cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis
ISSN : 0216938X     EISSN : 26848414     DOI : -
Core Subject : Economy,
Arjuna Subject : -
Articles 333 Documents
KETERKAITAN ANTARA ORIENTASI RANTAI PASOK, BERBAGI INFORMASI DAN KEPUASAN INTER-RELASI ANTAR PERUSAHAAN Ganika, Gerry
SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 12, No 1 (2016): SEGMEN-Jurnal Manajemen dan Bisnis
Publisher : FE Program Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Saat ini persaingantidak hanya terjadi antar perusahaan secara individual, tetapi persaingan antar rantai pasok. Oleh karena itu, kolaborasi antara anggota rantai pasok mutlak diperlukan dalam menghadapi persaingan tersebut, hal ini menandakan manajemen rantai pasok memiliki implikasi strategis bagi perusahaan.Kesadaran dan filosofi akan pentingnya adopsi manajemen rantai pasok merupakan bentuk awal dari manajemen rantai pasok itu sendiri, atau disebut dengan orientasi rantai pasok.Berdasarkan pada pentingnya memahami konsep dasar dari manajemen rantai pasok, maka kajian ini mencoba menyederhanakan konsep manajemen rantai pasok baik secara strategis maupun taktis kedalam sebuah model hubungan sebab akibat yang terdiri dari tiga konsep utama, yaitu orientasi rantai pasok sebagai representasi dari konsepsi strategis dan sistemis. Aktivitas berbagi informasi sebagai representasi dari konsepsi taktis dan operasional, dan kepuasan interelasi rantai pasok sebagai representasi dari salah satu faktor pengukuran kinerja yang ingin dicapai. Hasil kajian ini diharapkan dapat menjadi dasar koseptual bagi penelitian-penelitian selanjutnya, serta menjadi masukan baru dalam memahami dimensi dasar dalam praktek manajemen rantai pasok melalui hubungan antara ketiga variabel tersebut Kata Kunci: orientasi rantai pasok, Aktivitas berbagi informasi, kepuasan interelasi rantai pasok
PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGI KONSUMEN PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN POND’S Berliana, Titik Dwi Prastiti
SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 10, No 1.a (2014): SEGMEN - Jurnal Manajemen dan Bisnis
Publisher : FE Program Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh motivasi pada keputusan pembelian Pond?s; (2) pengaruh persepsi pada keputusan pembelian Pond?s; (3) pengaruh pembelajaran pada keputusan pembelian Pond?s; (4) pengaruh keyakinan pada keputusan pembelian Pond?s; (5) pengaruh sikap pada keputusan pembelian Pond?s. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Pond?s di Purworejo.Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang. Pengambilan sampel menggunakan Non probability Sampling yaitu dengan Purposive Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel motivasi berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian dengan taraf signifikansi pValue 0,000 (< 0,05) dan berpengaruh sebesar 27,9%. Persepsi berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian dengan taraf signifikan pValue 0,006 (< 0,05) dan berpengaruh sebesar 20%. Pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian dengan taraf signifikan pValue 0,000 (< 0,05) dan berpengaruh sebesar 26,1%. Keyakinan berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian dengan taraf signifikan pvalue 0,037 (< 0,05) dan berpengaruh sebesar 16,1%. Sikap berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian dengan taraf signifikan pvalue 0,002 (< 0,05) dan berpengaruh sebesar 21%.   Kata kunci: Motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan, sikap, dan keputusan pembelian.
PENGARUH PERSEPSI TEKNOLOGI INFORMASI, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, RESIKO TRANSAKSI, DAN FITUR LAYANAN PADA MINAT ULANG NASABAH DALAM MENGGUNAKAN INTERNET BANKING Supriyadi, Supriyadi
SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 10, No 1.a (2014): SEGMEN - Jurnal Manajemen dan Bisnis
Publisher : FE Program Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji : 1). Pengaruh persepsi teknologi informasi pada minat ulang nasabah dalam menggunakan internet banking, 2). Pengaruh kemudahan dalam penggunaan pada minat ulang nasabah dalam menggunakan internet banking, 3). Pengaruh resiko transaksi pada minat ulang nasabah dalam menggunakan internet banking, 4). Pengaruh fitur layanan pada minat ulang nasabah dalam menggunakan internet banking. Populasi penelitian ini di batasi pada individu yang memiliki rekening BCA dan pernah menggunakan internet banking di Kota Purworejo sedangkan teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : hipotesis pertama, kedua, ketiga, dan keempat terbukti dimana ada pengaruh positif dan signifikan variabel persepsi teknologi informasi, kemudahan penggunaan, resiko transaksi, dan fitur layanan pada minat ulang nasabah dalam menggunakan internet banking.   Kata kunci : Persepsi teknologi informasi, kemudahan penggunaan, resiko transaksi, fitur layanan dan minat ulang menggunakan.
KECENDERUNGAN BERPERILAKU KONSUMTIF: DITINJAU DARI NEED FOR CONFORMITY DAN SOCIAL CLASS Ekowati, Titin
SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis No 1 (2005): Jurnal Manajemen & Bisnis
Publisher : FE Program Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perilaku Konsumtif merupakan  salah satu tahap yang  mementukan dalam perilaku pembelian. Minat membeli timbul secara psikologis, wajar dan tidak dipaksakan karena adanya perasaan senang terhadap  suatu produk. Minat pembeli tentunya berbeda-beda dalam tiap-tiap individu karena dipengaruhi  oleh berbagai factor yang bersifat eksternal dan internal. Diantara factor tersebut adalah factor need for conformity dan social class.kedua  factor ini, need for conformity (kebutuhan untuk penyesuaian  dengan kelompok) dan social class( kelompok orang yang sama dalam perilaku konsumsinya berdasarkan posisi ekonomi mereka dipasar), sangat berpengaruh  terhadap pola pembelian. Kata kunci :perilaku konsumtif, need for conformity, social class
EMOTIONAL BRANDING: PARADIGMA BARU MEMBANGUN BRAND AWARE Irawati, Dwi
SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis No 1 (2005): Jurnal Manajemen & Bisnis
Publisher : FE Program Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This article is about  building brand aware. its focus is how brands can influence potencial consumers  make choice ,to buy or not to buy, to consume or not  to consume  certain product. Consumers  never really  understand all the features and attributes that products and services  have unlike  the companies that produce them they do  know that  they prever  some brands to others. This brand preference  tends to steam  from the emotional  needs that people have. the secret to branding  s in adding value, especially  psychological value to products, services, and companies in the form  of intangible benefits-the emotional associations, beliefs, values, and feelings that people  relate to  the brand. this aspect  of the products or services, and not  the attributes and features, that can strongly distinguish in people?s mind or brand from another. emotional branding as a new paradigm connecting products and costumers  really helps  products  and companies  achieving  costumers?brand awareness better than the rational approach nowadays. Keywords: brand, aware, emotional branding
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DANA PEMBANGUNAN DAERAH KABUPATEN PURWOREJO Puspitasari, Intan; Baraba, Ridwan
SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis No 1 (2005): Jurnal Manajemen & Bisnis
Publisher : FE Program Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembangunan adalah suatu proses yang berdimensi jamak yang melibatkan perubahan-perubahan besar dalam  struktur social, sikap masyarakat dan kelembagaan nasional dan merupakan suatu proses dimana pemerintah daerah dan masyarakatnya mengelola sumber daya yang ada dan membentuk suatu pola kemitraan antara pemerintah daerah dengan sector swasta untuk menciptakan suatu lapangan kerja  dan merangsang perkembangan kegiatan ekonomi dalam wilayah tersebut. Demi tercapainya  program pembangunan diperlukan modal yang cukup besar sumber dana tersebut berasal dari dalam negeri yaitu BLN, pinjaman dari PMA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi dana pembangunan daerah kabupaten purworejo dengan mengambil variable yang dianalisis  adalah Pendapatan Asli Daerah, PDRB Perkapita dan Laju inflasi dari tahun 1981 s/d 2001 ,sehingga dapat digunakan sebagai  bahan pertimbangan dalam menentukan langkah-langkah kebijaksanaan  pembangunan daerah. Setelah dilakukan analisis dengan metode  regresi log ganda dengan menggunakan fasilitas SPSS,diperoleh hasil bahwa yang berpengaruh secara  signifikan terhadap dana pembangunan adalah PAD pada tingkat  ?=0,2%,PDRB  perkapita pada tingkat ? =5%,sedangkan laju inflasi tidak signifikan secara  statistic  terhadap dana pembangunan daerah sampai dengan tingkat ?=50%. Berdasarkan uji asumsi klasik  diketahui tidak terdapat multikoliniertitas, hetroskedastisitas  dan autokorelasi, sehingga dalam upaya memperoleh dana  pembangunan yang lebih besar  dapat ditingkatkan dengan  melihat segmen-segmen  pendapatan asli daerah, PDRB perkapita dan pertumbuhan  dan peningkatan dana pembangunan dari tahun ke tahun. Kata kunci: Dana pembangunan ,PAD, PDRB,dan Laju inflasi
PERAN IBU DALAM PROSES SOSIALISASI ANAK SEBAGAI KONSUMEN Ekowati, Titin
SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 7, No 1 (2011): J u r n a l M a n a j e m e n & B i s n i s
Publisher : FE Program Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keluarga merupakan institusi yang sangat penting dalam proses sosialisasi anak sebagai konsumen. Keluarga adalah instrumental dalam mengajari anak  pada aspek-aspek konsumsi yang rasional termasuk kebutuhan dasar konsumen. Anak-anak belajar mengenai pembelian dan konsumen dari orangtua mereka terutama ibu. Karena pada usia anak-anak biasanya akan lebih dekat dengan ibunya, sehingga peran ibu dalam proses sosialisasi anak sebagai konsumen sangat dibutuhkan. Proses sosialisasi konsumen anakmerupakan proses  orang muda (anak-anak) untuk memperoleh keahlian, pengetahuan, dan sikap-sikap yang relevan dengan fungsi mereka sebagai konsumen.Sehingga interaksi ibu dan anak terutama dalam hal pembelian sangat menentukan pola pembelian anak. Kata Kunci : keluarga, sosialisasi konsumen anak, interaksi ibu anak.
KONFLIK PERAN PEKERJAAN DAN KELUARGA PADA PASANGAN BERKARIR GANDA Puspitasari, Intan
SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis No 2 (2006): J u r n a l M a n a j e m e n & B i s n i s
Publisher : FE Program Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengelolaan berkarir ganda menghadapi masalah pengelolaan pekerjaan dantanggung jawab keluarga. Hal tersebut mengisyaratkan bahwa perencanaan dan pengembangan karir dari pasangan bekerja yang akan menikah harus mempunyai kesepakatan. Pengembangan karir, prestasi kerja, kebutuhan hidup dan keharmonisan keluarga akan berjalan beriringan dengan atau tanpa kesepakatan. Konflik selalu muncul dalam keluarga pasangan berkarir ganda jika tidak ada kesepakatan pada awal perkawinan mereka. Permasalahan di tempat kerja seharusnya diselesaikan di tempat kerja dan tidak dibawa pulang karena dalam kondisi fisik dan psikologis lelah serta beban pekerjaan yang berat akan memicu emosi jika dibenturkan dengan masalah di rumah walaupun kecil. Suami ataupun istri lebih sensitive yaitu mudah marah dan tersinggung jika terjadi kesalahpahaman antara keduanya. Konflik yang terjadi pada keluarga berkarir ganda mempunyai hubungan yang positif terhadap tekanan (stress). Semakin tinggi tekanan (stress) yang dialami oleh keluarga yang berkarir ganda, maka semakin besar pula konflikyang terjadi pada pasangan tersebut.Kata kunci : konflik, stress, karir, karir ganda
PENGARUH IKLAN TELEVISI TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SABUN MANDI LIFEBUOY Utami, Esti Margiyanti; Kusmaryati, Sri
SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis No 2 (2008): J u r n a l M a n a j e m e n & B i s n i s
Publisher : FE Program Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh iklan televisi terhadap perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian sabun mandi lifebuoy. Penelitian dilakukan di Kelurahan Sendangsari Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo. Jumlah populasi dalam penelitian ini 210 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik convenience sampling dan purposive sampling. Dengan menggunakan teknik tersebut maka diperoleh sampel sebanyak 131 orang. Alat analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil analisis regresi menghasilkan persamaan, Y =  4,336 + 0,251X1 +0,342X2 + 0,503X3. Nilai t hitung untuk masing-masing variabel signifikan yang berarti bahwa variabel suasana, dialog dan personal secara parsial berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian sabun lifebuoy.  F hitung sebesar 131,143 dan signifikan, yang berarti bahwa variabel suasana, dialog dan personal secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian sabun lifebuoy.  Nilai koefisien determinasi sebesar 0,750, yang berarti 75%  perubahan Y disebabkan oleh variasi perubahan variabel suasana (X1), dialog (X2), dan personal (X3), sedangkan sisanya sebesar 25% dipengaruhi variabel lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian. Kata kunci : iklan televisi, perilaku konsumen, pengambilan keputusan pembelian
FENOMENA VARIETY SEEKING : TANTANGAN MENARIK BAGI PEMASAR Ekowati, Titin
SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis No 2 (2008): J u r n a l M a n a j e m e n & B i s n i s
Publisher : FE Program Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Consumers satisfaction isn?t the guarantee for them to loyal to the company. Especially for low involvement product, consumers tends to variety seeking activity in purchase processing. Because the products have low risk to the consumers. Or although consumers are not really nvolved, they go through a decision process in buying due to their in sufficient experiences or variety seeking behavior. Key word : variety seeking, consumers loyalty

Page 1 of 34 | Total Record : 333


Filter by Year

2005 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 16, No 2 (2020): SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 16, No 1 (2020): SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 15, No 2 (2019): SEGMEN - Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 15, No 1 (2019): SEGMEN - Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 14, No 2 (2018): SEGMEN - Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 14, No 1 (2018): SEGMEN - Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 13, No 2 (2017): SEGMEN - Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 13, No 1 (2017): SEGMEN - Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 12, No 2C (2016): SEGMEN-Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 12, No 2B (2016): SEGMEN-Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 12, No 2A (2016): SEGMEN-Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 12, No 1D (2016): SEGMEN-Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 12, No 1C (2016): SEGMEN-Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 12, No 1B (2016): SEGMEN-Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 12, No 1A (2016): SEGMEN-Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 12, No 1 (2016): SEGMEN-Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 11, No 3 (2015): SEGMEN-Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 11, No 2C (2015): SEGMEN-Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 11, No 2B (2015): SEGMEN-Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 11, No 2A (2015): SEGMEN-Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 11, No 2 (2015): SEGMEN-Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 11, No 1B (2015): SEGMEN-Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 11, No 1A (2015): SEGMEN-Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 11, No 1 (2015): SEGMEN-Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 11, No 1c (2014): SEGMEN-Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 10, No 2c (2014): SEGMEN-Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 10, No 2b (2014): SEGMEN-Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 10, No 2a (2014): SEGMEN-Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 10, No 2 (2014): SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 10, No 1.a (2014): SEGMEN - Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 10, No 1 (2014): SEGMEN - Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 9, No 1 (2013): J u r n a l M a n a j e m e n & B i s n i s Vol 8, No 2.a (2012): Jurnal Manajemen & Bisnis Vol 7, No 1 (2011): J u r n a l M a n a j e m e n & B i s n i s No 2 (2010): J u r n a l M a n a j e m e n & B i s n i s No 1 (2010): J u r n a l M a n a j e m e n & B i s n i s No 2 (2009): J u r n a l M a n a j e m e n & B i s n i s No 1 (2009): J u r n a l M a n a j e m e n & B i s n i s No 2 (2008): J u r n a l M a n a j e m e n & B i s n i s No 1 (2008): J u r n a l M a n a j e m e n & B i s n i s No 2 (2007): J u r n a l M a n a j e m e n & B i s n i s No 2 (2006): J u r n a l M a n a j e m e n & B i s n i s No 1 (2006): J u r n a l M a n a j e m e n & B i s n i s No 1 (2005): Jurnal Manajemen & Bisnis More Issue