cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
pto@umpwr.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
ISSN : 23033738     EISSN : 26232502     DOI : -
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari dan Juni. Redaksi menerima artikel dari kalangan mahasiswa, guru, dosen maupun pemerhati pendidikan. Redaksi berhak mengubah naskah sepanjang tidak merubah substansi/isi tulisan. Tanggung jawab isi tulisan sepenuhnya ada pada penulis.
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2016): JURNAL AUTOTECH" : 17 Documents clear
MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA KOMPETENSI GAMBAR TEKNIK DI KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK DR. SOETOMO NGANJUK Abrianto, Sugeng
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 8, No 2 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (582.633 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui meningkat atau tidaknya motivasi belajar siswa yang telah diterapkan metode pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada kompetensi gambar teknik di kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Dr. Soetomo Nganjuk 2) Untuk mengetahui meningkat atau tidaknya hasil belajar siswa yang telah diterapkan metode pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada kompetensi gambar teknik di kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Dr. Soetomo Nganjuk. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraa Ringan SMK Dr. Soetomo Nganjuk tahun ajaran 2015/2016, yang berjumlah 25 semua laki-laki. Aspek yang diteliti meliputi kegigihan, tingkah laku, dan aktivitas siswa yang menunjukkan motivasi belajar siswa dan tindakan pembelajaran yang ditunjukkan oleh guru sebagai indikator keterlaksanaan pembelajaran berbasis tugas. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk mencari persentase rata-rata motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah bahwa motivasi dan hasil belajar siswa meningkat dari tiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata motivasi siswa dari pra siklus dengan persentase 55,50% berkategori kurang, naik menjadi 70,38% berkategori cukup dan semakin meningkat pada siklus II yaitu sebesar 84,20%. Hasil belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya hasil pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) berdasarkan hasil belajar rata-rata siswa yang memenuhi standar kompetensi pada pra siklus sebesar 56,80 pada siklus I meningkat sebesar 65,10 naik menjadi 76,20 pada siklus II.Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah (problem based learning), motivasi belajar, hasil belajar.
UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) KELAS X TKR SMK TARUNA ABDI BANGSA KEBUMEN Santiya Adji, Wisang
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 8, No 2 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (568.454 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran system bahan bakar bensin pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS).Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Sobyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas X SMK TARUNA ABDI BANGSA KEBUMEN, yang jumlah siswa 36 yang terdiri 36 laki laki semua.Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), dapat dilihat hasil penlitian pra siklus ,siklus 1 dan siklus 2. Pra siklus dari rata rata 50,42yang mengalami ketuntasan 19,43% meningkat rata rata menjadi 75,45% dengan ketuntasan 66,70% .Siklus 1 meningkat rata rata 81,52% dengan ketuntasan 86,20% pada siklus II dari jumlah siswa 36. Prestasi belajar siswa kelas X SMK TARUNA ABDI BANGSA dapat meningkat setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)Kata kunci : Hasil beajar, sistem bahan bakar bensin, model pembelajaran Kooperatif tipe Think pair Share
PENGARUH UNIT PRODUKSI DAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI DAN XII TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 KERSANA BREBES TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Suyitno, Yusufa Imadudin Assaf
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 8, No 2 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (578.115 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui (1). Untuk mengetahui pengaruh Unit Produksi dan Praktik Kerja Industri terhadap minat berwirausaha siswa Kelas XI dan XII Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Kersana, Brebes Tahun 2015/2016. (2). Untuk mengetahui pengaruh Praktik Kerja industri terhadap minat berwirausaha siswa Kelas XI dan XII Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Kersana, Brebes Tahun 2015/2016. (3). Untuk Mengetahui pengaruh Unit Produksi dan Praktik Kerja Industri terhadap minat berwirausaha siswa Kelas XI dan XII Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Kersana, Brebes Tahun 2015/2016Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan jumlah populasi 245 dan diambil sampel 161 siswa yang diambil menggunakan teknik Cluster random sampling. Data Praktik Kerja Industri diperoleh menggunakan teknik dokumentasi. Data Unit Produksi dan Praktek Kerja Industri diperoleh menggunakan metode angket. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan regresi ganda.Hasil penelitian menunjukkan (1) Unit Produksi berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI dan XII Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Kersana Brebes tahun pelajaran 2015/2016 dengan thitung=2,311 dan p=0,022. (2) Praktek kerja industri berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI dan XII Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Kersana Brebes tahun pelajaran 2015/2016 dengan thitung=2,985 dan p=0,003. (3) Unit Produksi dan Praktik Kerja Industri berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI dan XII Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Kersana Brebes tahun pelajaran 2015/2016 dengan Fhitung =10,323 dan p=0,000.Kata-kata kunci : Unit Produksi, Praktek Kerja Industri, dan Minat berwirausaha
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN SISTEM BAHAN BAKAR PADA SISWA KELAS XI TKR SMK PATRIOT PITURUH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Arif Susanto, Wahyu Ramadhi
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 8, No 2 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (562.875 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui penerapan pembelajaran model NHT di SMK Patriot Pituruh; 2) mengetahui peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran Sistem Bahan Bakar di SMK Patriot Pituruh dengan model NHT; 3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Sistem Bahan Bakar di SMK Patriot Pituruh dengan model NHT.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Alur penelitian tindakan kelas terdiri dari ?Perencanaan-Tindakan- Pengamatan-Refleksi?. Subyek penelitian 30 siswa kelas XI TKR A. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi keaktifan siswa, dan tes pilihan ganda pada setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan model kemmis.Pada penerapan metode NHT ini saat penyajian kelas siwsa lebih bersemangat dan antusias dalam memperhatikan pemaparan materi karena diberi motivasi dan apersepsi yang mudah dipahami. Selanjutnya saat diskusi kelompok siswa lebih aktif dalam menyampaikan pendapat dan memberi tanggapan pada kelompok lain saat memaparkan jawaban mereka. Penelitian ini mengalami peningkatan keaktifan ratarata siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe NHT pra tindakan 60% yaitu dalam kategori rendah, pada siklus I yaitu dalam kategori sedang, meningkat 72% menjadi 85% siklus II yaitu dalam kategori tinggi. Peningkatan hasil belajar rata-rata siswa pada pembelajaran kooperatif tipe NHT pra tindakan 61 meningkat 60% menjadi 73 pada siklus I dan meningkat 97% menjadi 85,3 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran sistem bahan bakar di SMK Patriot Pituruh.Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe NHT, Keaktifan, Hasil belajar.
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE PEER TEACHING PADA PEMBELAJARAN PERAWATAN KELISTRIKAN OTOMOTIF UNTUK SISWA KELAS XI TOKR/F TAHUN PELAJARAN 2014/2015 SMK PANCASILA 1 KUTOARJO Supriyanto, Supriyanto
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 8, No 2 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (593.783 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui adanya dugaan peningkatan prestasi belajar perawatan kelistrikan otomotif siswa kelas XI TOKR/F SMK Pancasila 1 Kutoarjo setelah diterapkan metode peer teching, 2) mengetahui adanya dugaan peningkatan aktifitas belajar mata diklat perawatan kelistrikan otomotif siswa kelas XI TOKR/F SMK Pancasila 1 Kutoarjo setelah diterapkan metode belajar peer teching.Merupakan jenis penelitian tindakan kelas, pada proses pembelajarannya menerapkan metode belajar peer teaching. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TOKR/F SMK Pancasila 1 Kutoarjo dengan jumlah 27 siswa pada mata diklat perawatan kelistrikan otomotif. Sistematika pelaksanaan penelitian ini menerapkan 2 siklus, planning siklus I berdasarkan studi pendahuluan, acting dikelas dengan memilih tutor (peer) dari siswa yang paling menonjol dikelas, observing aktivitas belajar dan prestasi selama penerapan peer teaching. Planning siklus II disusun berdasarkan refleksi siklus I, acting dikelas dengan memilih tutor yang berprestasi baik pada siklus I. observing aktivitas belajar dan prestasi selama penerapan peer teaching siklus II kemudian merefleksikan hasil penelitian. Aspek yang diteliti meliputi aktivitas belajar siswa dan prestasi belajar. Data dianalisis melalui tahapan reduksi, paparan data dan penyimpulan hasil.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas positif pada proses belajar mengajar sebesar 26,07%, penurunan aktivitas belajar negatif pada proses belajar mengajar adalah 6,87%. Peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I adalah 27,30% dan Peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus II adalah 95,09%. Rata-rata peningkatan prestasi belajar pada siklus I dan siklus II adalah 61,20%.Kata kunci : Peer teaching, aktivitas belajar, prestasi belajar
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA KOMPETENSI RODA DAN BAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK PGRI 1 NGANJUK Sriwadi, Sriwadi
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 8, No 2 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (632.822 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningkat atau tidaknya hasil belajar siswa yang telah diterapkan metode dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Kompetensi Roda dan Ban Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK PGRI 1 Nganjuk.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraa Ringan SMK PGRI 1Nganjuk tahun ajaran 2015/2016, yang berjumlah 25 siswa. Aspek yang diteliti meliputi kegigihan, tingkah laku, dan keaktifan siswa yang menunjukkan hasil belajar belajar siswa dan tindakan pembelajaran yang ditunjukkan oleh guru sebagai indikator keterlaksanaan pembelajaran berbasis tugas. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk mencari persentase hasil belajar siswa.Hasil penelitian ini adalah bahwa hasil belajar siswa meningkatdari tiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata motivasi siswa dari pra siklus dengan persentase 56,50% berkategori kurang, naik menjadi 71,40% berkategori cukup dan semakin meningkat pada siklus II yaitu sebesar 83,80%. Hasil belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya hasil pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbasis kooperatif tipe jigsaw berdasarkan persentase siswa yang memenuhi standar kompetensi pada pra siklus sebesar 36%, pada siklus I meningkat sebesar 52% naik menjadi 72% pada siklus II.Kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan hasilbelajar.
PENGARUH PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO Arif Susanto, Prastyono
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 8, No 2 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (571.265 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun angkatan 2012, (2) pengaruh prestasi belajar terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun angkatan 2012, (3) pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan prestasi belajar terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun angkatan 2012. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan minat menjadi guru sedangkan prestasi belajar menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengujian prasyarat analisis dan pengujian hipotesis menggunakan korelasi parsial dan korelasi ganda. Dari analisis data menunjukkan dari pengujian hipotesis melalui uji t yang kriterianya thitung>ttabel, pada Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan prestasi belajar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, yang ditunjukkan dengan nilai yaitu 2,1030>2,0096 dan 3,1560>2,0096 dengan sumbangan sebesar 14,7% dan 24,6%. Sedangkan pengujian hipotesis melalui uji F yang kriterianya Fhitung > Ftabel pada taraf signifikansi 5%, secara bersama-sama (simultan) Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan prestasi belajar berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, dengan hasil 15,847 > 3,064, dengan sumbangan kedua variabel ini secara bersama-sama mempengaruhi minat menjadi guru sebesar 39,3%.Kata kunci: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), prestasi belajar, minat menjadi guru
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBEAJARAN AUDIO VIDEO PEMELIHARAAN SEPEDA MOTOR MATIC KELAS X TSM DI SMK TAMAN KARYA MADYA PERTAMBANGAN KEBUMEN Prasetyo, Nur Aini
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 8, No 2 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (469.288 KB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran audio video pemeliharaan Continously Variable Transmision sepeda motor matic pada kelas X TSM di SMK Taman Karya Madya Pertambangan Kebumen, 2) untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran audio video pemeliharaan Continously Variable Transmision sepeda motor matic pada kelas X TSM di SMK Taman Karya Madya Pertambangan Kebumen, 3) untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran audio video pemeliharaan Continously Variable Transmision sepeda motor matic pada kelas X TSM di SMK Taman Karya Madya Pertambangan Kebumen.Jenis penelitian yang digunakan adalah R and D (Research and Development). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TSM A SMK TKM Pertambangan Kebumen tahun pelajaran 2015/2016, yang berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas X TSM B SMK TKM Pertambangan kebumen tahun pelajaran 2015/2016, yang berjumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan instrumen tes. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi presentase.Hasil analisis data hasil evaluasi kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol 75 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 79. Terdapat selisih antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen dan juga hasil nilai rata-rata kelas eksperimen sudah diatas KKM. Dari analisis data tersebut terdapat perbedaan yang signifikan atara siswa yang belum mengunakan media pembelajaran dan siswa yang sudah menggunakan menggunakan media pembelajaran. Dari hasil belajar tersebut, maka dapat digunakan sebagai salah satu metode untuk meningkatkan prestasi siswa terhadap pemahaman materi. Media pembelajaran audio video pemeliharaan sepeda motor matic dinyatakan valid dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran di SMK TKM Pertambangan Kebumen.Kata Kunci: Media pembelajaran, audio video, sepeda motor matic.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DEMONSTRASI AUDIO VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MESIN KONVERSI ENERGI DIKELAS X TKR SMK PUTRA BANGSA SALAMAN Widiyatmoko, Mutia Novrina
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 8, No 2 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.604 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk membuat produk pengembangan media pembelajaran demonstrasi audio video untuk diterapkan sebagai media pembelajaran pada kompetensi mesin konversi energi, (2) Untuk mengetahui tahapan membuat produk pengembangan media pembelajaran demonstrasi audio video untuk diterapkan sebagai media pembelajaran pada kompetensi mesin konversi energi , (3) Untuk mengetahui prosedur pelaksaan pembelajaran dengan media audio video pembelajaran mesin konversi energi, (4) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa kelas X TKR SMK Putra Bangsa Salaman dengan media pembelajaran demonstrasi audio video. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development (R and D)). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Putra Bangsa Salaman tahun ajaran 2015/2016 yang mendapatkan materi mesin konversi energi yaitu dua kelas yaitu kelas X TKR A dan X TKR B. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar penilaian media dan soal tes berbentuk pilihan ganda. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) Pengembangan media pembelajaran demonstrasi audio video menjadikan siswa lebih bersemangat dan antusias dalam memperhatikan proses pembelajaran karena animasi dan video pada media menarik, (2) presentase kelulusan pada kelas eksperimen meningkat sebesar 91,42% dilihat dari hasil evaluasi, (3) uji beda rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol dengan independen sampel t test diperoleh t hitung 8,155 lebih besar dari harga t tabel 1,684 dengan p = 0,000<0,05 menunjukkan ada perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, artinya rata-rata hasil belajar kelas eksperimen secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.Kata Kunci : Media Pembelajaran, Audio Video,Hasil Belajar, Mesin konversi energi
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING DAN KONVENSIONAL PADA KOMPETENSI DASAR SISTEM TRANSMISI KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK MA’ARIF 5 GOMBONG Mujiarto, Mujiarto
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 8, No 2 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (573.064 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui hasil belajar pada Kompetensi Sistem Transmisi Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Ma?arif 5 Gombong yang menggunakan model pembelajaran Joyfull Learning, 2) Mengetahui hasil belajar pada Kompetensi Sistem Transmisi Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Ma?arif 5 Gombong yang menggunakan model pembelajaran konvensional, dan 3) Membandingkan efektivitas pembelajaran Joyfull Learning dibandingkan pembelajaran konvensional pada Kompetensi Sistem Transmisi Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Ma?arif 5 Gombong.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan Pretest-Postest Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI TKR 1 sebanyak 36 orang sebagai kelas eksperimen dan XI TKR 4 sebanyak 30 orang sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan uji t.Hasil belajar pada Kompetensi Sistem Transmisi Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Ma?arif 5 Gombong yang menggunakan model pembelajaran Joyfull Learning dengan rata-rata nilai pretest 67,33, rata-rata postest 79,17 dan indeks gain 0,370. xPada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan rata-rata nilai pretest 67,73, rata-rata postest 74,93 dan indeks gain 0,229. Pengujian hipotesis menunjukkan efektivitas pembelajaran Joyfull Learning lebih tinggi dibandingkan pembelajaran konvensional pada Kompetensi Sistem Transmisi Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Ma?arif 5 Gombong.Kata kunci : Metode Joyfull Learning, Konvensional, Hasil Belajar

Page 1 of 2 | Total Record : 17