cover
Contact Name
Dr. Zainul Hidayah, S.Pi., M.App.Sc.
Contact Email
zainulhidayah@trunojoyo.ac.id
Phone
+6285606353831
Journal Mail Official
pamator@trunojoyo.ac.id
Editorial Address
Gedung Graha Utama, Lt. 1 Jl. Raya Telang Kamal - Bangkalan Kode Pos 69162
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo Madura
ISSN : 18297935     EISSN : 26547856     DOI : https://doi.org/10.21107/pamator
PAMATOR JOURNAL is the Journal of Social Sciences, Economics and Humanities, published by the Institute for Research and Community Service Trunojoyo University, 2 times a year (April and October).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 208 Documents
STRATEGI PERSONAL BRANDING ALEXANDER THIAN SEBAGAI STORYGRAPHER MELALUI #LETMETELLYOUASTORY Nursufyana, Mufida
Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo Vol 12, No 1: April 2019
Publisher : LPPM Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (487.119 KB) | DOI: 10.21107/pamator.v12i1.5174

Abstract

Dalam sosial media Instagram, diketahui bahwa konten mengenai traveling lebih diminati oleh masyarakat saat ini. Dampaknya, banyak pengguna Instagram yang bersaing untuk menyajikan konten traveling dengan ciri khas masing-masing. Untuk akhirnya dapat memenangkan persaingan, maka diperlukanlah sebuah strategi untuk mem-branding diri sendiri. Penelitian ini membahas mengenai strategi personal branding yang dimiliki oleh akun Instagram @amrazing sebagai storygrapher. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif berdasarkan hasil wawancara dengan informan yang telah terpilih. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui dalam tahap perumusan strategi, Alex ingin mengembangkan personal branding dari seorang story-teller menjadi story-grapher dengan menggunakan hashtag #LetMeTellYouAStory dalam caption. Lalu dalam implementasi strategi, Alex menyesuaikan penggunaan hashtag tersebut pada beberapa postingan terpilih saja dengan memfokuskan pada elemen spesialisasi, kepribadian, konsisten dengan positioning, kepemimpinan, nama baik, dan keteguhan. Pada tahap evaluasi melalui alat pengukur tak langsung diketahui bahwa followers Alex memiliki persepsi yang serupa dengan apa yang diupayakan Alex dalam tahapan implementasi strategi personal branding-nya.
ANALISIS BIAYA TRANSAKSI PADA REALISASI PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (PBB) KABUPATEN BALANGAN Dwiputri, Inayati Nuraini
Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo Vol 6, No 2: Oktober 2013
Publisher : LPPM Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (519.373 KB) | DOI: 10.21107/pamator.v6i2.3096

Abstract

Empirical studies onthe theory ofnewinstitutional economics(NIE) in particulartransaction cost analysisin the studyof taxationmainlyland and building taxcansayno. The emergence ofacceptance   phenomenon of transaction costs inthe United Nations. In DistrictBalanganencourageresearchers toconductthis study. Indications ofhiddenactionas a resultofthe incompatibility ofthe UNdata objectsdefinedby the government(through the Directorate General of Taxation) withthe datain the fieldthat occursin the process ofrealization ofthe UN, indicateinefficiencies inBalanganregency    governmentinstitutions, especially in the realization ofthe UNadmission. This articleusesa transactioncost analysisto determine theefficiency ofgovernmentinstitutionsBalanganregency. The purpose ofthe studyis to identifythe amount oftransaction costs involvedin maximizingrevenue realizationUNBalanganregency, identifythe type oftransaction costsaffect therealization ofthe UNacceptanceBalanganregency, analyzethe efficiency ofgovernmentinstitutionsin thedistrictBalanganminimizetransactioncostsandmaximize therealization ofthe proceedsof the UN, andidentifythe type oftransactioncoststhat most affect therealization ofthe UNacceptanceBalanganregency. Withtransactioncost analysisit is known thatinstitutionalinefficiencyinBalanganregency governmentactionandarehiddenin the realization ofthe UNacceptanceBalanganregency. From theregressionanalysisthatkind of transaction costssignificantly influence therealization ofthe UNacceptanceisthe cost of verificationanddata collection. While thecost ofthe giftandthe cost ofmonitoringandevaluationdoes not significantly influencethe realization ofthe UNadmission. There aresomepoliciesthat need to beimplementedbythe DistrictBalangantoimprove theeffectivenessandefficiency ofinstitutionalBalanganCounty Governmentin its efforts tothe realization ofthe UNadmission.
KOMUNIKASI PEMASARAN USAHA SKALA MIKRO (MICRO ENTERPRISE) KUB BAJRAH GUNAH KLAMPIS BANGKALAN DALAM MEMASARKAN PRODUK TERASI, PETIS DAN KERUPUK IKAN Hidayati, Dwi Ratna
Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo Vol 8, No 2: Oktober 2015
Publisher : LPPM Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.186 KB) | DOI: 10.21107/pamator.v8i2.2068

Abstract

Secara geografis Indonesia terdiri dari 70% laut. Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan potensi lestari sumber daya ikan (SDI) laut Indonesia sekitar 6,4 juta ton per tahun mendatangkan peluang pengembangan usaha kelautan dan perikanan. Seiring dengan hal tersebut, potensi bahan baku perikanan yang sedemikian besar mendorong tumbuhnya usaha-usaha pengolahan makanan berbahan dasar ikan terutama usaha skala mikro kecil menengah, khususnya di wilayah-wilayah sentra penghasil perikanan seperti di kecamatan Klampis. Salah satu Kelompok Usaha Bersama (KUB) skala mikro yang mengusahakan produk berbasis hasil perikanan adalah KUB ?Bajrah Gunah? yang berlokasi di Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan yang memproduksi petis, terasi dan kerupuk ikan. Namun demikian,usaha skala mikro (micro enterprise) seringkali terkendala berbagai permasalahan terutama dibidang pemasaran, apalagi dalam kondisi harus bersaing dengan perusahaan skala menengah ataupun industri skala besar lainnya. Komunikasi pemasaran merupakan kata kunci strategis untuk memainkan peran produk lokal agar bisa berkembang oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh usaha skala mikro KUB Bajrah Gunah. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh KUB Bajrah Gunah masih bersifat minimalis melalui pemasaran mulut ke mulut, info kontak di label sederhana, pameran melalui dinas di Bangkalan dan alat komunikasi berupa HP. Namun demikian dari sisi jejaring, pemasaran yang dilakukan kelompok usaha ini sudah cukup luas hingga ke Pasuruan, Bawean,  Kalimantan dan Malaysia melalui komunikasi relasi. Temuan bahwa relasi dan koneksi memiliki peran kuat dalam jalur pemasaran usaha skala mikro di KUB Bajrah Gunah membuat bisnis ini hanya dapat berkembang jika memiliki kekuatan komunikasi internal keluarga dan teman tanpa mengandalkan publik sebagai target konsumen.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK TAHU DI KABUPATEN JEMBER ?Awifa, Muta; Aji, Joni Murti Mulyo; Supriono, Agus
Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo Vol 9, No 1: April 2016
Publisher : LPPM Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (491.523 KB) | DOI: 10.21107/pamator.v9i1.3366

Abstract

Konsumsi produk tahu dan pertumbuhannya dari tahun ketahun cenderung meningkat. Hal tersebut berdampak pada berkembangnya agroindustri produk tahu, salah satunya di Kabupaten Jember yang memiliki banyak agroindustri produk tahu. Salah satu sentra agroindustri tersebut berada di Rambipuji, Ambulu dan Ajung. Namun perkembangan agroindustri produk tahu cenderung stagnan, diduga terdapat masalah yang berhubungan dengan konsumen yang menginginkan diversifikasi produk maupun hal lain yang berhubungan dengan produk tahu, sehingga diperlukan suatu tindakan agar agroindustri tersebut semakin berkembang. Sebagai upaya untuk mendukung perkembangan agroindustri tahu, diperlukan analisis mengenai perilaku konsumen sehingga diharapkan dapat mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian produk tahu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian produk tahu adalah faktor kualitas, harga, ketersediaan dan motivasi (2) terdapat hubungan yang nyata antara tingkat pendapatan konsumen dengan faktor kualitas (3) terdapat hubungan yang nyata antara tingkat pendidikan konsumen dengan faktor kualitas.
PERBEDAAN PERAN GENDER DALAM PANDANGAN PEMUKA AGAMA ISLAM DI BANGKALAN Noor Hasan, Dony Burhan
Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo Vol 3, No 2: Oktober 2010
Publisher : LPPM Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.585 KB) | DOI: 10.21107/pamator.v3i2.2419

Abstract

Tujuan penelitian ini memfokuskan pada pendeskripsian perbedaan peran gender dalam pandangan pemuka agama Islam di Kabupaten Bangkalan. Adapun desain yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dan dirancang sebagai penelitian noneksperimental atau penelitian ex-post facto. Ditinjau dari rancangan populasi dan sampel, penelitian ini dirancang sebagai penelitian survai. Adapun instrumen penelitian menggunakan (1) daftar pertanyaan (kuesioner), wawancara terstruktur dan (2) telaah literatur. Sampel responden ditentukan dengan cara stratified random sampling dan purposive area. Adapun analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan teknik analisis statistik dan teknik analisis korelasi product moment.
STUDI KOMPARASI PENGURANGAN TIMBULAN SAMPAH BERBASIS MASYARAKAT MENGGUNAKAN PRINSIP BANK SAMPAH DI SURABAYA, GRESIK DAN SIDOARJO Wardhani, Maulinna Kusumo; Harto, Arisandi Dwi
Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo Vol 11, No 1: April 2018
Publisher : LPPM Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.017 KB) | DOI: 10.21107/pamator.v11i1.4439

Abstract

Peran serta masyarakat dalam melakukan pengurangan kuantitas/ volume sampah sekaligus mengelola sampah merupakan salah satu komponen penting dalam menanggulangi masalah persampahan terutama di kota-kota besar. Reduksi atau pengurangan jumlah dan volume sampah di sumber adalah upaya yang dilakukan untuk meminimalisasikan adanya sampah. Hal ini termasuk salah satu tindakan 5R (Reduction-mengurangi, Reuse-menggunakan kembali, Recycle-daur ulang, Recover-memulihkan fungsi, dan Revalue-memberi nilai lebih). Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) melakukan identifikasi potensi volume sampah; (2) menganalisa prinsip pengelolaan sampah dengan konsep bank sampah dan (3) melakukan perbandingan metode pengurangan sampah berbasis masyarakat melalui bank sampah dengan metode alternative lainnya. Hasil penelitin menunjukkan bahwa dampak adanya Bank Sampah untuk mereduksi jumlah sampah yang dibuang ke TPA sangat terasa di Kota Surabaya. Adanya Bank Sampah dapat mereduksi kurang lebih 81.50% dari total volume sampah setiap bulannya.  Berdasarkan hasil analisa lanjutan, dapat diketahui bahwa rata-rata pengurangan volume sampah dengan adanya bank sampah adalah sekitar 7.2% dari total volume sampah di Jawa Timur. Strategi pengelolaan sampah antara lain meliputi pelibatan masyarakat dalam pengelolaan sampah secara mandiri, pengelolaan sampah dengan menggunakan sanitary landfill yang sesuai dengan ketentuan standar lingkungan, dan pengembangan teknologi tinggi pengolahan sampah untuk sumber energi
PERSEPSI MASYARAKAT MISKIN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN BIDANG GIZI (STUDI KASUS DI WILAYAH PUSKESMAS SIDOTOPO SURABAYA UTARA) Fariadi, Haris; Kanto, Sanggar; Mardiyono, Mardiyono
Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo Vol 9, No 2: Oktober 2016
Publisher : LPPM Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.846 KB) | DOI: 10.21107/pamator.v9i2.3375

Abstract

Pembangunan kesehatan juga harus dipandang sebagai suatu investasi dalam kaitannya mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pembangunan ekonomi, serta memiliki peran penting dalam upaya penanggulangan kemiskinan. Upaya kesehatan harus dilakukan sejak dini dan berkesinambungan. Gizi yang cukup serta perilaku sehat sangat penting bagi kesehatan dan pertumbuhan balita. Anak yang sehat akan lebih berkonsentrasi dalam belajar, pekerja yang sehat akan lebih produktif dalam pekerjaannya, serta ibu-ibu yang sehat akan melahirkan anak-anak yang sehat pula, dan angka kematian bayi pun dapat ditekan. Kejadian kasus balita gizi buruk di Kota Surabaya masih cukup mengkhawatirkan, Berdasarkan data Dinas Kesehatan penyebab balita gizi buruk diantaranya karena pola asuh yang keliru, kurang asupan makanan bergizi, hingga masalah kemiskinan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah Studi Kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua balita sebagian besar tidak mengetahui kalau masih berada dalam kondisi pola pengasuhan yang kurang tepat, baik dalam pola asuh pemberian makan, maupun pola asuh perawatan kesehatan dan hygiene sanitasi serta lingkungan rumah yang kurang mendukung, sedangkan untuk kepedulian keluarga miskin terhadap kesehatan masih sangat rendah, kurangnya keluarga miskin dalam memanfaatkan fasilitas kesehatan yang ada. Persepsi keluarga miskin terhadap bantuan penganggulangan masalah gizi adalah positif. Mereka beranggapan bahwa bantuan tersebut bermanfaat sekali dalam menunjang perekonomian keluarga dan juga dapat meningkatkan status gizi anak mereka, serta dengan adanya kegiatan pendampingan tersebut mereka merasakan manfaatnya karena mereka merasa diperhatikan setiap bulannya untuk mengontrol kesehatan anaknya.
KRITIK TERHADAP KONSEP AKUNTANSI DALAM PENGUKURAN LABA Sambharakreshna, Yudhanta
Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo Vol 4, No 1: April 2011
Publisher : LPPM Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.757 KB) | DOI: 10.21107/pamator.v4i1.2444

Abstract

Beberapa kritik terhadap laba akuntansi yang tradisional di antaranya bahwa konsep laba akuntansi belum diformulasikan dengan jelas, tidak ada landasan teoretis yang bersifat jangka panjang untuk menghitung dan menyajikan laba akuntansi. Praktik-praktik akuntansi yang diterima umum dilaksanakan inconsistencies oleh perusahaan dalam pengukuran periodic income dalam tahun yang berbeda. Untuk perubahan-perubahan tingkat harga telah mengubah makna daripada nilai mata uang historis, dan informasi lain bisa lebih berguna bagi investor dalam membuat keputusan. Mazhab klasik terutama dikarakteristikkan dengan ketaatan pada postulat unit ukuran dan prinsip biaya historis. Mazhab neoklasik terutama dikarakteristikkan dengan pengabaian atas postulat unit ukuran, mengakui perubahan dalam level harga umum, atau terhadap prinsip biaya historis. Secara umum disebut sebagai akuntansi biaya historis disesuaikan level harga umum, konsep laba bisnis dari kelompok neoklasik adalah ?laba disesuaikan dengan level harga umum. Mazhab radikal terutama dikarakteristikkan dengan pilihan nilai sebagai dasar penilaian. Kelompok ini dibagi dalam dua bentuk yaitu: pertama, laporan keuangan berbasis nilai sekarang tidak disesuaikan untuk perubahan level harga umum. Secara umum disebut akuntansi nilai sekarang, konsep laba bisnis kelompok ini adalah laba sekarang. Bentuk kedua kelompok radikal, laporan keuangan berbasis nilai sekarang disesuaikan untuk perubahan dalam level harga umum. Secara umum dikenal sebagai akuntansi nilai sekarang disesuaikan level harga umum, konsep laba bisnis kelompok ini adalah laba sekarang yang disesuaikan.
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PENDEKATAN INDIVIDUAL DAN SUPPORT THERAPY PADA MAHASISWA UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA Herawati, Netty
Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo Vol 1, No 1: April 2008
Publisher : LPPM Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (612.186 KB) | DOI: 10.21107/pamator.v1i1.3109

Abstract

This research aimed
MENERAPKAN PROFESSIONAL DEVELOPMENT UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA SASTRA INGGRIS FISIB UTM DALAM MEMPELAJARI DRAMA I Suryani, Suci; Inayati, Rif?ah
Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo Vol 6, No 1: April 2013
Publisher : LPPM Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.034 KB) | DOI: 10.21107/pamator.v6i1.3087

Abstract

Terjadinya kesenjangan antara pencapaian mahasiswa dengan tujuan pembelajaran Drama I menjadi alasan dilaksanakan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan mahasiswa Sasing FISIB UTM mempelajari Drama I, menerapkan Professional Development untuk menghasilkan quality teaching, dan menyediakan quality teaching untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam mempelajari Drama I. Ketiganya dimaksudkan untuk mendapatkan solusi sehingga kesenjangan yang terjadi dapat diminimalkan. Dasar teori penelitian ini adalah Professional Development dan quality teaching. Metode penelitian adalah kualitatif dan action research. Kebutuhan mahasiswa adalah pertama, tersedianya materi ajar yang membuat mereka mampu mencapai tujuan instruksional pembelajaran Drama I, seperti menjelaskan konsep drama, mengidentifikasi elemen drama, dan menerapkan elemen tersebut untuk menganalisis tiga genre American, British, dan World drama; kedua, tersedianya pengajar yang memiliki pengetahuan pedagogik yang membuat mahasiswa mampu mencapai tujuan pembelajaran Drama I; ketiga, tersedianya sarana dan prasarana yang dapat menunjang tercapainya tujuan pembelajaran Drama I. Kebutuhan tersebut menjadi dasar untuk mengembangkan silabus, GBPP, SAP, materi ajar Drama I, pengetahuan pedagogik pengajar, dan mengoptimalkan sarana dan prasarana yang tersedia. Pengembangan dan pengoptimalan tersebut berdampak pada meningkatnya kemampuan mahasiswa sehingga tujuan pembelajaran Drama I dapat dicapai oleh mahasiswa dengan sukses.

Page 1 of 21 | Total Record : 208