cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
pto@umpwr.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
ISSN : 23033738     EISSN : 26232502     DOI : -
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari dan Juni. Redaksi menerima artikel dari kalangan mahasiswa, guru, dosen maupun pemerhati pendidikan. Redaksi berhak mengubah naskah sepanjang tidak merubah substansi/isi tulisan. Tanggung jawab isi tulisan sepenuhnya ada pada penulis.
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2016): JURNAL AUTOTECH" : 18 Documents clear
PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING DAN PRAKTIKUM OTOMOTIF TERADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM STUDI TKR DI SMK NAWA BHAKTI KEBUMEN TAHUN AJARAN 2015/2016 Suyitno, Endi Dinastyawan
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 8, No 1 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (567.332 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajran E-learning di SMK Nawa Bhakti Kebumen jurusan otomotif terhadap minat belajar jurusan otomotif, 2)Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh praktikum otomotif di SMK Nawa Bhakti Kebumen terhadap minat belajar jurusan otomotif, dan 3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran E-learning dan praktikum otomotif SMK Nawa Bhakti Kebumen terhadap minat belajar siswa SMK Nawa Bhakti Kebumen. Jenis penelitian ini adalah ex post factoyaitu penelitian yang bertujuan menguji hipotesis tanpa memberikan intervensi pada sampel penelitian. populasi adalah semua siswa kelas XI jurusanTeknikKendaraanRingan SMK Nawa Bhakti Kebumen yang berjumlah 180 siswa dengan sample penelitian 105 orang. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan 1) Ada pengaruh positif dan signifikan antara pembelajaran e-learning dengan minat belajar dalam praktik tune uppada siswa kelas XI TKR SMK Nawa Bhakti Kebumen Tahun Ajaran 2015/2016 dengan thitung=3,727 dan p=0,000;2) Ada pengaruh positif dan signifikan antara praktikum otomotif dengan minat belajar dalam praktik tune uppada siswa kelas XI TKR SMK Nawa Bhakti Kebumen Tahun Ajaran 2015/2016 dengan thitung= 5,830 dan p=0,000; dan 3) Ada pengaruh positif dan signifikan bersama-sama antara pembelajaran e-learning dan praktikum otomotif dengan minat belajar dalam praktik tune uppada siswa kelas XI TKR SMK Nawa Bhakti Kebumen Tahun Ajaran 2015/2016 dengan Fhitung=22,156 dan p=0,000.Kata-kata kunci : Pembelajaran E-Learning, Praktikum, Minat Belajar
PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN CHASIS DAN SUSPENSI OTOMOTIF DI SMK NEGERI 1 GONDANG NGANJUK Susiyanto, Eddy
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 8, No 1 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (612.622 KB)

Abstract

Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah metode pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran chasis dan suspensi otomotif di SMK N 1 Gondang Nganjuk tahun ajaran 2014/2015; (2) untuk mengetahui apakah metode pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran chasis dan suspensi otomotif di SMK N 1 Gondang Nganjuk tahun ajaran 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR 1 SMK N 1 gondang Nganjuk tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 29 siswa. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kemmis dan Taggart. Setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik di antaranya (1) tes, untuk mengukur kemampuan siswa tentang memelihara, dan memperbaiki sistem rem dan komponennya; (2) angket, untuk melihat motivasi belajar siswa terhadap pelajaran chasis dan suspensi otomotif dengan menggunakan metode pembelajaran quantum teaching. Teknik analisis data yang digunakan kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI TKR 1 SMK N 1 Gondang Nganjuk pada mata pelajaran chasis dan suspensi otomotif dengan metode pembelajaran quantum teaching. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari: 1) nilai rata-rata yang mengalami peningkatan sebesar 0,4 (6,15%) pada tahap siklus I dan 2,1 (24,42%) pada tahap siklus II; 2) nilai tertinggi meningkat sebesar 0,6 (8,00%) pada tahap siklus I, dan 1,8 (19,35%) pada tahap siklus II; 3) nilai terendah yang diperoleh siswa meningkat sebesar 0,2 (3,57%) pada tahap siklus I, dan 2,4 (30,00%) pada siklus II; (2) terdapat peningkatan prestasi belajar siswa kelas XI TKR 1 SMK N 1 Gondang Nganjuk pada mata pelajaran chasis dan suspensi otomotif dengan metode pembelajaran quantum teaching. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari: 1) nilai rata-rata yang mengalami peningkatan sebesar 0,8 (13,79%) pada tahap siklus I dan 2,2 (27,50%) pada tahap siklus II; 2) nilai tertinggi meningkat sebesar 1 (12,35%) pada tahap siklus I,dan 1,9 (19,00%) pada tahap siklus II; 3) nilai terendah yang diperoleh siswa meningkat sebesar 1 (27,78%) pada tahap siklus I, dan 3 (45,45%) pada siklus II.Kata kunci: quatum teaching, motivasi belajar, prestasi belajar, chasis dan suspensi otomotif
PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SYSTEM STARTER SISWA KELAS XI BIDANG KEAHLIAN TKR DI SMK N 2 KEBUMEN Setya Aji, Dwi
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 8, No 1 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (556.481 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh perhatian orang tua terhadap pestasi belajar mata pelajaran System Starter siswa kelas XI bidang keahlian TKR di SMK N 2 Kebumen, 2) Untuk menetahui ada atau tidaknya pengaruh minat beajar terhadap pestasi belajar mata pelajaran System Starter siswa kelas XI bidang keahlian TKR di SMK N 2 Kebumen, dan 3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar terhadap pestasi belajar mata pelajaran System Starter siswa kelas XI bidang keahlian TKR di SMK N 2 Kebumen Jenis penelitian ini adalah ex post facto yaitu penelitian yang bertujuan untuk menguji hipotesis. Jumlah sampel sampel 105 siswa dari dua kelas Teknik Kendaraan Ringan kelas XI di SMK Negeri 2 Kebumen. Variabel perhatian orang tua dan minat belajar diperoleh menggunakan metode angket. Data prestasi belajar diperoleh menggunakan data dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi ganda.Hasil penelitian menunjukkan 1) ada pengaruh positif dan signifikan perhatian orang tua terhadap pestasi belajar mata pelajaran Sistem Starter siswa kelas XI bidang keahlian TKR di SMK N 2 Kebumen dengan t=4,821 dan =0,000. 2) ada pengaruh positif dan signifikan minat belajar terhadap pestasi belajar mata pelajaran System Starter siswa kelas XI bidang keahlian TKR di SMK N 2 Kebumen dengan t = 6,571 dan p=0,000 dan 3) ada pengaruh positif dan signifikan perhatian orang tua dan minat belajar terhadap pestasi belajar mata pelajaran System Starter siswa kelas XI bidang keahlian TKR di SMK N 2 Kebumen dengan F = 29,955 dan p=0,000.Kata kunci : Perhatian orang tua, Minat, Prestasi Belajar, System Starter
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SYSTEM STARTER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Pambudi, Drajat Rilo
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 8, No 1 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (562.794 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan proses pembuatan media pembelajaran system starter siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Purworejo, 2) mendeskripsikan tahap pengembangan media pembelajaran system starter siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Purworejo, 3) mendeskripsikan prosedur pelaksanaan pengembangan media pembelajaran system starter siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Purworejo, dan 4) mengetahui motivasi dan hasil belajar system starter pada siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Purworejo setelah menggunakan media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR A dan XI TKR B. Kelas XI TKR A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKR B sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dan soal tes. Analisis data menggunakan uji beda (uji t). Hasil uji beda membuktikan bahwa media pembelajaran yang dibuat efektif untuk meningkatkan motivasi belajar (thitung = 6,955 dan p=0,000) dan hasil belajar (thitung = 3,389 dan p=0,001) siswa Kelas XI TKR SMK Negeri 1 Purworejo. Media pembelajaran dapat digunakan dalam pembelajaran sebagai media untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar karena dalam uji coba kelompok besar dengan jumlah siswa 32 orang telah berhasil meningkatkan motivasi dan hasil belajar.Kata kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, System Starter
ANALISIS PENGARUH UNIT PRODUKSI DAN ENTERPRENEUR EDUCATION TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MA'ARIF 1 AJIBARANG BANYUMAS Dedi Kurniawan, Dedi Kurniawan
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 8, No 1 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (564.958 KB)

Abstract

Analisis Pengaruh Unit Produksi dan Enterpreneur Education terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Ma'arif 1 Ajibarang Banyumas". Skripsi. Pendidikan Teknik Otomotif. FKIP, Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh unit produksi dan pembelajaran kewirausahaan baik secara masing-masing atau bersama-sama terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII program studi TKR SMK Ma'arif 1 Ajibarang Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto dengan analisis regresi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 189 siswa dari kelas XII TKR SMK Ma'arif 1 Ajibarang Banyumas. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 123 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Data diambil menggunakan dokumentasidan angket. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan bantuan program komputer SPSS 17.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan (1) Terdapat pengaruh positif unit produksi terhadap minat berwirausaha, ditunjukan dengan koefisien regresi sebesar t hitung= 6.764 dengan pvalue 0,00 < 0,05, (2) Terdapat pengaruh positif entrepreneur education terhadap minat berwirausaha, ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,39 dan koefisien korelasi sebesar 0,32 dengan pvalue 0,00 < 0,05, (3) Terdapat pengaruh positif unit produksi dan pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha hal ini ditunjukan dengan niali koefisien regresi sebesar 84,576 dan Fhitung sebesar 84,576 > Ftabel dengan p value 0,00 < 0,05.Kata kunci : unit produksi, entrepreneur education, minat berwirausaha
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA KOMPETENSI MEMELIHARA SISTEM REM DI KELAS XII SMK AL- HUSNA LOCERET NGANJUK Darmaji, Darmaji
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 8, No 1 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (566.008 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui meningkat atau tidaknya motivasi belajar siswa yang telah diterapkan metode berbasis masalah (Problem Based Learning) pada mata diklat Memelihara Sistem Rem Kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK AL ? HUSNA Loceret Nganjuk. 2) Untuk mengetahui meningkat atau tidaknya hasil belajar siswa yang telah diterapkan metode berbasis masalah (Problem Based Learning) pada mata diklat Memelihara Sistem Rem Kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK AL ? HUSNA Loceret Nganjuk. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraa Ringan SMK AL ? HUSNA Loceret Nganjuk tahun ajaran 2015/2016, yang berjumlah 33 diantaranya 32 laki-laki dan 1 perempuan. Aspek yang diteliti meliputi kegigihan, tingkah laku, dan aktivitas siswa yang menunjukkan motivasi belajar siswa dan tindakan pembelajaran yang ditunjukkan oleh guru sebagai indikator keterlaksanaan pembelajaran berbasis tugas. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk mencari persentase rata-rata motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah bahwa hasil belajar siswa meningkat dari tiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata dari pra siklus dengan persentase 25% berkategori kurang, naik menjadi 53% berkategori cukup dan semakin meningkat pada siklus II yaitu sebesar 8,5 %. Hasil belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya hasil pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning)berdasarkan persentase siswa yang memenuhi standar kompetensi pada pra siklus sebesar 25 %, pada siklus I meningkat sebesar 52% naik menjadi 72% pada siklus II.Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah (problem based learning), motivasi belajar, hasil belajar.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ALAT UKUR MEKANIK PADA SISWA KELAS X TKR SMK ASHIIQIAH BALINGSAL TAHUN PELAJARAN 2016 Danang, Danang
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 8, No 1 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (631.547 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar dengan mengguankan model pembelajaran Teams Assisted Individualization (TAI) pada pembelajaran alat ukur mekanik di SMK Ashidiqiyah balingsal tahun 2016. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TKR A dengan jumlah 27 siswa,istrumen yang digunakan untuk mengambil data dalam teknik analisa data. Penelitian menggunakan statistik deskiptif. Berdasarkan hasil penelitian,siswa mengalami peningkatan aktifitas terhadap proses pembelajaran mata diklat alat ukur mekanik. Hal ini dilihat dari hasil siklus I dan siklus II. Siklus sudah terlihat adanya peningkatan hasil belajar yang telah memenuhi KKM sebanyak 16 siswa dan siswa belum memenuhi KKM. Memenuhi KKM II siswa dengan nilai rata-rata 72,40 pada siklus II siswa meningkat bahwa yang memenuhi KKM II sebanyak 21 siswa yang belum memenuhi KKM I6 orang dengan nilai rata-rata siswa 77,59 sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata tersebut memenuhi KKM tersebut yaitu 76.00 dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar alat ukur mekanik siswa kelas X TKR A SMK Ashidiqiyah Balingsal setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Indualization (TAI).Kata kunci : hasil belajar,alat ukur,modal Teams Assisted Individualization (TAI)
PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN MELAKSANAKAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA PADA SISWA PROGRAM KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK GAMA KEDUNGADEM KABUPATEN BOJONEGORO Daeng Paselang Ares, Daeng Paselang Ares
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 8, No 1 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.395 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh motivasi berprestasi Terhadap Kedisiplinan Melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda Pada Siswa Program Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK GAMA Kedungadem; (2) ada tidaknya pengaruh dukungan orang tua Terhadap Kedisiplinan Melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda Pada Siswa Program Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK GAMA Kedungadem; (3) ada tidaknya pengaruh motivasi berprestasi serta dukungan orang tua secara bersama-sama Terhadap Kedisiplinan Melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda Pada Siswa Program Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK GAMA Kedungadem.Penelitian ini termasuk penelitian ex post facto, yaitu penelitian yang hanya mengungkap fakta berdasarkan pengukuran gejala yang telah terjadi pada diri responden sebelum penelitian itu dilakukan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Program Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK GAMA Kedungadem Kabupaten Bojonegoro yang berjumlah 92 siswa, sedangkan sampel penelitian berjumlah 72 siswa yang diambil mengacu nomogram dari Harry King. Metode pengumpulan data menggunakan teknik penyebaran angket Pernyataan untuk menjaring data motivasi berprestasi (X1), dukungan orang tua (X2), dan kedisiplinan Melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda (Y). Sedangkan Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Pearson dan teknik analisis korelasi Parsial yang dilanjutkan dengan analisis regresi ganda dengan tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%.Hasil analisis data penelitian : (1) Motivasi berprestasi berpengaruh signifikan terhadap Kedisiplinan siswa melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda. (2) Dukungan orang tua berpengaruh signifikan terhadap Kedisiplinan siswa melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda. (3) Motivasi berprestasi dan dukungan orang tua secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Kedisiplinan siswa melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda.Kata Kunci : motivasi, prestasi, dukungan orang tua, kedisiplinan, Pendidikan Sistem Ganda.
PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK MUHAMMADIYAH KUTOWINANGUN TAHUN AJARAN 2015/2016 Widiyatmoko, Dadang Lukmanto
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 8, No 1 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (569.212 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui pengaruh pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja pada siswa kelas XII TKR SMK Muhammadiyah Kutowinangun, (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja pada siswa kelas XII TKR SMK Muhammadiyah Kutowinangun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian expost facto yang dilakukan di SMK Muhammadiyah Kutowinangun pada bulan Maret 2016. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII Progam Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Muhammadiyah Kutowinangun yang berjumlah 127. Metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dengan Skala Likert. Uji validitas dengan uji korelasi antar item. Uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Persyaratan analisis terdiri dari uji normalitas menggunakan One Sample Kolmogorov-Smirnov test dan uji linieritas menggunakan Uji F. Hipotesis diuji dengan analisis regresi sederhana program SPSS v.16. Hasil penelitian menunjukkan pengalaman praktik kerja industri berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII TKR SMK Muhammadiyah Kutowinangun tahun pelajaran 2015/2016 dengan = 6,103 (> sebesar 1,97) dan p = 0,000 (> 0,05).Kata kunci : praktik kerja industri, kesiapan kerja
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI MENGGUNAKAN ALAT UKUR SISWA KELAS X TKR B SMK PATRIOT PITURUH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Suyitno, Binar Indra Laksana
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 8, No 1 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (564.17 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan kerjasama dan hasil belajar pada kompetensi menggunakan Alat Ukur siswa kelas X TKR B SMK Patriot Pituruh, (2) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kerjasama siswa kelas X TKR B SMK Patriot Pituruh dengan metode STAD, (3) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa kelas X TKR B SMK Patriot Pituruh dengan metode STAD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan soal tes berbentuk pilihan ganda pada tiap siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR B SMK Patriot Pituruh tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 37 siswa. Urutan kegiatan penelitian ini melalui 4 tahap meliputi ; (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi.Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas X TKR B SMK Patriot Pituruh menjadikan siswa lebih bersemangat dan antusias dalam memperhatikan pemaparan karena diberi apersepsi yang mudah dipahami dan saat diskusi kelompok siswa lebih aktif dalam menyampaikan pendapat dan memberi tanggapan saat kelompok lain melakukan pemaparan. (2) tingkat kerjasama siswa meningkat dari 47,2% pada kondisi awal menjadi 72% pada siklus I dan 85% pada siklus II. (3) Presentase pencapaian hasil belajar siswa meningkat pada tiap siklusnya, kondisi awal nilai rata-rata yaitu 65 menjadi 74 pada siklus I dengan presentase pencapaian 54% dan pada siklus II nilai rata-rata menjadi 85 dengan presentase pencapaian 89%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas X TKR B SMK Patriot Pituruh, terbukti dengan adanya peningkatan presentase pada tiap siklusnya.Kata Kunci : Kerjasama, Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif.

Page 1 of 2 | Total Record : 18