cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
pto@umpwr.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
ISSN : 23033738     EISSN : 26232502     DOI : -
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari dan Juni. Redaksi menerima artikel dari kalangan mahasiswa, guru, dosen maupun pemerhati pendidikan. Redaksi berhak mengubah naskah sepanjang tidak merubah substansi/isi tulisan. Tanggung jawab isi tulisan sepenuhnya ada pada penulis.
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2016): JURNAL AUTOTECH" : 14 Documents clear
PENGARUH VARIASI CELAH REED VALVE DAN VARIASI UKURAN PILOT JET, MAIN JET, TERHADAP KONSUMSI BAHAN PAKAR PADA SEPEDA MOTOR KAWASAKI NIJNA 150 TAHUN 2013 MUHAMAD, MUHAMAD
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 7, No 2 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.809 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruhvariasicelahreed valueterhadapkonsumsibahanbakar padasepedamotorKawasaki Ninja 150 Tahun 2013, (2) pengaruhvariasiukuranpilot jet,main jetterhadapkonsumsi bahan bakarpadasepedamotorKawasaki Ninja 150 Tahun 2013, dan (3) pengaruhvariasicelahreed valuedanvariasiukuranpilot jet,main jetterhadapkonsumsibahanbakarpadasepedamotorKawasaki Ninja 150 Tahun 2013 Jenis penelitianyangdigunakanadalahdeskriptifkorelasional. Subjek dalam penelitan ini adalah 1 unit sepeda motor Kawasaki Ninja 150 Tahun 2013 yang di variasi dengan berbagai macam reed valve, pilot jet dan main jet. Datadidapatdaripengukurankonsumsibahan bakardengan pemakaianPilot Jet danMainJetdenganukuran17,5/130;15,5/110;dan19,5/150denganvariasi celah reedvalve10mm,9mm,11mm. Jumlahdatapenelitianinidiperoleh denganmelakukanlimakalireplikasipada setiapperlakuan,sehingga jumlahdata yangdiperoleh sebanyak45 buah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan variasicelahreedvalve terhadaptingkatkonsumsibahanbakarpadasepedamotorKawasaki Ninja 150 Tahun 2013adalahFA lebihbesardaripadaFtabel padatarafsignifikan0,01, makadapatditarikkesimpulanbahwaadaperbedaan pengaruhyang sangat signifikanantara variasicelahreedvalve terhadaptingkatkonsumsibahan bakar pada sepeda motor Kawasaki Ninja 150 Tahun 2013. Pengaruhantaravariasi ukuran pilot jet,main jetterhadaptingkatkonsumsibahanbakar pada sepeda motor Kawasaki Ninja 150 Tahun 2013adalahFB lebihbesardaripadaFtabel padatarafsignifikan0,01 maka dapatditarikkesimpulanbahwaada perbedaanpengaruhyang sangat signifikanantaravariasiukuranpilotjet,main jetterhadaptingkatkonsumsi bahanbakarpada sepedamotorKawasaki Ninja 150 Tahun 2013. Pengaruhbersama(interaksi)antaravariasi celah reed valvedan variasi ukuran pilot jet, main jetterhadap tingkat konsumsibahanbakarpada sepedamotorKawasaki Ninja 150 Tahun 2013adalah FAB lebih besar dari pada Ftabel pada tarafsignifikan 0,01, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada perbedaan pengaruh bersama(interaksi)yang sangat signifikanantara variasi celah reedvalve dan variasi ukuran pilotjet, mainjet terhadap tingkat konsumsi bahan bakar pada sepeda motor Kawasaki Ninja 150 Tahun 2013. Kata Kunci : Celah Reed Value, Ukuran Pilot Jet, Main Jet, Konsumsi Bahan Bakar, Motor Kawasaki Ninja 150
MENINGKATKAN KEAKTIVAN DAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR LANJUT DENGAN PERANGKAT LUNAK PROGAM AUTOCAD MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS III TEKNIK OTOMOTIF SMK NEGERI 2 PENGASIH KULON PROGO Marsudi, Marsudi
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 7, No 2 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Marsudi, 2014. Meningkatkan Keaktivan dan Hasil Belajar Menggambar Lanjut Dengan Perangkat Lunak Progam Autocad Model Picture And Picture Pada Siswa Kelas III Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri 2 Pengasih Kulon Progo. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) meningkatkan keaktifan belajar siswa, dan 2) meningkatkan hasil belajar siswa, pada kompetensi Menggambar Lanjut Dengan Perangkat Lunak menerapkan pembelajaran model ?picture and picture?. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, pelaksanaan tindakan dilakukan melalui dua siklus masing- masing siklus dengan tahapan; perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penerapan pembelajaran model picture and picture ini diterapkan kepada siswa kelas III Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri 2 Pengasih tahun pelajaran 2014/2015 semester ganjil dengan jumlah siswa 28 orang. Data keaktifan siswa diperoleh melalui observasi dan hasil belajar siswa diperoleh nilai ketuntasan belajar hasil produk siswa berupa gambar obyek menggunakan program Autocad pada mata pelajaran Menggambar Lanjut Dengan Perangkat Lunak kelas III Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri 2 Pengasih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada akhir tindakan siklus I diperoleh data keaktivan belajar siswa baru mencapai 46,4 % dan di akhir tindakan pada siklus II siswa yang aktif 92,8 % terjadi peningkatan sebesar 46,4 %, edangkan peningkatan hasil belajar diperoleh data pada akhir tindakan siklus I siswa yang tuntas memenuhi Kriteria Krtuntasan Minimal sebanyak 12 orang atau sekitar 42,8 %, di akhir tindakan pada siklus II semua siswa sebanyak 28 orang atau 100 % telah tuntas memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal. Kata kunci : hasil belajar, kompetensi kejuruan, model picture and picture.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA MATA PELAJARAN TUNE UP SISWA KELAS XI TKR C SMK PN2 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Kurniawan, Sigit
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 7, No 2 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis web dalam mata pelajaran Tune Up, 2) Untuk Mengetahuipendapatgurudansisiwatentangmediapembelajaranberbasis webdalam mata pelajaran Tune Up dari segitampilan, bahasa, isidan interaktivitas. 3) Untuk Mengetahuikeefektifanmediapembelajaranberbasisweb siswa SMK PN2 kelas XIjurusan Teknik mesin. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Populasi penelitian adalah siswa kelas XI TKR SMK PN2 Purworejo tahun ajaran 2014/2015. Subjek berjumlah 32 siswa, keas XI TKR C. Penelitian ini yang digunakan sebagai sampel adalah dua kelas, yaitu kelas XI TKR A dan X1 TKR C. Kelas XI TKR A sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah dan kelas XI TKR C sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media Web pada mata pelajaran Tune Up. Cara menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu dengan cara menggundi menggunakankoin.Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert yang telah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan rerata hasil belajar siswa, presentase keaktifan dan persentase motivasi belajar siswa yang dihitung menggunakan percentage correction Hasil dari penelitian yang dilakukan melalui tiga tahap yaitu :a) analisis kebutuhan, pengembangan produk, dan uji lapangan. b) pengembangan produk. c) uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil dan implementasi produk akhir. Produk media ini bisa digunakan sebagai salah satu metode untuk meningkatkan motivasi serta keaktifan siswa serta pemahaman materi. Karena ada perbedaan ketuntasan hasil belajar pada kelas kontrol 52,17 % yang belum menggunakan media pembelajaran sistem bahan bakar bensin konvensional sepeda motor dengan hasil belajar kelas eksperimen 82,76% yang telah menggunakan media pembelajaran. Kata Kunci : Media, Web Facebook, Hasil Belajar dan Keaktifan
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED IDIVIDUALIZATION (TAI) MENGGUNAKAN VIDEO TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERAWATAN DAN PERBAIKAN MESIN 1 KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK YPT PURWOREJO. Purnomo, Sidik
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 7, No 2 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) menggunakan video dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran perawatan dan perbaikan mesin 1 kelas X TKR Di SMK YPT Purworejo setelah diterapkannya model pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen menggunakan desain non equivalen control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR SMK YPT Purworejo Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 79 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi/pengamatan keaktifan belajar siswa yang telah diuji coba dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas yang dianalisis secara deskriptif statistik menggunakan program SPSS 16.0. Teknik analisis data digunakan untuk menganalisa keaktifan belajar yang dilakukan dengan cara memberi penskoran pada masing-masing indikator keaktifan belajar siswa. Selanjutnya bobot skor tersebut dijumlahkan, kemudian di presentasekan dan dikriteriakan ke dalam kriteria keaktifan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa yang diajar dengan model pembelajaran TAI menggunakan video memperoleh nilai rata-rata keaktifan sebesar 80, sedangkan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran ceramah memperoleh nilai rata-rata keaktifan sebesar 72, sehingga menunjukan adanya perbedaan tingkat keaktifan antara siswa yang diajar dengan model pembelajarn TAI dengan siswa yang diajar menggunakan metode ceramah. (2) model pembelajaran TAI lebih efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran perawatan dan perbaikan mesin 1. (3) berdasarkan analisis tes ?t? (t-test) diperoleh hasil sig p sebesar 0,003 atau kurang dari 0,05 yang berarti H0 ditolak dan HI diterima, dengan demikian menunjukkan bahwa model pembelajaran TAI dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X TKR Di SMK YPT Purworejo pada mata pelajaran perawatan dan perbaikan mesin 1, hal tersebut ditunjukkan Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Model Pembelajaran TAI, Metode Ceramah, Media Video
PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN KELISTRIKAN OTOMOTIF DI SMK NEGERI 1 GONDANG NGANJUK Satijo, Satijo
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 7, No 2 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah metode pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran kelistrikan otomotif di SMK N 1 Gondang Nganjuk tahun ajaran 2014/2015; (2) untuk mengetahui apakah metode pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran kelistrikan otomotif di SMK N 1 Gondang Nganjuk tahun ajaran 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR B SMK Negeri 1 Gondang Nganjuk tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 29 siswa. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kemmis dan Taggart. Setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik di antaranya (1) tes, untuk mengukur kemampuan siswa tentang memelihara sistem kelistrikan body dan komponennya; (2) angket, untuk melihat motivasi belajar siswa terhadap pelajaran kelistrikan otomotif dengan menggunakan metode pembelajaran quantum teaching. Teknik analisis data yang digunakan kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI TKR B SMK N 1 Gondang Nganjuk pada mata pelajaran kelistrikan otomotif dengan metode pembelajaran quantum teaching. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari: 1) nilai rata-rata yang mengalami peningkatan sebesar 0,4 (6,35%) pada tahap siklus I dan 2,2 (25,88%) pada tahap siklus II; 2) nilai tertinggi meningkat sebesar 0,6 (8,11%) pada tahap siklus I, dan 1,8 (19,57%) pada tahap siklus II; 3) nilai terendah yang diperoleh siswa meningkat sebesar 0,2 (3,64%) pada tahap siklus I, dan 2,4 (30,38%) pada siklus II; (2) terdapat peningkatan prestasi belajar siswa kelas XI TKR B SMK N 1 Gondang Nganjuk pada mata pelajaran kelistrikan otomotif dengan metode pembelajaran quantum teaching. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari: 1) nilai rata-rata yang mengalami peningkatan sebesar 0,7 (12,50%) pada tahap siklus I dan 2,2 (28,21%) pada tahap siklus II; 2) nilai tertinggi meningkat sebesar 1 (12,50%) pada tahap siklus I,dan 2 (20,00%) pada tahap siklus II; 3) nilai terendah yang diperoleh siswa meningkat sebesar 1 (28,57%) pada tahap siklus I, dan 3 (46,5%) pada siklus II. Kata kunci: quatum teaching, motivasi belajar, prestasi belajar, kelistrikan otomotif.
PENGARUH SARANA DAN PRASARANA BENGKEL OTOMOTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTEK SISTEM KELISTRIKAN BODI PADA SISWA KELAS XI TKR SMK NAWA BHAKTI KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Mundiarsono, Mundiarsono
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 7, No 2 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Mengetahui prestasi belajar praktek sistem sistem penerangan pada siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Nawa Bhakti Kebumen. 2) Mengetahui pengaruh sarana dan prasarana bengkel otomotif terhadap kompetensi pembelajaran praktek sistem kelistrikan bodi pada siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Nawa Bhakti Kebumen. Jenis pemnelitian ini adalah ex post facto.Populasi dalam penelitian adalah siswa TKR dengan jumlah keseluruan 5 kelas dan diambil sampel 3 kelas dengan jumlah 98 siswa.Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode dokumentasi dan metode angket yang telah diuji coba dengan syarat validitas dan reliabilitas.Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment, regresi sederhana, korelasi determinasi. Hasil penelitian yang diperoleh berupa :analisis data dan pembahasan data disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan dari sarana dan prasarana bengkel otomotif disekolah sebagai tempat pelaksanaan praktek siswa terhadap prestasi belajar praktek sistem kelistrikan bodi pada siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Nawa Bhakti Kebumen. Ditujukan dari hasil analisis data R sebesar 0,556 dengan sig 0,000 ? 0,05 N = 98, db 96 dan koefisien determinasi sebesar 0,310, sehingga pengaruh sarana dan prasaran bengkel otomotif terhadap prestasi belajar praktek sebesar 31%. bahwa sarana dan prasarana bengkel otomotif disekolah memberikan kontribusi sebesar 31% terhadap prestasi belajar praktek, dan sisanya 69% dipengaruhi oleh faktor ? faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini Kata kunci:Sarana dan Prasarana, Prestasi Belajar
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKTIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA STANDAR KOMPETENSI SISTEM PENGISIAN DI KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK N 1 NGANJUK Siddiq, Muchlish
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 7, No 2 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Muchlish Siddiq. Meningkatkan Hasil Belajar Praktik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Standar Kompetensi Sistem Pengisian Di Kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK N 1 Nganjuk. Skripsi. Pendidikan Teknik Otomotif. FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2015. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui meningkat atau tidaknya motivasi belajar siswa yang telah diterapkan metode berbasis masalah (Problem Based Learning)pada mata diklat memelihara sistem pengisian kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan RinganSMK Negeri 1 Nganjuk. 2) Untuk mengetahui meningkat atau tidaknya hasil belajar siswa yang telah diterapkan metode berbasis masalah (Problem Based Learning)pada mata diklat memelihara sistem pengisisan kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan RinganSMK Negeri 1 Nganjuk. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraa Ringan SMK Negeri 1 Nganjuk tahun ajaran 2014/2015, yang berjumlah 25 semua laki-laki. Aspek yang diteliti meliputi kegigihan, tingkah laku, dan aktivitas siswa yang menunjukkan motivasi belajar siswa dan tindakan pembelajaran yang ditunjukkan oleh guru sebagai indikator keterlaksanaan pembelajaran berbasis tugas. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk mencari persentase rata-rata motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah bahwa motivasi dan hasil belajar siswa meningkat dari tiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata motivasi siswa dari pra siklus dengan persentase 56,50% berkategori kurang, naik menjadi 71,40% berkategori cukup dan semakin meningkat pada siklus II yaitu sebesar 83,80%. Hasil belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya hasil pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning)berdasarkan persentase siswa yang memenuhi standar kompetensi pada pra siklus sebesar 36%, pada siklus I meningkat sebesar 52% naik menjadi 72% pada siklus II. Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning), Motivasi Belajar, Hasil Belajar.
PENGARUH UNIT PRODUKSI DAN PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII OT REGULER PROGRAM KEAHLIAN TKR SMK DWIJA BHAKTI 2 JOMBANG Agung Budi Harto, Mohamad
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 7, No 2 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh unit produksi dan pembelajaran kewirausahaan baik secara masing-masing atau bersama-sama terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII program studi TKR SMK Dwija Bhakti 2 Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto dengan analisis regresi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 256 siswa dari SMK Dwija Bhakti 2 Jombang. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 205 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Data diambil menggunakan dokumentasi dan angket. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan bantuan program komputer SPSS 17.0 for windows.Penelitian menunjukan (1)Terdapat pengaruh positif unit produksi terhadap minat berwirausaha, ditunjukan dengan koefisien regresi sebesar 0,55 dan koefisien korelasi sebesar 0,52 dengan pvalue 0,00 < 0,05, (2)Terdapat pengaruh positif pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha, ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,39 dan koefisien korelasi sebesar 0,32 dengan pvalue 0,00 < 0,05, (3) Terdapat pengaruh positif unit produksi dan pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha hal ini ditunjukan dengan niali koefisien regresi sebesar 84,576 dan Fhitung sebesar 84,576 > Ftabel dengan p value 0,00 < 0,05. Kata kunci :unit produksi, pembelajaran kewirausahaan, minat berwirausaha
EVALUASI PENDIDIKAN SISTEM GANDA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MA’ARIF 4 KEBUMEN kowangid, Muhamad
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 7, No 2 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan : 1) untuk mengetahui gambaran perencanaan program pendidikan sistem ganda, 2) untuk mengetahui pelaksanaan program pendidikan sistem ganda, 3) untuk mengetahui evaluasi program pendidikan sistem ganda, dan 4) untuk mengetahui penghambat pendidikan sistem ganda di Sekolah Menengah Kejuruan Ma?arif 4 Kebumen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Ma?arif 4 Kebumen yang berjumlah 162 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling probability, yaitu teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang atau kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel teknik pengumpulan data / analisis data. Hasil monitoring dari guru pembimbing sekolah ke Du/Di sebagai berikut :Motifasi siswa pada waktu pelaksanaan pendidikan sistem ganda yang mendapat nilai A sebanyak 80%. Sedangkan yang mendapat nilai B sebanyak 16%. Selanjutnya yang mendapatkan nilai C hanya 4%. Tingkat kehadiran siswa pada waktu pelaksanaan pendidikan sistem ganda yang mendapat nilai A sebanyak 86%. Sedangkan yang mendapat nilai B sebanyak 12%. Selanjutnya yang mendapatkan nilai C hanya 2%. Tingkat kedisiplinan siswa pada waktu pelaksanaan pendidikan sistem ganda yang mendapat nilai A sebanyak 82%. Sedangkan yang mendapat nilai B sebanyak 14%. Selanjutnya yang mendapatkan nilai C hanya 4%. Hasil penilaian dari guru pembimbing industri adalah sebagai berikut : mendapatkan nilai B disiplin waktu 78%, nilai B kemauan kerja 84%, nilai B kualitas kerja 88%, nilai B inisiatif dan kreatifitas 84% dan nilai B perilaku 82%, serta siswa yang melaksanakan pendidikan sistem ganda 100% mendapat sertifikat. Dengan demikian maka pelaksanaan pendidikan sistem ganda di Sekolah Menengah Kejuruan Ma?arif 4 Kebumen tahun pembelajaran 2014/ 2015 berarti sangat baik. Kata kunci: SMK, Pendidikan sistem ganda, Evaluasi
MENINGKATKAN HASL BELAJAR SISWA DENGAN METODE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DALAM PEMBELAJARAN SISTEM TRANSMISI TINGKAT XI SMK SMK MA’ARIF 5 GOMBONG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Komarudin, Komarudin
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 7, No 2 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode STAD dalam pembelajaran sistem transmisitingkat XI SMK Ma?arif 5 Gombong tahun pelajaran 2014/2015, dan mengetahui presentase peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran sistem transmisi tingkat XI SMK Ma?arif 5 Gombong tahun pelajaran 2014/2015.Desain penelitian ini pendekatannya menggunakan penelitian tindakan kelas teridiri dari dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan (planning), pengamatan (observation), tindakan (action), dan refleksi (reflection). Penelitian ini dilakukan di SMK Ma?arif 5 Gombong. Subjek penelitian ini adalah siswa tingkat XI TKR 1 yang berjumlah 32 siswa dan semuanya berjenis kelamin laki-laki. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah melalui metode tes dan metode observasi. Untuk analisis data hasil belajar dilakukan dengan deskriptif kuantitatif yaitu menghitung nilai rata-rata siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan metode STAD dengan pembentukan tim dalam pelaksanaan evaluasi hasil belajar siswa tingkat XI TKR 1 dalam pembelajaran sistem transmisimengalami peningkatan. Hal ini diketahui dari hasil belajar siswa, pada kondisi Pra siklus nilai rata-rata siswa adalah 50,47 siswa yang belum berhasil mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sebanyak 28 siswa atau sebesar 87,50 % dan siswa yang berhasil mencapai KKM sebanyak 4 siswa atau sebesar 12,50 %, pada kondisi siklus I meningkat nilai rata-rata yang didapatkan siswa adalah 69,50, siswa yang belum berhasil mencapai KKM sebanyak 16 siswa atau sebesar 50 % dan siswa yang berhasil mencapai KKM sebanyak 16 siswa atau sebesar 50%, pada kondisi siklus II mengalami peningkatan lagi nilai rata-rata yang didapatkan siswa adalah 77,00, siwa yang belum mencapai KKM sebanyak 2 siswa atau sebesar 6,25 % dan siswa yang berhasil mencapai KKM sebanyak 30 siswa atau sebesar 93,75 %. Kata kunci : Hasil belajar, Metode STAD, Sistem Transmisi

Page 1 of 2 | Total Record : 14