cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kudus,
Jawa tengah
INDONESIA
IQTISHADIA
ISSN : 19790724     EISSN : 25023993     DOI : -
Core Subject : Economy,
IQTISHADIA, particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of Islamic Business and economics areas. It covers Islamic management, Islamic Banking, Islamic Marketing, Islamic Human Resources, Islamic Finance, Zakah, Waqf, Poverty Alleviation, Islamic Public Finance, Monetary Economics, Economic Development, Maqasid al-Shariah, Institutional Economics, Behavioural Economics and Finance, Corporate Governance, Risk Management, Shariah issues, Financial Engineering, Securitization and Sukuk, Islamic Capital Markets, Insurance and Takaful, Regulatory Issues, Corporate Social Responsibility in Islam and other topics which related to this area.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 10, No 2 (2017): IQTISHADIA" : 10 Documents clear
THE INFLUENCE OF MARKETING MIX ON DECISIONS TO BE A ISLAMIC BANKING CUSTOMER IN CIANJUR REGENCY Husaeni, Uus Ahmad
IQTISHADIA Vol 10, No 2 (2017): IQTISHADIA
Publisher : Ekonomi Syariah STAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/iqtishadia.v10i2.2966

Abstract

Keputusan masyarakat untuk memilih perbankan syariah di Kabupaten Cianjur sangat rendah. Saatini, nasabah perbankan syariah di KabupatenCianjur hanya sekitar 5-8 % dari total pendudukyang berjumlah 2.335 juta jiwa. Padahal, 98 %penduduk di Kabupaten Cianjur beragama Islamyang juga dikenal sebagai kota santri. Oleh karenaitu, perlu dilakukan pengujian apakah marketingmix yang meliputi produk, harga, tempat, danpromosi mampu mempengaruhi keputusanmenjadi nasabah perbankan syariah. Penelitian inibertujuan untuk menguji pengaruh produk, harga,tempat, dan promosi terhadap keputusan menjadinasabah perbankan syariah. Alat analisis yangdigunakan dalam penelitian ini adalah analisisregresi linear berganda. Hasil penelitian, secarasimultan menunjukkan bahwa produk, harga,tempat, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah perbankan syariah, sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktorlain yang tidak diikutsertakan dalam penelitianini.
APLIKASI MODEL BISNIS MICROBANKING SYARIAH DI INDONESIA Effendi, Jaenal; Baga, Lukman Mohammad; Beik, Irfan Syauqi; Nursyamsiah, Tita
IQTISHADIA Vol 10, No 2 (2017): IQTISHADIA
Publisher : Ekonomi Syariah STAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/iqtishadia.v10i2.2241

Abstract

Microbanking is generally defined as a broad set of financial services to meet the needs of the poor and small enterprises. However, mirobanking that have been well-designed might not have a positive impact on the poorest unless it particularly obtains to reach them through proper business model. On the other hand, Indonesia lists as the largest Moslem community in the world.  Hence, microbanking that are ruled under sharia regulation namely Islamic microbanking hopefully enable to support the development program particularly to the poor and SMEs in Indonesia. Therefore, the study of practices Islamic microbanking business model should be conducted in order to design the strategy of development, particularly on financial inclusion program. This study used qualitative analysis through a process of discussion, focus group discussion (FGD), in-depth interviews and literature review in order to gain information from primary and secondary sources as well as a comparative study of business models of Islamic microfinance in Indonesia.
EVALUATING THE EFFECTIVENESS OF DUAL MONETARY POLICY IN PROMOTING PRICE STABILITY IN INDONESIA Widodo, Arif
IQTISHADIA Vol 10, No 2 (2017): IQTISHADIA
Publisher : Ekonomi Syariah STAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/iqtishadia.v10i2.2378

Abstract

Sejak diberlakukannya sistem perbankan ganda di Indonesia tahun 1998, Bank Indonesiamempunyai mandate baru untuk mengaturperbankan konvensional dan Islam di Indonesiadengan memberlakukan kebijakan moneter gandauntuk mencapai dan menjaga tujuan utama BankIndonesia: Stabilitas harga. Dengan merekonstruksi model konseptual yang didasarkan pada Ascarya (2011), tulisan ini ditujukan untuk menguji secaraempiris apakah penerapan kebijakan moneter gandaefektif untuk memastikan stabilitas harga yangtercermin dari inflasi yang rendah dan nilai tukaryang stabil. Metode yang digunakan dalam tulisanini adalah Vector Autoregressions (VAR) Model untukmemberikan gambaran atas respon inflasi terhadapguncangan yang berasal dari kedua intrumenmoneter tersebut. Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa kebijakan moneter konvensional secara umum—ketika dibandingkan dengan kebijakanmoneter Islam—membuat ketidakstabilan padatingkat harga disebabkan penerapan sistem uang kertas selama ini yang sangat rentan terhadapkrisis, sebagai konsekuensinya akan meningkatkantingkat harga. lebih lanjut, sistem hutang, pasaruang antar bank dan fractional reserve banking yangsemuanya sangat bergantung pada sistem bungatelah menyebabkan gejolak pada tingkat harga diIndonesia. Sebaliknya, gunjangan dari kebijakanmoneter Islam terbukti mampu menodorongkestabilan harga karena semua instumen tersebutmampu menekan gejolak yang terjadi pada inflasi.
STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATAN USAHA PARA ANGGOTA BAITUL MAAL WAT TANWIL Gunawan, Karebet
IQTISHADIA Vol 10, No 2 (2017): IQTISHADIA
Publisher : Ekonomi Syariah STAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/iqtishadia.v10i2.2965

Abstract

Ada berbagai faktor yang menentukan kesuksesan sebagai wirausaha diantaranya modal usaha,pasar, kondisi persaingan, dan trend bisnis.Oleh karena itu, secara teori tidak cukup hanyamengandalkan insting dalam mengambilkeputusan di dunia bisnis tetapi juga faktor yang lain. Lebih dari itu, diperlukan suatu kalkulasi yang komprehensif baik secara kualitatif maupunkuantitatif dari segala aspek yang berkaitandengan usaha yang akan dibuat. orang yangberusaha atau berwiraswasta agar dapat lebihbersaing dan memiliki prospek perkembanganyang bagus, maka sebelum mendirikan orangyang berusaha atau berwiraswasta sebaiknyadilakukan manajemen pemasaran usaha terlebihdahulu.Dalam penelitian kali ini, penulis menggunakan jenis penelitian field Reseach (Penelitian lapangan)yaitu penelitian yang mengambil data primerdari lapangan atau lokasi penelitian tertentu. Jadi dalam hal ini penelitian yang penulis lakukanberdasarkan pada data-data lapangan danliteratur yang berkaitan pada pokok persoalanyang dibahas. Dalam hal ini peneliti ingin menelititentang strategi pemasaran yang baik.Permintaan yang didukung oleh kekuatan tenagabeli disebut permintaan efektif, sedangkanpermintaan yang didasarkan pada kebutuhan sajadisebut sebagai permintaan potensial. Strengthsyang ada dalam pemasaran harus dipertahankanmisalnya sudah punya nama yang baik dansudah tahu bagaimana cara meraih konsumenmaka harus dipertahankan. Weakness adalahmempunyai arti kelemahan yang ada lemahdalam pengendalian keuangan yang dilakukanoleh beberapa usaha misalnya masalah keuangandimana jarang melakukan pencatatan walaupundalam pembuatan nota. Sampai di mana penjualingin menawarkan barangnya pada berbagaitingkat harga ditentukan oleh berbagai faktor.
Comovement Indeks Pasar Saham Syariah dan Variabel Makro Ekonomi: Pendekatan Regime-Switching Regression Wibowo, Buddi
IQTISHADIA Vol 10, No 2 (2017): IQTISHADIA
Publisher : Ekonomi Syariah STAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/iqtishadia.v10i2.2237

Abstract

Hubungan imbal hasil indeks syariah dengan variabel makroekonomi merupakan topik riset yang cukup banyak menarik perhatian para peneliti. Comovement antara indeks syariah dengan indeks pasar saham konvensional mengindikasikan adanya hubungan kointegrasi antara kedua pasar tersebut. Comovement antara indeks syariah dan indeks pasar konvensional jauh lebih kuat pada saat volatilitas  rendah dibandingkan pada regime volatilitas yang tinggi. Signifikannya hubungan antara imbal hasil indeks syariah di Bursa Efek Indonesia dengan perubahan suku bunga memunculkan pertanyaan apakah saham-saham perusahaan yang termasuk di dalam Jakarta Islamic Index telah disaring secara ketat sehingga komponen biaya bunga sudah minimal atau karena mikro struktur pasar saham Indonesia yang didominasi investor asing.          Model regresi Markov regime-Switching mengungkapkan adanya perbedaan signfikan pengaruh perubahan nilai tukar terhadap imbal hasil indeks syariah  antara regime volatilitas yang tinggi dengan regime volatilitas yang rendah. Pengaruh nilai tukar hanya signifikan pada saat regime volatilitas yang rendah. Hal ini tidak dapat diungkap jika kita hanya menggunakan model regresi linier OLS biasa.
EXPLORING STRATEGIES TO ENHANCE ISLAMIC BANKING’S ROLE TO RAISE CASH WAQF FUNDS Khairunisa, Rizanti; Akbar, Nashr; Devi, Abrista
IQTISHADIA Vol 10, No 2 (2017): IQTISHADIA
Publisher : Ekonomi Syariah STAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/iqtishadia.v10i2.2863

Abstract

Cash Waqf funds has an important role to empower the economy of Ummah. Unfortunately, the collected cashwaqf fund is still very small compared to its potentialnumber. Against this background, this researchaims to design systems that may enchance the role ofIslamic banks in cash waqf fund raising. This paperemployed Interpretative Structural Modeling (ISM) byconducting literature studies and In-depth interviewswith some regulators, practitioners and academicians.The result shows that experts and practitioners agreedthat the strong legal support on cash waqf is necessaryto enhance the role of Islamic Banks to raise cash waqffunds. It creates a sense of secure to the stakeholders.Furthermore, it requires a strong coordination betweenIndonesian Waqf Board (BWI), Ministry of ReligiousAffairs, Bank Indonesia (BI), Financial ServicesAuthority (OJK), Nazhir and Islamic FinancialInstitutions that may receive cash waqf (LKS-PWU)in order to boost the role of Islamic Banks. The mainobstacle that must be tacled soon is the lack of educationabout cash waqf. 
Analisis Perbandingan Kinerja Reksa Dana Saham Syariah dan Konvensional Periode 2012-2015 Huda, Nurul; Nazwirman, Nazwirman; Hudori, Khamim
IQTISHADIA Vol 10, No 2 (2017): IQTISHADIA
Publisher : Ekonomi Syariah STAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/iqtishadia.v10i2.2242

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja reksadana saham syariah dan konvensional. Metode yang digunakan yaitu indeks Sharpe, Treynor, Jensen, appraisal ratio, M2 measure, dan T2 measure selama periode Januari 2012 sampai dengan Desember 2015. Sample untuk Rekasadana konvensional sebanyak 25 emiten dan reksadana syariah sebanyak 7 sampel. Hasil penelitian kinerja reksadan saham syariah secara rata-rata lebih baik dibandingkan dengan konvensional,  hanya saja berdasarkan pengujian dua sampel perbandingan tidak terdapat perbedaan yang berarti antara kinerja reksadana saham  konvensional dan syariah.
GUSJIGANG; KARAKTER KEMANDIRIAN MASYARAKAT KUDUS MENGHADAPI INDUSTRIALISASI Ihsan, M.
IQTISHADIA Vol 10, No 2 (2017): IQTISHADIA
Publisher : Ekonomi Syariah STAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/iqtishadia.v10i2.2862

Abstract

Data antropologi, demografi dan perilaku ekonomi masyarakat kudus menunjukkan bahwa masyarakat Kudus adalah komunitas yang bercirikan sosial santri-muslim yang bertumpu pada bidang usaha industripengolahan (62,72 %) dan perdagangan (24,12 %). Perilaku tersebut dibangun di atas fondasi tradisilokal Gusjigang. Hubungan antara basis tradisi(local value) dan potensi masyarakatnya (local asset)dengan pelaksanaan industrialisasi seringkali dengandifferensiasi structural yang patut dicermati secaraserius, terutama ketika hal tersebut berada dalamcengkeraman globalisasi. Intensitas dan cakupan globalisasi ternyata menyentuh hampir seluruh sendi kehidupan. Tidak hanya bidang ekonomi,bisnis, budaya, politik, ideologi, melainkan juga telahmenjamah ke tataran systems, processes, actors, dan events. Tulisan ini menyajikan data bahwa tradisiGusjigang mampu dipertahankan dengan baik,sehingga industrialiasasi di Kabupaten Kudus bisadijadikan model yang relevan sesuai dengan potensidan karakter masyarakatnya. Selain itu gusjigangsebagai nilai-nilai kearifan lokal dapat dijadikan sebuahpijakan untuk pengembangan sebuah pembelajaranyang lebih berkarakter. Kebermaknaan pembelajarandengan lingkup kearifan lokal akan menampilkansebuah dimensi pembelajaran yang selain memacukeilmuan seseorang, juga sekaligus bisa mendinamisasikeilmuan tersebut menjadi kontekstual dan ramahbudaya daerah.
THE IMPACT OF MACROECONOMIC ON NONPERFORMING LOAN: COMPARISON STUDY AT CONVENTIONAL AND ISLAMIC BANKING Kusmayadi, Dedi; Firmansyah, Irman; Badruzaman, Jajang
IQTISHADIA Vol 10, No 2 (2017): IQTISHADIA
Publisher : Ekonomi Syariah STAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/iqtishadia.v10i2.2864

Abstract

Rata-rata rasio NPF bank syariah lebih tinggi dibandingkan NPL bank konvensional. Hal ini menjadifenomena yang harus diteliti dan diindikasikan terdapatfaktor-faktor yang mempengaruhinya khususnyafaktor makroekonomi. Penelitian bertujuan untukmembandingkan faktor-faktor yang mempengaruhi nonperforming loan (NPL) pada perbankan konvensionaldan perbankan syariah. Beberapa variabel makroekonomiyang diduga mempengaruhi NPL/NPF adalah SBI/SBIS, BI rate, nilai tukar, inflasi, GDP dan variabelkontrol yaitu efisiensi. Periode penelitian dari Maret2010 sampai Desember 2016 dengan data triwulanan.Analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa dari seluruh variabelmakroekonomi hanya SBIS, inflasi dan PDB yangberpengaruh negatif signifikan terhadap NPF banksyariah. Sedangkan hanya PDB yang berpengaruhterhadap NPL bank konvensional.Dengan demikian hanya bank syariah yang merasakandampak dari makroekonomi khususnya SBIS, inflasidan PDB sehingga hasil ini dapat menjadi dasar bagiBank Indonesia dan pemerintah dalam membuatkebijakan makroekonomi.
PERAN BIAYA SOSIAL TERHADAP PENINGKATAN KINERJA SOCIAL RESPONSIBILITYPADA PERUSAHAAN INDUSTRI MANUFAKTUR LISTED DIBURSA EFEK INDONESIA Hadi, Nor
IQTISHADIA Vol 10, No 2 (2017): IQTISHADIA
Publisher : Ekonomi Syariah STAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/iqtishadia.v10i2.2609

Abstract

This article examining the relationship between social cost (environment, energy, community, employee, and consumen) and social performance in 62 companies representing manufacture industries in Indonesia Stock Exchange. Social cost and social performance were capture from responden are CEO by survey. Data analysis by multivaried regression. Results suggest that legitimacy theory may be an explanatory of social responsibility practice. Statistical testing results enviromental cost are significant related social performance. While, the social cost (environment, energy, employee, and consumen) staistics test result are significant related social performance.

Page 1 of 1 | Total Record : 10