cover
Contact Name
Andarini Permata Cahyaningtyas
Contact Email
andarinipermata@unissula.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalpendas@unissula.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pendas
ISSN : 23549580     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar merupakan jurnal nasional yang mempublikasikan manuskrip dalam ranah pendidikan, pengelolaan, dan pembelajaran di sekolah dasar (lebih lengkapnya dapat dilihat pada Focus and Scope). Dipublikasikan oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung sejumlah dua kali dalam kurun satu tahun pada bulan Januari dan Juli (ISSN: 2354-9580).
Arjuna Subject : -
Articles 81 Documents
FASE DAN TUGAS PERKEMBANGAN ANAK SEKOLAH DASAR Khaulani, Fatma; S, Neviyarni; Irdamurni, Irdamurni
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/pendas.7.1.51-59

Abstract

Artikel ini membahas untuk menganalisis fase dan tugas perkembangan pada anak-anak sekolah dasar. Setiap anak memiliki fase dan tugas yang berbeda sesuai dengan kondisi siswa. Berdasarkan penelitan melalui kajian pustaka yang dilakukan,siswa sekolah dasar berada fase kanak-kanak akhir yang memiliki perkembangan dari segi fisik-motorik, kognisi, sosio-emosional, bahasa, dan moral keagamaan. Terdapat beberapa alasan mengapa guru atau calon guru perlu memikirkan fase pengembangan dan siswa sekolah dasar. Melalui pemahaman guru tentang tugas dan fase perkembangan siswa, dapat diantisipasi tentang berbagai upaya pengembangan, baik di sekolah rumah dan masyarakat, selain itu dengan mengetahui fase perkembangan siswa dapat menyesuaikan tugas-tugas perkembangan yang harus dikuasai siswa dengan fase perkembangannya.
PENGEMBANGAN KREATIVITAS DAN KONSEP DIRI ANAK SD Sari, Kurnia Puspita; S, Neviyarni; Irdamurni, Irdamurni
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/pendas.7.1.44-50

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan kreativitas dan konsep diri anak SD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kepustakaan (library research), sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menelaah dan/atau mengeksplorasi beberapa jurnal, buku, dan dokumen-dokumen serta sumber data dan atau informasi lainnya yang dianggap relevan dengan kajian. Temuan dalam kajian ini adalah dalam dunia pendidikan kreativitas merupakan hal yang sangat penting, karena itulah pengembangan kreativitas sebaiknya dilakukan sejak usia SD. Kreativitas merupakan pengalaman dalam mengekspresikan serta mengaktualisasikan identitas individu dalam bentuk yang terpadu baik hubungan dengan diri sendiri, dengan alam dan dengan orang lain. Kreativitas erat kaitannya dengan konsep diri. Konsep diri yaitu penilaian tentang kepantasan diri pribadi dinyatakan dalam bentuk sikap mengenai dirinya. Guru harus memahami komponen yang dapat membentuk dan mengembangkan konsep diri serta kreativitas pada diri anak agar perkembangannya dapat berjalan optimal, tentunya hal tersebut tidak luput dari pengaruh lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
PENGARUH KREATIVITAS SISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN KALISARI 01 ASLACH, ZUYYINATUL
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/pendas.7.1.30-43

Abstract

         ABSTRAKPenelitian berfokus pada pengaruh kreativitas siswa dalam model pembelajaran problem based learning terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Kalisari 01. Adapun tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh kreativitas siswa dalam model pembelajaran problem based learning terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Kalisari 01. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi experimental design. Penelitian ini mengambil bentuk desainnya adalah nonequivalent control group design dengan dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dengan menggunakan 2 (dua) teknik dalam pengambilan data yaitu tes dan non-tes. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh Kreatifitas Siswa dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan hasil 66 %. Hal tersebut berarti kreatifitas siswa dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) baik. Prestasi belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Kalisari 01 materi gaya magnetis dan non-magnetis dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa yang diperoleh dari rata-rata kelas eksperimen 93,93 dan pada kelas kontrol dengan rata-rata 91,96. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap prestasi belajar siswa. Kata kunci : kreativitas, model pembelajaran, problem based learning, prestasi, belajar
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS DENGAN METODE SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI GLOBALISASI DI SEKOLAH DASAR Ilham, Muhammad; Hardiyanti, Waode Eti
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/pendas.7.1.12-29

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi tidak adanya Perangkat Pembelajaran IPS yang berorientasi pada pengembangan kemampuan berpikir siswa. Tujuan penelitian adalah mengkaji perangkat pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajarakan materi globalisasi, mengembangkan perangkat pembelajaran IPS dengan metode saintifik, dan mengkaji keefektifan dan kepraktisan perangkat pembelajaran IPS dengan metode saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes angket, dan dokumentasi. Analisis kevalidan perangkat pembelajaran dilakukan dengan penilaian ahli. Data tentang sikap kritis siswa dalam proses pembelajaran dianalisis secara deskriptif kualitatif. Analisis kemampuan berpikir kritis siswa meliputi uji normalitas, uji kesamaan dua varians, uji n-gain, dan uji perbedaan dua rata-rata. Analisis kepraktisan perangkat pembelajaran dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ditemukan bahwa perangkat pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajarkan materi globalisasi berbasis pada transformasi ilmu pengetahuan. Perangkat pembelajaran IPS dengan metode saintifik telah memenuhi kriteria valid. Nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa lebih dari KKM (65), uji N-gain dengan nilai 0,50, rata-rata sikap kritis siswa 30,9, dan respons positif guru dan siswa lebih dari 75%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan perangkat pembelajaran IPS dengan metode saintifik valid, efektif dan praktis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Sehingga disarankan penggunaan perangkat pembelajaran ini dalam mengajarkan IPS di sekolah dasar. Kata Kunci:   Perangkat Pembelajaran IPS, Metode Saintifik, Berpikir Kritis
PERKEMBANGAN BAHASA, EMOSI, DAN SOSIAL ANAK USIA SEKOLAH DASAR Dewi, Mera Putri; S, Neviyarni; Irdamurni, Irdamurni
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/pendas.7.1.1-11

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan bahasa, emosi, dan sosial anak usia Sekolah Dasar.  Jenis penelitian yang diguanakan yaitu studi kepustakaan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan studi dokumentasi yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menganalisis isi dokumen yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Sumber data dalam penelitian ini yaitu buku dan jurnal yang relevan dengan kajian. Temuan dalam kajian ini yaitu perkembangan anak yang berkembang pesat pada usia Sekolah Dasar yaitu perkembangan bahasa, emosi, dan sosial. Perkembangan  tersebut tidaklah sama antara satu  anak dengan yang lainnya. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan tersebut diantaranya faktor lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Dengan adanya kajian mengenai perkembangan  ini dapat dijadikan acuan untuk guru untuk melaksanakan pembelajaran di sekolah dan untuk melihat permasalah yang terjadi di sekolah. Sehingga guru bisa mencari solusi dalam mengatasi permasalahan dalam perkembangan anak.
PENINGKATAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING KELAS VII MTS NU AL ISHLAH BINABARU Malik, Abdul; Afandi, Muhamad
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/pendas.7.1.60-67

Abstract

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan disiplin siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching di kelas VII MTs NU Al-Ishlah Binabaru. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan tindakan. Setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Subyek penelitian yaitu siswa kelas VII MTs NU Al Ishlah Tahun Ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 23 yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik tes dan non tes digunakan untuk pengumpulan data. Adanya peningkatan disiplin dan prestasi belajar siswa ditunjukan dengan peningkatan disiplin dari siklus I yaitu 76,93% dengan kategori baik dilanjutkan ke siklus II yaitu 81,51% hal ini menunjukan peningkatan  disiplin sangat baik. Sementara untuk prestasi belajar siswa pada siklus I yaitu 78,26% dan untuk siklus II meningkat 86,96%. Hal ini menunjukan kenaikan dari siklus I ke siklus II. Dari penelitian yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching meningkatkan disiplin dan prestasi siswa kelas VII MTs NU Al Ishlah Binabaru.
BAHAN AJAR MULTIMEDIA INTERAKTIF ILMU PENGETAHUAN ALAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF Jupriyanto, Jupriyanto; Turahmat, Turahmat
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 4, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.117 KB)

Abstract

Penelitian terkonsentrasi pada pengembangan bahan ajar berbentuk multimedia interaktif sebagai alternatif media pembelajaran inovatif. Penelitian ini menggunakan model four-D yang telah dimodifikasi, menjadi tahap Define (analisis materi, analisis laboratorium, dan merumuskan tujuan pembelajaran), Design (pemilihan media, pemilihan format, dan draft awal) dan Develop (validasi ahli dan uji coba). Analisis data yang dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji beda rata-rata. Nilai validasi untuk multimedia interaktif secara rata – rata 3.72 termasuk dalam kategori valid. Hasil uji kelas kontrol menghasilkan mean 61.15 dan kelas eksperimen 88.75 dengan signifikansi hitung yang digunakan 0.004. Secara keseluruhan multimedia interaktif sangat baik dan inovatif digunakan dalam permbelajaran
PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MULTIMEDIA CLIENT SERVER (MCS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEYAKINAN MATEMATIKA Hariyono, Mohamad
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 2, No 1 (2015): Pendidikan Dasar
Publisher : Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (552.074 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui karakteristik pembelajaran matematika model PMR berbantuan MCS, 2) mengembangkan perangkat pembelajaran matematika model PMR berbantuan MCS yang valid, 3) menguji kepraktisan dari perangkat pembelajaran matematika model PMR berbantuan MCS, dan 4) menguji keefektifan dari pembelajaran matematika model PMR berbantuan MCS. Penelitian mengacu model pengembangan Plomp: (1) Investigasi Awal, (2) desain, (3) realisasi, (4) tes, evaluasi, dan revisi. Uji coba perangkat dilakukan di  MI NU TBS kelas V dan kelas V sebagai kelas uji coba. Data diambil dari lembar validasi untuk mengukur kualitas perangkat, lembar pengamatan, angket, tes, dan diolah dengan uji ketuntasan, uji pengaruh regresi, uji banding, uji peningkatan kemampuan pemecahan masalah (KPM). Hasil penelitian menunjukkan: (1) skor hasil validasi perangkat Silabus 4,12, RPP 4,16, LKS 4,11, BS 4,52, dan TKPM 4,02 dengan interval 1-5 menunjukkan kriteria valid, (2) keefektifan pelaksanaan pembelajaran ditandai dengan: (a) siswayang nilai pemecahan masalahnya lebih dari 70 (KKM) mencapai 90,24%, (b) keyakinan dan aktivitas berpengaruh sebesar 88,0% terhadap KPM (c) rata-rata KPM kelas model PMR berbantuan MCS sebesar 81,83  lebih besar dari pada rata-rata KPM  kelas ekspositori 68,51, dan (d) kemampuan pemecahan masalah  siswakelas PMR meningkat sebesar 45,4%.
PENINGKATAN PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI MODEL EJAS DENGAN PENDEKATAN SCIENCE EDUTAINMENT Savitri Wanabuliandari dan Susilo Rahardjo, Sekar Dwi Ardianti
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.399 KB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Efektivitas model EJAS dengan pendekatan science edutainment terhadap peningkatan perilaku peduli lingkungan (2) Efektivitas model EJAS dengan pendekatan science edutainment terhadap peningkatan perilaku tanggung jawab (3) Respon siswa terhadap model EJAS dengan pendekatan science edutainment. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre experimental design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkanbahwa model EJAS dengan pendekatan science edutainment dapat meningkatkan perilaku peduli lingkungan sebesar 73% dengan kategori tinggi, dapat meningkatkan perilaku tanggung jawab sebesar 65% dengan kategori sedang, serta respon siswa terhadap model EJAS dengan pendekatan science edutainment pada kategori baik.
PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI DRAMA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 LEMAHJAYA Agus Ermawati, Dwi
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 2, No 1 (2015): Pendidikan Dasar
Publisher : Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (105.275 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman materi Drama siswa kelas IV dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Drama melalui metode bermain peran. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Lemahjaya yang berjumlah 21 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman materi Drama siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada pokok bahasan bermain drama. Berdasarkan data tes siklus I setelah pelaksanaan tindakan dari 21 siswa kelas IV yang mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia dengan penerapan metode bermain peran yaitu, prosentase keuntasan 57,14% sebanyak 12 siswa mampu mencapai standar KKM (70). Hasil tes siklus II setelah pelaksanaan tindakan, dari 21 siswa kelas IV yang mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia dengan penerapan metode bermain peran prosentase ketuntasan mencapai 80,95% atau 17 siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan siswa.Hasil yang telah dicapai pada siklus I dan II di mana telah memenuhi indikator keberhasilan maka penelitian ini dianggap telah berhasil sehingga tidak perlu dilakukan siklus berikutnya. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan pemahaman materi Drama siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia SD Negeri 2 Lemahjaya Tahun Ajaran 2011/2012.