cover
Contact Name
Journal Irfani
Contact Email
jurnalirfani@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalirfani@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Irfani
ISSN : 19070969     EISSN : 24428272     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Irfani adalah Jurnal Pencerahan untuk peradaban. diterbitkan oleh Insititut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Press
Arjuna Subject : -
Articles 86 Documents
Pengaruh Tunjangan Kinerja dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kinerja Pegawai Iain Sultan Amai Gorontalo Lasiyanti; T. Pido, Siti Asiah; Mobonggi, Arten H.
Irfani Vol. 15 No. 1 (2019): Irfani: Journal Of Islamic Education
Publisher : Irfani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tunjangan kinerja terhadap kinerja pegawai IAIN Sultan Amai Gorontalo dan berapa besar pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai IAIN Sultan Amai Gorontalo. Metode yang digunakan masuk dalam jenis penelitian kuantitatif dengan teknik sampling yang digunakan adalah proporsional Random sampling. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 205 orang, sampel yang diteliti 67 orang. Pengumpulan data penulis menggunakan angket dan jenis analisis yang digunakan yaitu analisis Regresi Linear Berganda.Hasil penelitian dan pembahasan, menujukkan bahwa Tunjangan Kinerja dan Motivasi berpengaruh Terhadap Kinerja Pegawai setelah diuji menggunakan rumus Regresi sederhana masing-masing Y=57.266 + 0.345 X1 dan Y= 15.821 + 0.991 X2. Hal ini membuktikan bahwa tunjangan Kinerja dan Motivasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Pegawai serta mengakibatkan peningkatan masing-masing sebesar 0.345 dan 0.991 pada konstanta 57.266 dan 15.821.hal ini juga dibuktikan dengan pengujian Hipotesis dimana uji parsial masing masing thitung > ttabel yaitu X1 (3.117 > 1,980) dan X2 (11.982 > 1,980). Maka H0 ditolak. Demikian juga dengan menggunakan rumurs analisis Regresi berganda Y= a+ b1X1+b2X2= 17.754 + 0,126 X1 + 0,886 X2., maka pengujian hipotesis secara bersama-sama di dapat Fhitung > Ttabel atau 117.453 > 1,980, maka H0 di tolak dan Ha di terima. Faktor Tunjangan Kinerja dan Motivasi memberikan sumbangan efektif sebesar 78,6%, dapat diartikan Kinerja Pegawai dipengaruhi oleh Tunjangan Kinerja dan Motivasi sedangkan 21,4 % merupakan pengaruh dari luar variabel yang tidak dimasukan dalam model penelitian ini.
Evaluasi Pengelolaan Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sdit Al-Izzah Kabupaten Pohuwato Sufiati; Mobonggi, Arten. H; Munirah
Irfani Vol. 15 No. 1 (2019): Irfani: Journal Of Islamic Education
Publisher : Irfani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil evaluasi pengelolaan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDIT Al-Izzah Kabupaten Pohuwato dan apa saja factor pendukung dan penghambat evaluasi pengelolaan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDIT Al-Izzah Kabupaten Pohuwato. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah problem evaluasi pengelolaan kurikulum di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) AL-Izzah sudah bisa diatasi dengan baik. Hal ini didasarkan pada pengamatan peneliti terhadap kondisi dan realitas yang ada dilapangan. Meskipun berbagai macam kendala yang dihadapi SDIT AL Izzah Pohuwato tidak menyurutkan semangat elemen sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Untuk mengatasi semua kendala yang ada, pihak sekolah mempunyai strategi dan pemikiran yang matang mengenai alternatif yang akan dilakukan sebagai upaya meminimalisir kendala yang ada agar peningkatan kualitas pendidikan yang dilaksanakan pihak sekolah dapat berjalan dengan lancar
MANAJEMEN PENGAWASAN GERAKAN ANAK YATIM CERIA MENUJU BONE BOLANGO CERDAS Makmur, Irma
Irfani Vol. 15 No. 2 (2019): Irfani: Journal Of Islamic Education
Publisher : Irfani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk bagaimana gerakan anak yatim dalam mewujudkan Bone Bolango cerdas. Metode yang digunakan adalah kualtitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa salah satu penyebab keberhasilan program Gerakan  Anak Yatim Ceria tersebut terletak pada bagaimana keberhasilan manajemennya. Kemampuan manajemen yang baik dalam pengelolaan Gerakan  Anak Yatim Ceria oleh pemerintah kabupaten Bone Bolango dapat mewujudkan sasaran yang hendak dicapai terutama terkait dengan jargon ?Menuju Bobebolango Cerdas?. Melalui langkah perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing), pelaksanaan (Actuating / Directing)  dan pengawsan (Controlling) dan evaluasi (evaluation) Gerakan  Anak Yatim Ceria menuju Bone Bolango Cerdas berjalan dengan sangat baik. Melalui manajemen, sejak dikukuhkan pada beberapa tahun silam, tepatnya pada 11 Januari 2017, Gerakan  Anak Yatim Ceria menuju Bone Bolango Cerdas telah memperlihatkan peningkatan yang sangat signifikan. Bila pada awalnya Gerakan ini baru bisa memberi santunan Rp. 500.000 pertahun maka pada tahun 2020 nanti gerakan ini akan ditingkatkan menjadi 1 juta rupiah setiap tahun bagi satu anak yatim. Selain itu bentuknya pun akan berubah dari bentuk uang tunai menjadi dalam wujud barang agar bantuan tersebut tepat guna.
Peran Yayasan Al Khaeraat Dalam Pengembangan Sarana Dan Prasarana Madrasah Tsanawiyah Alkhaeraat Buntulia Kabupaten Pohuwato Ali, Irawaty AS.; Caco, Rachmawaty; Umar, Razak
Irfani Vol. 15 No. 1 (2019): Irfani: Journal Of Islamic Education
Publisher : Irfani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sarana dan prasarana MTs. Alkhairaat Buntulia Kabupaten Pohuwato juga untuk mengetahui peran Yayasan Alkhairaat dalam pengembangan sarana dan prasarana MTs. Alkhairaat Buntulia Kabupaten Pohuwato. Metode yang digunakan masuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan pendekatan manajerial, sosiologis, dan psikologis dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi sarana dan prasarana pada MTs. al Khaeraat Buntulia Kabupaten Pohuwato belum lengkap. Disamping sarana yang belum cukup, peneliti juga menemukan bahwa prasarana di MTs. Al Khaeraat Buntulia Kabupaten Pohuwato masih perlu penambahan dan perbaikan seperti: sarana Projector Liquid Crystal Display (LCD proyektor), Perangkat Komputer, Bangku Santri, Buku Pelajaran Santri, Alat Olahraga, Tempat Wudhu. Yayasan Alkhaeraat dalam memenuhi sarana dan prasarana di MTs. Alkhairaat melakukan langkah pengembangan seperti proses perencanaan, pengadaan dan pendistribusian.
IMPLEMENTASI PELAYANAN BERBASIS BUDAYA RELIGIUS BIROKRASI FITK IAIN SULTAN AMAI GORONTALO Ibrahim, Ramli Y.
Irfani Vol. 15 No. 2 (2019): Irfani: Journal Of Islamic Education
Publisher : Irfani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk melihat kualitas kinerja pelayanan birokrasi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan dalam tulisan ini adalah kualitatif. Hasil penetilian menemukan bahwa walaupun masih jauh dari harapan, namun keinginan kuat para  birokrasinya untuk meningkatkan kinerja, tidak bisa dipungkiri adanya. Manajemen kinerja birokrasi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo yang belum terlaksana secara baik berakibat pada rendahnya pelayanan. Dalam pelayanannya, birokrasi  Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, dalam pengurusan administrasi masih membutuhkan waktu yang cukup lama dan bertele-tele, tidak memahami job discription oleh masing-masing pegawai, tingkat disiplin kerja yang masih rendah, pengisian Laporan Kinerja Bulanan tidak berdasarkan pada proses kerja yang sesungguhnya. Padahal, jika manajemen kinerja birokrasi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo dilaksanakan secara baik, dengan tidak mengabaikan basis budaya religius yang ada, yaiitu: kejujuran, keadilan, memberi manfaat bagi orang lain, rendah hati, bekerja efisien, visi ke depan yang kuat, serta disiplin tinggi, bukan tidak mungkin mutu pelayanan pegawai di Fakultas menjadi jawaban atas tuntutan civitas akademik dan masyarakat luas yang menantikan pelayanan yang baik.
Implementasi Kinerja Guru Tersertifikasi Dalam Pengelolaan Pembelajaran di SMP Negeri Sinombayuga Posigadan Naus, Hairun; T. Pido, Siti Asiah; Mobonggi, Arten H.
Irfani Vol. 15 No. 1 (2019): Irfani: Journal Of Islamic Education
Publisher : Irfani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kinerja guru Tersertifikasi dalam pengelolaan pembelajaran di SMP Negeri Sinombayuga Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, serta mengidentifikasi hambatan dan solusi terhadap kinerja guru.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan memberikan makna terhadap informasi data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Implementasi kinerja guru tersertifikasi dalam pengelolaan pembelajaran di SMP Negeri Sinombayuga Kecamatan Posigadan, berdasarkan hasil Penilaian Kinerja Guru (PKG) pada semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020, rata-rata keseluruhan komponen yang dinilai untuk kompetensi pedagogik dan professional yaitu 88.68 (Sangat Baik), hasil penilaian Kompetensi Kepribadian 91,66 (Sangat Baik), dan hasil penilaian kompetensi sosial 92,86 (Sangat Baik).
Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Implikasi Terhadap Peningkatkan Mutu Pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Gorontalo Lakisa, Nawir; Yahiji, Kasim; Posangi, Said Subhan
Irfani Vol. 15 No. 2 (2019): Irfani: Journal Of Islamic Education
Publisher : Irfani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk melihat strategi kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Gorontalo, factor-faktor yang menjadi penghambat strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Gorontalo dan Solusi dari Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Gorontalo dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan strategi kepala Madrasah dalam peningkatan mutu guru,yaitu: 1) Keadaan mutu guru yaitu jumlah guru keseluruhan 68 orang, berijazah S1 50 orang, S2 18 orang . guru yang PNS 52 orang, dan guru yang GTT 14 orang. Semua guru membuat Silabus, RPP, penilai dan Jurnal. 2) Strategi Kepala Madrasah dalam peningkatan guru, a) Menyelenggarakan penataran (workshop) Madrasah. b) Memberi kesempatan kepada guru untuk meningkatkan pendidikannya. c) menyarankan guru agar melanjutkan ke S2. d) mningkatkan sikap profesionalisme guru. Yaitu kepala Madrasah menjalankan supervise untuk penilain guru setiap satu semester , dan e) menyarankan agar guru selalu rajin membaca, dan belajar, 3) kendala yang dihadapi kepala Madrasah dalam peningkatan mutu guru, antara lain: kemampuan teknologi guru yang kurang, kedisiplinan guru kurang jarak rumah dengan Madrasah jauh. (4) solusi yang diberikan oleh kepala Madrasah dalam peningkatan mutu guru yaitu menganjurkan guru agar kursus komputer, memberikan pembinaan, motivasi, ,dan saran agar guru berangkat lebih pagi dari rumahnya.
Aplikasi Layanan Akademik Mahasiswa Berbasis Software (Studi Pengembangan di FITK IAIN Sultan Amai Gorontalo) Latief, Ahmad M.; Hasbi, Muh.; Syawaluddin
Irfani Vol. 15 No. 2 (2019): Irfani: Journal Of Islamic Education
Publisher : Irfani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yakni (1) Bagaimana Pengembangan aplikasi layanan akademik mahasiswa berbasis software di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo? (2) Bagaimana hasil pengujian kualitas model aplikasi layanan akademik mahasiswa berbasis software Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo yang telah dikembangkan?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Pengembangan aplikasi layanan akademik mahasiswa berbasis software di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo. (2) Untuk mengetahui hasil pengujian kualitas model aplikasi layanan akademik mahasiswa berbasis software Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini tergolong penelitian Research and Development (R&D) dengan Model Waterfall. Selanjutnya, teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: pengujian unit, pengujian integrasi, dan pengujian validasi. Hasil penelitian Pengembangan aplikasi layanan akademik mahasiswa berbasis software di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo menggunakan model waterfall yang merupakan model pengembangan perangkat lunak yang sistematis dan berurutan (sekuensial) karena pengembangnya harus melewati tahap-tahap yang telah ditentukan sebelumnya. Yaitu meliputi tahap communication, planning, modelling, construction dan deployment. Bahasa pemrogaman yang digunakan yaitu Microsoft Visual Basic dan Microsoft Excel. Hasil pengujian model aplikasi layanan akademik mahasiswa berbasis software di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo menunjukkan hasil yang baik pada pengujian unit, pengujian integrasi, pengujian validasi, dan pengujian sistem. Pada pengujian unit, semua unit dalam modul sistem telah sesuai dengan test case jalur independen.
Hubungan Konsep Diri Akademik Dengan Belajar Berdasar Regulasi Diri Pada Siswa Kelas XII Man Kotamobagu Matara, Kusmawaty
Irfani Vol. 15 No. 2 (2019): Irfani: Journal Of Islamic Education
Publisher : Irfani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris dan mengetahui gambaran hubungan antara konsep diri akademik dengan belajar berdasar regulasi diri pada siswa kelas XII MAN Kotamobagu Sulawesi Utara. Subyek dalam penelitian ini adalah 80 siswa Kelas XII MAN Kotambagu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan 2 skala yaitu konsep diri akademik dan belajar berdasar regulasi diri. Analisis data diolah dengan metode analisis regresi menggunakan program SPS-versi 15.0 for window. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang sangat signifikan konsep diri akademik dengan belajar berdasar regulasi diri pada siswa kelas XII MAN Kotamobagu. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai F = 11,614 dengan p = 0,00 (p < 0.01). Konsep diri akademik berperan sebesar 16,6 % dan 83,4 % dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian. Hasil uji analisis konsep diri akademik dengan belajar berdasar regulasi diri pada siswa kelas XII MAN Kotamobagu, terdapat hubungan positif yang sangat signifikan. Nilai yang diperoleh dari korelasi parsial sebesar = 0,402 t hitung = 0,4737 dengan p = 0.00 (p < 0.01).
APPLICATION OF HYPNOTEACHING METHOD IN SPIRITUAL VALUES LEARNING Istiani, Nurul; Islamy, Athoillah
Irfani Vol. 15 No. 2 (2019): Irfani: Journal Of Islamic Education
Publisher : Irfani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract This study aims to expalin aplication of hypnoteaching method ini spritual values learning. This type of research is library research. This research is qualitative research. The primary source used in this study is the tought of Muhammad Noer in his book entitled Hypnoteaching For Success Learning. This research concludes that the hypnoteaching method is a learning method that combines teaching and learning with hypnosis. This method can be used as one of the methods in the process of learning spiritual values. In its application, hypnoteaching method emphasizes the cognitive, affective and psychomotor aspects of students through positive suggestions. With these steps it is expected to create a more effective and enjoyable spiritual learning process.                      Keywords : method, hypnoteaching, learning, spritual