cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
pto@umpwr.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
ISSN : 23033738     EISSN : 26232502     DOI : -
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari dan Juni. Redaksi menerima artikel dari kalangan mahasiswa, guru, dosen maupun pemerhati pendidikan. Redaksi berhak mengubah naskah sepanjang tidak merubah substansi/isi tulisan. Tanggung jawab isi tulisan sepenuhnya ada pada penulis.
Articles 24 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2015): Jurnal Autotech" : 24 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA KOMPETENSI SISTEM PENGAPIAN DI SMK NURUSSALAF KEMIRI PURWOREJO Adi saputra, Rian
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 2 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (576.701 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembuatan media pembelajaran sistempengapian dengan menggunakan macromedia flah 8 di SMK Nurussalaf Kemiri dan untukmengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan macromedia flash 8 di SMK NurussalafKemiri. Proses pembuatan media pembelajaran pada penelitian ini dilakukan melalui tiga tahapyaitu analisis kebutuhan, pengembangan produk, dan uji lapangan. Yang kedua adalahpengembangan produk.dan terakhir adalah uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil danimplementasi produk akhir. Hasil penelitian Research and Developmen yang dilaksanakan padamateri Sistem Pengapian mengalami peningkatan, untuk peningkatan hasil belajar pada pre teskelas eksperimen yaitu 31, 88, setelah melakukan pemberian materi dengan macromediaflash 8hasil post tes naik menjadi 83, 75. Dalam perhitungan t-hitung adalah 14.832. Dengan toleransikesalahan 0.05. Nilai ditabel hitung adalah 1.999. Dari hasil tersebut t- hitung lebih besar dari ttabel.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dengan macromediaflash8dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Nurussalaf Kemiri Purworejokelas XI TKR dengan di tandai meningkatnya hasil belajar siswa.Kata kunci: Media Pembelajaran, Macromedia flash, sistem pengapian, dan Hasil Belajar
KEEFEKTIFAN METODE ACQ LEARNING DAN KONVENSIONAL PADA MATERI SISTEM BATERAI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SAPURAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013 Febri Candra Utama, Okto
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 2 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (748.251 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa yang diajar denganmetode ACQ Learning pada materi sistem baterai. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelasX kompetensi keahlian Teknik Mekanik Otomotif tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dariTeknik Kendaraan Ringan (TKR) dan Teknik Sepeda Motor (TSM). Sampel dalam penelitian iniberjumlah 58 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik sampling yangdigunakan adalah sampling random. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes.Uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan ujihomogenitas variansi menggunakan uji Bartlett. Dengan diperoleh sampel berasal daripopulasi yang berdistribusi normal dan variansi sampelnya sama. Uji hipotesis menggunakan uji tdengan , perhitungan uji hipotesis dilakukan satu kali. Hipotesis menunjukkan tobs sebesar -6,858 lebih kecil dari ttabel sebesar -1,703 sehingga H0 ditolak ini berarti metode ACQ Learninglebih efektif dari pada metode konvensional dalam meningkatkan prestasi belajar siswa padamateri sistem baterai Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Sapuran Tahun Pelajaran 2013/2014..Kata kunci: metode ACQ Learning, metode Konvensional, Prestasi Belajar, sistem baterai.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR K3 MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS X SMK PANCASILA 1 KUTOARJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Pujiyono, Pujiyono
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 2 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (659.588 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajarsiswa dengan penerapan model pembelajaran group investigation, dan (2) untuk mengetahuipeningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan metode oembelajaran Group InvestigationPada Siswa Kelas X SMK Pancasila 1 Kutoarjo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK), yaitu penelitian yang berusaha meningkatkan hasil belajar dan keaktivan belajar, suaturencana pembelajaran terhadap kinerja guru serta interaksi antara siswa dengan siswa, dan siswadengan guru, adapun jumlah subyek adalah 28 siswa dengan tingkat kemampuan belajar K3 yangbervariasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan soal yangsudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan teknik deskriptifkuantitatif.Hasil belajar siswa kelas X TKR SMK Pancasila kutoarjo menggunakan metode GroupInvestigation memperoleh nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 63,03 termasuk kategori cukupbaik, sedangkan nilai rata-rata pada siklus I mencapai 73,75 dan termasuk dalam kategori cukupbaik. Pada siklus II, nilai rata-rata yang dicapai adalah 78,75. Peningkatan dari prasiklus ke siklus Isebesar 10,72. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 5. Dengan demikian dapat dibuktikanada peningkatan dalam pembelajaran pada mata diklat Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)menggunakan metode Group Investigation pada siswa kelas X TKR SMK Pancasila kutoarjo.Kata kunci: hasil belajar, metode group investigation.PENDAHULUANBelajar
PENGARUH KARAKTERISTIK GURU DALAM MENGAJAR MATA PELAJARAN MOTOR BENSIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X TKR DI SMK PATRIOT PITURUH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Heri Purnama, Okta
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 2 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (748.251 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh karakteristik guru dalammengajar terhadap preatasi belajar pada kompetensi motor bensin siswa kelas X SMK PatriotPituruh tahun pelajaran 2014/ 2015.Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif.Subjyekpenelitian ini adalah seluruh guru progam otomotif di SMK Patriot Pituruh yang berjumlah 5 orangdan seluruh siswa kelas X Teknik Otomotif Kendaraan Ringan SMK Patriot Pituruh yang berjumlah90 siswa.Tehnik pengumpulan data adalah dokumentasi, observasi, wawan cara dan tes. Sebelumdigunakan untuk pengambilan data,diujikan pada hasil/ Uji hasil analisis regresi linier sederhana.Hasil penelitian menujukan sig 0,000, menujukan pengaruh positif dan signifikan karakteristikguru terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Patriot Pituruh. Hal ini didukung dengan datasebagai berikut: guru mengajar gaya klasik mempunyai rerata nilai 77,22 lebih rendah dibandingguru mengajar tidak klasik: 81, 46. Gaya mengajar teknologis didapat rerata nilai 81,11 lebih tinggidibanding mengajar tidak teknologis sebesar 79, 86. Gaya mengajar personalisasi sebesar 81, 04lebih tinggi dibanding tidak personalisasi: 78, 89. Gaya mengajar interaksional rerata sebesar 81,46 lebih tinggi dibanding tidak interaksional sebesar 77, 42.Kata Kunci: karakteristik guru,prestasi belajar
HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN LINGKUNGAN MASYARAKAT TERHADAP MINAT SISWA DALAM PEMILIHAN PROGRAM KEAHLIAN SISWA SMK NAWA BHAKTI KEBUMEN Normalitasari, Nastiti
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 2 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (599.312 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua terhadap minat siswadalam pemilihan program keahlian siswa SMK Nawa Bhakti Kebumen, untuk mengetahuihubungan lingkungan masyarakat terhadap minat siswa dalam pemilihan program keahlian siswaSMK Nawa Bhakti Kebumen serta untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua danlingkungan masyarakat terhadap minat siswa dalam pemilihan program keahlian siswa SMK NawaBhakti Kebumen. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Penelitian ini dilaksanakan di SMK NawaBhakti Kebumen Jalan Mangkusari No. 73 Desa Kutosari, Kebumen. Populasi dalam penelitian iniadalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 477 siswa dan diambil 202 siswa sebagai sampel.Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari sampai bulan April 2014. Metode pengumpulan datamenggunakan metode angket atau kuesioner. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwapola asuh orang tua dan lingkungan masyarakat berdampak pada minat siswa dalam pemilihanprogram keahlian siswa SMK Nawa Bhakti Kebumen. Hal tersebut dapat dilihat dari uji regresilinier berganda diperoleh nilai Fhitung sebesar 24.241, dengan signifikan 0.000 < 0.05. Nilaikoefisien korelasi antara pola asuh orang tua (X1) terhadap minat siswa (Y) sebesar 0.978, dengannilai signifikan 0.094 > 0,05. Nilai koefisien korelasi antara lingkungan masyarakat (X2) terhadapminat siswa (Y) sebesar 0.918, dengan nilai signifikan 0.082 > 0.05. Dari hasil analisis menunjukkannilai R2 adalah 0.957 berarti variabel yang dipilih pada variabel independen (pola asuh orang tuadan lingkungan masyarakat ) dapat menerangkan variasi variabel dependen (minat siswa)dengan kontribusi 95.57%, dan diterangkan oleh variabel lain sebesar 4.43%.Kata kunci: Pola Asuh Orang Tua, Lingkungan Masyarakat, Minat Siswa
EFEKTIVITAS PENGUNAAN METODE PEMBELAJARAN JIGSAW DAN MIND MAP PADA KOMPETENSI SISTEM PENGAPIAN SISWA KELAS XI TSM SMK MUHAMMADIYAH 2 WONOSOBO Bayu Febriyanto, Mundak
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 2 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.849 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) untuk mengetahui pengunaan metode jigsawatau metode mind map salah satu bisa meningkatkan pada hasil pembelajaran sistem pengapianpada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Wonosobo, dan (2) untuk mengetahui seberapa besarpeningkatan hasil prestasi siswa setelah mendapat metode pembelajaran jigsaw dan mind map.Pengumpulan data dilakukan dengan tes. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasilpenelitian: (1) berdasarkan hasil dari perhitungan analisis data dan sesuai rumusan padahipotesis, dapat diketahui hasil belajar siswa hasilnya lebih baik mengunakan metode mind mapdari pada menggunakan metode jigsaw; (2) hasil prestasi siswa dari prasiklus sampai siklus IIbanyak mengalami kenaikan hasil prestasi belajar siswa sistem pengapian kelas XI TSM SMKMuhammadiyah 2 Wonosobo. Kemampuan siswa dalam pembelajaran sistem pengapian skorrata-rata pada prasiklus adalah 51 atau 4% kategori sangat kurang. Setelah penelitian dilakukanmenggunakan metode jigsaw, rata-rata kemampuan siswa dalam pembelajaran sistem pengapianmenjadi 74,7 atau 56% termasuk masih katgori cukup, tetapi pada siklus I belum mencapai ratarata75,00 sehingga diperlukan penerapan pembelajaran pada siklus II dengan menggunakanmetode mind map untuk mengetahui lebih efektif mana diantara dua metode tersebut.Selanjutnya pada siklus II, rata-rata kemampuan siswa dalam pembelajaran sistem pengapianmeningkat lagi menjadi 79,4 atau 88% merupakan katefori yang sudah baik dan sudah mencapainilai KKM yang telah ditentukan yaitu 75,00.Kata kunci: metode jigsaw, metode mind map, sistem pengapian.
PENGARUH MICRO TEACHING DAN PRAKTIK INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO Mukondar, Mukondar
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 2 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (563.505 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: tingkat prestasi mata kuliah micro teaching danpraktik industry terhadap kesiapan mahasiswa praktik pengalaman lapangan (PPL) UniversitasMuhammadiyah Purworejo.Populasi penelitian diambil dari mahasiswa transfer program studipendidikan otomotif angakatan 2013 sebanyak 14 mahasiswa Universitas MuhammadiyahPurworejo dan jumlah sampel yang diambil dari 10 mahasiswa. Instrumen pengumpulan datamenggunakan angket dan nilai mata kuliah microteaching dan nilai praktik industri yang masingmasingsudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validasi dan reabilitas.Analisa datamenggunakan analisa varian satu arah( ANOVA )Setelah dianalisis dengan analisa varian satu arahmenunjukkan bahwa pengaruh microteaching dan praktik industry memberikan pengaruh yangnyata terhadap kesiapan mahasiswa praktek pengalaman lapangan (PPL). Berdasarkanperhitungan korelasi parsial menunjukan bahwa : (1) rxy= 3,674; sig<0,05 terhadap kesiapanmahasiswa PPL program studi pendidikan teknik otomotif dan setelah dianalisis regresi gandamenunjukan (X2 = tidak linier, Y:8,611 + 0,0875 X1adalahLinier ) terhadap kesiapan mahasiswa PPLprogram studi pendidikan universitas Muhammadiyah Purworejo. Dengan demikian dapatdisimpulkan bahwa secara umum peranan microteaching dan praktik industri berpengaruhterhadap kesiapan mahasiswa PPL program studi pendidikan teknik otomotif UniversitasMuhammadiyah purworejo.Kata kunci : micro teaching, praktik industri, kesiapan mahasiswa PPL
PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PENDINGIN MENGGUNAKAN PORTABLE COOLER ENGINE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK MA’ARIF 4 KEBUMEN Nurhidayatulloh, Mohammad
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 2 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (603.155 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pembuatan media pembelajaran sistempendingin menggunakan portable cooler engine; dan (2) pengaruh media pembelajaran portablecooler engine terhadap hasil belajar siswa di SMK Ma?arif 4 Kebumen. Jenis penelitian inimenggunakan desain penelitian dan pengembangan atau Research and Development. Subjek yangmenjadi penelitian adalah siswa kelas XI SMK Ma?arif 4 Kebumen tahun ajaran 2013/2014 yangmendapatkan materi sistem pendingin yaitu kelas XI TKR yang terdiri dari 70 siswa. Dalampenelitian ini yang digunakan sebagai sampel adalah dua kelas, yaitu kelas XI TKR A dan XI TKR B.Kelas XI TKR A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran sistempendingin dan kelas XI TKR B sebagai kelas control yang menggunakan media ceramah. Caramenentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu dengan cara menggundi menggunakankoin. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan instrumen tes. Analisis datameliputi kriteria interpretasi data dan pengolahan data. Hasil analisis data hasil evaluasi kelaskontrol dan kelas eksperimen diperoleh persentase nilai rata-rata kelas kontrol 68,28% danpersentase nilai rata-rata kelas eksperimen 76,85%. Terdapat selisih antara kelas kontrol dengankelas eksperimen sebesar 8,57% dan juga hasil nilai rata-rata kelas eksperimen sudah diatas KKM.Dari analisis data tersebut terdapat perbedaan yang signifikan atara siswa yang belummengunakan media pembelajaran dan siswa yang sudah menggunakan menggunakan mediapembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sistem pendingin menggunakanmedia portable cooler engine dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMKMa?arif 4 Kebumen.Kata kunci: Media Pembelajaran, Portable Cooler Engine, dan Hasil Belajar.
UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR DASAR OTOMOTIF MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING Hakim, Lukmannul
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 2 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (743.004 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah model pembelajaran problem posing dapatmeningkatkan keaktifan dan hasil belajar dasar otomotif materi baterai menggunakan modelpembelajaran problem posing pada siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) kelas XI SMK N 1Sapuran dan (2) apakah penerapan model pembelajaran problem posing dapat meningkatkanhasil belajar siswa tersebut. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri daridua siklus. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 21 siswa. Metode pengumpulan datamenggunakan metode observasi dan tes. Sedangkan metode analisis data menggunakan deskripsipersentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terjadi peningkatan persentase aktivitasbelajar peserta didik dari 51,67% pada siklus I menjadi 75,82% pada siklus II, dan (2) rerata hasilbelajar peserta didik sebelum penelitian sebesar 71,24 dengan ketuntasan belajar klasikal 66,67%.Pada siklus I rerata hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan menjadi 73,09 denganketuntasan belajar klasikal 76,19%. Pada siklus II rerata hasil belajar peserta didik mengalamipeningkatan dari siklus I menjadi 76,24 dengan ketuntasan belajar klasikal 80,95%. Dengandemikian dapat disimpulan bahwa model pembelajaran problem posing dapat meningkatkankeaktifan dan hasil belajar pada siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) kelas XI SMK N 1Sapuran.Kata kunci: model pembelajaran problem posing
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ELECTRONIK FUEL INJECTION MENGGUNAKAN PORTABLE INJECTOR TESTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII SMK YPT PURWOREJO Mualif, Khoirul
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 2 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (620.998 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pembuatan media pembelajaran dan untukmengetahui hasil belajar siswa menggunakan portable injector tester yang diaplikasikan padamata pelajaran sistem electronik fuel injection.Populasi yang diambil adalah siswa SMK YPTPurworejo yang mendapatkan materi sistem electronik fuel injection. Sampel yang diambil adalahsiswa kelas XII TKR A dan kelas XII B. Penelitian ini menggunakan metode Research andDevelopment dengan desain pretest-postest, dengan sampel dua kelas, yaitu kelas XII TKR Asebagai kelas Eksperimen dengan jumlah 38 siswa dan kelas XII TKR B sebagai kelas kontroldengan jumlah 36 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dengan tes objektifpretest dan postest serta angket untuk mengetahui kelayakan media yag digunakan untukpenelitian. Uji analisis menggunakan statistik parametris dengan uji t-test. Dari hasil penelitian,menunjukkan bahwa media pembelajaran portable injector tester yang dikembangkan layakdigunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran sistem electronik fuel injection, diSMK YPT Purorejo hal ini dapat dibuktikan dari hasil validasi yang dilakukan oleh dosen ahli mediayang menunjukkan hasil 81.6% dari skor kriterium. validasi oleh dosen ahli materi yangmenunjukkan hasil 81.6% dari skor kriterium. Media pembelajaran portable injector tester jugatelah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui respon siswamelalui tiga tahap uji coba yaitu, uji coba satu-satu memperoleh skor 78% yang meliputi 3 siswa,uji coba kelompok kecil memperoleh 82.7% yang meliputi 15 siswa dan uji coba kelompok besaratau tahap akhir yang memperoleh skor 93% yang meliputi 38 siswa. Pada hasil belajar siswa jugamenunjukkan prestasi belajar dari yang sebelum menggunakan media portable injector tester dansesudah menggunakan media portable injector tester. Melalui uji t-tes dengan taraf kesalahan 5%,hasilnya t hitung lebih besar dari harga t-tabel yaitu 2.76>1.66. Dengan demikian pada kelaseksperimen antara sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran ini.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Electronic Fuel Injection, Hasil Belajar

Page 1 of 3 | Total Record : 24