cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Lentera Pendidikan
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 20, No 2 (2017)" : 10 Documents clear
IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU Tahir, Abd. Wahid
Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Vol 20, No 2 (2017)
Publisher : Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/lp.2017v20n2i9

Abstract

EFEKTIVITAS PELATIHAN ADVERSITY QUOTIENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA Hasan, Nabilah Panandrang; Dewi, Eva Meizara Puspita; Ridfah, Ahmad
Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Vol 20, No 2 (2017)
Publisher : Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/lp.2017v20n2i2

Abstract

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 SUNGGUMINASA Thahir, Asriani
Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Vol 20, No 2 (2017)
Publisher : Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/lp.2017v20n2i5

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses dan hasil penerapan model pem­be­lajaran berbasis proyek dalam pembelajaran menulis teks eksposisi peserta di­dik kelas X SMA Negeri 2 Sungguminasa. Jenis penelitian adalah penelitian eks­pe­rimen dengan desain true eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Nege­ri 2 Sungguminasa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik ke­las X yang berjumlah 239 orang. Teknik penentuan sampel yaitu propor­tional ran­dom sampling dan sampel yang terpilih sebanyak 70 orang. Instrumen be­ru­pa ran­cangan penelitian dan pedoman menulis teks eksposisi. Teknik pengum­pulan da­ta yaitu teknik tes tertulis. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan meng­gunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian me­nun­jukkan dengan Uji hipotesis menggunakan analisis inferensial jenis uji-t in­dependen dan diperoleh nilai t sebesar 14,293 dengan derajat kebebasan 68 dan p-value (2 tailed) = 0,000. Karena nilai p-value < 0,05 atau 0,000 < 0,05 atau t hitung 14,293 > t tabel 2,04 maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima dan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis pro­­yek efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi peserta di­dik kelas X SMA Negeri 2 Sungguminasa.Abstract:This study aims to examine the process and the results of the implementation of project-based learning model in learning writing expository text of students class X of SMA Negeri 2 Sungguminasa. The type of research is experimental research. The research design is true experiment. This research was conducted in SMA Negeri 2 Sungguminasa. The population in this study is all students of class X which amounted to 239 people. The technique sampling used in this research was propotional random sampling and the selected sample is 70 students. Instruments used in this research were research planning exposition texts writing guidelines. Data collection techniques are written test techniques. The collected data is then analyzed by using descriptive statistics and inferential statistics. The results showed by hypothesis test using inferential analysis of independent t-test type and obtained t value equals to 14,293 with degree of freedom 68 and p-value (2 tailed) = 0,000. Since the p-value <0,05 or 0,000 <0,05 or t value 14,293> t table 2.04, the null hypothesis (H0) is rejected and the alternative hypothesis (H1) is accepted and it can be concluded that the application of project-based learning model is effective to be applied in learning writing expository text of students class X of SMA Negeri 2 Sungguminasa.
PROFESIONALISME GURU SD / MI Nursalim, Nursalim
Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Vol 20, No 2 (2017)
Publisher : Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/lp.2017v20n2i10

Abstract

BUKU PAKET PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR: Tinjauan terhadap Problematika Pemanfaatannya di Kota Gorontalo Mustafa, Muhammad Sadli
Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Vol 20, No 2 (2017)
Publisher : Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/lp.2017v20n2i3

Abstract

HUBUNGAN KEMAMPUAN MERANCANG PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN KINERJA PRAKTIK MENGAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI Rapi, Muh.; Ali, Ahmad
Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Vol 20, No 2 (2017)
Publisher : Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/lp.2017v20n2i6

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk; mengetahui gambaran kemampuan merancang pe­rangkat pembelajaran, gambaran kinerja praktik mengajar mahasiswa, dan hu­bu­ngan antara kemampuan merancang perangkat pembelajaran dengan praktik me­ngajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Pendidikan Biologi yang melaksanakan prak­tik pengalaman lapangan di Madrasah Aliyah (MA) Madani Paopao Ka­bu­pa­ten Gowa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Responden pe­nelitian sebanyak 10 mahasiswa Pendidikan Biologi. Jika dilihat dari tujuan pe­ne­litian, maka penelitian ini bersifat evaluatif. Instrumen yang digunakan me­ngum­pulkan data adalah skala penilaian dan lembar observasi. Teknik analisis da­ta menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial Korelasi Pearson Pro­duct Moment. Hasil penelitian menunjukkan 1) kemampuan mahasiswa me­ran­cang perangkat pembelajaran dalam kategori baik, 2) kinerja praktik mengajar dalam kategori baik, 3) hubungan antara kemampuan merancang perangkat pem­belajaran dengan kinerja praktik mengajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Bio­logi di Madrasah Aliyah (MA) Madani Paopao Kabupaten Gowa dalam ka­te­gori kuat.Abstract:This research aims to know the description of the ability to design learning tools, des­crip­tion of the performance of the teaching practice of students, and the re­la­tion­ship between the ability of designing learning tools with the teaching practice of the students of the Biology education Department  who conducted teaching prac­tice in Madrasah Aliyah (MA) Madani Paopao Gowa Regency.  This research is a correlational research. Research respondents are 10 students of Biology Edu­ca­tion department. This  research, is evaluative. The instruments used to collect data are assessment scale and observation sheet. Data analysis techniques use des­criptive statistics and inferential statistics Pearson Product Moment Corre­lation. The results showed that  1) the ability of students to design learning tools are  in good category, 2) the performance of teaching practice are in good ca­tegory, 3) the relationship between the ability of designing learning tools with the performance of teaching practice of Biology Education department students at Madrasah Aliyah (MA) Madani Paopao Gowa Regency are in strong category.
PROFESIONALITAS KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH DDI PACONGANG PINRANG Hermanto, Hermanto
Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Vol 20, No 2 (2017)
Publisher : Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/lp.2017v20n2i7

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pro­­fesionalitas kepala madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan pada Mad­ra­sah Tsanawiah DDI Pacongang Pinrang. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah: unsur pimpinan, tenaga kependidikan, dan siswa. Metode dan instrumen penelitian yang digunakan: teknik observasi, wawancara/interview, dan ang­ket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang berpengaruh terhadap kualitas pendidikan di Madrasah Tsa­nawiyah DDI Pacongang Pinrang adalah sebagai berikut: 1) manajemen madrasah, 2) anggaran pendidikan yang memadai, 3) optimalisasi kerjasama antara pihak madrasah dengan orangtua siswa. Hambatan yang dihadapi dan solusinya dalam peningkatan kualitas pendidikan di Madrasah Tsanawiyah DDI Pacongang Pinran adalah: 1) rendahnya kualitas sarana fisik, 2) rendahnya kualitas guru, 3) rendahnya kesejahteraan guru, 4) rendahnya prestasi siswa,Abstract:The purpose of this research is to know the professionality of the head master of madrasah Tsanawiah DDI Pacongang Pinrang in improving the quality of education. The subjects of research were: school leaders, education personnel, and students. Methods and research instruments used: observation, interviews, and questionnaire. The result of the research showed that the factors that influence the quality of education in Madrasah Tsanawiyah DDI Pacongang Pinrang were as follows: 1) madrasah management, 2) adequate education budget, 3) good cooperation between madrasah with parents. The obstacles faced in improving the quality of education in Madrasah Tsanawiyah DDI Pacongang Pinran were: 1) the low quality of physical facilities, 2) the low quality of teachers, 3) the low of teachers' welfare, 4) the low achievement of the students.
PENGARUH PENGONDISIAN GELOMBANG OTAK ZONA ALFA PADA APERSEPSI PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA MAN 3 MAKASSAR Fatma, Andi Nurul; Damopolii, Muljono; Afiif, Ahmad
Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Vol 20, No 2 (2017)
Publisher : Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/lp.2017v20n2i1

Abstract

PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIK Mustamin, St. Hasmiah
Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Vol 20, No 2 (2017)
Publisher : Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/lp.2017v20n2i8

Abstract

PENERAPAN METODE MUHADATSAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHARAH KALAM PESERTA DIDIK Nur, Hastang
Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Vol 20, No 2 (2017)
Publisher : Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/lp.2017v20n2i4

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Muha­da­­tsah dalam meningkatkan hasil belajar Maharah Kalam siswa. Penelitian ini me­ru­pakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan subjek pe­ne­li­tian peserta didik kelas VIII MTs. Al-Faaizun Wa­tang Palakka kab. Bone. Pe­ngum­pulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan do­kumentasi dengan ins­tru­men unjuk kerja, pedoman observasi dan doku­men­ta­si. Data yang telah ter­kum­pul dari hasil penelitian ini akan dianalisa dengan meng­gunakan analisa da­ta kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan 1) pada ta­hap inti proses pem­be­la­jaran dengan metode Muhadatsah diawali dengan pe­nam­ba­han kosakata baru, la­tihan teks Muhadatsah pada unsur morfologinya, contoh pe­lafadzan dan intonasi oleh guru, dan latihan bercakap secara berulang-ulang. 2). Peningkatan hasil be­la­jar Maharah Kalam melalui penerapan metode Mu­ha­da­tsah dapat terlihat pada ke­mampuan sebagian besar peserta didik bercakap ba­ha­sa Arab dengan meng­gu­na­kan mufrodat baru, lancar, fasih dari segi makharijul hu­ruf, bercakap dengan in­to­nasi yang tepat serta dengan morfologi yang sesuai 3) Ha­sil belajar peserta di­dik pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dengan nilai rata-rata 78 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar menjadi 82%.AbstractThis study aims to find out how the application of Muhadatsah method in im­pro­ving student students speaking skill. This study is a Class­room Action Research con­sisting of 2 cycles with the subject of research stu­dents class VIII MTs. Al-Fa­a­izun Watang Palakka Bone Regency. Data collection is done by test, observation, and documentation with performance instrument, ob­servation and docu­men­ta­ti­on guidance. The data that have been collected from the results of this study will be analyzed by using quantitative data analysis. The re­sults showed that 1) the core stage of the learning process with the method Mu­hadatsah begins with the addition of new vocabulary, Muhadatsah text exercises on mor­phology elements, pro­nunciation and intonation by teachers, and repeated con­versation practice. 2). The increase of speaking skill through the application of Mu­hadatsah method can be seen in the ability of most learners to speak Arabic using new vocabularies, fluent in terms of pronouncing, conversing with ap­pro­priate intonation and mor­phology 3) Students’ learning achievement in cycle II in­creased significantly with an mean score 78 and 82% students has completed lear­ning standards.

Page 1 of 1 | Total Record : 10