cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
pto@umpwr.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
ISSN : 23033738     EISSN : 26232502     DOI : -
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari dan Juni. Redaksi menerima artikel dari kalangan mahasiswa, guru, dosen maupun pemerhati pendidikan. Redaksi berhak mengubah naskah sepanjang tidak merubah substansi/isi tulisan. Tanggung jawab isi tulisan sepenuhnya ada pada penulis.
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Auto Tech" : 17 Documents clear
PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN METODE DIRECT TEACHING MATERI REM DI SMK TAMAN KARYA MADYA TEKNIK KEBUMEN TAHUN AJARAN 2012/2013 hadiningrat, yitno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.12 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui langkah-langkah aktivitas belajar siswa dengan penerapan metode direct teaching pada materi sistem rem di kelas XI TKR 6 SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen tahun 2012/2013, (2) mengetahui ada tidaknya peningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi sistem rem melalui penerapan metode direct teaching di kelas X1 TKR 6 SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen tahun 2012/2013. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas XI TKR 6 SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen dengan jumlah 40 siswa. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam tiga tahap, yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu: observasi, tes, dokumentasi. Data tingkat keaktivan siswa selama proses pembelajaran dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase. Peningkatan hasil aktivitas siswa dengan menggunakan metode direct teaching diketahui dengan menghitung perbedaan rerata nilai post-test dari setiap siklus. Apabila rerata post-test terjadi peningkatan maka  aktivitas siswa juga meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan pembelajaran kooperatif dengan metode Direct Teaching hasil aktivitas  siswa meningkat. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pengamatan observasi selama proses pembelajaran menggunakan metode Direct Teaching berlangsung. Terdapat peningkatan aktivitas siswa pada pembelajaran  sistem rem kelas XI TKR 6 SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen setelah diadakan penelitian menggunakan metode direct teaching. Peningkatan nilai pada materi sistem rem sebesar 0,5 yang diperoleh dari selisih antara nilai rata-rata post-test siklus I dan nilai rata-rata post-test siklus II.   Kata Kunci : Direct Teaching, Aktivitas Belajar  
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM UPAYA PENINGKATAN KERJASAMA SISWA PADA PEMBELAJARAN PERBAIKAN SISTEM PELUMASAN KELAS XI SMK HASYIM ASY’ARI PURWOREJO Erlambang, Yayok
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (30.81 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan meningkatkan kerjasama belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada pembelajaran perbaikan sistem pelumasan kelas XI SMK Hasyim Asy?ari Purworejo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XI SMK Hasyim Asy?ari Purworejo yang berjumlah 24 siswa. Data diperoleh melalui pengamatan dengan menggunakan lembar observasi. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam pembelajaran perbaikan sistem pelumasan dapat meningkatkan kerjasama belajar siswa kelas XI SMK Hasyim Asy?ari Purworejo, yaitu dari 57,5% pada pra siklus menjadi 64,17%  pada  siklus I, dan meningkat lagi menjadi 81,67% pada siklus II. Dengan demikian terjadi peningkatan kerjasama belajar siswa sebesar 6,67% dari pra siklus ke siklus I, dan sebesar 17,5% dari siklus I ke siklus II.   Kata Kunci : Kerjasama, Belajar, Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD)
PENGARUH PRESTASI KEWIRAUSAHAAN DAN PRAKTIK INDUSTRI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII SMK ASH-SHIDDIQIYAH BALINGASAL PADURESO Widodo, Werdi
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.877 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) mengetahui adanya pengaruh prestasi kewirausahaan terhadap minat berwirausaha, 2) mengetahui adanya pengaruh  praktik industri terhadap minat berwirausaha dan, 3) mengetahui adanya pengaruh antara prestasi kewirausahaan dan praktik industri terhadap minat berwirausaha. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto.Populasi penelitian ini adalah semua Siswa XI SMK Ash-siddiqiyah Padureso Kebumen Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 64 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 44 siswa, ditentukan dengan berpedoman pada tabel Krejcie dengan tingkat kesalahan 5%. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, dan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.Hasil penelitian yang diperoleh berupa: 1) prestasi kewirausahaan memberikan kontribusi sebesar 58,98% terhadap minat berwirausaha siswa, 2)  prestasi praktik industri memberikan kontribusi sebesar 41,22% terhadap minat berwirausaha siswa, 3) 62,01% minat berwirausaha dipengaruhi secara bersama-sama oleh prestasi kewirausahaan dan prestasi praktik industri. Sedangkan sisanya yaitu 37,99% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci : prestasi,  praktik industri, minat berwirausaha
PENINGKATAN HASIL BELAJAR STANDAR KOMPETENSI MENGGUNAKAN ALAT UKUR MELALUI METODE PROYEK KELOMPOK DI SMK NAWA BHAKTI KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013 M, Syaiful
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (92.926 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar standar kompetensi menggunakan alat ukur melalui penerapan metode proyek kelompok di SMK Nawa Bhakti Kebumen Tahun 2012/2013, dan (2) untuk mengetahui bagaimana pengaruh peningkatan hasil belajar standar kompetensi menggunakan alat ukur melalui penerapan metode proyek kelompok di SMK Nawa Bhakti Kebumen Tahun 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) A SMK Nawa Bhakti Kebumen tahun pelajaran 2012/ 2013 yang berjumlah 41 siswa. Cara pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Sampling Jenuh, yaitu teknik pengambilan sampel dimana seluruh populasi menjadi sampel penelitian. Sampel penelitian ini adalah kelas X TKR A. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Adapun analisis ujicoba instrumen menggunakan analisis butir soal, uji validitas instrumen dan uji reliabilitas instrumen. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: penerapan metode proyek kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKR A SMK Nawa Bhakti Kebumen. Hal iti dapat dilihat dari peningkatan rata-rata nilai hasil belajar pada pra siklus sebesar 73.41, pada siklus 1 sebesar 82.2 dan pada sisklus 2 sebesar 87.32. Selain itu juga dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa kelas X TKR A pada pra siklus sebanyak 17 siswa (7.02%), pada siklus 1 sebanyak 17 siswa (41,46%) dan pada sisklus 2 sebanyak 41 siswa (100%). Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Proyek Kelompok
IMPLEMENTASI PENDEKATAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA KELAS XI SMKN 1 WADASLINTANG KABUPATEN WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Anwari, M.Hajar
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.438 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi pendekatan PAIKEM dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pada kompetensi memperbaiki sistem rem siswa kelas XI SMK N 1 Wadaslintang Tahun Pelajaran 2012/2013.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas (PTK).Penelitianinidilaksanakan di SMK N 1 Wadaslintang padaKompetensiPerbaikan Sistem Rem Siswa Kelas XI TKR 1. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif komparatif.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan rata-rata hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 56,46% dan meningkat menjadi 75,76 % pada siklus II. Sedangkan untuk hasil belajar pada kompetensi memperbaiki sistem rem kelas XI TKR 1 dengan nilai KKM 75 pada siklus I sebesar  74,70 dan pada siklus II sebesar 80,91. Selain itu presentase ketuntasan belajar kelas tersebut meningkat dari siklus I sebesar 60,61 % dan pada siklus II sebesar 90,91%.   Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, PAIKEM
UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DENGAN PENAMBAHAN PEKERJAAN LAS DALAM MINAT BERWIRAUSAHA DI SMK TAMAN KARYA MADYA TEKNIK KEBUMEN riswanto, riswanto
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (843.282 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan krativitas, hasil belajar dan minat berwirausaha siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR 8 SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen yang berjumlah 39 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes soal dan kuesioner Berdasarkan dari data penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penambahan pekerjaan las dapat meningkatkan kreativitas, hasil belajar dan minat berwirausaha siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya kreativitas, hasil belajar dan minat berwirausaha siswa. Pada kreativitas siswa data awal menunjukkan 33,5% meningkat menjadi 89,1% pada siklus I. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang semula diperoleh nilai rata-rata siswa dengan persentase ketuntasan 46,15%. Pada siklus I meningkat menjadi 100%. Minat berwirausaha siswa juga mengalami peningkatan yang pada data awal sebelum tindakan diperolah fakta bahwa pengukuran minat berwirausaha siswa yang diperoleh melalui lembar kuesioner dengan hasil rata-rata siswa yang menjawab setuju hanya 40,8% meningkat menjadi 85,6% setelah siklus I.   Kata Kunci: Kreativitas, Pekerjaan Las, Minat Berwirausaha
MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR LAS MELALUI INTEGRASI PENDIDIKAN EKONOMI KREATIF PADA SISWA SMK ismail, mokhammad
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (431.057 KB)

Abstract

Mokhammad Ismail - 112170272. ?Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar las melalu Integrasi ?Ekonomi Kreatif?Pada siswa SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif. Universitas Muhammadiyah Purworejo 2013.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) seberapa besar peningkatan prestasi belajar mata pelajaran las dengan diterapkannya program ?Ekonomi Kreatif? SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen, (2) seberapa besar peningkatan kemandirian siswa dengan diterapkannya program tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR 12 A SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen, yang berjumlah 21 siswa. Faktor yang diteliti yaitu kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dalam bentuk persentase.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1). Penerapan program ?Ekonomi Kreatif? dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran las siswa kelas XI TKR 12 SMK Taman Karya Madya teknik Kebumen. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan rata-rata nilai praktek kelas XI TKR 12. Untuk kelas XI TKR 12, nilai rata-rata prestasi praktek mata pelajar las pada kondisi awal sebesar 69,76 pada siklus 1 sebesar 76,76 dan pada sisklus 2 sebesar 81,95. (2) Penerapan program ?Ekonomi Kreatif? dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi di SMK Taman Karya Madya teknik Kebumen Kata Kunci : prestasi belajar, kemandirian,ekonomi kreatif.
PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN TUNE UP TOYOTA KIJANG 5K UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK PN PURWOREJO nurmansyah, majid aziz
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (83.478 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pembuatan media pembelajaran tune up toyota kijang 5K dengan menggunakan macromedia flash 8; (2) pengaruh media pembelajaran tune up toyota kijang 5K terhadap hasil belajar siswa di SMK PN Purworejo.Populasi yang diambil adalah siswa SMK PN Purworejo yang mendapatkan materi tune up. Sampel yang diambil adalah siswa kelas XI TKRA dan kelas XI TKRB. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Experimental dengan desain pretest-posttest, non-equivalent control group desaign dengan sampel dua kelas, yaitu kelas XI TKRA sebagai kelas kontrol dan kelas XI TKRB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 40 siswa untuk masing-masing kelas. Pengumpulan data menggunakan instrumen dengan tes objektif pretest dan posttest. Uji analisis menggunakan statistik parametris dengan uji t-Test.Hasil dari penelitian menunjukkan dengan menggunakan media pembelajaran tune up, terdapat perbedaan prestasi belajar pada siswa SMK PN  Purworejo antara siswa yang diajar menggunakan media macromedia flash dengan siswa yang diajar menggunakan media ?konvensional? setelah diberi perlakuan. Melalui uji t-tes dengan taraf kesalahan 5%, hasilnya t hitung lebih besar dari harga t tabel yaitu 2,34 > 1,66. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan pada kelas eksperimen antara sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran tune up. Kata kunci: media pembelajaran, macromedia flash 8, hasil belajar
PENGARUH MINAT BELAJAR DAN PENGUASAAN MATA DIKLAT MOTOR BENSIN TERHADAP KEBERHASILAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI SISWA SMK PUTRA BANGSA SALAMAN MAGELANG Saputra, M.Wahyu
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1095.962 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap keberhasilan praktik kerja industri siswa SMK Putra Bangsa Salaman Magelang, 2) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara penguasan mata diklat motor bensin terhadap keberhasilan praktik kerja industri siswa SMK Putra Bangsa Salaman Magelang, 3) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar dan penguasan mata diklat motor bensin terhadap keberhasilan praktik kerja industri siswa SMK Putra Bangsa Salaman Magelang. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMK Putra Bangsa Salaman berjumlah 80 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan 50% sampel dari jumlah populasi yaitu 40 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data minat belajar menggunakan angket dengan skala Likert. Untuk menganalisa instrumen penelitian digunakan validitas dan reabilitas. Analisis data menggunakan analisa kuantitatif yaitu menggunakan regresi ganda, uji t, uji F, dan uji R2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa berada pada kategori tinggi yaitu sebesar 47,50%, penguasaan mata diklat motor bensin berada pada kategori lulus cukup yaitu sebesar 65,00%, dan keberhasilan praktik kerja industri pada kategori baik sebesar 72,50%. Berdasarkan analisa kuantitatif menunjukkan bahwa variabel minat belajar signifikan mempengaruhi keberhasilan praktik kerja industri sebesar 37,2% (R = 0,624; sig 0,000 <  0,05 dan R2 = 0,373). Variabel penguasaan mata diklat motor bensin signifikan mempengaruhi keberhasilan praktik kerja industri sebesar 27,6% (R = 0,650; sig 0,000 <  0,05 dan R2 = 0,276). Hasil regresi ganda, diperoleh koefisien regresi (R) sebesar 0,650 (Fhitung = 13,569; sig = 0,000 < 0,05) dan koefisiensi determinasi (R2) sebesar 0,423 sehingga minat belajar memberi pengaruh terhadap keberhasilan praktik kerja industri sebesar 42,3% dan 57,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Persamaan regresi Y = 61,366 + 0,164 X1 + 0,151 X2 dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.     Kata Kunci: Minat Belajar, Mata Diklat Motor Bensin, Praktik Kerja Industri
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X MATA DIKLAT OTOMOTIF DASAR MELALUI METODE PRODUCTION BASED TRAINING DI SMK PUTRA BANGSA SALAMAN MAGELANG kuntoro, kuntoro
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (959.122 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada Mata diklat otomotif dasar Siswa Kelas X-A SMK Putra Bangsa Salaman Magelang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X -A yang berjumlah 30 orang. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan, pertemuan pertama dan pertemuan kedua pada siklus I dan siklus II adalah pembelajaran sekaligus tes praktik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, observasi, dan tes. Aspek yang diteliti meliputi hasil belajar siswa dan aktifitas belajar siswa. Tindakan yang diberikan oleh guru adalah pembelajaran praktik menggunakan metode Production Based Training. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X Mata Diklat Otomotif Dasar Melalui Metode Production Based Training. Hal ini ditunjukkan oleh: (1) aktivitas belajar siswa saat pembelajaran praktik pada siklus I mencapai 82,56%, dengan kriteria sangat kuat, pada siklus II meningkat menjadi 100%, dengan kriteria sangat kuat; (2) rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I adalah 78,00, dengan kriteria sangat baik, pada siklus II meningkat menjadi 84,68, dengan kriteria sangat baik. Kata-kata kunci: hasil, aktivitas, metode, Production Based Training

Page 1 of 2 | Total Record : 17