cover
Contact Name
Imron Wakhid Harits, Ph.D
Contact Email
-
Phone
+420776193459
Journal Mail Official
prosodi@trunojoyo.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Telang, Kamal, Bangkalan Kode Pos 69162
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
Prosodi
ISSN : 19076665     EISSN : 26220474     DOI : https://doi.org/10.21107/prosodi
Core Subject : Education,
PROSODI: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra is biannual peer-reviewed, open-access journal published by the Faculty of Social and Cultural Science, University Trunojoyo Madura. The journal encourages original articles on various issues within Language and Literary Studies, which include but are not limited to literature and linguistics.
Articles 135 Documents
BLACK BRITISH IDENTITY IN KWAME KWEI ARMAH’S ELMINA’S KITCHEN Fajar, Yusri
Prosodi Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra Vol 6, No 1: JANUARI 2012
Publisher : Program Studi Bahasa Inggris Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/prosodi.v6i1.65

Abstract

Identitas orang-orang keturunan Afrika yang telah menjadi warga negara Inggris menjadi isu menarik sejak mereka menetap dan membentuk masyarakat diaspora (imigran yang masih mempertahankan budaya mereka) di Inggris. Konstruksi identitas dipengaruhi oleh berbagai hal seperti keluarga, gender, ras, sejarah, bahasa, tingkah laku dan keterlibatan dalam kehidupan sosial. Drama kontemporer orang-orang keturunan Afrika di Inggris adalah karya penting yang merepresentasikan identitas orang-orang Afrika dan menjadi media untuk menyuarakan aspirasi dan pemikiran mereka dalam masyarakat Inggris yang didominasi oleh orang-orang kulit putih. Drama berjudul “Dapur Elmina” (Elmina’s Kitchen) karya Kwame Kwei Armah mengambarkan masyarakat keturunan Afrika dari Karibia di Inggris dan berbagai strategi mereka dalam beradaptasi dan bertahan hidup di Inggris. Sebagai kelompok minoritas, orang-orang keturunan Afrika ini bisa dikenali dari tradisi dan budaya mereka yang tercermin dari bahasa, bentuk kesenian, pakaian, kebiasaan, cara berpikir hingga tingkah laku. Lebih khusus lagi, identitas mereka bisa dilihat dari kebiasaan mereka melakukan kejahatan dan kekerasan. Artikel ini pertama akan menggambarkan masyarakat keturunan Afrika asal Karibia dan menghubungkannya dengan konstruksi identitas mereka secara umum. Kemudian, artikel ini akan menganalisis kontruksi identitas tokoh-tokoh keturunan Afrika di Inggris sebagaimana yang tercermin dalam drama “Dapur Elmina” (Elmina’s Kitchen)
Beberapa Isu dalam Penerjemahan Sriyono, -
Prosodi Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra Vol 7, No 2: JULI 2013
Publisher : Program Studi Bahasa Inggris Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/prosodi.v7i2.39

Abstract

Kegiatan penerjemahan terus mengalami perkembangan seiring dengan era globalisasi dan terbukanya batas batas komunikasi antar wilayah ataupun antar negara. Penerjamahan bukan lagi sebuah aktivitas linguistik semata, akan tetapi kegiatan penerjemahan sudah mencakup aspek aspek lain diluar bidang linguistik. Berbagai hal dalam penerjemahan menjadi bagian yang terus menerus menjadi perhatian dalam kajian penerjemahan. Trend dan perkembangan kajian penerjemahan ‘menembus” berbagai batas dan skat komunikasi antar bahasa yang berbeda. Lebih dari itu, tampaknya kegiatan penerjemahan sudah mengalami pergeseran paradigm, dimana penerjemahan tidak hanya sebatas mencari makna akan tetapi sudah melampaui batas batas yang selama ini sulit untuk ditembus. Setiap hal baru dalam penerjemahan akan memberikan dampak yang penting bagi ilmu penerjemahan, baik itu pada tataran teori maupun metodologi. Dinamika dan perkembangan ilmu penerjemahan yang dikemukakan oleh para pakar sebaiknya terus dicermati, paling tidak sebagai acuan untuk referensi sekaligus daya dorong bagi pemerhati, peneliti, praktisi, sekaligus ilmuwan penerjemahan. Ilmu penerjemahan tidak hanya berhenti pada tataran perdebatan dan pencarian  definisi tentang penerjemahan itu sendiri atau perdebatan dikotomi berbagai istilah dalam penerjemahan. Perlu kiranya memperhatikan aspek aspek dan istilah yang penting dalam penerjemahan.
SCENARIO OUTSIDE THE SCENARIO Study of Text and Context on the Novels Sang Alkemis and The Un(Reality) Show Saksono, Suryo Tri
Prosodi Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra Vol 2, No 2: JULI 2008
Publisher : Program Studi Bahasa Inggris Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/prosodi.v2i2.339

Abstract

Kajian sastra secara umum dibedakan menjadi dua: kajian teks dan kajian konteks. Kajian teks disebut juga kajian intrinsik, sedangkan kajian konteks disebut juga kajian ekstrinsik. Makalah ini menerapkan kajian teks pada novel Sang Alkemis dan kajian konteks pada novel The Un(Reality) Show. Ada kesamaan yang terjadi pada kedua novel, yaitu tidak terpenuhinya keinginan para pemeran utama dalam menggapai cita-cita. Skenario yang telah dibuat dengan matang ternyata dalam perjalanan menyimpang dan terjadi skenario yang berbeda. Akibatnya, semua pemeran utama kecewa
Teacher Talk in EFL Classrooms A Look at Different Perspectives Salikin, Hairus
Prosodi Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra Vol 4, No 1: JANUARI 2010
Publisher : Program Studi Bahasa Inggris Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/prosodi.v4i1.85

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji tuturan guru dari berbagai perspektif. Tuturan guru adalah jenis bahasa yang digunakan guru dalam proses belajar-mengajar. Lebih spesifik lagi, penelitian ini membicarakan tentang tuturan guru dalam seting kelas EFL. Ciri-ciri dari tuturan guru, banyaknya tuturan guru dalam seting kelas EFL adalah sangat penting untuk dibahas. Hasil dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa bahwa pembicaraan dalam kelas EFL didominasi oleh guru. Ini berarti bahwa pelajar hanya mendapatkan sedikit kesempatan untuk menggunakan target language (TL). Guru mememodifikasi tuturan dalam kelas EFL dalam berbagai cara. Mereka memodifikasi aspek interaksi, sintaktik, leksikal, dan fonologikal. Dengan menginvestigasi fenomena diatas, diharapkan pelajar dan guru dapat memperoleh manfaat.
IDEOLOGI MASYARAKAT MADURA DALAM UNGKAPAN-UNGKAPAN IDIOMATIS Hani'ah, -
Prosodi Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra Vol 4, No 2: JULI 2010
Publisher : Program Studi Bahasa Inggris Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/prosodi.v4i2.81

Abstract

Critical linguists, like Volosinov, Bakhtin, Foucault, Fairclough, Wodak, Kress, Hodge, dan Van Dijk believe that language is an ideology and ideoligic. Language ideology used in societies is considered a commonsensicalthought. It is often used as the guidance to perform certain acts, by the members of societies to obtain harmony. The idiomatic expressiant social life is the Madurese, is one of the society which is still used idiomatic expressions in their social life. And the writer interested to take an idiomatic expressions at the object of her study. This study applies the saussure’s semiotic approach. Saussure claims that language is a system of signs reflecting social life. Hence, signs contain social aspecs applied in societies, known as ideology. By applying the Saussure’s approach, the writer found out that the Madurese idiomtic expression contain the ideology of Madurese.
TURN TAKING IN MATH TUTORIAL SESSION: A CONVERSATION ANALYSIS Ekawati, Rosyida
Prosodi Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra Vol 5, No 2: JULI 2011
Publisher : Program Studi Bahasa Inggris Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/prosodi.v5i2.71

Abstract

Percakapan selama kursus privat Matematika antara siswa dan guru adalah Analisis Wacana interaksi interpersonal. Banyak jenis interaksi interpersonal juga menggunakan organisasi bergiliran seperti halnya percakapan biasa. Analisis Percakapan mempelajari berbagai hal yang mendasari percakapan: bagaimana semua yang terlibat dalam percakapan bergantian bicara, bagaimana mereka berorientasi terhadap kedua ucapan lainnya, dan juga konteks sekitarnya. Bergiliran bicara yang dilakukan oleh guru dan siswa dalam kursus privat Matematika umumnya dalam bentuk tanya jawab dengan menggunakan kata-kata tunggal atau frase-frase tunggal. Alokasi giliran bicaranya juga dapat dikenali dengan adanya jeda dan intonasi, serta adanya tumpang tindih berbicara yang terjadi selama percakapan.
A COMPARATIVE STUDY OF VOICE ONSET TIME (VOT) IN MADURESE AND ENGLISH WORD-INITIAL PLOSIVES Misnadin, -
Prosodi Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra Vol 7, No 1: JANUARI 2013
Publisher : Program Studi Bahasa Inggris Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/prosodi.v7i1.48

Abstract

Artikel ini membahas Voice Onset Time (VOT) bunyi hambat bahasa Madura dan dikomparasikan dengan bunyi hambat bahasa Inggris. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah kedua bahasa tersebut memiliki konfigurasi VOT yang sama mengingat baik bahasa Madura maupun bahasa Inggris memiliki konsonan letup beraspirasi tak bersuara.
KONSTRUKSI GENDER DALAM BUKU AJAR MUATAN LOKAL BAHASA MADURA Studi Isu Gender Dalam Bahasa Madura Azhar, Iqbal Nurul
Prosodi Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra Vol 3, No 1: JANUARI 2009
Publisher : Program Studi Bahasa Inggris Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/prosodi.v3i1.335

Abstract

Madurese culture that puts the position of man higher than woman sometimes results stereotype. This stereotype states that many gender imbalances exist in Madurese communities not only in family or in social relationships, but also in educationan. To prove this storeotype, a research focussing on Madurese Language handbooks used in elementary school was conducted. Three books were analyzed using linguistcs approach. The result of the study gives an evidance that the gender imbalence do exist in this field.
WILLOW RANDALL’S EFFORT TO COPE WITH HER GRIEF IN JULIA HOBAN’S WILLOW Ashadi, Devi Norischa
Prosodi Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra Vol 9, No 1: JANUARI 2015
Publisher : Program Studi Bahasa Inggris Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/prosodi.v9i1.461

Abstract

Kajian ini tentang masalah psikologi, yakni kenestapaan. Kajian ini membahas tentang kenestapaan yang dialami tokoh utama, Willow Randall di novel Willow karya Julia Hoban. Berkaitan dengan hal tersebut, kajian ini memfokuskan pada kenestapaan Willow Randall, bagaimana dia mengatasinya, dan menyembuhkannya. Untuk itu kajian ini berdasar pada teori yg dijelaskan oleh Alan D. Wolfelt tentang kenestapaan, cara mengatasinya, dan cara menyembuhkannya.   Kajian ini menganalisis beberapa ungkapan dari beberapa tokoh dan gambaran dari penutur novel yang berkaitan dengan kenestapaan Willow Randall. Dengan demikian kajian ini adalah kualitatif. Hasil analisa menggambarkan bahwa tokoh utama mengalami kenestapaan, dia dapat mengatasi, dan menyembuhkannya dengan bantuan Guy, yakni dengan cara menghadapi kenestapaan tersebut dan menghentikan kencan dengan tukang cukur.
UNDERSTANDING THE BEHAVIORS OF INDIVIDUAL-LEVEL AND STAGE-LEVEL PREDICATES Misnadin, -
Prosodi Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra Vol 6, No 2: JULI 2012
Publisher : Program Studi Bahasa Inggris Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/prosodi.v6i2.57

Abstract

Artikel ini membahas masalah perilaku dua jenis predikat, yaitu predikat individu dan bertingkat. Ahli semantik membedakan kedua jenis predikat ini dengan menggunakan sejumlah tes diagnostik disertai dengan sejumlah fitur semantik yang dapat digunakan untuk mencirikan keduanya. Artikel ini dibagi menjadi tiga bagian utama. Bagian pertama membicarakan konsep kedua jenis predikat dengan penitikberatan pada pembedaan melalui ciri-ciri yang dimiliki oleh masing-masing jenis predikat. Bagian kedua melihat contoh hasil penelitian yang dilakukan dalam kasus bahasa Finlandia. Bagian ketiga mencoba menerapkan konsep tersebut pada data bahasa Indonesia. Hasil analisis data menunjukkan bahwa alat diagnostik yang digunakan dalam bahasa Inggris tidak serta merta dapat diterapkan dalam bahasa Indonesia. Ini menunjukkan bahwa tidak semua alat diagnostik dapat digunakan secara universal untuk menentukan jenis predikat.

Page 1 of 14 | Total Record : 135