cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
pto@umpwr.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
ISSN : 23033738     EISSN : 26232502     DOI : -
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari dan Juni. Redaksi menerima artikel dari kalangan mahasiswa, guru, dosen maupun pemerhati pendidikan. Redaksi berhak mengubah naskah sepanjang tidak merubah substansi/isi tulisan. Tanggung jawab isi tulisan sepenuhnya ada pada penulis.
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Autotech" : 20 Documents clear
PENGARUH KOPETENSI GURU OTOMOTIF DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SISTEM STATER KELAS XI BIDANG KEAHLIAN TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF DI SMK MUHAMMADIYAH 2 WONOSOBO Johani, Johani
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (451.481 KB)

Abstract

Penelitian ini mengetahui pengaruh kompetensi guru otomotif dan minat belajar siswa terhadapprestasi belajar siswa mata pelajaran System Starter Kelas XI Bidang Keahlian Teknik MekanikOtomotif di SMK Muhammadiyah 2 Wonosobo.Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah eks post facto. Populasi penelitian ini adalahkeseluruhan siswa kelas XI Bidang Keahlian teknik Otomotif di SMK Muhammadiyah 2 Wonosobotahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah 25 siswa dengan jumlah sampel 18 orang. Datakompetensi guru dan minat belajar diperoleh menggunakan angket. Da prestasi belajar berasaldari dokumentasi data nilai mata pelajaran sistem stater kelas XI Bidang keahlian Teknik OtomotifSMK Muhammadiyah 2 Wonosobo.Hasil penelitian menunjukkan kompetensi guru otomotif termasuk kategori sedang yaitu61,11%,minat belajar siswa termasuk kategori tinggi 72,11%, dan prestasi belajar termasukkategori sedang 77,78%. Hasil uji hipotesis menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikankompetensi guru otomotif terhadap prestasi belajar (p=0,003) dan ada pengaruh positif dansignifikan minat belajar terhadap prestasi belajar (p=0,022). Uji hipotesis ketiga membuktikan adahipotesis ketiga ada pengaruh positif dan signifikan kompetensi guru otomotif dan minat belajarsecara bersama-sama terhadap prestasi belajar (p=0,000) dengan sumbangan sebesar 47%.Kata kunci : Kompetensi Guru, Minat Belajar, Prestasi Belajar.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM REM UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK YEPEKA PURWOREJO Cahyo Sumargo, Henry
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (465.273 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa SMK YEPEKA terhadappembelajaran sistem REM. Hal ini ditandai dengan rendahnya hasil belajar siswa selama prosespembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaranuntuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Meningkatkan minat belajar denganmemanfaatkan media pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan ialah RnD (researd andDevelopment). Sebagai subyek adalah siswa kelas XI TKR SMK YEPEKA Purworejo, yang berjumlah15 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode, angket dan tes. Setelahdata diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Hasil penelitiandapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan media pembelajaran dalam pembelajaransistem REM dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XI TKR A SMK YEPEKA. Hal ini terlihatdari hasil angket minat belajar siswa sebesar 62,75%. Sementara itu tes hasil belajar siswasebesar 86,67. Peningkatan minat belajar siswa ini berpengaruh terhadap peningkatan hasilbelajar. Rata-rata nilai siswa 74,62 dengan ketuntasan 93,33%. Sehingga model pembelajarandengan media pembelajaran digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran yangmengupayakan peningkatan minat serta hasil belajar siswa.Kata Kunci: Pengembangan, media pembelajaran, minat belajar.
PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENGAPIAN SISWA KELAS X SMK PANCASILA 1 KUTOARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Prasetyo, Hari
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (487.636 KB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) Mengetahui ada atautidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara status sosial ekonomi orang tua terhadaphasil belajar dalam dalam materi pengapian pada siswa kelas X TKR SMK Pancasila 1 Kutoarjo (2)Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajarterhadap hasil belajar dalam dalam materi pengapian pada siswa kelas X TKR SMK Pancasila 1Kutoarjo (3) Mengetahui ada dan tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara statussosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajardalam dalam materi pengapian pada siswa kelas X TKR SMK Pancasila 1 Kutoarjo. Populasi dalampenelitian ini adalah siswa kelas X SMK Pancasila 1 Kutoarjo. Populasi dari penelitian ini terdiri 131siswa dengan jurusan teknik kendaraan ringan. Sampel penelitian ini berjumlah 95 anggota,ditentukan dengan pedoman pada table Krejcie dengan tingkat kesalahan 5%. Pengambilansampel menggunakan teknik proportional random sampling. Analisis data yang digunakan adalahanalisis deskriptif dan kuantitatif. Hasil analisis diskriptif menunjukan bahwa penggunaan statussosial ekonomi orang tua siswa frekuansi memiliki terbanyak terdapat pada skor 50-60, yaknisebesar 40 responden, variabel motivasi belajar siswa memiliki frekuensi terbanyak terdapat padaskor 60-70, yakni sebesar 44 responden, variabel hasil belajar siswa memiliki frekuensi terbanyakberada pada skor 80-85 yakni persentase sebesar 39 responden. Analisis kuantitatif, diperolehdata koefisien korelasi Status sosial ekonomi orang tua mempunyai nilai thitung sebesar 1.196dengan nilai probabilitas sebesar 0.001 < 0.05, maka H0 ditolak yang berarti status sosialekonomi orang tua berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar di SMK Pancasila 1 Kutoarjo. Darivariabel Motivasi belajar siswa mempunyai nilai thitung sebesar 1.469 dengan nilaiprobabilitas sebesar 0.002 < 0.05, maka H0 ditolak yang berarti Motivasi belajar siswaberpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis korelasi gandadiketahui Dengan diperoleh nilai Fhitung sebesar 75.748 dengan probabilitas sebesar 0.000 < 0.05.Berdasarkan hasil analisis menunjukkan nilai R2 adalah 0.897 berarti variabel yang dipilih padavariabel independen (status sosial ekonomi orang tua dan motivasi) dapat menerangkan variasivariabel indeks prestasi dengan kontribusi 89.70 % dan sisanya 10.30% diterangkan oleh variabellain.Kata kunci: status sosial ekonomi, motivasi belajar, hasil belajar
PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF PRODUKTIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KELISTRIKAN DASAR DI SMK NEGERI 1 SAPURAN Sahman, Hadi
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.552 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap perbedaan prestasi belajar antara kelompok kontroldan eksperimen dalam menguji keefektifan strategi pembelajaran aktif kreatif produktifdalampembelajaran kelistrikan dasar siswa kelas X SMK Negeri 1 Sapuran. Jenis penelitian ini adalahPenelitian quasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakankontrol Group Pre-Test Post-Test Design. subjek dalam penelitian adalah siswa kelas X SMK Negeri1 Sapuran. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknikanalisis data menggunakan uji-t dengan taraf sugnifikansi 5%, analisis data menggunakan ujiprasarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkanbahwa: (1) Hasil analisis uji-t data posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperolehnilai thitung yaitu 2,264 dengan db 61 dan nilai p 0,000. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (p= 0,000 < 0,05). (2) Hasil analisis uji-t data pretest dan posttest kelompok eksperimen diperolehnilai thitung 12,535 dengan db 31 dan nilai p 0,000 nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (p =0,000 < 0,05). Simpulan penelitian ini berdasarkan analisis tersebut adalah (1) terdapat perbedaanprestasi belajar yang signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. (2) strategipembelajaran aktif kreatif produktif efektif digunakan dalam pembelajaran kelistrikan dasar siswakelas X TKR di SMK Negeri 1 Sapuran.Kata Kunci : pembelajaran aktif kreatif produktif, prestasi belajar, kelistrikan dasar.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MOTOR BENSIN DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN INKUIRI DI KELAS XI SMK JAKARTA I TAHUN PELAJARAN 2014/1015 Reskibara, Gessa
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (571.427 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran motor bensinmelalui pendekatan inkuiri kelas XI SMK Jakarta I. Jenis penelitian ini adalah Penelitian TindakanKelas (PTK). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu tes. Dari hasil penelitian inidisimpulkan bahwa, pada siklus I pengamatan difokuskan pada masalah selama tindakan dan hasilbelajar siswa. Masalah yang muncul pada siklus I yaitu (a) beberapa siswa belum aktif dalammengikuti proses pembelajaran; (b) banyaknya siswa yang masih bingung dalam penarikanhipotesis dan pencarian informasi. Pada sklus II siswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran,dan masalah pada siklus I tidak muncul pada siklus II. Hasil evaluasi pembelajaran pada siklus Irata-rata hasil belajar siswa sebesar 74.9 dengan nilai terendah 55 dan nilai tertinggi 90, padasiklus II rata-rata hasil belajar siswa sebesar 83 dengan nilai terendah 67 dan nilai tertinggi 97.Peningkatan hasil belajar siswa dari observasi awal sampai dilakukan siklus I meningkat dari 45%menjadi 69.95% dan pada siklus II meningkat menjadi 78.75%.Kata kunci : Pendekatan Inkuiri, Hasil BelajarPENDAHULUANPendidikan
PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR ALAT UKUR MEKANIK SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN 1 SMK NEGERI 1 PURING KEBUMEN Maysaroh, Fitria
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (578.836 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar melaluipembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) siswa kelas X TKR 1 SMK Negeri 1 PuringKebumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian tindakan kelas X TKR ISMK Negeri 1 Puring Kebumen berjumlah 35. Instrumen penelitian ini menggunakan lembarobservasi dan soal tes berbentuk pilihan ganda pada tiap siklus. Teknik analisis data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakanpada mata pelajaran Alat Ukur Mekanik kelas X TKR 1 SMK Negeri 1 Puring Kebumen. Penelitianini mengalami peningkatan yaitu pada kondisi awal, siklus I dan siklus II. Rata-rata pada observasiawal yaitu 51,00 %, observasi pada siklus I menjadi 62,00 %, dan pada siklus II menjadi 76,00 %.Kemudian pada kondisi awal tes teori yaitu rata ? rata 65, setelah dilaksanakan siklus I naikmenjadi 71 dan pada akhir siklus II naik menjadi 78,28. Dengan demikian dapat disimpulkanbahwa penerapan metode Group Investigation dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajarsiswa ditandai dengan meningkatnya hasil belajar teori dan dapat juga meningkatkan kerjasamamereka secara kelompok.Kata Kunci : kerjasama, hasil belajar, Alat Ukur Mekanik
PENGARUH SARANA PRASARANA BENGKEL PRAKTIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PRODI MEKANIK OTOMOTIF KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH KUTOWINANGUN Widiyatno, Fera
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (451.11 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Keadaan sarana dan prasarana bengkel praktik (2)Bagaimana motivasi belajar siswa kelas XI SMK Muhmmadiyah Kutowinangun (3) Ada tidaknyapengaruh sarana dan prasarana bengkel praktik terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian inimerupakan penelitiandeskriptif-korelasional.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMKMuhammadiyah Kutowinangun dengan teknik pengambilan Random Sampling. Dengan jumlahsampel sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data untuk penelitian ini adalah dengan cara (1)Angket,(2)Observasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif, setelah itu hasil angket tentangsarana dan prasarana bengkel praktik dan motivasi belajar siswa, data dianalisis denganmeenggunakan koefisien kolerasi Product Moment. Hal ini untuk mengtahui tingkat kolerasiantara kedua variabel tersebut. Dari hasil perhitungan dengan angka kolerasi dengan df 30,diperoleh r tabel pada taraf 5% signifikasi sebesar 0,361. Ternyata rxy atau ro (0,602) adalah lebihbesar dari r tabel, maka maka hipotesa alternatif (Ha) diterima dan hipotesa nihil(Ho) ditolak.Berarti terdapat kolerasi/pengaruh positif yang signifikan antara variabel X dan variabel Y. Dengandemikian, hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan/pengaruh yang sedang atau cukupantara antara variabel sarana dan prasarana bengkel praktik dengan variabel motivasi belajarsiswa kelas XI SMK Muhmammadiyah Kutowinangun yaitu sebesar 36,24 %.Kata Kunci: Sarana dan prasarana, bengkel praktik, motivasi belajar.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJARSISWA PADA MATA PELAJARAN MEMELIHARA BATERAI DI SMKN 1 WADASLINTANG Suci Masytha, Fatwa
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (573.312 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) pengembangan media audio visual pembelajaran padamata pelajaran memelihara baterai (2) pengaruh media pembelajaran audio visual terhadapminat belajar siswa di SMK Negeri 1 Wadaslintang. Subjek penelitian yang diambil adalah siswaSMK Negeri 1 Wadaslintang yang mendapat materi teknik dasar listrik otomotif. Siswa kelas X TKR1 dan kelas TKR 2. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research & development dengansempel dua kelas, X TKR 1 sebagai kelas control dan X TKR 2 sebagai kelas eksperimen denganjumlah 35 siswa untuk masing-masing kelas. Pengumpulan data menggunakan instrument angkettanggapan ahli meningkatkan minat dan angket tanggapan tentang media pembelajaran yangdigunakan. Hasil dari penelitian menunjukkan dengan media pembelajaran pada prosespembelajaran terdapat perbedaan hasil minat belajar siswa SMK Negeri 1 Wadaslintang siswayang menggunakan media pembelajaran audio visual dengan siswa yang diajarkan dengan mediakonvensianal setelah diberi perlakuan. Melalui angket yang diberikan hasil yang diperoleh adalahdengan rata-rata kelas kontrol 55,62% dan kelas eksperimen 72,55%. Dengan hasil tersebut dapatdisimpulkan bahwa peningkatan minat belajar siswa terjadi setelah menggunakan mediapembelajaran audio visual.Kata kunci: media pembelajaran audio visual, minat belajar siswa
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN SISTEM BAHAN BAKAR KONVENSIONAL PADA SEPEDA MOTOR DI SMK MUHAMMADIYAH 2 WONOSOBO Muslim Al-mashuri, Fata
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (470.15 KB)

Abstract

Fata Muslim Al-Mashuri. 102170159. ?Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual untukMeningkatkan Minat Belajar Siswa kelas XI Mata Pelajaran Sistem Bahan Bakar Konvensional padaSepeda Motor di SMK Muhammadiyah 2 Wonosobo?. Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2015.Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui proses pembuatan audio visual untuk meningkatkanminat belajar, dan 2) mengetahui peningkatan minat belajar dengan menggunakan mediapembelajaran audio visual sistem bahan bakar konvensional pada sepeda motor.Jenis penelitian yang digunakan ialah R&D (Research and Development). Sebagai subjek dalampenelitian ini adalah siswa kelas XI TSM SMK Muhammadiyah Wonosobo yaitu Kelas XI TSM A 18orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TSM B 19 orang sebagai kelas kontrol. Pengumpulandata dilakukan dengan menggunakan metode angket dan tes. Setelah data diperoleh kemudiandianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase.Hasil penelitian meliputi proses pembuatan media pembelajaran audio visual melalui beberapatahapan yaitu (1) Pengambilan video, (2) Pengambilan suara, (3) Pembuatan media menggunakanpinnacle studio 2012. Minat belajar kelas XI pada mata pelajaran sistem bahan bakarkonvensional pada sepeda motor meningkat setelah diajarkan menggunakan media audio visual.Analisis data menunjukkan minat belajar kelas kontrol sebesar 64,64%, lebih rendah dibandingkankelas experimen dengan minat belajar sebesar 79,09%.Kata Kunci: Pengembangan, media pembelajaran, minat belajar.
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISTEM BAHAN BAKAR INJEKSI, SISTEM PENDINGIN AIR DAN TRANSMISI OTOMATIS PADA SEPEDA MOTOR MATIC INJEKSI Sulistyo, Bambang
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (695.31 KB)

Abstract

Penelitian kolaboratif ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran, yangbertujuan untuk mengetahui proses pembuatan, tingkat validitas, dan kelayakan mediapembelajaran sistem bahan bakar injeksi, sistem pendingin air dan transmisi otomatis padasepeda motor matic injeksi dengan menggunakan software Adobe flash.Penelitian ini termasuk jenis penelitian Research and Development (R & D). prosedur yangdilakukan terdiri dari: a) Analisis kebutuhan, b) Pengembangan produk media pembelajaran, c) Ujivalidasi oleh ahli materi dan ahli media, d) Revisi, e) Uji coba oleh mahasiswa selaku pengguna, e)Revisi, f) Hasil akhir pembuatan media pembelajaran.Hasi yang didapatkan yaitu: 1) Proses pengembangan media pembelajaran Proses pembuatanmedia pembelajaran sistem bahan bakar injeksi, sistem pendinginan air dan transmisi otomatispada sepeda motor matic injeksi dengan menggunakan software Adobe dilakukan melaluitahapan identifikasi kompetensi sesuai dengan media yang akan dikembangkan, pembuatanrancangan materi, pengumpulan bahan-bahan, pembuatan media dengan adobe flash, validasidari ahli materi, ahli media, dan mahasiswa selaku pengguna, 2) Media pembelajaran yang dibuatmemiliki tingkat kesesuaian dengan silabus sebesar 2.67 (sesuai) dan aspek belajar mandiri 4.0(sangat bisa dipergunakan untuk belajar secara mandiri oleh mahasiswa), dan 3) Mediapembelajaran yang dikembangkan memiliki penilaian kelayakan dengan skor 2.71 (layak) oleh ahlimedia dan 2.87 (layak) oleh mahasiswa selaku pengguna media pembelajaran.Kata kunci: media pembelajaran, sistem bahan bakar injeksi, sistem pendingin air, transmisiotomatis,

Page 1 of 2 | Total Record : 20