cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JURNAL PIJAR
Published by Universitas Mataram
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Merupakan jurnal dengan akses terbuka (Open Access Journal) yang diterbitkan oleh Jurusan PMIPA FKIP Universitas Mataram, memuat artikel ilmiah baik berupa: 1. HASIL PENELITIAN. 2. LAPORAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT,3. KAJIAN PUSTAKA.Terbit setiap 6 bulan sekali (Maret dan September), mencakup pengkajian ilmu dan pengajaran dalam bidang MIPA (Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi). Redaksi menerima tulisan dalam bahasa Indonesia atau Inggris, baik dari kalangan universitas maupun dari luar universitas
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 8, No 2 (2013)" : 8 Documents clear
TANGGAPAN MAHASISWA DAN DOSEN TERHADAP PEMBELAJARAN BERBASIS PROSES BERPIKIR KAUSALITAS DAN BERPIKIR ANALITIK DALAM PERKULIAHAN FISIKA Rokhmat, Joni; Setiawan, Agus
Jurnal PIJAR Vol 8, No 2 (2013)
Publisher : Jurnal PIJAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Telah dikembangkan model pembelajaran berbasis proses berpikir kausalitas dan berpikir analitik (PBK-BA) untuk meningkatkan kemampuan problem-solving (KPS) mahasiswa calon guru fisika. Penelitian ini bertujuan mendesain pembelajaran berbasis PBK-BA dan menentukan pola PBK-BA yang perlu dikembangkan. Penelitian menggunakan metoda mixed method berjenis embedded design one-phase dengan penekanan kualitatif. Dengan taraf kepercayaan 95%, implementasi model pembelajaran ini secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan problem-solving (KPS) mahasiswa yang meliputi kemampuan understanding, selecting, differentiating, determining, applying, dan identifying tetapi secara umum peningkatan tersebut pada mahasiswa kelas atas dan bawah tidak berbeda signifikan. Selain itu, pencapaian kemampuan PBK-BA dan KPS mahasiswa masih rendah. Mahasiswa dan dosen sependapat terhadap pernyataan positip dan berpendapat sebaliknya terhadap pernyataan negatip pengembangan PBK-BA. Dari tanggapan bebas mahasiswa menyatakan dengan PBK-BA lebih mengerti konsep fisika, senang, meningkatkan daya pikir, dan dapat belajar fisika secara utuh sedangkan menurut dosen perlu ilustrasi gambar, contoh persoalan yang sudah diselesaikan, persoalan yang real, berjenjang, dan menggunakan persoalan lebih mudah dan sederhana. Hasil penelitian ini merekomendasikan untuk mengembangkan dua pola PBK-BA, yaitu pola standar dan pola yang ber-scaffolding.
PENGARUH PENAMBAHAN ENZIM TANASE TERHADAP SIFAT KIMIA SIRUP BUAH SEMU JAMBU METE (ANACARDIUM OCCIDENTALE LINN) Sani Anwar, Yunita Arian
Jurnal PIJAR Vol 8, No 2 (2013)
Publisher : Jurnal PIJAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sebelumnya telah dihasilkan enzim tanase dari Aspergillus niger menggunakan media padat.Pada penelitian ini, enzim tanase yang dihasilkan diaplikasikan pada sirup buah jambu mete.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan enzim tanase terhadap sifat sirup buah jambu. Konsentrasi enzim yang digunakan divariasi 0%; 0,02%; 0,04%; 0,06%; 0,08% dan 0,1%. Hasil yang diperoleh dibandingkan dengan sifat kimia sirup buah jambu mete yang diberi perlakuan dengan suhu tinggi (100oC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan enzim tanase sebesar 0,1% memberikan hasil yang paling baik untuk menurunkan kandungan tannin jika dibandingkan dengan penggunaan suhu tinggi. Kadar glukosa mengalami peningkatan yang signifikan untuk sirup yang diberi perlakuan dengan suhu tinggi. Hasil analisis vitamin C, protein dan pH tidak mengalami perubahan pada sirup buah jambu mete yang diberi perlakuan dengan enzim tanase. Penggunaan suhu tinggi menyebabkan penurunan kadar vitamin C dan protein secara signifikan.
ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI IPA SMAN 3 MATARAM MENGGUNAKAN ONE TIER DAN TWO TIER TEST MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN Nabilah, Nabilah; Andayani, Yayuk; Laksmiwati, Dwi
Jurnal PIJAR Vol 8, No 2 (2013)
Publisher : Jurnal PIJAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman konsep siswa kelas XI IPA SMAN 3 Mataram menggunakan one tier dan two tier test materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Soal one tier diujikan kepada siswa kelas XI IPA 4 dan soal two tier untuk siswa kelas XI IPA 5. Data pemahaman konsep siswa dianalisis menggunakan persentase. Hasil pemahaman konsep menggunakan One Tier Test (57,4%) lebih besar daripada menggunakan Two Tier Test (21,03%). One Tier Test hanya menunjukkan pemahaman konsep siswa, sedangkan Two Tier Test dapat membagi pemahaman konsep siswa menjadi beberapa tingkatan pemahaman melalui analisis pola jawaban siswa pada tingkat pertama dan kedua. Analisis menggunakan Two Tier Test menghasilkan tingkat pemahaman diantaranya memahami (20.77%), miskonsepsi-1 (22.05%), miskonssepsi-2 (18.08%), memahami sebagian tanpa miskonsepsi (0.13%), tidak memahami konsep-1 (36.67%), tidak memahami konsep-2 (0.38%), dan tidak memahami konsep-3 (1.67%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa two tier test lebih efektif untuk menentukan tingkat pemahaman konsep siswa daripada menggunakan one tier test.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 NARMADA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Utami, Nurbaiti Rindang; Andayani, Yayuk; Muntari, Muntari
Jurnal PIJAR Vol 8, No 2 (2013)
Publisher : Jurnal PIJAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas XI IPA SMAN 1 Narmada Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu dengan rancangan post test only control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling karena anggota populasi sudah homogen berdasarkan data nilai ujian semester ganjil siswa kelas XI IPA. Kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Post test digunakan sebagai instrumen utama penelitian, selain itu portofolio juga digunakan sebagai instrumen kedua penelitian ini. Hasil uji beda (uji-t) post test dengan taraf signifikan 5% menunjukkan thitung (4,105) > ttabel (2,000) sehingga H0 ditolak. Uji-t dilakukan juga pada hasil portofolio yang menunjukkan thitung (2,89) > ttabel (2,000). Berdasarkan kedua hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan model konvensional terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas XI IPA SMAN 1 Narmada Tahun Pelajaran 2013/2014.
EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DAN STRATEGI KOOPERATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK AWAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 MATARAM Gayatri, I Gst Ayu Suartini; Jekti, Dwi Soelistya Dyah; Jufri, A. Wahab
Jurnal PIJAR Vol 8, No 2 (2013)
Publisher : Jurnal PIJAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Saat ini sekolah belum menerapkan suasana belajar yang mengembangkan kemampuan siswa, terutama dalam kemampuan menyelesaikan masalah dan hasil belajar kognitif siswa. Sehingga tingkatan kemampuan berpikir siswa hanya berada pada tataran berpikir tingkat rendah yang tidak memiliki penalaran dan kemampuan menyelesaikan  masalah yang nyata. Pendekatan pembelajaran berbasis masalah dan strategi pembelajaran kooperatif menjadi alternatif pendekatan pembelajaran yang dapat meningktakan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan pembelajaran (PBM terintegrasi STAD, PBM dan STAD), kemampuan akademik siswa dan interaksi antara strategi pembelajaran dengan tingkat kemampuan akademik siswa terhadap kemampuan menyelesaikan masalah dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas X SMAN 3 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment  dengan Pretest-Posttes Nonequivalent Control Group Design, perlakuan dengan seting faktorial 2 x 3. Populasi penelitian sebanyak 480 siswa yang tersebar dalam 12 kelas. Teknik sampling dipilih dengan cluster random sampling dan diperoleh 120 siswa yang tersebar dalam 3 kelas. Hasil uji statistik menunjukkan  adanya pengaruh yang signifikan (p<0,05) pada penerapan strategi pembelajaran (PBM terintegrasi STAD, PBM dan STAD) terhadap kemampuan menyelesaikan masalah  dan hasil belajar kognitif siswa.  Tingkat kemampuan akademik siswa (tinggi dan rendah) juga menunjukkan pengaruh yang signifikan (p<0,05) terhadap kemampuan menyelesaikan masalah  dan hasil belajar kognitif siswa. Namun interaksi antara srategi pembelajaran dengan kemampuan akademik siswa tidak berpengaruh terhadap kemampuan menyelesaikan masalah  dan hasil belajar kognitif siswa (p>0,05).
MODEL PEMBELAJARAN TERINTEGRASI DALAM RPP UNTUK MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA WILAYAH KEPENGAWASAN KABUPATEN LOMBOK BARAT Sumardiyanto, Sumardiyanto; Andayani, Yayuk; Muntari, Muntari
Jurnal PIJAR Vol 8, No 2 (2013)
Publisher : Jurnal PIJAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tugas pengawas sekolah adalah melakukan pengawasan akademik dan manajerial, melakukan pembimbingan dan pelatihan profesional guru, dan evaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan. Guru memiliki peranan penting dalam pembelajaran di kelas, sebagai agen pembelajar, guru harus mampu menyajikan proses pembelajaran dengan melibatkan langsung peran serta peserta didik secara aktif (student centre), untuk itulah guru harus menguasai dan mampu memanfaatkan berbagai model pembelajaran dalam implementasinya di kelas guna menerapkan pendekatan PAIKEM. Pada umumnya pembelajaran sudah mulai bergeser kearah student centered, tetapi sebagian besar guru SMA di wilayah kepengawasan Kabupaten Lombok Barat belum memahami bahwa model pembelajaran sangat berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran sehingga belum mengembangkan model-model pembelajaran yang inovatif. Hasil observasi awal terhadap RPP dan proses pembelajaran/kegiatan belajar mengajar (KBM) menunjukkan bahwa pembelajaran masih berlangsung secara konvensional/cenderung menggunakan metode ceramah serta berpusat pada guru/teacher centered dan belum menunjukkan digunakannya model pembelajaran. Oleh karena itu dalam pelaksanaan tugasnya perlu pembinaan oleh pengawas sekolah/supervisor melalui supervisi akademik yang difokuskan terhadap materi tersebut, guna perbaikan dan peningkatan mutu pembelajaran yang pada gilirannya nanti berdampak terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjajaki: (1) Apakah model pembelajaran terintegrasi dalam RPP dapat digunakan untuk meningkatkan proses pembelajaran kimia di SMA wilayah kepengawasan kabupaten Lombok Barat. (2) Bagaimana tingkat keefektifan penerapan model pembelajaran terintegrasi dalam RPP dapat digunakan untuk meningkatkan proses pembelajaran kimia di SMA wilayah kepengawasan kabupaten Lombok Barat. Metode penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang mengacu pada model Kurt Lewin. Prosedur penelitiannya dilakukan secara siklikal, yakni satu siklus dimulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. PTS ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, yang ditujukan untuk meningkatkan proses pembelajaran kimia di SMA wilayah kepengawasan, bertujuan untuk mencari pemecahan permasalahan nyata yang terjadi di sekolah-sekolah, sekaligus mencari jawaban ilmiah bagaimana masalah-masalah tersebut bisa dipecahkan melalui suatu tindakan perbaikan. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui teknik observasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif, sedangkan untuk menjelaskan fenomena hasil penelitian yang bersifat hitungan dan persentase digunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Model pembelajaran terintegrasi dalam RPP dapat digunakan untuk meningkatkan proses pembelajaran kimia di SMA wilayah kepengawasan kabupaten Lombok Barat. (2) Tingkat keefektifan penerapan model pembelajaran terintegrasi dalam RPP digunakan untuk meningkatkan proses pembelajaran kimia di SMA wilayah kepengawasan kabupaten Lombok Barat, yakni terjadi peningkatan persentase terhadap observasi awal sebesar: (a) Rata-rata hasil penilaian RPP pada siklus I = 16,27% dan pada siklus II = 22,90%; (b) Rata-rata hasil penilaian KBM pada siklus I = 22,17% dan pada siklus II = 30,32%; (c) Rata-rata Hasil Belajar Siswa pada siklus I = 11,06% dan pada siklus II = 29,37%.
PENGEMBANGAN WEB INTRANET FISIKA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMKN 2 PRAYA TENGAH Sukmantara, I Komang Yogi; Doyan, Aris; Gunawan, Gunawan
Jurnal PIJAR Vol 8, No 2 (2013)
Publisher : Jurnal PIJAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran web intranet fisika dan mengetahui pengaruhnya terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan model Borg dan Gall yang dimodifikasi menjadi 3 tahap, yaitu tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan media/produk, dan tahap uji coba media/produk. Media pembelajaran web intranet fisika dikembangkan pada materi usaha, energi, dan daya. Kedua kelas dianalisis menggunakan uji perbedaan rata-rata (Uji t atau Uji Mann-Whitney) dan skor gain ternormalisasi (N-gain). Uji Mann-Whitney penguasaan konsep menghasilkan nilai sebesar 0,047 pada taraf kepercayaan 95% yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan penguasaan konsep kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Rata-rata N-gain penguasaan konsep kelas eksperimen adalah 53,73% (sedang) sedangkan rata-rata N-gain kelas kontrol adalah  47,16% (sedang). Uji Mann-Whitney kemampuan pemecahan masalah menghasilkan nilai sebesar 0,34 pada taraf kepercayaan 95% yang berarti tidak terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Rata-rata N-gain kelas eksperimen adalah 48,56% (sedang) sedangkan rata-rata N-gain kelas kontrol adalah 48,16% (sedang).
PENCEMARAN UDARA AKIBAT PENGOLAHAN BATU KAPUR DI DUSUN OPEN DESA MANGKUNG PRAYA BARAT Al Idrus, Syarifa Wahidah
Jurnal PIJAR Vol 8, No 2 (2013)
Publisher : Jurnal PIJAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di dusun open desa Mangkung pada bulan April 2013 dengan tujuan untuk: (1) mendeskripsikan pencemaran udara di dusun Open desa Mangkung, (2) mengetahui dampak penambangan batu kapur terhadap lingkungan dan masyarakat, (3) mengetahui cara yang tepat mengatasi pencemaran udara di dusun Open desa Mangkung. Berkenaan dengan itu penelitian dirancang sebagai penelitian deskriptif, Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode deskriptitif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kegiatan penambangan batu kapur di dusun open desa mangkung menyebabkan pencemaran udara berupa pencemaran partikel debu dan gas karbon monoksida (CO), (2) dampak penambangan batu kapur tersebut adalah lingkungan menjadi tercemar dan masyarakat mengalmi ISPA cukup tinggi, (3) beberapa pendekatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi pencemaran di dusun Open desa Mangkung adalah pendekatan institusi, pendekatan pelayanan kesehatan, pendekatan social ekonomi dan pendekatan teknologi.

Page 1 of 1 | Total Record : 8