cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JURNAL PIJAR
Published by Universitas Mataram
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Merupakan jurnal dengan akses terbuka (Open Access Journal) yang diterbitkan oleh Jurusan PMIPA FKIP Universitas Mataram, memuat artikel ilmiah baik berupa: 1. HASIL PENELITIAN. 2. LAPORAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT,3. KAJIAN PUSTAKA.Terbit setiap 6 bulan sekali (Maret dan September), mencakup pengkajian ilmu dan pengajaran dalam bidang MIPA (Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi). Redaksi menerima tulisan dalam bahasa Indonesia atau Inggris, baik dari kalangan universitas maupun dari luar universitas
Arjuna Subject : -
Articles 2 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 1 (2007)" : 2 Documents clear
DOSE RESPONSE CHARACTERISTICS OFPOLYACRYLAMIDE GELFOR POLYMERIZATION-BASED DOSIMETER EVALUATED USINGNMR SPECTROMETER Doyan, Aris
Jurnal PIJAR Vol 2, No 1 (2007)
Publisher : Jurnal PIJAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Telah  diteliti  karakteristik  respon  radiasi  dari  poliakrilamida  gel  dosimeter  yang  disediakan dengan perbedaan konsentrasi dari monomer dan kros-linker. Mekanisme respon dosis meningkat dalam derajat relaksasi  proton-proton  di  dalam  NMR  yang  disebabkan  oleh  suatu  proses  polimerisasi  di  dalam  PAAmG dosimeter. Proses tersebut telah di diteliti bahwa untuk konsentrasi lebih tinggi dari monomer dan kros-linker, derajat polimerisasi bertambah seperti yang ditunjukkan pada sensitifitas dosis dan pameter koefisien korelasi.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KETAKUTAN SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN FISIKA PADASISWAKELAS XI SMA NEGERI 2 MATARAM Bahtiar, Bahtiar
Jurnal PIJAR Vol 2, No 1 (2007)
Publisher : Jurnal PIJAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil belajar yang dicapai siswa pada umumnya dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal, Faktor lain yang sangat menentukan adalah faktor tujuan dan target pembelajaran, faktor guru, faktor situasi kelas, faktor murid, dan faktor metode pembelajaran. Jika faktor-faktor di atas diabaikan maka cenderung prestasi belajar siswa sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab ketakutan siswa terhadap mata pelajaran fisika pada siswa kelas XI SMAN 2 Mataram. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket yang sudah diuji validitas dan reliabilitas soalnya. Hasil penelitian ini diolah dengan menggunakan statistik deskriptif pada sampel 135 siswa yang di ambil secara purposive samplingmenunjukanbahwa faktor-faktor penyebab ketakutan siswa terhadap mata pelajaran fisika pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Mataram adalah faktor metode pembelajaran 64,44%, faktor guru 62,96%, faktor murid 55,56%, faktor tujuan dan  target  pembelajaran  53,33%,  dan  faktor  situasi  kelas  51,85%.  Ini  berarti  faktor-faktor  di  atas  harus  di laksanakan oleh seorang guru supaya tidak ada kesan siswa menganggap bahwa pelajaran fisika adalah pelajaran yang  sulit,  membosankan  dan  menakutkan.  Dari  hasil  penelitian  dapat  simpulkan  bahwa  faktor  penyebab ketakutan siswa terhadap mata pelajaran fisika pada siswa kelas XI SMAN 2 Mataram adalah faktor tujuan dan target pembelajaran, faktor guru, faktor situasi kelas, faktor murid, dan faktor metode pembelajaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 2