cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)
ISSN : 23563869     EISSN : 26140136     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPSD) dengan ISSN : 2356-3869 (printed) e-ISSN: 2614-0136. JPSD mempublikasikan makalah yang berisi hasil penelitian tentang pendidikan dasar, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis, pengajaran sekolah dasar. Naskah akan diterbitkan 2 kali dalam setahun (Februari dan Agustus).
Arjuna Subject : -
Articles 152 Documents
NILAI-NILAI ECOPRENEURSHIP PADA SISWA AUTIS DI SEKOLAH DASAR INKLUSIF Aryanto, Sani; Pratiwi, Vira; Nurkaeti, Nunuy; Gumana, Yosi
Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 6, No 2: Agustus 2019
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jpsd.v6i2.13970

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memberikan gambaran pengembangan program ecopreneurship secara eksplisit pada siswa autis sebagai upaya preventif menghadapi era disruptif, sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai ecopreneurship yang dialami siswa autis dalam melaksanakan program pembelajaran di SD Inklusif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang dilakukan di SDN Cibabat Mandiri 2 Kota Cimahi. Subjek penelitian ini adalah dua siswa autis sebagai informan data primer yang ditunjang dengan informasi dari orthopedagog, guru kelas, dan guru ekstrakurikuler. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa siswa autis dapat mengikuti kegiatan pembelajaran intrakurikuler maupun ekstrakurikuler yang terintegrasi dengan nilai-nilai ecopreneurship walaupun dengan keterbatasan secara emosional. Nilai-nilai ecopreneurship yang paling dominan muncul pada siswa autis adalah nilai kedisiplinan, kreativitas, dan tanggungjawab. Secara motorik mereka terampil dalam memanfaatkan barang bekas menjadi barang-barang yang memiliki nilai jual. Oleh karena itu, siswa autis dianggap mampu melaksanakan prinsip green behaviour sebagai unsur fundamental dalam membangun konsep ecopreneurship. Hasil Penelitian ini menjadi temuan baru dan dapat dijadikan referensi bagi SD Inklusif dalam memberikan gambaran  internalisasi nilai-nilai ecopreneurship pada siswa autis sebagai upaya antisipatif menghadapi era disruptif.
PROFIL PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN PANGKALAN BARU KABUPATEN BANGKA TENGAH Arafatun, Sasih Karnita; Sugiyarti, Sri
Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 6, No 2: Agustus 2019
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jpsd.v6i2.14001

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pembelajaran tematik yang telah diterapkan di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka Tengah. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Profil pembelajaran tematik yang dideskripsikan di SD Negeri 2 Pangkalanbaru (Jln. Raya Dul RT. 06), SD Negeri 4 Pangkalanbaru (Padang Baru), SD Negeri 11 Pangkalanbaru (Tanjung Gunung ), dan SD Negeri 13 Pangkalanbaru (Ds. Pedindang). Hasil penelitian menunjukkan pemberlakuan kurikulum 2013 di empat sekolah, dimulai tahun 2013. Namun, SD Negeri 2 Pangkalanbaru penerapan kurikulum 2013 baru dimulai pada tahun 2016, dan SD Negeri 4 Pangkalanbaru mulai diterapkan pada tahun 2014. Dampak yang dirasakan dalam pelaksanaan kurikulum 2013, terdapat kesulitan dalam pemberian nilai raport siswa,  minimnya kemahiran guru senior dalam mengaplikasikan komputer, dan sarana dan prasarana yang belum memadai. Upaya peningkatan kualitas diri dalam pelaksanaan kurikulum 2013, dengan cara memahami bagaimana prosedur dari kurikulum 2013, mengadakan breafing dengan guru-guru, mengikuti kegiatan pelatihan kurikulum 2013, meng-update informasi, dan melakukan pembinaan secara berjenjang. Bagi siswa mengalami kesulitan dalam membedakan muatan pembelajarannya dan pembelajaran yang bias (tidak fokus) sehingga sulit dipahami.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD Fitriani, Feni; Mareza, Lia; Nugroho, Agung
Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 6, No 2: Agustus 2019
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jpsd.v6i2.13508

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran Group Investigation. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dengan masing-masing pertemuan satu rencana pembelajaran. Penelitian ini terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah Sidabowa yang berjumlah 20 siswa, yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Hasil peningkatan yang terjadi dapat dilihat pada setiap siklusnya. Pada siklus I hasil lembar observasi motivasi belajar siswa memperoleh nilai presentase sebesar 55% dengan kriteria cukup dan siklus II memperoleh nilai presentase sebesar 80,5% dengan kriteria baik. Hasil peningkatan motivasi belajar siswa juga didukung dengan peningkatan hasil angket motivasi belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 2,83 dengan kriteria baik dan siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,46 dengan kriteria sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model Group Investigation dapat meningkatkan  motivasi belajar siswa tema 8 daerah tempat tinggalku pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Sidabowa Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas.
TINGKAT KREATIVITAS SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB YPAC KOTA PANGKALPINANG Miftakhi, Diah Rina; Hendrik, Maulina
Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 6, No 2: Agustus 2019
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jpsd.v6i2.14015

Abstract

SLB YPAC Kota Pangkalpinang merupakan salah satu sekolah luar biasa di bawah naungan yayasan YPAC. Siswa yang aktif pada sekolah tersebut merupakan siswa yang menyandang tuna rungu, tuna grahita, tuna netra, tuna daksa, autisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat kreativitas siswa berkebutuhan khusus di SLB YPAC Kota Pangkalpinang; 2) Metode yang digunakan guru dalam mengembangkan kreativitas siswa berkebutuhan khusus di SLB YPAC Kota Pangkalpinang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data primer penelitian ini adalah guru dan siswa SLB YPAC Kota Pangkalpinang sebanyak 5 orang guru dan 50 orang siswa, sedangkan sumber data sekunder penelitian ini adalah literatur dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis berupa 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan simpulan.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kreativitas siswa berbeda-beda berdasarkan kemampuan dan daya imajinasinya sehingga berdasarkan penelitian terdapat 3 kategori penilaian kreativitas, yaitu tinggi, sedang, rendah. Jenis pembelajaran keterampilan yang dilakukan siswa di sekolah tersebut yaitu membatik, tata boga, daur ulang barang bekas, dan bermain peran. Dari masing-masing keterampilan tersebut diperoleh tingkat kreativitas keterampilan membatik 5 orang (tinggi), 4 orang (sedang), dan 3 orang (rendah), keterampilan tata boga:  8 orang (tinggi), dan 4 orang (sedang), keterampilan daur ulang barang bekas 12 orang (tinggi), 5 orang (sedang), dan 1 orang (rendah), dan keterampilan bermain peran: 4 orang (tinggi), dan 4 orang (sedang). 2) Dalam mengembangkan kreativitas siswa, para guru menggunakan berbagai metode atau cara, di antaranya: pengembangan kreativitas melalui penciptaan produk (hasta karya), pengembangan kreativitas melalui imajinasi, pengembangan kreativitas melalui eksplorasi, pengembangan kreativitas melalui eksperimen, pengembangan kreativitas melalui proyek, dan pengembangan kreativitas melalui bahasa.
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA Putri, Ika Puspita
Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 5, No 1: Februari 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.499 KB) | DOI: 10.12928/jpsd.v5i1.12573

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas non-siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Cebongan 01. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes (tes formatif) dan non tes (observasi). Instrumen penelitian menggunakan item dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Realia Media dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dapat dilihat pada saat siklus siswa yang menyelesaikan KKM adalah 1 siswa dan ada peningkatan bahwa ada 25 siswa yang memenuhi KKM (78%) dan ada peningkatan yang signifikan yaitu 26 siswa (100%) siswa telah mencapai KKM. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Media Realia pada pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SD Negeri Cebongan 01. Guru harus dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran lain dan siswa. diharapkan lebih aktif dan bertanggung jawab dalam kegiatan diskusi kelompok.
ANALISIS PENERAPAN PPK MELALUI PRAKTIK IBADAH KELAS RENDAH SD MUHAMMADIYAH 9 KOTA MALANG Utami, Ima Wahyu Putri
Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 5, No 2: Agustus 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (558.772 KB) | DOI: 10.12928/jpsd.v5i2.12578

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: 1) mendeskripsikan penerapan PPK melalui praktik ibadah di SD Muhammadiyah 9 Kota Malang, 2) mendeskripsikan kendala penerapan PPK melalui praktik ibadah di SD Muhammadiyah 9 Kota Malang, dan 3) mendeskripsikan upaya mengatasi kendala penerapan PPK melalui praktik ibadah di SD Muhammadiyah 9 Kota Malang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Hasil peneitian ini yaitu praktik ibadah yang dilakukan di kelas rendah di SD Muhammadiyah 9 Kota Malang. Adapun praktik ibadah yang dilakukan di SD Muhammadiyah 9 Kota Malang yaitu sholat Duha berjamaah, sholat Duhur berjamaan, sholat Ashar berjamaah, dan manasik haji
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT BERBANTUAN MEDIA TTS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Maulidina, Zakiyatu; Nuriman, Nuriman; Hutama, Fajar Surya
Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 5, No 1: Februari 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.309 KB) | DOI: 10.12928/jpsd.v5i1.12575

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media teka teki silang terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SDN Tegalgede 01 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan pola pre-test post-test control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA dan kelas VB SDN Tegalgede 01 Jember. Analisis data yang dilakukan yaitu menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil analisis data uji t-test menunjukkan bahwa nilai thitung yang diperoleh sebesar 5,798, sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan (db) 66 diperoleh sebesar 1,996. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel (5,798 > 1,996), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini juga dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai post-test siswa dari kedua kelas. Pada kelas eksperimen memiliki rata-rata 78,36, sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata 69,53. Selanjutnya dilakukan penghitungan uji keefektifan relatif, maka diperoleh hasil ER sebesar 47,22%. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media teka teki silang terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SDN Tegalgede 01 Jember.
IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER PADA PELAJARAN PPKn BERBASIS RELIGIOUS CULTURE DI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 YOGYAKARTA Suyitno, Suyitno
Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 5, No 2: Agustus 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (351.825 KB) | DOI: 10.12928/jpsd.v5i2.12580

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai karakter yang terintegrasi pada mata pelajaran PPKn berbasis religious culture di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research, dengan jenis penelitian kualitatif. Penyajian data dilakukan secara deskriptif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman yaitu dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data dan menyajikan data.Hasil penelitian menggambarkan implementasi nilai-nilai karakter yang terintegrasi pada mata pelajaran PPKn berbasis religious culture dilakukan dengan melalui berbagai kegiatan atau aktivitas keseharian berdasarkan ajaran-ajaran islam yang menjadi program sekolah. Seluruh wujud religious culture di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta merupakan implementasi 18 nilai-nilai karakter yang dibuat oleh Dinas Pendidikan Nasional. Implementasi nilai-nilai karakter berbasis religious culture di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta dilakukan melalui keteladanan dan penciptaan suasana religius. Keteladanan merupakan faktor yang penting karena sikap dan perilaku kepala sekolah, guru dan karyawan dijadikan sebagai panutan oleh siswa sedangkan penciptaan suasana sekolah yang kondusif merupakan faktor pendukung dalam proses implementasi nilai-nilai karakter. Keteladanan guru dan penciptaan suasana yang kondusif turut mendukung proses implementasi nilai-nilai karakter berbasis religious culture.
PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF POKOK BAHASAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SDN RAWAJATI 06 PAGI Soraya, Farida; Yurniwati, Yurniwati; Cahyana, Ucu
Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 5, No 1: Februari 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.965 KB) | DOI: 10.12928/jpsd.v5i1.12569

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan pembelajaran Realistic Matematics Education (RME) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif tentang konsep pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan model classroom action research (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD N Negeri Rawajati Pagitahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 28 siswa. Penelitian dilaksanakan 2 siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan post tes. Teknik post tes yaitu dengan evaluasi dan observasi. Evaluasi digunakan untuk menjaring data tentang kemampuan berpikir kreatif konsep pecahan. Sementara observasi digunakan untuk menjaring data tentang penggunaan pendekatan Realistic Matematics Education.Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa rata-rata siswa yang telah mencapai KKM hanya 57,14%. Sedangkan hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa rata-rata dari jumlah seluruh siswa mencapai KKM 89,29%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran konsep pecahan dengan penerapan pendekatan Realistic Matematics Education dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif materi pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri Rawajati 06 Tahun Pelajaran 2017/2018.
PELAKSANAAN PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS AUDIO PADA PEMBELAJARAN MENDENGARKAN CERITA DONGENG LOKAL DI SD MUHAMMADIYAH H. S, Apri Kartikasari; Widyaningrum, Heny Kusuma; Rohmanurmeta, Fauzatul Ma’rufah
Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 5, No 1: Februari 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.817 KB) | DOI: 10.12928/jpsd.v5i1.12574

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan bahan ajar berbasis audio pada pembelajaran mendengarkan cerita dongeng lokal di SD Muhammadiyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan beberapa teknik, seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik triangulasi dilakukan dengan cara triangulasi metode, yaitu dengan mengecek ulang informasi hasil wawancara dengan dokumentasi dan observasi. Penelitian ini menemukan bahwa dengan penggunaan bahan ajar berbasis audio pada pembelajaran mendengarkan cerita dongeng lokal di SD Muhammadiyah memiliki banyak keuntungan yaitu: 1) peserta didik tidak cepat merasa jenuh  dan cepat lupa terhadap materi pelajaran, 2) meningkatkan pemahaman peserta didik, 3) meningkatkan motivasi belajar peserta didik, 4) kompetensi aspek mendengarkan dapat tercapai dengan baik.

Page 1 of 16 | Total Record : 152