cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Al-Ulum
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Al-Ulum (AU) adalah Jurnal Studi-Studi Islam diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo. AU terbit sejak tahun 2000 setiap Juni dan Desember, telah diakreditasi B oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 58/DIKTI/Kep/2013.
Arjuna Subject : -
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol 16 No 1 (2016): Al-Ulum" : 2 Documents clear
Kitab Hadis Nusantara: Studi Atas Kitab Al-Arba’una Haditsan Karya Muhammad Yasin Al-Fadani, Padang Daud, Ilyas
Al-Ulum Vol 16 No 1 (2016): Al-Ulum
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.305 KB) | DOI: 10.30603/au.v16i1.153

Abstract

Tulisan ini membahas tentang karakteristik kitab Hadis yang ditulis oleh salah satu ulama Nusantara bernama Syekh Muhammad Yasin Al-Fadani yaitu kitab Arbaâ??una Haditsan min Arbaâ??ina Kitaban an Arbaâ??ina Syaikhan. Penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi al-Fadani menulis kitab ini karena mengikuti ulama-ulama pendahulunya yang menyusun kitab dengan empat puluh hadis. Adapun karakeristik kitab ini pertama, sebelum menyajikan matan hadis, diawali dengan penyebutan nama kitab sebagai rujukan utama dan penulisnya. Setelah itu uraian silsilah sanad yang cukup panjang. Panjangnya uraian sanad ini sebab al-Fadani menjelaskannya tidak berangkat dari Imam mukharij sebagai pentadwin hadis, tapi dimulai dari Al-Fadani sendiri. Kedua, jika merujuk pada teori atau konsep metode penyusunan kitab hadis, kitab penyusunan kitab Al-Arbaâ??una Haditsan ini mengikuti metode Mustakhraj. Dari segi kualitas pengetahuan, al-Fadani banyak mendapat pengakuan baik dari ulama Arab maupun Nusantara sebagai ulama yang menguasai ilmu hadis khususnya sanad hadis.
Warisan Pendidikan Islam Nusantara: Suatu Perubahan dan Keberlangsungan Haluty, Djaelani
Al-Ulum Vol 16 No 1 (2016): Al-Ulum
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.741 KB) | DOI: 10.30603/au.v16i1.163

Abstract

Islam Nusantara memberikan kontribusi yang begitu besar bagi bangsa Indonesia dengan mewariskan beragam lembaga pendidikan Islam, yang  hingga kini masih eksis dan lestari, Islam nusantara memiliki khazanah institusi pendidikan yang demikian komprehensif, inovatif dan integratif. Namun, kontribusi besar Islam nusantara dengan institusi pendidikannnya yang mencerdaskan dan memerdekakan umat manusia dari kebodohan dan keterbelakangannya ternyata tidak serta merta diapresiasi dan dihargai jerih payahnya, melainkan â??dihujatâ? keberadaanya oleh kalangan yang mengidentikkan diri sebagai  gerakan transnasional.  Islam Nusantara disebut sebagai Islam yang beraroma tradisi dan budaya lokal, artikel ini ingin mengammbarkan benih isalm nusantara di Indonesia serta integrasi keilmuan islam dan Barat.

Page 1 of 1 | Total Record : 2