cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
+6281917335682
Journal Mail Official
p2b@uinmataram.ac.id
Editorial Address
Jl. Pendidikan No. 35. Dasan Agung Baru, Kecamatan Selaparang, Kota MataramNusa Tenggara Barat. 83215
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Cordova Jurnal
ISSN : 23023155     EISSN : 27145808     DOI : -
Core Subject : Education,
Cordova Journal ISSN (P) 2302-3155, (e) 2714-5808 is a scientific journal published by UPT. UIN Mataram Language Development Center (P2B) which is focused on the realm of language and culture studies. Language studies include studies and research results in Indonesian, English, Arabic, and Sasak. Cultural studies include arts and culture and local wisdom.
Articles 55 Documents
Remaja dan Budaya Baca Potret Sendu Selfie Literasi di Desa Senaru Rahmi, Siti; Thohri, Muhammad
Cordova Journal : language and culture studies Vol 6 No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : UPT. UIN Mataram Language Development Center (P2B)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2937.213 KB)

Abstract

  Tulisan ini menyajikan sebagian hasil workshop dan penelusuran potret literasi remaja Desa wisata Senaru dengan fokus literasi membaca. Melalui diskusi terbuka ditemukan berbagai persoalan dalam hal membaca, yakni rendahnya minat baca, hambatan membaca problem atik. Tidak konsentrasi pada saat membaca, dan ketiadaan hobi membaca. Problem remaja dalam membaca adalah (1) membaca belum menjadi kebutuhan, (2) membaca dinilai sebagai sarana belajar formal, (2) lingkungan sekolah tidak memberi ruang bagi keterampilan membaca, dan (3) faktor teks, serta (5) faktor self-literasi. Capaian workshop adalah timbulnya kesadaran peserta bahwa membaca adalah kebutuhan. Sebagai kebutuhan, membaca harus dipacu motivasinya, direduksi hambatannya, disediakan lingkungan dan fasilitasnya. Lembaga pendidikan memiliki peran untuk penyadaran dan penguatan minat baca. Para pemangku kepentingan di Desa memiliki komitmen untuk menggalakkan minat baca dan mendorong peran aktif sekolah untuk memacu minat baca remaja.
Ilmu al-Aswat Fii 'Ilmillughah al-Hadits wa ahammiyatihi Fii Ta'limillughah al-'Arabiyah Linnatiqina Bigairiha M.Pd.I, Wirawan Jamhuri,
Cordova Journal : language and culture studies Vol 6 No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : UPT. UIN Mataram Language Development Center (P2B)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

?????? ????? ????? ??????? ??????? ???? ???????? ??? ???????? ???? ??? ????? ?? ????? ?????? ??? ????? ???? ?? ???? ?? ???? ?? ?????? ????? ?? ??? ????????. ????????? ???? ???? ??? ????? ??????? ???? ?? ?? ?????? ????????? ??????? ???????? ???????? ????????? ????? ?? ?? ??? ?????? ????????? ????????? ?????????. ??? ??????? ?? ?? ??? ???????? ???? ????? ????????? ??????? ?? ?? ???? ??? ????? ????? ??????? ?? ?????? ???? ??????? ?? ????? ???????? ??? ?? ????? ????? ????? ??????? ????? ???? ?????? ??? ????? ?????? ??????? ???????? ???? ???????? ???????. ????? ?? ???? ??? ????? ????? ??????? ????? ???????? ??? ???? ?????? ???????? ???? ???????? ???????.
PUDARNYA SEMANGAT BERBAHASA INDONESIA M.Pd., Muhammad Muhlis,
Cordova Journal : language and culture studies Vol 6 No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : UPT. UIN Mataram Language Development Center (P2B)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3378.329 KB)

Abstract

Tulisan ini hendak mengkaji seputar permasalahan klasik penggunaan bahasa, yaitu mengapa warga bangsa Indonesia enggan bertutur kata dan menulis menggunakan bahasa Indonesia yang utuh (murni bahasa Indonesia dalam seluruh tutur katanya dan atau tulisannya), meskipun "kosa-kata asing yang dipinjamnya itu" terdapat pedanan katanya dalam bahasa Indonesia. Karena itulah kehadiran tulisan ini dihajatkan untuk mengetahui berbagai masalah yang melatarbelakangi munculnya prilaku tindak tutur kebahasaan seperti itu, dengan harapan semoga permasalahan tersebut dapat diatasi. Tulisan ini menggunakan pendekatan penelitian non-interaktif yang merupakan bagian dari penelitian Kualitatif, yang memotret peristiwa kebahasaan yang ada di sekitar kita bangsa Indonesia akhir-akhir ini. Penelitian ini berusaha menghimpun, mengindentifikasi, menganalisis, dan mengadakan sintesis data, untuk kemudian memberikan interpretasi terhadap pristiwa yang secara langsung ataupun tidak langsung dapat diamati. dari hasil analisis yang dilakukan, dapat diinterpretasikan bahwa pudarnya semangat berbahasa indonesia itu terjadi karena, pertama adanya sikap interior dari warga masyarakat kita terhadap orang asing; kedua berbanding lurus dengan masalah di atas, yaitu adanya rasa bangga menggunakan istilah-istilah asing
PERLAWANAN CONGAH PRAYA TERHADAP RAJA KARANG ASEM LOMBOK (Analisis Sosio-Historis Pemberontakan Praya Tahun 1891) M.A., Muhammad S'ai,
Cordova Journal : language and culture studies Vol 6 No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : UPT. UIN Mataram Language Development Center (P2B)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4831.035 KB)

Abstract

Naskah kuno merupakan salah satu dari sumber sejarah lokal yang memiliki nilai sekaligus menuguhkan informasi sejarah dan pengetahuan manusia pada masa tertentu pada masa lalu. Oleh karena itu naskah kuno salau penting untuk diteliti terutama dengan pendekatan sejarah dan filologi yang didukung oleh perangkat-metodelogi lainnya. tulisan ini menyajikan kajian historis tentang perlawanan Congah Praya Terhadap Raja karangAsem Lombok dengan menggunakan Naskah Babad Praya sebagai sumber primernya. Fokusnya adalah pada bagaimana Babad Praya menceritakan pristiwa masa lalu terutama perlawanan bersejarah masyarakat praya terhadap Raja Karang AsemLombok. Hal ini menjadi titik permasalahan peneliti yang juga menjadi permasalahan teori-teori kekuasan dan konflik yang dihubungkan dengan politik anekasi dan penindasa penguasa. Dengan fokus ini ingin ditemukan apakah ada motif lain sebagai latar perlawanan kelompok tertindas (rakyat) selain latar geostrategis dan menguntungkan secara ekonomi maupun politik bagi penguasa. Dan oleh karena penelitian ini adalah penelitian peristiwa masa lampau dengna naskah sebagai sumber utamanaya maka peneliti menerapkan metode dan tahapan penelitian sejarah. Secara teoritis penelitian sejatrah berupaya menjelaskan rangkaian peristiwa atau sejarah berdasarkan waktu, tempat dan tokoh-tokohnya. juga berusaha mengkaitkan suatu peristiwa dengan hal-hal lain yang saling rangkai merangkai seperti persoalan politik, ekonomi, politik atau juga agama dan fenomena lainnya. kemudian untuk mengungkap isi naskah akan diterapkan cara kerja filologi yaitu memberlakukan sutingan kritis.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN LINGUISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ARAB MURID KELAS II SDIT ANAK SHOLEH KOTA MATARAM Rosidi, Dr. Ayip
Cordova Journal : language and culture studies Vol 6 No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : UPT. UIN Mataram Language Development Center (P2B)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4694.879 KB)

Abstract

Tujaun penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bermain dan kecerdasan linguistik terhadap kemampuan bahasa Arab murid kelas II SDIT Anak Sholeh kota Mataram NTB. Penelitian ini merupakan kuantitatif komperatif dengan metode eksperimen menggunakan rancangan 2x2 by level. instrumen tes digunakan untuk mengumpulkan data kecerdasan linguistik dan kemampuan bahasa Arab. Pengujian hipotesis menggunakan ANAVA dua jalur dilanjutkan uji Tukey. Hasil penelitian (1) kemampuan bahasa Arab antara murid yang dibelajarkan dengan metode bermain lebih tinggi dari murid yang dibelajarkan dengan konvensional (2) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan kecerdasan linguistik (3) kemampuan bahasa Arab murid yang memiliki kecerdasan linguistik tinggi yang memperoleh pembelajaran dengan bermain lebih baik dibandingkan konvensional (4). Kemampuan bahasa Arab murid yang memiliki kecerdasan linguistik rendah dari murid yang memperoleh pembelajaran dengan konvensional. Kesimpulan dari hasil penelitian ini, kemampuan bahasa Arab murid dapat ditingkatkan dengan metode pembelajaran yang sesuai dengan kecerdasan linguistik murid.
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN ( المفردات )KOSAKATA BAHASA ARAB DI PESMA AL-HIKAM MALANG Nadhif, Moh.
Cordova Journal : language and culture studies Vol 9 No 1 (2019): Juni 2019
Publisher : UPT. UIN Mataram Language Development Center (P2B)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan multimedia pembelajaran kosakata Arab Pesma Al-Hikam Malang; (2) mengungkapkan kualitas multimedia pembelajaran ditinjau dari aspek isi, pembelajaran, tampilan, dan pemrograman; (3) mengetahui aspek daya tarik multimedia pembelajaran yang dikembangkan; (4) mengetahui ketuntasan belajar santri setelah belajar dengan menggunakan multimedia pembelajaran kosakata Arab Pesma Al-Hikam Malang. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Validator penelitian ini adalah satu orang ahli bidang studi bahasa Arab dan satu orang ahli multimedia pembelajaran. Subjek coba penelitian terdiri dari tiga santri untuk uji coba satu-satu dan dua puluh santri untuk uji coba kelompok besar. Instrumen yang digunakan untuk penelitian ini adalah angket, pedoman observasi, dan soal pre-test dan post-test. Data dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) pengembangan multimedia pembelajaran kosakata bahasa Arab kelas I Pesma Al-Hikam Malang melalui enam langkah, yaitu: menganalisis, mendesain, memproduksi, memvalidasi, merevisi, dan mengujicoba; (2) kualitas multimedia pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari aspek isi, pembelajaran, tampilan, dan pemrograman adalah baik. Dengan menggunakan rentang skor 1 sampai 5, aspek isi menunjukkan skor rata-rata 3,75, aspek pembelajaran menunjukkan skor rata-rata 3,71, aspek tampilan menunjukkan skor rata-rata 3,87, dan pemrograman menunjukkan skor rata-rata 3,75; (3) aspek daya tarik menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan sangatmenarik: pada uji coba satu-satu, dari tiga santri yang diobservasi, dua santri menunjukkan daya tarik produk sangat menarik, satu siswa menunjukkan daya tarik produk menarik; pada uji coba kelompok besar, dari dua puluh santri, dua belas santri menunjukkan daya tarik produk sangat menarik, delapan santri menunjukkan daya tarik produk menarik; dan (4) penggunaan multimedia pembelajaran kosakata bahasa Arab berdampak baik terhadap ketuntasan belajar santri: pada uji coba kelompok besar, dari 20 santri, terdapat 19 santri (95%) yang tuntas belajar dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab kelas I Pesma Al-Hikam Malang.
THE ENGLISH AND SASAK DERIVATIONAL MORPHEME ON STUDY COMPARATION Sugianto, Sugianto; Kamarudin, Kamarudin; Sarifuddin, Muhamad
Cordova Journal : language and culture studies Vol 9 No 1 (2019): Juni 2019
Publisher : UPT. UIN Mataram Language Development Center (P2B)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The researcher is aimed at comparing the derivational morphemes exist in sasak language and English language. This comparison leads into the construction of new words variation to build a complete sentence bot in English and in Sasaknese. By comparing the derivational morphemes between Sasak language and English language, some similarities and differences of both languages truly revealed.  The similarities between them brought the easiness to the students of Sasak while learning English. Conversely, the differences caused difficulties the students who are learning English. The comparison between these two languages derivational morphemes hopefully brought some positive effects on students? English mastery particularly the mastery of vocabularies and the process that made them up. An in-depth study on how those derivational morphemes in both languages are different were conducted for the sake of the data complete of the study. The interview section of the research was conducted among the experts of those two languages to support the filed data needed in the research. The data collected through the interview process istranscribed and reduced based on research need for the sake of answering the research question. The research conclusion said that some derivational morphemes exited in the Sasak were also found in English derivational morpheme process which then translated into some easiness can be found during English study process of the students who speak Sasak as their first language.
IDĀROTU JAUDATU TA’LIMU AL-ARABIYATI BIMA’AHADI AL-JAMI’ATI MĀTĀRĀM AL-ISLAMIYAH AL-HUKUMIAH BIMĀTĀRĀM Jamhuri, Wirawan
Cordova Journal : language and culture studies Vol 9 No 1 (2019): Juni 2019
Publisher : UPT. UIN Mataram Language Development Center (P2B)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

????? ?????? ?? ?????? ??????? ??? ???? ?????? ?????? ??? ???????? ??????? ??????? ??? ???????? ??? ???? ??????? ????? ??????? ????????? ???????? ???????? ??? ???? ??? ?????? ????? ?????? ?? ????? ???????? ??? ????? ??????? ? ????? ?????????? ????? ???????? ??????? ??????? ??????? ???? ???????. ?? ???? ???????? ??? ??? ???? ?? ??????? ?????? ??????? ?????? ????? ?????? ?????????? ???????. ????? ???? ????? ?????? ?? ????? ??????? ????? ??????? ????? ??????? ????????? ???????? ???????? ??? ?? ??? : 1) ????? ????? ?????? ?? ????? ????? ??????? ??????? ???: ?) ?????? ????? ????? ??????? ???? ??? ???? ??????(???????? ???? ??? ????? ?????? ??????? ?????? ??????? ?????? ???????) ?) ??????? ?????? ??????? ?? ???????. 2) ????? ????? ?????? ?? ????? ????? ??????? ???? ???????? ??? ?????? ?????? ????? ???????? ??????? ????? ????? ??????? ????? ????? ??????? ????????? ?????????? ????? ????? ????? ???????. 3) ????? ????? ?????? ?? ????? ????? ???????: ?) ????????? (????? ?? ???????).  ?) ???? ???????? (???????? ??????????)
PEDAGOGICAL KNOWLEDGE OF ENGLISH TEACHERS ON SPEECH ACTS IN SENIOR HIGH SCHOOL LEVEL OF WEST NUSA TENGGARA kamarudin, kamarudin
Cordova Journal : language and culture studies Vol 9 No 2 (2019): Desember 2019
Publisher : UPT. UIN Mataram Language Development Center (P2B)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

As an English teacher, communicating through English language properly and thoroughly is highly required particularly at Senior High School level. They are expected to communicate politely since teachers are the role model of teaching. As a professional teacher, English teachers must have professional competencies such as speech acts proficiencies. Speech act is included into spoken English and is taught in Senior High School level in order to develop students? communicative competence. This is a descriptive qualitative research and is aiming at describing pedagogical knowledge of English teachers on speech acts in Senior High School level of West Nusa Tenggara. The knowledge itself is divided into some branches, they are the ability to define speech acts, ability to identify speech acts conversation and ability to identify speech act utterances. The researcher conducted the interview to collect the data. The data are obtained from the interview and the tape recorder to record the interview process. After analyzing the data, the researcher found that Senior High School teachers mostly can answer questions about speech acts. They can define speech acts, they can identify the speech act conversations and they can identify the speech act utterances. In conclusion, the knowledge of speech acts of Senior High School teachers is categorized very good because they can answer most questions correctly. Therefore, Senior High School teachers fulfill professional language competencies; they comprehend teaching materials and have good pedagogical skills.
THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ ANXIETY AND LEARNING MOTIVATION TOWARDS STUDENTS’ SPEAKING SKILL Farosy, Amar Hamzah; Sumarsono, Dedi; Sumarni, Baiq
Cordova Journal : language and culture studies Vol 9 No 1 (2019): Juni 2019
Publisher : UPT. UIN Mataram Language Development Center (P2B)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the correlation between students? anxiety and learning motivation towards students speaking skill at SMPN 19 Mataram. This research is a quantitative, counting the data used multiple correlation . The sample of this study consisted of 44 students; the instrument used in this study was an oral test and questionnaires that belongs to anxiety and motivation. Data analysis technique is multiple correlation. The findings of the study showed that the r-test was 0.618 and 0.624. This showed that the alternative hypothesis (Ha) is accepted and as average score is high, Then the result in F- table shows that Fh>ft (21,81375>3,22). From the findings of this study, it is recommended that teachers can fixed students? anxiety and teachers build the motivations students in teaching speaking skill.