cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Al-Ulum
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Al-Ulum (AU) adalah Jurnal Studi-Studi Islam diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo. AU terbit sejak tahun 2000 setiap Juni dan Desember, telah diakreditasi B oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 58/DIKTI/Kep/2013.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 19 No 2 (2019): Al-Ulum" : 12 Documents clear
Filosofis Equilibrasi dalam Konsep Pendidikan Islam Relevansinya bagi Akselerasi Pengembangan Nilai Kepribadian dalam konteks Ke-Indonesiaan Wahyudin, Wahyudin; Mahmudah, Nurul; Wahyudi, Dedi
Al-Ulum Vol 19 No 2 (2019): Al-Ulum
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30603/au.v19i2.826

Abstract

Abstract The philosophy of equilibration in the concept of Islamic education refers to the basic principle of human being perfectness aim to gain happiness in life in the world and the hereafter. The aim is the concept of Islam in teaching a balances between individuals, social, physical and spiritual, with a hope that there will be no inequality in the national and state life.  Philosophical concept of education in Indonesia Ing ngarsa sung tuladha, madya mangun karsa, tut wuri handayani is an ideals of the nation. The problem is that the concept of education is indicated by a system of individualism, liberalism, capitalism and other theories. Theory used; dynamic personality development, supported by the theory of individual and social balancing processes and inspired by the concept of Islamic education. This research method uses literature and descriptive qualitative in nature, phenomenological data analysis seeks to describe all human experience and describes a philosophical outlook on the value of personality in the life of the nation and state. The results of the research, the philosophical acceleration of the development of the Personality value among people's lives, by means of a persuasive approach as a force that serves to bring each citizen closer to life in the community. Philosophical Equilibari Islamic concepts of personality development in the Indonesian context are very relevant. The relevance, if the application of personality equilibration is a strong ideology in the realm of education, then this nation has a powerful and sustainable personality and is respected by other nations. Keywords: Philosophy, Acceleration, Harmony, and personality. Abstrak Filosofis equilibrasi dalam konsep pendidikan Islam mengacu pada prinsip dasar yaitu insan sempurna bertujuan mendapatkan kebahagiaan hidup dunia dan akhirat. Tujuannya  konsep  Islam untuk mengajarkan keseimbangan antara individu, sosial, jasmani dan rohani,  dengan harapkan tidak terjadi ketimpangan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Filosofis konsep pendidikan di Indonesia Ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani sebuah cita-cita negara. Masalahnya bahwa konsep pendidikan terindikasi kepada sistem individualism, liberalism, kapitalisme dan lebih banyak teori. Teori yang digunakan; pengembangan kepribadian yang dinamis, didukung teori proses penye-imbangan individu dan sosial dan diilhami konsep pendidikan Islam. Metode kajian ini menggunakan kepustakaan serta bersifat deskriptif kualitatif, analisis data fenomenologi berupaya mendeskripsikan seluruh pengalaman manusia dan memaparkan pandangan hidup secara filosofis mengenai nilai kerpibadian dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hasil penelitian, akselerasi filosofis pengembangan nilai Kepribadian dalam kehidupan masyarakat, dengan cara pendekatan persuasif sebagai kekuatan yang berfungsi mendekatkan setiap warga dalam hidup bemasyarakat. Filosofis Equilibari konsep Islam pengembangan kepribadian dalam konteks Ke-Indonesiaan sangat relevan. Relevansiya, jika penerapan equilibrasi kepribadian dijadikan ideologi kuat dalam ranah pendidikan, maka bangsa ini memiliki kepribadian dahsyat dan berkelanjutan serta disegani bangsa lain. Kata Kunci: Filosofis, Akselerasi, Kese
Strategi Pengelolaan Pendidikan Madrasah Aliyah Muhammadiyah di Gorontalo Manahung, Muhammad Ramoend
Al-Ulum Vol 19 No 2 (2019): Al-Ulum
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30603/au.v19i2.827

Abstract

 Artikel ini menganalisa penerapan strategi pengelolaan pendidikan madrasah di Kota Gorontalo. Studi ini fokus pada pengelolaan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Gorontalo adalah proses penerapan strategi pengelolaan kurikulum dan proses penerapan strategi pengelolaan sumber daya manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi pengelolaan pendidikan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Gorontalo. Pertama, penerapan strategi pengelolaan kurikulum terdiri atas perencanaan yakni pelaksanaan aktivitas perencanaan kurikulum selalu melibatkan semua unsur, kepala madrasah ikut mendampingi mengatasi kesulitan, pengawasan/penilaian menunjukkan hasil evaluasi tahap akhir (tes semester ganjil) cukup baik. Kedua, penerapan strategi pengelolaan Sumber Daya Manusia yaitu guru dan pegawai tampil profesional dalam hal: kedisplinan waktu kehadiran, kepulangan, dan kerapian, melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik dan profesionalisme guru dalam mengelola kelas serta perubahan perilaku peserta didik. Implikasi hasil penerapan strategi pengelolaan pendidikan di Madrasah memberikan penilaian yang positif dari semua pihak dan menjadi pelajaran berharga bagi pemangku kepentingan untuk terus melibatkan diri sesuai dengan keahliannya masing-masing.
Problematika Pendidik dan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Pondok Pesantren Modern Darul Falah Kabupaten Enrekang Hanafie, St Wardah; Dangnga, Muhammad Siri; Halik, Abdul; Rahmah, Jabal
Al-Ulum Vol 19 No 2 (2019): Al-Ulum
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30603/au.v19i2.848

Abstract

Pendidik dan peserta didik merupakan pelaku pembelajaran sehingga penting berinteraksi secara edukatif, kondusif, efektif, dan efisien. Peserta didik sebagai generasi penerus, penting dibekali pendidikan keagamaan (PAI) agar memiliki integritas kepribadian. Keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran PAI dipengaurhi oleh kreativitas, komitmen, dedikasi, dan kompetensi pendidik melaksanakan pembelajaran. Hal tersebut penting dikaji problem pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran, problem pembelajaran PAI, dan solusinya atas problem tersebut. Penelitian ini adalah Research and Development (R & D), yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan bentuk awal produk, (4) uji lapang awal, (5) revisi utama produk, (6) uji lapang utama, (7) revisi produk operasional, (8) uji lapang operasional, (9) revisi produk akhir, dan (10)  desiminasi dan implementasi. Temuan di lapangan meliputi, yaitu: problem pendidik adalah kompleksitas karakter peserta didik; terbatasnya waktu pembelajaran; penguasaan materi pelajaran; ketersediaan perangkat pembelajaran; keterbatasan infrastruktur pembelajaran; penguasaan strategi dan metode pembelajaran; partisipasi kepada pelatihan dan pertemuan ilmiah; dan padatnya kegiatan di pondok; Problem peserta didik yaitu Strategi dan metode pembelajaran yang monoton; tingginya materi ajar; strategi menghafal; motivasi bersaing; dan kurang disiplin. Factor pendukung pembelajaran PAI, meluputi: Sistem pembelajaran 24 jam; Dana Yayasan; dan Kegiatan ektrakulikuler; dan factor penghambat, meliputi: pengelolaan kelas; pengelolaan peserta didik; penggunaan strategi dan metode; jadwal kegiatan yang padat. Solusinya adalah mendesain perangkat pembelajaran; pembenahan sarana pembelajaran, pengelolaan kelas dan peserta didik, mengembangkan strategi dan metode pembelajaran, dan peningkatan pembinaan disiplin.
Problematika Pendidikan Islam Melayu Patani Thailand Hifza, Hifza; Aslan, Aslan
Al-Ulum Vol 19 No 2 (2019): Al-Ulum
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30603/au.v19i2.864

Abstract

Problematika pendidikan Islam di Melayu Patani yang berawal dari masa-masa keemasan, lama kelamaan mengalami masa penurunan, ketika kerajaan Melayu Patani diambil alih oleh kerajaan Thai. Dari hasil penelitian yang dilakukan, maka hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Melayu Patani yang tinggal di bagian Thailand Selatan pernah mengalami masa kejayaan sehingga banyak melahirkan tokoh-tokoh ulama. Kedua, Pada saat Patani diambil alih oleh kerajaan Siam, maka lembaga pendidikan Islam telah mengalami perubahan yang terdiri dari tiga tipe,  yakni sekolah Islam, madrasah dan pondok pesantren. Ketiga, perubahan lembaga pendidikan Islam semakin mengalami perubahan ketika terjadinya pergantian pemimpin Thailand, yakni terjadinya asimilasi budaya pendidikan. Keempat, Kebijakan pemerintah terhadap Melayu Patani yang terus memicu konflik, membuat mereka menetapkan kebijakan sesuai keinginan masyarakat Patani tetapi kebijakan tersebut mengalami dilema bagi Melayu Patani.
Organizational Culture and Quality of PTKIN Services Study of IAIN Sultan Amai Gorontalo Mala, Abdurrahman; Munirah, Munirah
Al-Ulum Vol 19 No 2 (2019): Al-Ulum
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30603/au.v19i2.928

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menemukan model yang tepat untuk perbaikan kualitas layanan dan kepuasan pengguna Lembaga Pendidikan tinggi agama Islam (PTKAIN) dengan melibatkan variabel-variabel Budaya organisasi Kualitas Layanan. Studi ini diharapkan memberi kontribusi nyata bagi pengembangan bidang ilmu manajemen pendidikan khususnya yang terkait dengan model kausalitas Budaya organisasi Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pengguna Lembaga Pendidikan tinggi agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung positif Budaya Organisasi dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pengguna Lembaga Pendidikan Tinggi Islam IAIN Sultan amai Gorontalo. Hasil penelitian ini sejalan dengan teori yang telah dikemukakan oleh Philip Henslowe, kesan yang diperoleh dari tingkat pengetahuan dan pengertian terhadap fakta berkenaan dengan orang-orang, produk atau situasi) sangat ditentukan oleh budaya orang-orang memproduk barang dan jasa, menjaga kualitas layanan dan memastikan adanya pemenuhan harapan pengguna.
Prosesi Pernikahan di Luar Balai Nikah dan Dampaknya terhadap Pendidikan Anak Bagi Masyarakat Gorontalo Solong, Najamuddin Petta; Arif, Muhammad
Al-Ulum Vol 19 No 2 (2019): Al-Ulum
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30603/au.v19i2.955

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengungkap  peristiwa prosesi pernikahan yang secara formal mempertemukan sepasang mempelai atau sepasang calon suami-istri di hadapan penghulu atau kepala urusan agama tertentu, para saksi, dan sejumlah hadirin untuk kemudian disahkan secara resmi sebagai suami-istri dengan upacara-upacara atau ritus-ritus tertentu. Prosesi pernikahan ini ada yang dilakukan di Balai Nikah dan di luar Balai Nikah. Prosesi pernikahan di luar Balai Nikah yang sesuai dengan hukum agama (syariat Islam) dan hukum negara juga memperhatikan budaya/adat masyarakat Gorontalo bagi masyarakat Gorontalo yang berlaku secara tidak tertulis dan menarik untuk ditelusuri dampaknya terhadap pendidikan anak. Prosesi pernikahan di luar balai nikah umumnya dilangsungkan di rumah keluarga Desa Bumela telah memberikan dampak terhadap pendidikan anak yang ditunjukkan dalam hal anak berpakaian yang bersih dan rapi, berbicara dengan sopan dan tertib, memelihara kebersihan tempat dan lingkungannya serta memiliki tanggungjawab dan menepati janji serta amanah yang diberikan kepada mereka. Selain itu anak menjadi tertanamkan nilai-nilai kekerabatan dalam pernikahan dan kasih sayang di antara keluarga tidak hilang dengan menikahnya anggota keluarga dengan orang lain.
Implementasi Kebijakan Pengadaan Guru Pendidikan Agama Pada Sekolah di Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur Mujizatullah, Mujizatullah
Al-Ulum Vol 19 No 2 (2019): Al-Ulum
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30603/au.v19i2.967

Abstract

Artikel ini menjelaskan Implementasi Kebijakan Pengadaan  Guru Pendidikan Agama Pada Sekolah di Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur.  Penelitian ini  deskriptif kualitatif . Hasil penelitian terdapat  komunikasi yang tidak baik antara Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama  kaitannya dengan penyusunan dan pengusulan formasi dan penetapan pengadaan guru agama PNS. Adanya pemahaman yang berbeda di masing-masing instansi. muncul pemahaman ego sektoral diantara masing-masing kementerian. Kementerian Agama sebagai instansi vertikal yang membidangi madrasah dan Dinas Pendidikan membidangi sekolah bersinergi dalam pengadaan guru agama, diperlukan MOU antara Pemda dengan Kementerian Agama terkait formasi pengangkatan guru agama baik CPNS maupun mengangkat guru agama THL (Tenaga Harian Lepas).
The Relevance of Social Character Education Material in a Testament Zul Ishba 'with Islamic Values Damhuri, Damhuri
Al-Ulum Vol 19 No 2 (2019): Al-Ulum
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30603/au.v19i2.1001

Abstract

Artikel ini bertujuan mendeskripsikan materi pendidikan karakter sosial dalam wasiat yaitu Zul Ishba? al-Adwani dan menjelaskan relevansinya dengan nilai-nilai Islam. Hasil kajian menunjukkan bahwa penafsiran terminologi jahiliyah yang identik dekadensi moral, tidak semuanya benar. Setiap masyarakat memiliki nilai yang menjadi rujukan dalam interaksi sosial. Hal ini tercermin dalam wasiat Zul Ishba? al-Adwani, seorang tokoh zaman jahiliyah, yang sarat dengan nilai-nilai moral dalam konteks interaksi sosial. Zul Ishba? memandang bahwa untuk mendapat penghargaan di tengah masyarakat, tidak harus bertindak arogan, tetapi diperoleh dengan terlebih dahulu membius hati mereka dengan sifat-sifat terpuji, seperti lemah lembut, tawadhu?, dermawan, dan senantiasa respon terhadap kepentingan mereka. Meskipun Zul Ishba? hidup pada zaman Jahiliyah, namun materi dalam wasiatnya memiliki relevansi dengan nilai-nilai karakter dalam Islam. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat nilai universal yang diakui oleh semua masyarakat tanpa dibatasi oleh perbedaan ideologi.
Trust, Justice, Ethics dan Job Performance dalam Perspektif Islam pada Tenaga Kependidikan Institut Agama Negeri (IAIN) Bengkulu Khairiah, Khairiah
Al-Ulum Vol 19 No 2 (2019): Al-Ulum
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30603/au.v19i2.1051

Abstract

Artikel ini untuk mendeskripsikan trust, justice, ethics terhadap job performance dalam perspektif Islam pada tenaga kependidikan Institut Agama Islam Negeri Bengkulu. Desain penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu pengumpulan data menggunakan seperangkat instrumen; yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan trust, justice, ethics dalam perspektif Islam dapat meningkatkan job performance tenaga kependidikan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu. Disarankan jika ingin meningkatkan job performance maka tingkatkan trust, justice dan ethics pada tenaga kependidikan Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Konstruksi Pendidikan Karakter Berbasis Islam Faridi, Faridi
Al-Ulum Vol 19 No 2 (2019): Al-Ulum
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30603/au.v19i2.1065

Abstract

Penelitian ini berfokus pada proses memahami implementasi pendidikan karakter di SMA Negeri 3 Malang melalui kegiatan Bedhol Bhawikarsu. Oleh karena itu, penelitian ini akan memahami desain dan implementasi model pendidikan karakter berdasarkan nilai-nilai normatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menghasilkan data deskriptif dalam bentuk perilaku tertulis, lisan, dan dapat diamati. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan metode dokumentasi, dan kemudian dianalisis dengan analisis interaktif Miles dan Hubermann. Penelitian ini menemukan bahwa pendidikan karakter melalui implementasi langsung Bedhol Bhawikarsu di masyarakat dapat menginternalisasi nilai-nilai seperti nilai-nilai Islam. Oleh karena itu, pembangunan organisasi pendidikan karakter akan dapat diwujudkan melalui kegiatan yang mengungkap banyak nilai-nilai Islam untuk diinternalisasi pada siswa.

Page 1 of 2 | Total Record : 12