cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
pto@umpwr.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
ISSN : 23033738     EISSN : 26232502     DOI : -
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari dan Juni. Redaksi menerima artikel dari kalangan mahasiswa, guru, dosen maupun pemerhati pendidikan. Redaksi berhak mengubah naskah sepanjang tidak merubah substansi/isi tulisan. Tanggung jawab isi tulisan sepenuhnya ada pada penulis.
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2013): Auto Tech" : 17 Documents clear
MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI SISTEM STARTER DAN PENGISIAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DI SMK TAMAN KARYA MADYA TEKNIK KEBUMEN suwondo, suwondo
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 2, No 1 (2013): Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi sistem starter dan pengisian di SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR 12 B SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen, yang berjumlah 21 siswa terdiri dari 20 siswa laki?laki dan 1 siswa perempuan. Faktor yang diteliti yaitu keaktifan siswa dan hasil belajar siswa. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dalam bentuk persentase. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal ini ditandai dengan meningkatnya persentase keaktifan siswa pada setiap siklusnya. Persentase keaktifan siswa pada observasi awal sebesar 80,42 % meningkat menjadi 86,67 % pada siklus I, dan menjadi 90,42 % pada siklus II.  Hasil belajar juga mengalami peningkatan dari nilai rerata pada data awal  sebesar  66,22 meningkat  menjadi 85,25  pada siklus I dan 88,45 pada siklus II. Dari hasil belajar juga diketahui persentase siswa yang lulus mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal mencapai 100% dari jumlah siswa.     Kata Kunci : Keaktifan, Hasil belajar,  TGT
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA saputro, david
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 2, No 1 (2013): Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa SMK Ash-shiddiqiyah. Hal ini ditandai dengan media yang digunakan belum menarik perhatian siswa untuk aktif, sehingga siswa kurang memperhatikan guru ketika pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini, bertujuan untuk meningkatkan hasil perstasi belajar dengan menggunakan Pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan materi yang berbeda, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XII TKR 1 SMK Ash-shiddiqiyah Balingasal Pada Tahun 2012/2013 yang berjumlah 21 siswa. Data hasil keaktifan siswa diperoleh dari lembar observasi selama proses pengajaran berlangsung, dan data hasil belajar diperoleh dari tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari dua siklus yang ditempuh diperoleh data bahwa ketuntasan hasil belajar siswa berturut-turut sebesar 76% pada siklus I dan 87% pada siklus II. Ketuntasan  hasil keaktifan siswa diperoleh 80% pada siklus I dan 89% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pengajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar dan mengidentifikasi sejauh mana keaktifan siswa dalam pengajaran siswa kelas XII TKR 1 SMK  Ash-shiddiqiyah Balingasal.   Kata-kata  kunci: Pengajaran  Kooperatif Numbered Heads Together.
MODEL PEMBELAJARAN MULTI LEVEL TEACHING (MLT) PADA MOTOR BENSIN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA M. Sunariyo, M. Sunariyo
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 2, No 1 (2013): Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana hasil pembelajaran motor bensin pada siswa kelas XI F SMK Ma?arif 4 Kebumen dengan menggunakan metode Multi Level Teaching. Siswa dituntut lebih aktif untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki oleh mereka. Sedangkan guru dituntut harus bisa lebih kreatif dalam mengarahkan peserta didiknya untuk mengembangkan kemampuannya. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Subyek  dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI F SMK Ma?arif 4 Kebumen dengan jumlah 35. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan metode hasil belajar dengan memberikan soal yang berbentuk pre test dan post test yang diberikan kepada siswa sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran Multi Level Teaching. Berdasarkan hasil penelitian data nilai rata-rata pre test dan post test, selain itu juga nilai rata-rata post test siklus I dan post test siklus II ada peningkatan  ini ditujukan dari hasil selisih rata-rata nilai post test I dan post test II sebesar 3,2 dan lebih dari 70% siswa mencapai rata-rata KKM yaitu 7,10 ini  penerapan MLT pada bahasan motor bensin di SMK Ma?arif 4 Kebumen dapat meningkatkan nilai prsetasi belajar. Dengan ini diperoleh nilai rata-rata pre test dan post test, selain itu juga niai rata-rata post test siklus I dan post test siklus II juga ada peningkatan dan ini ditujukan dari hasil selisih rata-rata nilai post test I dan post test II sebesar 3,2 dan lebih dari 70% siswa mencapai rata-rata KKM yaitu 7,10 ini  penerapan MLT pada bahasan motor bensin di SMK Ma?arif 4 Kebumen dapat meningkatkan nilai prestasi belajar pada tahun pembelajaran 2012/2013. Kata kunci : Pembelajaran Multi Level Teaching.
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEORI KELISTRIKAN OTOMOTIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AURAL DAN VISUAL AIDS Slamet Ikhsan, Slamet Ikhsan
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 2, No 1 (2013): Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui hasil pembelajaran dengan menerapkan media  pembelajaran  Aural dan Visual Aids dan mengetahui presentase peningkatan prestasi belajar siswa dengan menerapkan media  pembelajaran  Aural dan Visual Aids pada materi pokok Kelistrikan otomotif tingkat XI SMK Cipta Karya Prembun tahun ajaran 2012/2013.Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TMO I SMK Cipta Karya Prembun yang berjumlah 37 siswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah melalui metode angket, lembar observasi, tes, dan metode dokumentasi. Faktor yang diteliti yaitu prestasi belajar siswa. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah diterapkannya pembelajaran dengan media Aural dan Visual Aids yaitu dengan menggunakan komputer/laptop, projector, dan speaker hasil belajar siswa pada mata diklat Kelistrikan Otomotif mengalami peningkatan. Nilai rata-rata sebelum tindakan sebesar 68,64 dengan prosentase kelulusan 43% menjadi 73,64 pada siklus I dengan prosentase kelulusan 60%, dan menjadi 80,95 pada siklus II dengan prosentase kelulusan 86%. Prosentase jumlah siswa yang nilainya naik pada siklus I sebesar 65 %, sedangkan prosentase jumlah siswa yang nilainya naik pada siklus II dibandingkan dengan siklus I sebesar 68%. Respon siswa terhadap pembelajaran mata diklat kelistrikan otomotif juga sangat baik, terlihat dari hasil presentase siswa pada akhir siklus II dengan motivasi sebesar 83.57 % dengan kualifikasi sangat tinggi, penguasaan materi sebesar 83.64 % dengan kualifikasi sangat tinggi, mengerjakan soal dan tugas sebesar 76.48 % dengan kualifikasi sangat tinggi.   Kata kunci : hasil belajar, kelistrikan otomotif.
PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN KELISTRIKAN BODY SISWA KELAS XII TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK TAMAN KARYA MADYA TEKNIK KEBUMEN Purwanto, Purwanto
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 2, No 1 (2013): Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada kelistrikan bodi di SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XII TKR 1 SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen, yang berjumlah 40 siswa. Faktor yang diteliti yaitu keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar siswa. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dalam bentuk persentase. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Hal ini ditandai dengan meningkatnya persentase keterampilan berpikir kritis siswa pada setiap siklusnya. Persentase berpikir kritis siswa pada observasi awal sebesar 48 % meningkat menjadi 52,16 % pada siklus I, dan menjadi 74,33 % pada siklus II. Hasil belajar juga mengalami peningkatan dari nilai rerata pada kondisi awal tes teori yaitu 27,50 %, setelah dilaksanakan siklus I meningkat  menjadi 60,00 % dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 80,725 %. Peningkatan keterampilan praktik mereka juga dapat kita lihat pada kondisi awal rata-rata hanya 30,00 % yang dan pada siklus I meningkat menjadi 45,00 %, sedangkan pada akhir siklus II meningkat menjadi 87,50 %.Dari hasil belajar juga diketahui persentase siswa yang lulus mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal mencapai 100% dari jumlah siswa.   Kata Kunci : keterampilan, berpikir kritis siswa, kelistrikan bodi
PENGARUH KINERJA GURU FASILITAS PEMBELAJARAN DAN KESELAMATAN KERJA TERHADAP KEPUASAN SISWA KELAS XI TEKNIK MESIN SMK YAYASAN PENDIDIKAN PEMBANGUNAN (YPP) PURWOREJO Mugiono Prasetyo, Mugiono Prasetyo
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 2, No 1 (2013): Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh  kinerja guru yang mengajar terhadap kepuasan siswa di SMK Yayasan pendidikan Pembangunan (YPP) Purworejo kelas XI Teknik Mesin tahun 2012/2013. 2) Untuk mengetahui pengaruh fasilitas pembelajaran terhadap kepuasan siswa dalam proses pembelajaran di SMK Yayasan pendidikan Pembangunan (YPP) Purworejo kelas XI Teknik Mesin tahun 2012/2013. 3) Untuk mengetahui pengaruh keselamatan kerja  terhadap kepuasan siswa di SMK Yayasan pendidikan Pembangunan (YPP) Purworejo kelas XI Teknik Mesin tahun 2012/2013 dan, 4) Untuk mengetahui secara serentak antara pengaruh kinerja guru, fasilitas pembelajaran dan keselamatan kerja terhadap kepuasan  siswa di SMK Yayasan pendidikan Pembangunan (YPP) Purworejo kelas XI Teknik Mesin tahun 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 200 siswa terdiri dari 5 kelas Teknik Mesin di SMK Yayasan Pendidikan Pembangunan (YPP) Puerworejo tahun 2012/2013. Sampel berjumlah 132 siswa, teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proporsional random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket. Data-data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode kuantitatif. Hasil perhitungan secara serentak diperoleh Fhitung adalah 57,472 > 2,60 sehingga kinerja guru, fasilitas pembelajaran dan keselamatan kerja secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa kelas XI Teknik Mesin di SMK Yayasan Pendidikan Pembangunan (YPP) Purworejo tahun 2012/2013. Nilai koefisien determinasi (R2) adalah  0,576. Hal ini berarti bahwa besarnya sumbangan yang diberikan oleh kinerja guru, fasilitas pembelajaran dan keselamatan kerja terhadap kepuasan siswa kelas XI Teknik Mesin di SMK Yayasan Pendidikan Pembangunan (YPP) Purworejo tahun 2012/2013 adalah 57,6%, sedangkan sisanya 42,4% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Kata-kata kunci : kepuasan, kinerja , fasilitas pembelajaran,   keselamatan kerja.
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR OTOMOTIF DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA Khayun, Khayun
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 2, No 1 (2013): Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar otomotif terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII program keahlian teknik kendaraan ringan SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen, (2) untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII program keahlian teknik kendaraan ringan SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen, (3) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar otomotif dan lingkungan belajar terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII program keahlian teknik kendaraan ringan SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XII program keahlian teknik kendaraan ringan SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen yang berjumlah 511 orang siswa. Sedangkan sampelnya berjumlah 180 siswa di mana dalam menentukan sampel tersebut menggunakan tabel Kretjie. Angket diuji coba di SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen. Pada penelitian ini terdapat tiga variabel yaitu : motivasi belajar otomotif dan lingkungan belajar sebagai variabel bebas dan kesiapan kerja sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan ini menggunakan metode dokumentasi untuk mengungkap data prestasi belajar kejuruan otomotif, sedangkan untuk motivasi belajar otomotif dan lingkungan belajar  menggunakan metode angket. Untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket menggunakan korelasi product moment dan rumus alpha Cronbach. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik korelasi parsial dan regresi ganda. Berdasarkan analisis ditemukan bahwa Motivasi Belajar Otomotif dan Lingkungan Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja baik secara sendiri-sendiri maupun bersama?sama. Dengan demikian jelaslah bahwa semakin tinggi Motivasi Belajar Otomotif dan Lingkungan Belajar maka semakin tinggi pula Kesiapan Kerja, dan sebaliknya semakin rendah Motivasi Belajar Otomotif dan Lingkungan Belajar maka semakin rendah pula Kesiapan Kerja siswa.   Kata kunci : Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar dan Kesiapan Kerja.
PERSEPSI SISWA TERHADAP PRAKTIK MENGAJAR MAHASISWA PPL UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO DI SMK YEPEKA PURWOREJO Heri Kusnandar, Heri Kusnandar
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 2, No 1 (2013): Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya persepsi siswa terhadap praktik  mengajar mahasiswa PPL Universitas Muhammadiyah Purworejo di SMK YEPEKA Purworejo tahun 2012. Pengambilan data menggunakan Isntrumen angket tertutup, dengan menggunakan alternatif jawaban ya atau tidak. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Otomotik SMK YEPEKA Purworejo Tahun 2012 sejumlah 27 siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan perhitungan persentase skor total persepsi siswa terhadap mahasiswa PPL I yaitu 85,18% persepsi siswa Tinggi, 14,82% persepsi siswa Rendah. Sedangkan hasil perhitungan persentase skor total diatas mahasiswa PPL II yaitu 44,45% persepsi siswa Tinggi, 55,56% persepsi siswa Rendah. Dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap praktik mengajar mahasiswa PPL I Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo di SMK YEPEKA Purworejo tahun 2012 adalah Tinggi. Sedangkan persepsi siswa terhadap praktik mengajar mahasiswa PPL II Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo di SMK YEPEKA Purworejo tahun 2012 adalah Rendah. Berdasarkan perhitungan skor total mahasiswa PPL I dan PPL II, persepsi siswa terhadap praktik mengajar mahasiswa PPL Teknik Otomotif UMP di SMK YEPEKA Purworejo Tahun 2012 adalah Tinggi 64,81%. Kata-kata kunci : Persepsi Siswa, Praktik mengajar, Mahasiswa PPL
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK MESIN DALAM KEGIATAN PRAKTIK LAS DI SMK YPP PURWOREJO Ginanjar Rizki Rahagiya Putra, Ginanjar Rizki Rahagiya Putra
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 2, No 1 (2013): Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terhadap prestasi belajar siswa kelas XI teknik mesin dalam kegiatan praktik las di SMK YPP Purworejo tahun pelajaran 2012/2013.Populasi dalam penelitian ini adalah  siswa kelas XI teknik mesin di SMK YPP Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 200 siswa yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian sebanyak 132 orang ditentukan berdasarkan tabel Krejcie dengan tingkat kesalahan 5 %.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proporsional Random Sampling.Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dengan skala Likertyang sudah di uji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas dan metode dokumentasi.Analisis data menggunakan regresi ganda, Uji t, Uji F dan Uji Determinasi.Berdasarkan hasil penghitungan ada pengaruh motivasi belajar dan keselamatan dan kesehatan kerja terhadap prestasi belajar siswa kelas XI teknik mesin dalam kegiatan praktik las di SMK YPP Purworejo tahun 2012/2013.Hal ini dapat ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 0,383. Artinya motivasi belajar dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) memiliki pengaruh 38,3 % terhadap prestasi belajar siswa.Dengan demikian ada pengaruh  motivasi belajar dan keselamatan dan kesehatan kerja terhadap prestasi belajar siswa kelas XI teknik mesin dalam kegiatan praktik las di SMK YPP Purworejo tahun 2012/2013.
PENERAPAN METODE THINK PAIR SHARE DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS X TMO DI SMK MUHAMMADIYAH SEMPOR KEBUMEN Budy Idmanto, Budy Idmanto
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 2, No 1 (2013): Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TMO SMK Muhammadiyah Sempor Kebumen; (2) meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran di kelas X TMO SMK Muhammadyah Sempor Kebumen. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaborasi dan partisipatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, siklus pertama terdiri dari satu kali pertemuan dan siklus kedua satu kali pertemuan dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas X TMO SMK Muhammadiyah Sempor. Objek penelitian ini adalah keseluruhan proses pada model Pembelajaran Kooperatif dengan metode Think Pair Share. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan pembelajaran kooperatif dengan metode Think Pair Share hasil belajar siswa kelas X TMO SMK Muhammadyah Sempor Kebumen meningkat. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata 5,5 meningkat pada siklus II nilai rata-rata 8. Dan keaktifan siswa pada siklus I sebanyak 16 % siswa meningkat pada siklus II sebesar 35 % siswa yang mendapat skor 4 (amat baik) rata-rata pada setiap indikatornya.   Kata kunci : Metode Think Pair Share,hasil belajar

Page 1 of 2 | Total Record : 17