cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Media Eksakta
Published by Universitas Tadulako
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 32 Documents
PENINGKATAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWASMAN 5 PALU MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA PEMBELAJARAN ASAM-BASA Jumrah, Jumrah
Media Eksakta Vol 2, No 2 (2006)
Publisher : Media Eksakta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12.331 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menemukan pola pendekatan pembelajaran kimia dalam meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa yang optimal. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan keterampilan proses dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD pada pembelajaran konsep Asam dan Basa sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Palu dan yang menjadi sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPA 1 (uji coba 1), berjumlah 35 siswa dan   kelas XI-IPA 2 (uji coba 2), berjumlah 37 siswa tahun ajaran 2005/2006. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan; (1) Keterampilan proses siswa baik secara individu, kelompok, maupun klasikal, dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sangat baik, (2) Hasil belajar siswa baik secara individu, kelompok maupun klasikal dengan menggunakan keterampilan tipe STAD sangat baik, dan (3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan penggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan keterampilan proses belajar siswa yang berdampak pada peningkatan ketuntasan hasil belajarnya.
MOTILITAS SPERMATOZOA MENCIT (MUS MUSCULUS L) JANTAN SETELAH PERLAKUAN DENGAN INFUSA RIMPANG KENCUR (KAEMPFERIA GALANGA L) Ramadhan, Achmad
Media Eksakta Vol 2, No 2 (2006)
Publisher : Media Eksakta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12.331 KB)

Abstract

Kencur sudah digunakan oleh masyarakat untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti meringankan dahak (ekspektoransia), mengobati tetanus, memperbanyak keluarnya air seni, dan lain-lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motilitas spermatozoa mencit setelah diberikan infusa rimpang kencur (Kaempferia galangal L.). 20 ekor mencit jantan umur, 2,5 bulan diberi perlakuan sebagai berikut : infusa kencur konsentrasi 1%, 2%, 4% dan 8% serta kontrol (tanpa diberi perlakuan). Masing-masing infusa diberikan secara oral/ml setiap hari selama 36 hari. Pemeriksaan motilitas spermatozoa dilakukan dengan mengambil spermatozoa yang ada di epididimis cauda. Data dikumpulkan secara kuantitatif selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis varian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian infusa rimpang kencur (Kaempferia galangal L.) menyebabkan menurunnya motilitas spermatozoa mencit (Mus musculus) jantan seiring dengan meningkatnya dosis.
PEMBELAJARAN TEMATIK DILUAR KELAS (OUTDOOR ACTIVITY) DAPAT MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR Rede, Amran
Media Eksakta Vol 7, No 1 (2011)
Publisher : Media Eksakta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12.331 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui pembelajaran outdoor activity (pembelajaran diluar kelas) yang diimplementasikan dalam materi Pemanasan Global (Global Warming) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Pembelajaran tematik outdoor activity dipandang sebagai pilihan tepat meningkatkan motivasi belajar kepada siswa Sekolah Dasar. Pembelajaran tematik merupakan penerapan pendidikan holistik yang melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang keilmuan (multidisipliner). Sebanyak 118 siswa kelas 5 terjaring sebagai sampel. Data dikumpulkan menggunakan rubrik. Uji hipotesis menggunakan Anava. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran tematik berpengaruh sangat nyata terhadap motivasi belajar dengan perolehan nilai probability of  error (r) 0,00 lebih kecil dari standard error a = 0,05 yang ditetapkan, bahkan lebih kecil dari a = 0,01. Uji retata LSD juga menunjukkan nilai sebesar 79,56 berbanding 54,84 pada pembelajaran konvensional.
KAJIAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK AIR DAN MINYAK BUAH TOMAT (SOLANUM LYCOPERSICUM L.) Yuliet, Yuliet
Media Eksakta Vol 7, No 1 (2011)
Publisher : Media Eksakta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12.331 KB)

Abstract

Tomato (Solanum lycopersicum L.) represent an edible fruit which is easily available and known as a source of antioxidant. This research was aimed to test the antioxidant activity of tomato extract in olive oil and water. Antioxidant activity was determined using superoxide dismutase (SOD) and lipid peroxidation (LPO) activity test, ex vivo in Swiss Webster male mice. Result showed that olive oil tomato extract increased significantly (p<0.01) superoxide dismutase (SOD) activity and inhibited lipid peroxidation. The highest activity against superoxide dismutase (SOD) activity (0.85%) and inhibited lipid peroxidation in liver (74.67 %) was given by tomato extract in olive oil at 0.075 mL/kg bw (p<0.01). The highest inhibition of lipid peroxidation in kidney was given by tomato extract in water at dose of 150 mg/kg bw (20.27 %, p<0.01).
BENTUK KONONIK SIMILAR BLOK BERSESUAIAN DENGAN INDEKS KETERKOTROLAN PADA (A,B) TAK KONTROL Sugita, Gandung
Media Eksakta Vol 5, No 2 (2009)
Publisher : Media Eksakta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12.331 KB)

Abstract

Dalam tulisan ini dibicarakan pasangan (A,B) tidak terkontrol yaitu rank C(A,B) < n ditransformasikan ke bentuk kanoniknya.  Sebagaimana diketahui bahwa untuk pasangan (A,B) yang terkontrol dapat ditransformasikan ke bentuk-bentuk kanonik Brunovsky-Leunberger I dan Brunovsky-Leunberger II. Untuk mentrasformasikan pasangan (A,B) tersebut digunakan matriks keterkontrolan (A,B), yaitu C(A,B) dan  indeks keterkontrolan tak nol dari (A,B) yaitu k1 ³  k2 ³ . . .³ kr (ki > 0).
PENGARUH INFUS HERBA MENIRAN (PHYLLANTHUS NIRURI L) TERHADAP DAYA LARUT KALSIUM BATU KANDUNG KEMIH Widodo, Agustinus
Media Eksakta Vol 7, No 1 (2011)
Publisher : Media Eksakta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12.331 KB)

Abstract

The aim of this research is to determine the most effective concentration of ?meniran? herb infuse in drawn?out the calcium of bladder stone.  The concentration of infuse was varied in 2 %, 6 %, 10 %, 14 % and 18 % w/v, then they were added with 100 mg of the bladder stone.  The calcium analysis was done by Atomic Absorption Spectrophotometer and this study was formatted in the Completely Randomized Design.  The F test indicate that ?meniran? herb infuse increase the calcium solubility of bladder stone significantly and the Duncan?s multiple range test also show that the most effective concentration is 10 % w/v.
PENGARUH PEMBERIAN TUGAS RUMAH DIKOMBINASIKAN DENGAN PEMBELAJARAN MODEL JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA SMPN 21 PALU Jamhari, Mohammad
Media Eksakta Vol 2, No 2 (2006)
Publisher : Media Eksakta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12.331 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMPN 21 Palu, yang bertujuan mengetahui pengaruh pemberian tugas rumah yang ?dikombinasi dengan pendekatan jigsaw terhadap hasil belajar IPA Biologi pada siswa SMP Negeri 21 Palu. Analisis data yang digunakan adalah regresi dengan uji t. Hasil analisis data  menunjukkan bahwa thitung sebesar 14,705 dan ttabel dengan (dk=48; ? =0,05) adalah 2,021. Jadi thitung > ttabel, maka H0 : ditolak dan H1 : diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian tugas rumah terhadap hasil belajar biologi. Indeks determinasi (R2) sebesar 0,818, artinya bahwa sumbangan pengaruh variable X terhadap variable Y sebesar 81,8%. Sedangkan sisanya 18,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa pemberian tugas rumah dikombinasikan dengan pendekatan Jigsaw memberikan sumbangan yang berarti terhadap hasil belajar IPA biologi.
HUBUNGAN PENGETAHUAN AWAL DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA DASAR I MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA Fihrin, Fihrin
Media Eksakta Vol 2, No 2 (2006)
Publisher : Media Eksakta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12.331 KB)

Abstract

Penelitian pendidikan ini bertujuan mendapatkan informasi tentang hubungan pengetahuan awal dengan hasil belajar fisika dasar I mahasiswa pendidikan fisika. Populasi penelitian adalah mahasiswa pendidikan fisika angkatan 2003/2004. Data penelitian adalah NEM mahasiswa dan skor tes hasil belajar. Data penelitian dianalisis dengan statistik interferensial uji r untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata NEM (pengetahuan awal)  = 7,11 dan rata-rata skor hasil belajar fisika dasar I  = 20,38; Koefisien korelasi antara pengetahuan awal dengan hasil belajar fisika dasar I r = 0,51 dengan interpretasi rendah. Berdasarkan uji keberartian koefisien korelasi diperoleh nilai th = 3,18. Pada taraf signifikan ? = 0,05 dan db = 20 diperoleh nilai tt = 2,84. Oleh karena th > tt , maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan awal dengan hasil belajar fisika dasar I mahasiswa pendidikan Fisika, namun hubungan tersebut adalah rendah
OPTIMASI PARAMETER TEKANAN PADA PENUMBUHAN LAPISAN TIPIS SILIKON AMORF TERHIDROGENASI DENGAN SISTEM HOT WIRE PECVD Syamsu, Syamsu; Kade, Amiruddin; Haeruddin, Haeruddin
Media Eksakta Vol 5, No 2 (2009)
Publisher : Media Eksakta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12.331 KB)

Abstract

The HW-PECVD system was then applied to grow a-Si:H thin films on corning glass 7059 by using 10% silane (SiH4) gas diluted in hydrogen (H2) as gas source. By optimization of deposition presure, a better quality a-Si:H thin films with dark conductivities is relative high (4.23x10-9 S/cm). The deposition rate and the optical band gap of the a-Si:H thin film were 0.68 Å/s and 1.98 eV. These results showed that by using HW-PECVD system, the optical properties was successfully increased without deteriorating in the electrical properties.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII SMP AL-AZHAR PALU Ekawati, Sri; Haeruddin, Haeruddin
Media Eksakta Vol 7, No 1 (2011)
Publisher : Media Eksakta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12.331 KB)

Abstract

Guru fisika SMP Al-azhar Palu telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi rendahnya hasil belajar fisika baik dari segi metode sampai dengan penggunaan media belajar. Namun, upaya tersebut belum mampu memberikan hasil yang maksimal. Mengatasi masalah tersebut maka diterapkan model pembelajaran sinektik berbasis multimedia. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan desain kelompok prates-pascates berpasangan (Matching Pratest-Posttest Control Group Design). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 33 orang dan kelas VII D sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 orang. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas siswa dan guru, tes hasil belajar fisika dan angket. Data pretest dan postest kelompok eksperimen dan kontrol dianalisis menggunakan analisis statistik. Skor rata-rata hasil belajar fisika yang diperoleh untuk kelas eksperimen adalah 25,63 dan kelas kontrol 24,15 dari 34,00 skor maksimal yang harus dicapai. Dari hasil uji t diperoleh thit =3,81 berada di luar daerah penerimaan Ho. Dengan demikian, Ho ditolak pada taraf nyata ? = 0,05 dan dk = 63. Dari hasil N-Gain rata-rata diperoleh 70,65% dan termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan uji hipotesis dan N-Gain rata-rata, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran sinektik berbasis multimedia dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VII SMP Al-azhar Palu.

Page 1 of 4 | Total Record : 32