cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
pto@umpwr.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
ISSN : 23033738     EISSN : 26232502     DOI : -
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari dan Juni. Redaksi menerima artikel dari kalangan mahasiswa, guru, dosen maupun pemerhati pendidikan. Redaksi berhak mengubah naskah sepanjang tidak merubah substansi/isi tulisan. Tanggung jawab isi tulisan sepenuhnya ada pada penulis.
Articles 19 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Autotech" : 19 Documents clear
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA SISWA SMK MUHAMMADIYAH PURWODADI Sholihin, Imam
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.838 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran alat ukurmelalui pembelajaran audio visual di SMK Muhammadiyah Purwodadi Tahun Pelajaran2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakandalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TKR-1 SMK MuhammadiyahPurwodadi yang berjumlah 22 orang siswa laki-laki. Faktor yang diteliti berupa peningkatan hasilbelajar alat ukur siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalahmetode tes akhir siklus. Data yang dianalisis menggunakan analisis data deskriptif dengan teknikpersentase. Hasil penelitian ini adalah bahwa hasil belajar siswa meningkat dari tiap siklusnya.Peningkatan tersebut ditunjukan dari hasil belajar siswa dimana nilai rata-rata awal sebelum siklusI yaitu 54,54 pada pra siklus meningkat menjadi 71,59 pada siklus I, meningkat lagi menjadi 77,73.Sementara itu diamati dari ketuntasan belajar sebelum siklus I sebesar 13,64% pada pra siklusmeningkat menjadi 68,18%, meningkat lagi dengan ketuntasan menjadi 86,36% pada siklus II.Kata kunci: hasil belajar,metode pembelajaran, audio visual
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM EFI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK PATRIOT PITURUH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Karifianto, Herdi
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (478.721 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa SMK Patriot Pituruh terhadappembelajaran sistem EFI. Hal ini ditandai dengan rendahnya hasil belajar siswa selama prosespembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaranuntuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Meningkatkan minat belajar denganmemanfaatkan media pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan ialah RnD (researd andDevelopment). Sebagai subyek adalah siswa kelas XII TKR A SMK Patriot Pituruh tahun pelajaran2014/ 2015, yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakanmetode, angket dan tes. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknikdeskripsi persentase.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan media pembelajaran dalampembelajaran sistem EFI dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XII TKR A SMK PatriotPituruh. Hal ini terlihat dari hasil angket minat belajar siswa sebesar 70.80%. Sementara itu teshasil belajar siswa sebesar 86,67. Peningkatan minat belajar siswa ini berpengaruh terhadappeningkatan hasil belajar. Rata-rata nilai siswa 81.6 dengan ketuntasan 93.33%. Sehingga modelpembelajaran dengan media pembelajaran digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaranyang mengupayakan peningkatan minat serta hasil belajar siswa.Kata Kunci: Pengembangan, media pembelajaran, minat belajar.
EFEKTIVITAS PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK MA’ARIF 1 KEBUMEN Nasrullah, Hamid
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (679.875 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antaraefektivitas penerapan kurikulum 2013 terhadap motivasi belajar siswa di SMK Ma?arif 1 Kebumen.Desain penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex-post facto. Penelitian ini dilaksanakan diSMK Ma?arif 1 Kebumen. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 278 siswa. Sampel berjumlah 162siswa ditentukan dengan berpedoman pada nomogram Harry King dengan tingkat kesalahan 5%.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket atau kuesioner. Teknikanalisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan analisisdeskriptif menunjukkan efektivitas penerapan kurikulum 2013 berada pada kategori tinggi 49,38%dan motivasi belajar siswa berada pada kategori rendah dan tinggi sebesar 42,6% dan 41,97%.Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan harga koefisien regresi sebesar 0,162 dengan sig <0,05 dengan efektivitas penerapan kurikulum 2013 dapat diperoleh t = 2,080. Persamaankoefisien regresi . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adapengaruh positif dan signifikan. Tingkat pengaruh yang terjadi termasuk dalam kategori tinggi.Sedangkan hubungan antara kurikulum 2013 dengan motivasi belajar siswa termasuk dalamkategori sangat rendah. Hal ini dapat dilihat dari koefisien korelasi sebesar 0,162 terdapat padainterval 0,000-0,199 (sangat rendah).Kata kunci : Kurikulum 2013, Motivasi Belajar
PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA Gitayana, Gitayana
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (574.541 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui pengaruh antara lingkungan keluarga terhadapprestasi siswa, mengetahui pengaruh antara motivasi orang tua terhadap prestasi siswa,mengetahui pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap motivasi orang tua, dan mengetahuipengaruh antara motivasi orang tua dan lingkungan keluarga terhadap prestasi siswa. Populasipenelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK YEPEKA Purworejo yang berjumlah 40siswa.Sampel penelitian ini berjumlah 20 siswa, ditentukan berdasarkan jumlah siswa yanghadir pada saat pengambilan data.Instrumen pengumpulan data menggunakan angket/kuesionerdengan skala Likert yang masing-masing soal sudah diu cobakan dan telah memenuhi syaratvaliditas dan reliabilitas.Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi ssederhana denganrumus product-momen dan analisis korelasi ganda.Hasil Penelitian menyimpulkan bahwa:terdapat pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap prestasi siswa, yaitu sebesar 0,27;terdapat pengaruh antara motivasi orangtua terhadap prestasi siswa,yaitu sebesar 0,04; terdapatpengaruh antara lingkungan keluarga terhadap motivasi orang tua, yaitu sebesar 0,45 danterdapat pengaruh antara motivasi orang tua dan lingkungan keluarga terhadap prestasi siswakelas XI SMK YEPEKA Purworejo, yaitu sebesar 0,96.Kata kunci: lingkungankeluarga, motivasi orang tua, danprestasibelajar.
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN CHASIS OTOMOTIF DENGAN PEMBELAJARAN E LEARNING PADA SISWA KELAS XI TKR SMK MA’ARIF 4 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Amri, Faqih
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (569.372 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk apakah pembelajaran dengan menggunakanE-Learning dapatmeningkatkan prestasi belajar materi chasis otomotif pada siswa kelas XI TKR di SMK Ma?arif 4kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014 dan mengetahui mengetahui seberapa tinggi peningkatanprestasibelajar materi chasis otomotif pada siswa kelas XI TKR dengan penggunaan mediapembelajaran E-Learning di SMK Ma?arif 4 kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014.Penelitianmerupakan penelitian tindakan kelas.Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TKR SMK Ma?arifKebumen sebanyak 29 orang.Penelitian terdiri dari 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan datasiklus I dalam aspek positif diperoleh 22 siswa atau sebesar 73,3% yang memperhatikan danmerespon dengan antusias. Pada aspek negatif diperoleh 8 siswa atau sebesar 26,7% yang pasifmengikuti pembelajaran. Hasil observasi pada siklus II dalam aspek positif diperoleh 30 siswa atausebesar 100% yang memperhatikan dan merespon dengan antusias.Pada aspek negatif tidak adasiswa yang pasif mengikuti pembelajaran. Nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 62,17 termasukkategori cukup baik, sedangkan nilai rata-rata pada siklus I mencapai 73,5, dan termasuk dalamkategori cukup baik. Pada siklus II, nilai rata-rata yang dicapai adalah 78,17. Peningkatan dariprasiklus ke siklus I sebesar 11,3. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 4,7. Dapatdisimpulkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran pada mata diklat chasis otomotifmelalui pembelajaran E-learning pada siswa kelas XI TKR SMK Ma?arif 4 KebumenKata kunci : Prestasi Belajar, Pembelajaran, E-Learning
PENGARUH SARANA DAN PRASARANA PRAKTIK TERHADAP MINAT BELAJAR TRANSMISI MANUAL KELAS XI DI SMK PATRIOT PITURUH Wisantoro, Fajar
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.167 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi memperoleh informasi mengenai keadaanpemanfaatan sarana dan prasarana praktik SMK Patriot Pituruh, Puirworejo, untuk mengetahuibagaimana minat belajar siswa transmisi manual SMK Patriot Pituruh, Purworejo dan untukmengetahaui ada tidaknya pengaruh pemanfaatan sarana dan prasarana praktik terhadap minatbelajar transmisi manual siswa kelas XI SMK Patriot Pituruh, Purworejo.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Patriot Pituruh jalan Brengkol 25 meter Barat KecamatanPituruh, adapun waktu atau lamanya penelitian diperkirakan empat bulan dan dimulai pada bulanMaret sampai juli tahun 2014. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan pendekatan yangdigunakan adalah pendekatan kuantitatif. Pemanfaatan sarana dan prasarana praktik dan minatbelajar transmisi manual. Subyek penelitian ini adalah kelas XI SMK Patriot Pituruh, Purworejoteknik Simple Random Sampling Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metodeangket. Data-data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode kuantitatif, lalu untukmengetahaui pengaruk pemanfaatan sarana dan prasarana praktik terhadap minat belajartransmisi manual data dianalisi dengan dengan menggunakan koefisien product moment hal iniuntuk mengetahuai tingkat korelasi kedua variabel tersebut. Populasi dalam penelitian inisebanyak 75 siswa terdiri dari 2 kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Patriot Pituruh. Sampelberjumlah 63 siswa. Data-data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode kuantitatif dananalisis regresi.Hasil perhitungan regresi diperoleh sig pada thitung sebesar 0,000. Karena sig<0,05 menunjukkanHo ditolak dan Ha diterima, artinya hipotesis yang berbunyi Ada pengaruh positif dan signifikanantara sarana dan prasarana praktik terhadap minat belajar transmisi manual siswa kelas XI SMKPatriot Pituruh Purworejo Tahun Ajaran 2014/2015 diterima.Kata kunci : sarana, prasarana, minat belajar ,transmisi manual
PENGARUH KINERJA GURU DAN SARANA PRAKTIK TERHADAP TINGKAT KEPUASAN SISWA DALAM PRAKTIK TUNE UP MOTOR BENSIN KELAS XI DI SMK JAKARTA 1 Hadimianto, Fajar
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (544.081 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah ada pengaruh kinerja guru terhadapkepuasan siswa dalam pembelajaran praktik tune up motor bensin kelas XI di SMK Jakarta 1, 2)apakah ada pengaruh sarana praktik terhadap kepuasan siswa dalam pembelajaran praktik tuneup motor bensin kelas XI di SMK Jakarta 1, 3) apakah ada pengaruh kinerja guru dan saranapraktik terhadap kepuasan siswa dalam pembelajaran praktik tune up motor bensin kelas XI diSMK Jakarta 1.Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelasXI jurusan Teknik Otomotif SMK Jakarta 1 sebanyak 4 kelas dengan jumlah 131 siswa. Sampeldalam penelitian ini diambil dengan cara proportional random sampling dengan cara diundidengan jumlah sampel sebanyak 95 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahangket. Instrumen diuji menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi Product Moment dan ujireliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Data dianalisis dengan menggunakan uji prasyaratanalisis yang meliputi uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas serta uji hipotesisdengan menggunakan teknik regresi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh positif dan signifikan kinerja guru terhadaptingkat kepuasan siswa dalam praktik tune-up motor bensin kelas XI di SMK Jakarta 1. Hal inidibuktikan dari nilai t hitung lebih besar dari t tabel (11,746>1,980) dan nilai signifikansi sebesar0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05), 2) ada pengaruh positif dan signifikan saranapraktik terhadap tingkat kepuasan siswa dalam praktik tune-up motor bensin kelas XI di SMKJakarta 1. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung lebih besar dari t tabel (8,993>1,980) dan nilaisignifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05), 3) ada pengaruh positif dansignifikan kinerja guru dan sarana praktik terhadap kepuasan siswa dalam pembelajaran praktiktune up motor bensin kelas XI di SMK Jakarta 1. Hal ini dibuktikan dari nilai F hitung sebesar104,904 lebih besar dari F tabel (104,904 < 3,09) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berartikurang dari 0,05 (0,000<0,05). Besarnya koefisien determinasi (R2) sebesar 0,695 tau 69,5%. Hasilini mengindikasikan bahwa tingkat kepuasan siswa dapat dijelaskan oleh variabel kinerja guru dansarana praktik sebesar 69,5%, sedangkan sisanya sebesar 30,5% dijelaskan oleh variabel lain yangtidak diteliti. Sumbangan efektif (SE) dari kedua variabel dalam penelitian ini sebesar 69,5%.Variabel kinerja guru mempunyai sumbangan efektif sebesar 44,1%, dan variabel sarana praktikmempunyai sumbangan efektif sebesar 25,4%.Kata Kunci: kinerja guru, sarana praktik, tingkat kepuasan siswa
PENGARUH AKTIFITAS, KREATIFITAS, DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI ALAT UKUR DI SMK INSTITUT INDONESIA KUTOARJO Widiyanto, Eko
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (447.547 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh aktifitas siswa terhadap prestasi belajardalam kompetensi menggunakan alat ukur, (2) pengaruh kreatifitas siswa terhadap prestasibelajar dalam kompetensi menggunakan alat ukur, (3) pengaruh motivasi belajar siswa terhadapprestasi belajar dalam kompetensi menggunakan alat ukur, (4) mengetahui secara serentakpengaruh aktifitas, kreatifitas, dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar kompetensimenggunakan alat ukur siswa kelas X SMK Institut Indonesia Kutoarjo. Jenis penelitian ini adalahex post facto dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian inidilaksanakan di SMK Institut Indonesia Kutoarjo Jalan Tentara Pelajar 15 a Kutoarjo, Purworejo.Populasi dalam penelitian ini sebanyak 214 siswa terdiri dari 6 kelas X Teknik Kendaraan Ringan diSMK Institut Indonesia Kutoarjo. Sampel berjumlah 131 siswa dengan teknik Simple RandomSampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket. Data-data yangdiperoleh dianalisis menggunakan metode kuantitatif. Hasil perhitungan secara serentakdiperoleh Fhitung adalah sebesar 20,850 (p=0,000). Nilai F tabel pada taraf signifikansi 5% dengan df1 = 3 dan df 2 = 127 adalah 2,676. Hal ini menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel (20,850>2,676)dan p<0,05 (0,000<0,05) menunjukkan bahwa hipotesis keempat yang berbunyi ada pengaruhpositif antara aktifitas, kreatifitas, dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar dalamkompetensi menggunakan alat ukur pada siswa kelas X SMK Institut Indonesia Kutoarjo diterima.Kata kunci: Aktifitas siswa, Kreatifitas siswa, Motivasi belajar siswa, Prestasi belajar alat ukur.
PENINGKATAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR MATA DIKLAT PERAWATAN DAN PERBAIKAN MOTOR MELALUI METODE AUDIO VISUAL DAN DISKUSI SMK TAMAN KARYA MADYA KEBUMEN Jaya, Duana
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (553.569 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui bagaimana ada peningkatanprestasi belajar praktek praktek mata diklat Perawatan dan Perbaikan Motor Otomotif pada siswakelas XI SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen melalui penerapan metode Audio Visual danDiskusi, (2) untuk mengetahui bagaimana ada peningkatan motivasi belajar praktek praktek matadiklat Perawatan dan Perbaikan Motor Otomotif pada siswa kelas XI SMK Taman Karya MadyaTeknik Kebumen melalui penerapan metode Audio Visual dan Diskusi. Jenis penelitian ini adalahPenelitian Tindakan Kelas/ action class. Penelitian ini dilaksanakan di di SMK Taman Karya MadyaTeknik Kebumen, SMK ini merupakan salah satu sekolah kejuruan di bagian tengah kabupatenKebumen, tepatnya beralamat di jalan Cincin Kota No. 18 Kebumen. Sampel berjumlah 40 siswadigunakan adalah metode angket dan tes. Data di peroleh dengan dianalisis menggunakanmetode analisis univarian. Hasil perhitungan secara serentak diperoleh siklus I menunjukandengan F hitung 5.055 dengan probabilitas 0,006. Karena probabilitas < 0,05 maka Ho ditolak.Atau rata-rata prestasi belajar sebelum perlakuan (Hasil UAS Ganjil) dengan setelah diberiperlakuan ada siklus 1 mengalami peningkatan. Dan pada siklus II prestasi belajar menunjukan Fhitung sebesar 2,725 dan probabilitas sebesar 0,039. Karena probabilitas < 0,05 maka Ho ditolakdan disimpulkan terdapat perbedaan prestasi belajar siswa pada siklus 1 dibanding dengan siklusII, hal ini diperkuat dengan persentase peningkatan dibanding hasil pada siklus I sebesar 57,49.menunjukkan bahwa hipotesis keempat yang berbunyi ada adanya peningkatan siklus I dan siklusII motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar dalam kompetesi perawatan dan perbaikanmotor otomotif pada siswa kelas XI SMK Taman Karya Madya Teknik kebumen.Kata kunci : media, Audiovisual, aktifitas, Diskusi, motivasi belajar.
PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA SMK PN 2 PURWOREJO Setyawan, Deni
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (513.425 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pembuatan media pembelajaranmenggunakan pinnacele studio 9 (2) pengaruh media pembelajaran media Audio Video terhadaphasil belajar.Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian Research and Development.Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling jenuh, Sampel yang diambil dengan jumlah 40siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen dengan tes objektif pretest dan posttest. Ujianalisis menggunakan statistik parametris dengan uji t-Test.Hasil dari penelitian menggunakanmedia Audio Video dengan siswa yang diajar menggunakan media ?konvensional? setelah diberiperlakuan. Melalui uji t-tes dengan taraf kesalahan 5%, hasilnya t hitung lebih besar dari harga ttabel yaitu 2,34 > 1,66.Kata kunci: Pengembangan Media Audio Video, hasil belajar.

Page 1 of 2 | Total Record : 19