cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
pto@umpwr.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
ISSN : 23033738     EISSN : 26232502     DOI : -
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari dan Juni. Redaksi menerima artikel dari kalangan mahasiswa, guru, dosen maupun pemerhati pendidikan. Redaksi berhak mengubah naskah sepanjang tidak merubah substansi/isi tulisan. Tanggung jawab isi tulisan sepenuhnya ada pada penulis.
Articles 24 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2017): JURNAL AUTOTECH" : 24 Documents clear
PENGARUH KETERAMPILAN OPERASIONAL MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KELAS XI TKR DI SMK NEGERI 2 KEBUMEN Suyitno, Priyo Anggoro
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 9, No 2 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (956.413 KB)

Abstract

Pengaruh Keterampilan Operasional Mengajar Guru terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Kelas Xi Tkr Di Smk Negeri 2 Kebumen?.Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui pengaruh keterampilan operasional mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI TKR di SMK Negeri 2 Kebumen; 2) Mengetahui pengaruh keterampilan operasional mengajar guru terhadap Prestasi Belajar siswa kelas XI TKR di SMK Negeri 2 Kebumen; dan 3) Mengetahui pengaruh keterampilan operasional mengajar guru terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar siswa kelas XI TKR di SMK Negeri 2 Kebumen.Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan jumlah sampel sampel 105 siswa dari dua kelas Teknik Kendaraan Ringan kelas XI di SMK Negeri 2 Kebumen. Variabel keterampilan operasional mengajar guru dan motivas belajar diperoleh menggunakan angket. Data prestasi belajar diperoleh menggunakan data dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi ganda.Hasil penelitian menunjukkan 1) ada pengaruh positif dan signfikan keterampilan operasional mengajar guru terhadap motivasi belajar dengan thitung sebesar 6,993 dan p=0,000; 2)Ada pengaruh positif dan signfikan keterampilan operasional mengajar guru terhadap prestasi belajar dengan thitung sebesar 6,007 dan p=0,000; dan 3)Ada pengaruh positif dan signfikan keterampilan operasional mengajar guru terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar dengan kontribusi sebesar 37,0%, terdiri dari pengaruh total keterampilan operasional mengajar guru terhadap prestasi sebesar 18,2% dan total pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar sebesar 18,8%.Kata kunci : Keterampilan, Motivasi, dan Prestasi Belajar
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA BLOG UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 PURWOREJO Bambang Sudarsono, Robby Rahmandhani
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 9, No 2 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (972.302 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui proses mengembangkan media pembelajaran teknik listrik dasar otomotif dengan menggunakan media pembelajaran blog, (2) Untuk mengetahui ada dan tidaknya perbedaan minat belajar siswa kelas X dengan menggunakan blog sebagai media pembelajaran pada teknik listrik dasar otomotif pada siswa di SMK N 1 Purworejo, (3) Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan media blog terhadap peningkatan pengetahuan teknik listrik dasar otomotif meningkatkan minat belajar siswa.Jenis penelitian yang digunakan ialah R&D (Researd and Development). Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas X TKR SMK N 1 Purworejo tahun pelajaran 2015/ 2016, yang berjumlah 64 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase.Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut prosedur pembuatan media pembelajaran blog adalah (1) Menetapkan mata pelajaran yang akan dikembangkan, (2) Melakukan penelitian pendahuluan, (3) Pengembangan materi, (4) Rancangan media pembelajaran, (5) Mengembangkan bentuk produk, (6) Validasi oleh ahli media dan ahli materi, (7) Analisis (8) Uji coba kelompok kecil (10) Analisis hasil uji coba kelompok kecil (11) Uji coba kelompok besar, dan Analisis hasil uji coba kelompok besar (12) Produk akhir. bahwa dengan memanfaatkan media pembelajaran dalam pembelajaran TLDO dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas X TKR SMKN 1 Purworejo. Hal ini terlihat dari hasil angket minat belajar siswa kontrol sebesar 69.57% dengan menggunakan pembelajaran model konvesional dan kelas eksperimen sebesar 72,85% setelah menggunakan pembelajaran dengan Media blog. produk akhir menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan dapat untuk meningkatkan minat serta hasil belajar siswa.Kata Kunci: Pengembangan, media blog, minat belajar
PENGARUH SARANA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR DIKLAT SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS XI PROGRAM STUDI TKR SMK PN 2 PURWOREJO Arif Susanto, Rosyid khamdan,
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 9, No 2 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1075.432 KB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah : (1) pengaruh sarana belajar terhadap prestasi belajar diklat sistem pengapian konvensional pada siswa kelas XI Program TKR SMK PN 2 Purworejo tahun ajaran 2015/2016,(2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar diklat sistem pengapian konvensional pada siswa kelas XI Program TKR SMK PN 2 Purworejo tahun ajaran 2015/2016,dan (3) pengaruh sarana belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar diklat sistem pengapian konvensional pada siswa kelas XI Program TKR SMK PN 2 Purworejo tahun ajaran 2015/2016.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk sarana belajar dan motivasi belajar sedangkan prestasi belajar menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengujian prasyarat analisis dan pengujian hipotesis menggunakan korelasi parsial dan korelasi ganda. Dari analisis data menunjukkan pengujian hipotesis melalui uji t yang kriterianya thitung>ttabel, pada sarana belajar dan motivasi belajar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar diklat sistem pengapian konvensional pada siswa kelas XI Program Studi TKR SMK PN 2 Purworejo yang ditunjukan dengan nilai yaitu 2,641>1,2902 dan 4,041>1,2902 dengan sumbangan sebesar 6,02% dan 13,68%. Sedangkan pengujian hipotesis melalui uji F yang kriterianya Fhitung > Ftabel pada taraf signifikansi 5%, secara bersama-sama (simultan) sarana belajar dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar diklat sistem pengapian konvensional pada siswa kelas XI Program Studi TKR SMK PN 2 Purworejo, dengan hasil 12,047>3,09, dengan sumbangan kedua variabel ini secara bersama-sama mempengaruhi prestasi belajar sebesar19,70%.Kata kunci: Sarana Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH PADA KOMPETENSI SISTEM PENDINGIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK CIPTA KARYA PREMBUN KEBUMEN Arif Susanto, Safrul Hidayat
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 9, No 2 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1067.213 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1). Untuk mengembangkan media pembelajaran macromedia flash guna meningkatkan hasil belajar siswa pada sistem pendingin mobil di SMK Cipta Karya Prembun Kebumen., 2). Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran macromedia flash untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada sistem pendingin mobil di SMK Cipta Karya Prembun Kebumen, dan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran macromedia flash pada sistem pendingin mobil di SMK Cipta Karya Prembun.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Research and development adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut Instrumen penelitian ini menggunakan lembar angket dan soal tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR A untuk kelas kontrol & XI TKR B untuk kelas eksperimen SMK Cipta Karya Prembun tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah masing-masing 39 siswa.Hasil Penelitian menunjukan bahwa: 1). Proses mengembangkan media pembelajaran Macromedia Flash 08 yaitu dengan memaparkan Macromedia Flash 08 proses sistem pendingin terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada sistem pendingin mobil di SMK Cipta Karya Prembun. 2). Kelayakan media pembelajaran Macromedia Flash 08 untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada sistem pendingin mobil di SMK Cipta Karya Prembun mencapai 82,95%, artinya valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. 3). Hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash 08 pada system pendingin mobil di SMK Cipta Karya Prembun lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang hanya menggunakan metode ceramah. Hal ini dibuktikan rerata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrolKata Kunci : Hasil Belajar, media pembelajaran ,macromedia flash , kompetensi sistem pendingin
ANALISIS KEBUTUHAN KONSEPTUAL MODEL PENGEMBANGAN KEPROFESIONALAN GURU KEJURUAN SMK Muksin, Muksin
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 9, No 2 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (79.365 KB)

Abstract

Makalah ini disusun untuk menggambarkan proses analisis dalam merancang model pengembangan keprofesionalan guru kejuruan SMK. Pengembangan model Pengembangan keprofesionalan guru SMK harus sejalan dengan peran dan kompetensi guru SMK saat ini dan yang akan datang. Karena peran dan kompetensi guru SMK yang akan datang memiliki peran dengan tantangan yang sangat kompleks, sehingga Guru SMK harus siap menghadapi tuntutan dan tantangan tersebut untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas. Upaya peningkatan kinerja, kompetensi dan keprofesionalan guru SMK  serta kualitas lulusan SMK merupakan tantangan bagi SMK untuk memenuhi dan mempersiapkan tenaga kerja yang memiliki kualifikasi dan kompetensi yang sesuai dengan permintaan pasar kerja. Oleh karena itu, pengetahuan, keahlian, keterampilan, kompetensi dan profesionalitas guru SMK menjadi sangat penting dalam turut andil melahirkan lulusan SMK berkualitas. Profesionalitas guru SMK dapat diwujudkan dengan merancang model pengembangan keprofesionala guru melalui hasil dari analisis kebutuhan, observasi dan survai ke SMK.
KESIAPAN PENYELENGGARAAN MATAKULIAH MODIFIKASI SEPEDA MOTOR DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2014 JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF FT UNY Sulistyo, Bambang
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 9, No 2 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1137.025 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi (1) persepsi bengkelumum sepeda motor terhadap prinsip modifikasi, (2) kompetensi modifikasisepeda motor, (3) sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk modifikasisepeda motor dan (4) model pembelajaran yang relevan untuk pembelajaranmatakuliah Modifikasi Sepeda Motor di jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FTUNY. Metode penelitian ini adalah survey. Instrumen penelitian berupa lembarobservasi, angket dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkanbahwa sebagian besar (70%) responden tidak mengetahui UU dan PP mengenaimodifikasi kendaraan. Kompetensi dalam Modifikasi Sepeda Motor adalah (1)kompetensi penggunaan alat ukur presisi; (2) menggunakan Mesin produksi; (3)pengelasan (listrik dan gas); (4) pengecatan (penggunaan pen brush/air brush);(5)Bending plat dan pipa; (6) kompetensi membaca diagram kelistrikan; (7)pengukuran komponen sistem kelistrikan. Berdasarkan komparasi denganperalatan di bengkel modifikasi, diketahui bahwa sarana pembelajaran dibengkel jurusan Pendidikan Teknik Otomotif masih belum siap, karena masihbelum relevan dengan peralatan modifikasi sepeda motor. Model pembelajaranProblem Base Learning (PBL), Reverse Engineering dan Project Based Leasrningadalah model yang relevan dengan pola modifikasi sepeda motor.Kata kunci: modifikasi sepeda motor, kompetensi, peralatan modifikasi, modelpembelajaran
EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN THINK TALK WRITE PADA KOMPETENSI GAMBAR TEKNIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI SMK YPT PURWOREJO Iko Marjeni, Suyitno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 9, No 2 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1191.598 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) Pada Kompetensi Gambar Teknik terhadap Prestasi Belajar di SMK YPT Purworejo.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi experiment) dengan menggunakan dua kelompok dengan perlakuan yang berbeda. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK YPT Purworejo. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel populasi. Kelas X TKR-A sebagai kelas yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan kelas X TKR-B sebagai kelas yang menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Data penelitian dikumpulkan menggunakan soal pre-test dan post-test. Analisis data menggunakan uji t.Hasil perhitungan dengan uji t diperoleh nilai thitung = 2,543 sedangkan ttabel = 1,960. Karena thitung > ttabel yaitu 2,543 > 1,960, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil dari post-test adalah terdapat perbedaan atau tidak sama. Dengan hasil akhir rata-rata siswa, dimana Mean ± SD dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) adalah (84,286 ± 8,498) sedangkan Mean ± SD dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) adalah (78,615 ± 7,834). Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW).Kata kunci : Model Think Pair Share, Model Think Talk Write, Prestasi Belajar
HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN KELUARGA DAN ASAL SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK MESIN DI UNTIRTA SERANG Nurtanto, Muhammad
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 9, No 2 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (981.714 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dari: (1) pendidikan keluarga terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin (PTM) Untirta; (2) asal sekolah terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin (PTM) Untirta; dan (3) lingkungan keluarga da nasal sekolah secara bersama-sama terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin (PTM) Untirta.Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket dan dokumentasi. Teknik uji coba instrument dilaksanakan pada 62 responden. Uji validitas instrument menggunakan formula product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan crobach alpha. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolonieritas, uji hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhanan dan analisis korelasi ganda dengan tingkat signifikansi 5%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat pendidikan keluarga dengan motivasi belajar mahasiswa PTM; (2) terdapat hubungan yang positif antara asal sekolah terhadap motivasi belajar mahasiswa PTM dengan korelasi sebesar 0.224 atau 22.4%; dan (3) keduanya secara bersama-sama memiliki pengaruh sebesar 4% yang artinya 96% dipengaruhi oleh factor lain.Kata kunci: Tingkat pendidikan keluarga, Asal sekolah, dan Motivasi belajar
PERAN GURU PROFESIONAL DAN ALAT PRAKTIK SMK TEKNIK KENDARAAN RINGAN TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA DI DUNIA INDUSTRI OTOMOTIF Jatmoko, Dwi
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 9, No 2 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1069.436 KB)

Abstract

Kontribusi guru SMK Teknik Kendaraan Ringan dalam pencapaian kompetensi siswa SMK TKR menjadi hal utama dalam menyiapkan lulusan sekolah untuk menjadi calon tenaga kerja yang kompeten. Untuk mencapai tujuan diatas diperlukan guru yang profesional dan sarana prasarana di SMK yang memadai. Profesionalitas berkaitan erat dengan kompetensi, kualitas, dan pemahaman dalam bidang pekerjaan yang dijalani. Hal nyata yang terjadi di SMK TKR menunjukkan bahwa kurangnya profesionalitas guru dan sarana prasarana SMK program keahlian TKR masih belum mencukupi. Penelitian ini merupakan evaluasi yang harus dilakukan dalam menyiapkan guru profesional dan memberikan sarana prasarana siswa yang baik di SMK TKR. Guru yang kompeten disiapkan sejak dini dengan diklat secara disiplin, fokus, dan berkala serta memberikan pembinaan guru saat berada di SMK sebagai pengembangan profesionalitas. Pengembangan profesionalitas guru dapat juga dilakukan dengan pemagangan di Dunia Kerja Otomotif. Sedangkan dalam hal sarana prasarana SMK harus melakukan kerja sama mitra dengan dunia industri melalui praktik industri, Forum Guide Discussion dalam pembuatan kurikulum SMK, dan kerjasama hibah produk oleh Mitra Industri SMK.Kata Kunci: Guru Profesional, Alat Praktik, Kesiapan Kerja
IBM KELOMPOK PEDAGANG PANTAI WEDIOMBO GUNUNGKIDUL YANG MENGHADAPI KRISIS LISTRIK Bambang Sudarsono, Suyitno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 9, No 2 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1229.667 KB)

Abstract

Di kawasan pantai wediombo, Gunungkidul, Yogyakarta hampir setiap hari ramai dipenuhi wisatawan, namun sayang disana belum ada listrik yang mengalir dari PLN. Selama ini hanya mengandalkan penerangan konvensional berupa lilin atau penerangan lain. Di pantai wediombo sangat potensi untuk pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Selain lahan yang masih luas untuk pemasangan sel surya, kelompok pedagang yang tergabung dalam mitra masyarakat sangat menginginkan adanya listrik untuk keperluan sehari-hari. Sehubungan dengan permasalahan yang dihadapi oleh kelompok pedagang kawasan pantai wediombo di desa jepitu,Girisubo Gunungkidul tersebut, pengusul Universitas Muhammadiyah Purworejo membantu mencarikan solusi yaitu 1) memberi penyuluhan dan pelatihan pembangkit lisrik tenaga surya, 2) merancang pembangkit listrik tenaga surya serta merakit pembangkit listrik tenaga surya untuk keperluan pedagang kawasan pantai wediombo sehingga dapat meningkatkan hasil perekonomian pedagang setempat. Alat dan bahan yang digunakan pembangkit listrik tenaga surya antara lain: unit panel surya, unit electric box system ( ebs), kabel listrik instalasi, lampu led, lampu pijar dan klem kabel & fuse cadangan. Dengan adanya beberapa komponen ini akan jadi pembangkit listrik tenaga surya yang dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari oleh pedagang dan masyarakat di kawasan pantai wediombo. Hasil pengabdian ini dapat melakukan sosialisasi dan penyuluhan akan pentingnya PLTS serta dapat merancang dan membuat PLTS bersama masyarakat dan akhirya dapat meningkatkan perekonomian pedagang di kawasan pantai wediombo, gunungkidul.Kata Kunci :Wediombo, Pedagang, Listrik, Tenaga, Surya

Page 1 of 3 | Total Record : 24