuan praktik dan kemampuan teori secara bersama-sama berhubungan terhadap minat berwirausaha.Kata Kunci : Kemampuan Praktik, Kemampuan Teori, Minat Berwirausaha
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KELISTRIKAN SEPEDA MOTOR DENGAN MACROMEDIA FLASH 8 DI SMK DIPONEGORO 2 RAWALO Sutrisno, Sutrisno; Suyitno, Suyitno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 14, No 01 (2019): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (944.962 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) untuk mengetahui tahapan membuat produk pengembangan media pembelajaran animasi sistem kelistrikan (2) untuk mengetahui kelayakan pembelajaran kelistrikan sepeda motor dengan Macromedia Flash 8. Metode penelitian ini adalah Research and Development 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate.Hasil penelitian ini diukur berdasarkan kelayakan media pembelajaran yang di validasi oleh para ahli dan di uji cobakan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi diperoleh skor rata-rata 96,05% dengan kriteria ?Sangat Layak?. Skor rata-rata validasi oleh ahli media 83,75% dengan kiteria ?Layak?. Uji coba dilakukan melalui 2 tahap yaitu uji coba kelas kontrol dan uji coba kelas eksperimen. Pada uji coba kelas kontrol diperoleh rata-rata skor sebesar 6,50 dengan kriteria "Kurang Baik" dan uji coba kelas eksperimen memperoleh rata-rata skor 8,80 dengan kriteria "Baik" artinya media yang dikembangkan layak digunakan dan siap digunakan sebagai bahan ajar.Kata Kunci : pengembangan media, macromedia flash 8
PENGARUH PRAKERIN UNTUK PENINGKATAN SOFT SKILL DALAM MENGHADAPI DUNIA INDUSTRI DAN DUNIA USAHA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO Savi?I, Abdurokhman
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 14, No 01 (2019): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1053.718 KB)

Abstract

Jenis Penelitian ini adalah Ex Post Facto dengan jumlah populasi 32 mahasiswa semester 5 kelas B Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini menggunakan metode kuisioner dan juga dokumentasi. Validasi kuisioner yang akan diberikan kepada subyek berupa angket yang terlebih dahulu diberikan kepada ahli dan menggunakan skala Liker tempat pilihan jawaban untuk mengetahui seberapa baik kemampuan soft skill. Data dari kemampuan praktik kerja industri (prakerin) diperoleh dengan metode dokumentasi diambil dari database nilai pihak Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif. Analisis data hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukan bahwa, Variabel kemampuan praktik kerja industri berpengaruh signifikan terhadap peningkatan soft skill mahasiswa semester 5 kelas B Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil pengujian, pengaruh kemampuan praktik kerja industri untuk peningkatan soft skill diperoleh data sebesar, 6.166 lebih besar dari pada df = 30 dengan taraf signifikansi 5% yaitu 1,697 atau P 0,000 lebih kecil dari 0,05. Artinya tersebut signifikan pada taraf signifikansi 5%. Maka variable kemampuan praktik kerja industri berpengaruh terhadap peningkatan soft skill mahasiswa semester 5 kelas B Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo.Kata Kunci: Soft skill, prestasi praktik kerja industri.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN CHASSIS PEMINDAH TENAGA DENGAN PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK MADINATUL ULUM BAURENO BOJONEGORO Mahmudi, Ali
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 14, No 01 (2019): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (946.637 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI Program Keahlian TKR SMK Madinatul Ulum pada Mata pelajaran Chassis Pemindah Tenaga melalui penggunaan macromedia flash. Hipotesis penelitian tindakan ini adalah melalui penggunaan pembelajaran macromedia flash pada mata pelajaran chassis pemindah tenaga akan meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI SMK Madinatul Ulum Baureno Bojonegoro.Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), obyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR 1 di SMK Madinatul Ulum Baureno Bojonegoro yang berjumlah 42 siswa. Penelitian menggunakan 2 siklus.Aspek yang diteliti adalah hasil belajar siswa berupa evaluasi teori dan praktik sebagai indikator keberhasilan peningkatan prestasi belajar.Teknik analisi data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.Berdasarkan hasil kegiatan penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan melalui penggunaan macromedia flash pada mata diklat chassis pemindah tenaga, maka dapat ditarik kesimpulan yaitu melalui penggunaan macomedia flash terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran chassis pemindah tenaga di kelas XI TKR I SMK Madinatul Ulum Baureno Bojonegoro. Ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata kelas dari 6,98 pada siklus I dengan kategori kurang baik menjadi 7,78 pada siklus II dengan kategori tinggi. Hal ini berarti ketercapaian kompetensi kelas dari 42 siswa meningkat dari 68,75% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II dan sudah diatas indikator keberhasilan penelitian yaitu dengan pencapaian kompetensi kelas mencapai 70%.Dari hasil prestasi belajar tersebut diperkuat dengan hasil angket tanggapan siswa yang positif/setuju dengan pembelajaran melalui penggunaan macromedia flash yang mencapai 91,90% sudah diatas indikator yang ditentukan yaitu sebesar 70%Kata Kunci : Metode macromedia flash, Hasil belajar, chassis pemindah tenaga

Page 1 of 2 | Total Record : 12