cover
Contact Name
ilham Bakhtiar
Contact Email
jurnalestunm@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
ilham_konseling@yahoo.com
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Journal of Educational Science and Technology
ISSN : 24601497     EISSN : 24773840     DOI : -
Jurnal EST mempublikasikan artikel hasil penelitian bidang studi kependidikan, yang berhubungan dengan belajar dan pembelajaran, teori dan praktik pendidikan, kebijakan pendidikan, pengembangan kurikulum dan materi pembelajaran, pendidikan budaya dan karakter bangsa, pendidikan guru, teknologi dan media pembelajaran, dan kegiatan lainnya yang relevan. Untuk itu diundang berbagai penulis artikel dari dalam dan luar negeri
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Volume 1 Nomor 2 September 2015" : 8 Documents clear
PENGARUH EFIKASI DIRI, AKTIVITAS, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI fitriana, sitti
Journal of Educational Science and Technology (EST) Volume 1 Nomor 2 September 2015
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (752.455 KB) | DOI: 10.26858/est.v1i2.1517

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan seberapa besar pengaruh pengaruh efikasi diri, aktivitas, kemandirian belajar dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri Di Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar tahun pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian 581 siswa dan Sampel penelitian 172 siswa yang diambil dengan menggunakan proporsional random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari angket efikasi diri, angket aktivitas belajar, angket kemandirian belajar, tes kemampuan berpikir logis, dan tes hasil belajar matematika. Data dianalisis dengan statistika deskriptif dan analysis statistika inferensial (path anlysis).Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sebagian besar siswa kelas VIII SMP Negeri Di Kecamatan Polongbangkeng Utara memiliki efikasi diri, aktivitas belajar, Kemandirian Belajar, Kemampuan berpikir logis dan hasil belajar matematika dengan kategori sedang. (2) Variabel yang berpengaruh secara signifikan yaitu: efikasi diri berpengaruh langsung terhadap hasil belajar, kemandirian belajar, kemampuan berpikir logis. Aktivitas belajar berpengaruh langsung terhadap kemandirian belajar, dan kemampuan berpikir logis. (3) Variabel yang berpengaruh secara tidak signifikan yaitu: efikasi diri tidak berpengaruh langsung terhadap aktivitas belajar, Efikasi diri berpengaruh tidak langsung terhadap hasil belajar melalui kemandirian belajar, Efikasi diri berpengaruh tidak signifikan secara tidak langsung terhadap hasil belajar melalui kemamuan berpikir logis, Aktivitas belajar tidak berpengaruh langsung terhadap hasil belajar, Aktivitas belajar berpengaruh tidak langsung terhadap hasil belajar melalui kemandirian belajar, Aktivitas belajar berpengaruh secara tidak langsung terhadap hasil belajar melalui kemampuan berpikir logis, kemandirian belajar tidak berpengaruh langsung terhadap hasil belajar, kemampuan berpikir logis tidak berpengaruh secara langsung terhadap hasil belajar.
PENGARUH KERJA TIM TERHADAP KINERJA GURU SMP basir, muhammad
Journal of Educational Science and Technology (EST) Volume 1 Nomor 2 September 2015
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162.403 KB) | DOI: 10.26858/est.v1i2.1512

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kerja tim terhadap kinerja guru pada SMP negeri Kabupaten Wajo, Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang bersifat kausal. Populasi penelitian adalah  Sekolah Menengah Pertama yang berjumlah 52 Sekolah, dan 744 guru yang telah berstatus Pegawai Negeri Sipil.  Sampel untuk responden penelitian ini 294 guru yang ditentukan secara Claster Random Sampling,  pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, untuk menguji pola hubungan model yang dibentuk, digunakan analisis jalur ( Path Analysis). Hasil penelitian menunjukan bahwa: kerja tim berpengaruh secara  langsung terhadap kinerja guru. Sedangkan berdasarkan hasil observasi penilaian kinerja guru pada umumnya menunjukan hasil bahwa guru di SMP Negeri dalam lingkup Kabupaten Wajo berada pada kategori amat baik. Kesimpulan penelitian ini  adalah variabel bebas mempunyai pengaruh terhadap kinerja guru Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Wajo. Artinya  variabel dalam penelitian ini mempunyai peran penting dalam meningkatkan mutu kinerja guru. 
PENGARUH SERTIFIKASI TERHADAP MOTIVASI KERJA, KEPUASAN KERJA & KINERJA GURU BK SMAN Kanto, Kulasse
Journal of Educational Science and Technology (EST) Volume 1 Nomor 2 September 2015
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.616 KB) | DOI: 10.26858/est.v1i2.1514

Abstract

Penelitian ini mengkaji masalah utama sertifikasi terhadap kinerja guru Bimbingan dan Konseling Sarjana Bimbingan dan Konseling yang bertugas di SMA Negeri di Sulawesi Selatan. Kajian selanjutnya adalah  pengaruh sertifikasi terhadap motivasi kerja dan kepuasan kerja guru Bimbingan dan Konseling.   Metode penelitian yang digunakan adalah survey yang bersifat kuantitatif dan instrumen yang digunakan adalah skala penilaian dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dengan Analisis Jalur model Amos untuk uji pengaruh (sertifikasi, motivasi, kepuasan dan kinerja) dan Anava uji perbedaan (portofolio,  pelatihan dan belum sertifikasi) dengan didahului Analisis Deskriptif.Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui (i) potret atau gambaran deskripsi sertifikasi bentuk portofolio dan pelatihan terhadap motivasi kerja, kepuasan kerja dan kinerja guru bimbingan dan konseling, (ii) pengaruh sertifikasi terhadap motivasi kerja, kepuasan kerja dan kinerja konselor, (iii) pengaruh motivai kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja konselor dan (iv) pengaruh kepuaan kerja terhadap motivasi kerja konselor. Populasi dan sampel penelitian ini adalah konselor SMAN di Sulawesi Selatan populasi berjumlah 304 orang dan sampel yang diambil dengan teknik stratified  random sampling (area sampling) yang berjumlah 163 orang pada subjek untuk delapan Kota/Kabupaten pada area timur, selatan, tengah dan utara.  Subjek uji coba lapangan berjumlah 41 orang untuk SMK Negeri dan Swasta, MA Negeri dan Swasta serta SMA Swasta di Makasar.  Hasil penelitian adalah (i) gambaran  deskripsi  mean atau rata-rata, median dan standard deviation pada kinerja, motivasi dan kepuasan kerja guru bimbingan dan konseling cenderung bervariasi, tetapi tidak memiliki perbedaan signifikan, dan menunjukkan kurve-normal, tidak mencong ke kiri atau mencong ke kanan secara ekstrim. (ii) ada pengaruh sertifikasi terhadap motivasi kerja dan kepuasan kerja, (iii) ada pengaruh motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja konselor pada penilaian kinerja  tertentu, dan (iv) ada pengaruh kepuasan kerja terhadap motivasi kerja konselor di sekolah
PENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA TERHADAP LINGKUNGAN SEKOLAH MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI MTs. DARUSSALAM ANRONG APPAKA syahrul, muhammad
Journal of Educational Science and Technology (EST) Volume 1 Nomor 2 September 2015
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.753 KB) | DOI: 10.26858/est.v1i2.1344

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah pada siswa kelas VII dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen. Desain yang digunakan adalah one group pre-test and post-test design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 10 siswa terdiri dari 4 siswa berkriteria penyesuaian diri rendah dan sedang dan 2 siswa berkriteria penyesuaian diri tinggi. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi yang digunakan pada saat sebelum dan sesudah pemberian bimbingan kelompok. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan deskriptif persentase.Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah pada semua siswa  sangat besar setelah pemberian treatment. keseluruhan siswa mempunyai rata-rata penyesuaian diri positif dalam kriteria tinggi dan penyesuaian diri negatif dari keseluruhan siswa menunjukkan kriteria sedang.
PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU PEP, samsuadi
Journal of Educational Science and Technology (EST) Volume 1 Nomor 2 September 2015
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.234 KB) | DOI: 10.26858/est.v1i2.1515

Abstract

Tujuan  penelitian  adalah  (1)  untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik pengawas dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama berpengaruh terhadap disiplin kerja guru SMK Negeri 1 Bantaeng, (2) untuk  mengetahui  pengaruh  supervisi akademik  pengawas   terhadap   disiplin   kerja   guru   SMK Negeri 1 Bantaeng,   (3)  untuk   mengetahui   pengaruh   kepemimpinan   kepala   sekolah terhadap disiplin kerja guru SMK Negeri 1 Bantaeng. Populasi   penelitian   ini  adalah   guru   SMK Negeri 1 Bantaeng yang  berjumlah 80 orang,  melalui rumus Slovin diperoleh sampel sebanyak  67 orang. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proportionate stratified  random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan memakai  skala Likert modifikasi Hadi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa supervisi akademik pengawas dan  kepemimpinan kepala sekolah berada pada katregori tinggi. Sedangkan dari hasil uji prasyarat tidak ditemukan gejala multikolinieritas,  sehingga  memenuhi  syarat  untuk  melakukan  analisis  regresi ganda.  Dari  hasil  uji  hipotesis  ditemukan  bahwa supervisi akademik pengawas dan kepemimpinan kepala sekolah  secara bersama-sama berpengaruh terhadap disiplin kerja guru SMK Negeri 1 Bantaeng. Secara parsial supervisi  akademik pengawas tidak berpengaruh terhadap disiplin kerja guru SMK Negeri 1 Bantaeng, sedangkan kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap disiplin kerja guru SMK Negeri 1 Bantaeng. 
KARAKTER PESERTA DIDIK DAN HUBUNGANNYA DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMP DI PULAU BARRANG LOMPO Martawijaya, M.Pd, Agus
Journal of Educational Science and Technology (EST) Volume 1 Nomor 2 September 2015
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (117.312 KB) | DOI: 10.26858/est.v1i2.1340

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menemukan hubungan antara karakter dan keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran fisika SMP di pulau Barrang Lompo, Sulawesi Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah desain campuran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) karakter peserta didik dalam pembelajaran Fisika di pulau Barrang Lompo masih rendah; (2) Keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran Fisika di pulau Barrang Lompo masih rendah; dan (3) Ada hubungan yang signifikan antara karakter peserta didik dengan keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran fisika. Tingkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dibandingkan dengan kejujuran peserta didik meningkat sebesar 76,3 % dan keingintahuan meningkat sebesar 73,49 %. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa: (1) karakter dan kemampuan berpikir peserta didik dalam pembelajaran fisika di pulau Barrang Lompo masih rendah; (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara karakter peserta didik dengan keterampian berpikir kritis.
EFEKTIVITAS STRATEGI TTW DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII PUTRI SMPS PESANTREN MODERN RAHMATUL ASRI ENREKANG ., patmawati
Journal of Educational Science and Technology (EST) Volume 1 Nomor 2 September 2015
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.736 KB) | DOI: 10.26858/est.v1i2.1516

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektivan penerapan strategi Think Talk Write (TTW) dalam pembelajaran matematika ditinjau dari gaya belajar siswa SMPS PPm Rahmatul Asri Enrekang. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design dengan one group pretest-posttes design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Putri SMPS PPM Rahmatul Asri Enrekang yang terdiri atas tiga kelas, dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIIE sebanyak 20 orang dan kelas VIIIF sebanyak 24 orang dengan perlakuan yang sama, sehingga  sampel dalam penelitian ini terhitung one group. Adapun teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara stratified cluster random sampling.  Data yang dikumpulkan terdiri dari data hasil belajar siswa, data respon siswa terhadap perangkat pembelajaran, data aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan data keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dengan penerapan strategi TTW berada pada kategori baik, (2) Hasil belajar siswa setelah penerapan strategi TTW lebih baik daripada hasil belajar siswa sebelum penerapan strategi TTW, dari ketiga kelompok gaya belajar siswa SMPS PPM Rahmatul Asri, diperoleh  hasil belajar siswa auditorial lebih baik daripada siswa visual dan kinestetik, (3) Respon siswa baik siswa visual, auditorial, dan kinestetik terhadap perangkat pembelajaran berada pada kategori sangat positif, (4) Aktivitas siswa selama pembelajaran dengan penerapan strategi TTW berada pada kategori baik. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan uji One Way Anova menunjukkan bahwa penerapan strategi TTW efektif dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi kubus dan balok. 
KONTRIBUSI PENGAWAS SEKOLAH TERHADAP PEMENUHAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 1 UNGGULAN KOTA TERNATE Sasmito, Asdar
Journal of Educational Science and Technology (EST) Volume 1 Nomor 2 September 2015
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.97 KB) | DOI: 10.26858/est.v1i2.1341

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (i) kontribusi Pengawas Sekolah terhadap pemenuhan Standar Nasional Pendidikan di SMA Negeri 1 Unggulan Kota Ternate ditinjau dari aspek supervisi manajerial (ii) kontribusi pengawas sekolah terhadap pemenuhan Standar Nasional Pendidikan di SMA Negeri 1 Unggulan Kota Ternate ditinjau dari aspek supervisi akademik, dan (iii) Kontribusi pengawas sekolah terhadap pemenuhan Standar Nasional Pendidikan di SMA Negeri 1 Unggulan Kota Ternate ditinjau dari evaluasi terhadap penerapan aspek supervisi manajerial dan supervisi akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan informan  4 orang Pengawas Sekolah, 1 orang Kepala Sekolah, 1 orang Kepala Tata Usaha, 3 orang Wakil Kepala Sekolah, dan 4 orang Guru. Data diambil melalui  wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan (i) Kontribusi Pengawas Sekolah dalam aspek supervisi manajerial berupa bimbingan mengenai standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan diberikan kepada Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan Kepala Tata Usaha. (ii) Kontribusi Pengawas Sekolah dalam aspek supervisi akademik berupa bimbingan mengenai standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, dan standar penilaian pendidikan diberikan pada Guru. (iii) Kontribusi Pengawas Sekolah dalam aspek evaluasi pendidikan berupa partisipasi aktif dalam menilai pelaksanaan penerapan aspek supervisi manajerial dan aspek supervisi akademik.

Page 1 of 1 | Total Record : 8