cover
Contact Name
Dyana Wijayanti
Contact Email
dyana.wijayanti@unissula.ac.id
Phone
+6282137007434
Journal Mail Official
kontinu.pendmat@unissula.ac.id
Editorial Address
Gedung Kuliah Bersama FKIP Lt.2 Jl. Raya Kaligawe Km . 4, Semarang , Jawa Tengah
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika
ISSN : -     EISSN : 26565544     DOI : -
Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika (E-ISSN: 2656-5544) merupakan e-jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Unissula sebanyak dua kali dalam setahun pada Bulan Mei dan November. Jurnal yang awalnya bernama Jurnal Pendidikan Matematika (2012-2016) ini mempublikasikan naskah-naskah artikel dalam bidang Pendidikan Matematika baik berupa diseminasi penelitian, telaah pustaka, maupun resensi dari buku ilmiah.
Articles 43 Documents
Korelasi antara Shalat dengan Prestasi Belajar Matematika aminudin, mohamad
xxxx-xxxx Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Unissula adalah universitas Islam terkemuka dalam  membangun generasi khaira ummah. Salah satu strategi BudAi yang diterapkan di Unissula khususnya FKIP adalah gerakan shalat berjamaah. Salah satu gerakan shalat adalah sujud. Salah satu manfaat sujud adalah menambah kecerdasan. Gerakan sujud yang benar akan memberikan manfaat pada diri seseorang, khususnya mahasiswa. Gerakan sujud akan menambah kemampuan berpikir mahasiswa sehingga akan meningkatkan prestasi belajar.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan shalat dengan prestasi belajar matematika pada mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP Unissula. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP Unissula dan sampel yang diambil sebanyak 74 mahasiswa dengan teknik sampling incidental. Variabel pada penelitian ini meliputi variabel independent adalah shalat dan variabel dependent adalah prestasi belajar matematika. Instrumen pada penelitian ini adalah menggunakan angket dan tes. Uji hipotesis menggunakan uji regresi linear dengan uji asumsi adalah uji normalitas data.Hasil penelitian menyatakan bahwa hubungan salat terhadap prestasi belajar matematika masih relative kecil yaitu sebesar 6,8%. Hasil ini memberikan motivasi kepada penulis untuk mengevaluasi strategi pembelajaran yang berorientasi pada optimalisasi gerakan shalat.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR STATISTIKA SISWA KELAS IX marwanto, rudi
xxxx-xxxx Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan kegiatan penelitian tindakan kelas. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah model pembelajaran TPS dapat meningkatkan hasil belajar materi statistika siswa kelas IXA SMP Negeri 26 Semarang, (2) untuk mengetahui apakah model pembelajaran TPS dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas IXA SMP Negeri 26 Semarang. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Hasil refleksi siklus I digunakan untuk menyempurnakan siklus II. Tiap-tiap siklus terdiri dari  perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata kelas adalah 71,77 dengan persentase ketuntasan klasikal 57 %. Sedangkan pada siklus II rata-rata kelas adalah 76,17 dengan persentase  ketuntasan klasikal 80 %. Dalam proses pembelajaran Keaktifan siswa masih sangat rendah, setelah dilakukan kegiatan penelitian tindakan kelas pmbelajaran model TPS, hasil siklus I keaktifan siswa yakni 66%. Sedangkan pada siklus II keaktifan siswa meningkat menjadi 75%. Simpulan yang dapat diambil dalam kegiatan penelitian ini bahwa penggunaan Model Pembelajaran TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keaktifan pada materi Statistika Siswa Kelas IXA Semester 1 SMP Negeri 26 Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Kata Kunci : Model pembelajaran TPS, Hasil belajar, Statistika.
Pengembangan E-Learning berbasis Schoology pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VII Warsito, Mikha Bimantara; Djuniadi, Djuniadi
xxxx-xxxx Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (19.223 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji validitas dan kepraktisan media schoology dan materi matematika yang ada dalam schoology pada mata pelajaran Matematika kelas VII di SMP Pelita Harapan Bangsa Tegal. Penelitian ini menggunakan metode research and development model ADDIE. Sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan sampel di ambil dari peserta didik kelas VII. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket benama LORI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media e-learning berbasis web dan internet bernama schoology layak digunakan dan materi yang terkandung didalamnya dapat dimplementasikan kepada peserta didik. Dari hasil penelitian ini, disarankan untuk menggunakan media e-learning schoology untuk membantu pembelajaran pada mata pelajaran Matematika kelas VII di SMP Pelita Harapan Bangsa Tegal. Kata kunci: Schoology; Mata Pelajaran Matematika; Media; E-learning; Pengembangan; R&D.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran melalui E-Comic Berbasis Scientifik Approach pada Mata Pelajaran Matematika Materi Limit Fungsi dkk, budi
xxxx-xxxx Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (19.223 KB)

Abstract

Dunia pendidikan di Indonesia sudah seharusnya semakin diperhatikan agar dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas yang dapat bersaing disertai dengan kepribadian yang positif. Karena perkembangan teknologi yang begitu pesat mengakibatkan banyak peserta didik yang lebih tertarik menggunakan gadget seperti komputer, laptop, HP, tablet daripada kegiatan membaca dari buku cetak terutama buku pelajaran. Kalaupun suka membaca buku cetak pastilah yang memuat banyak gambar seperti komik.Salah satu cara untuk mencapainya yaitu dengan pendekatan pembelajaran yang antara lain pendekatan saintifik (Scientific Approach). Materi limit fungsi merupakan salah satu materi yang susah dipahami oleh siswa. Upaya untuk membantu siswa belajar materi limit yaitu dengan e-komik yang mempunyai kelebihan tidak lapuk, mudah didistribusikan dan interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran e-komik dengan pendekatan saintifik dan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan menggunakan e-komik.Penelitian ini adalah penelitian jenis R&D yang  mengembangkan perangkat pembelajaran termasuk RPP dan        e-komiknya. Efektifitas pembelajaran dengan e-komik dapat diketahui dengan menggunakan penelitian eksperimen yang memilih satu kelas kontrol (kelas XI IPA-2) dan satu kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA-1 dengan cluster random sampling, di mana kelas eksperimen menggunakan e-komik.Salah satu tahap yang dilakukan pada pengembangan perangkat pembelajaran dengan model 4-D Thiagarajan  adalah tahap validasi. Pada tahap ini perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP, TPB, E-Comic berbasis Scientific Approach materi limit fungsi  divalidasi oleh validator. Rata-rata skor yang didapat dari dua validator ahli media adalah 3,25 dan dua ahli materi dengan rata-rata 3,40. Secara keseluruhan peragkat pembelajaran menggunakan E-Comic berbasis Scientific Approach materi limit fungsi valid.Setelah dilakukan uji terbatas didapat penerapan seperangkat pembelajaran materi limit fungsi hasil dari ujicoba lapangan menunjukkan (1) terdapat pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar sebesar 21,26%, (2) rata-rata mahasiswa kelas eksperimen sebesar 74,25 mencapai kriteria ketuntasan; (3) hasil prestasi belajar mahasiswa kelas eksperimen sebesar  80,05,  lebih baik dibandingkan kelas kontrol yang mendapatkan nilai rata-rata sebesar 67,02. Kesimpulan yang dapat diambil pembelajaran dengan menggunakan hasil pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan E-Comic berbasis Scientific Approach materi limit fungsi ini efektif. Kata Kunci: e-komik, pendekatan saintifik (Scientific Approach), limit fungsi
Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas X-8 SMA Negeri 14 Semarang Melalui Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share Ngudi Rahayu, Wiji Eny
xxxx-xxxx Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penalaran merupakan kegiatan berpikir khusus dimana terjadi suatu penarika simpulan dari beberapa premis. Penelitian bertujuan menjelaskan tentang upaya meningkatkan kemampuan penalaran siswa kelas X-8 SMA Negeri 14 Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016 dalam materi pembelajaran sistem Persamaan Linier dan Kuadrat (SPLK) dengan menerapkan model Search, Solve, Create, and Share (SSCS). Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan faktor yang diteliti meliputi kemampuan penalaran siswa sebagai hasil belajar pada materi SPLK. Prosedur penelitian menggunakan dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data melalui metode tes kemampuan penalaran matematis dan observasi proses pembelajaran SSCS. Data dianalisis secara deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan penalaran matematis meningkat dari prasiklus 63,33 ke siklus pertama 75,47 dan siklus kedua 80,50. Angka persentase ketuntasan belajar juga meningkat dari prasiklus 33,33% bertambah 55,56% pada siklus I dan 91,67% pada siklus II. Selama melaksanakan penelitian, diharapkan guru memfasilitasi siswa dalam memberikan scaffolding siswa untuk menyelesaikan masalah matematika melalui Search, Solve, Create, and Share dalam mengembangkan kemampuan penalaran siswa.Kata kunci: Kemampuan Penalaran, Model SSCS, Sistem Persamaan Linier dan kuadrat
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika LMS Chamilo Berbasis Mobile Learning di Kelas X SMIK Islamic Centre Baiturrahman Semarang Riyanto, Riyanto; DJuniadi, Junaedi
xxxx-xxxx Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas dan kepraktisan media pembelajaran LMS chamilo berbasis mobile learning pada mata pelajaran matematika kelas X di SMK Islamic Centre Baiturrahman Semarang. Penelitian ini menggunakan metode research and development model Bord and Gall. Sampel penelitian adalah siswa kelas X TKJ 1 yang dipilih dengan teknik Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran LMS Chamilo berbasis mobile learning valid ditinjau dari karakteristik media dan materi pembelajaran secara online; (2) media pembelajaran lms chamilo berbasis mobile learning praktis ditinjau dari respon pengguna terhadap fitur LMS Chamilo. Dari hasil penelitian ini, disarankan untuk menggunakan media pembelajaran LMS chamilo berbasis mobile learning sebagai suplemen pembelajaran tatap muka pada mata pelajaran matematika kelas X di SMK Islamic Centre Baiturrahman.Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, LMS Chamilo, Mobile Learning, Mata Pelajaran matematika
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTY REPRECENTACY DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN PROPORSIONAL PADA MATERI TRIGONOMETRI Wakhidah, Laili; Basir, Mochamad Abdul; Aminudin, Mohamad
xxxx-xxxx
Publisher : Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (19.223 KB)

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui bahwa modelpembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) efektif dalam meningkatkan kemampuan penalaran proporsional siswa.Metode yang digunakan dalam penelitian iniyaitu metode dokumentasi, observasi, dan tes. Sedangkan instumen yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran proporsional, dan lembar observasi siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) rata-rata kemampuan penalaran proporsional siswadengan pembelajaranDiskursus Multy Reprecentacy (DMR) mencapai ketuntasan klasikal sebesar 92% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 33 dari 36 siswa (2) rata-rata kemampuan penalaran proporsional siswa dengan pembelajaranDiskursus MultyReprecentacy (DMR) sebesar 78,92 dan rata-rata kemampuan penalaran proporsionalsiswa dengan pembelajaranReciprocal Teaching sebesar 72,32 (3) terdapat pengaruh positif aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan penalaran proporsional siswa dengan pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy(DMR) sebesar 65,7% variasi yang terjadidi dalam aktivitas belajar siswa melalui regresi Ŷ = 95,361 + 1,657 X , sedangkan 34,3% dipengaruhi oleh variabel lain.
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI HEURISTIK DI KELAS VII SMP NEGERI 1 RANUYOSO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Disti. N, Meike; Imamah, Nurul
xxxx-xxxx
Publisher : Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (19.223 KB)

Abstract

Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah diketahui bahwakemampuan pemecahan masalah Matematika pada siswa rendah, keaktifan siswa dalam pembelajaran Matematika masih kurang dan hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini terlihat ketika guru memberikan latihan soal sejenis namun dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi, hanya beberapa siswa saja yang mampu menyelesaikan soal tersebut dengan benar, sedangkan siswa yang lain masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikannya. Hal tersebut menandakan bahwa siswa belum begitu matang dalam memahami konsep yang diberikan. Keadaan tersebut mengakibatkan siswa kurang memaknai pembelajaran.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada tanggal 25 April -16 Mei 2016 di kelas VII B SMP Negeri 1 Ranuyoso. Peneliti menggunakan dua metode pengumpulan data yaitu metode wawancara dan metode tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara dan soal tes.Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan saat penerapan Strategi Heuristik..Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Strategi Heuristik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika siswa. Kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika siswa terus mengalami peningkatan sehingga berhasil memenuhi kriteria kesuksesan yang telah ditentukan.
KEEFEKTIFAN ISLAMIC MAKE A MATCH BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT Maulani, Fany
xxxx-xxxx
Publisher : Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (19.223 KB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui (1) Apakah penggunaanIslamic make a match based learning dapat meningkatkan pemahaman konsepsiswa mencapai batas tuntas 75pada materi segiempat, (2) Apakah terdapat perbedaan rata-rata peningkatan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran Islamic make a match based learning dan pembelajaran yang menggunakanpembelajaran ekspositori, (3) Apakah adanya pengaruh karakter Islami pada kemampuan pemahaman konsep pada penggunaan Islamic make a match basedlearning.Penelitian ini berjenis kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Mujahidin Mluweh Ungaran Tahun Pelajaran 2015/2016. Variabel bebasnya adalah karakter IslamIslamic make a match based learning dan variabel terikatnya adalah kemampuan pemahaman konsep. Sampel penelitian ini diambil tiga kelas secara cluster random sampling. Kelas IXB sebagai kelas ujicoba, kelas VIIA sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Uji yang digunakan one sample T-Test, uji Independent Sample T-Test, dan uji regresi linear sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa menggunakan Islamic make a matchbased learning mencapai batas tuntas 75, (2)kemampuan pemahaman konsepmatematika kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara signifikan. (3)karakter Islami berhubungan linear terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa ditunjukkan dengan persamaan regresinya ̂= 32,221 + 0,858 .
Analisis Kesalahan Siswa Kelas X dalam Menyelesaikan Soal Logika Matematika Yanti, Astrid Fita
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 1, No 1: Mei-Oktober 2017
Publisher : Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3620.769 KB) | DOI: 10.30659/kontinu.1.1.1-13

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikn soal logika matematika, faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan, dan untuk mengetahui solusi untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaiakn soal logika matematika.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-2 SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan wawancara.Tes tertulis yang diberikan pada siswa berbentuk uraian, kemudian jawabannya dianalisis berdasarkan tipe-tipe kesalahan Newman.Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa yaitu kesalahan membaca dengan persentase sebanyak 14,12%, kesalahan memahami sebanyak 44,12%, kesalahan transformasi sebanyak 10%, kesalahan keterampilan proses sebanyak 31,76%, dan kesalahan penulisan jawaban akhir dengan persentase terbesar yaitu sebanyak 77,06%. Solusi untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal yaitu dengan melakukan pembelajaran remidi yang dilakukan dengan cara membahas kembali soal tes tertulis yang telah diberikan dan memfokuskan pada letak-letak kesalahan yang dilakukan siswa. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan, terjadi penurunan tingkat persentase pada tiap tipe kesalahan. Pada tipe kesalahan membaca menurun menjadi 5,45%, kesalahan memahami 30%, kesalahan transformasi 0,9%, kesalahan keterampilan proses 11,81%, dan pada kesalahan penulisan jawaban akhir yang awalnya 77,06% menurun menjadi 56,36%.