cover
Contact Name
Dr. Zamsir, M.Pd
Contact Email
zamsir@uho.ac.id
Phone
+6285228082375
Journal Mail Official
jppm@uho.ac.id
Editorial Address
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 23386843     EISSN : 25990101     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan.
Articles 209 Documents
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DI SMP NEGERI 2 KENDARI Ningsi, Ningsi; La Ndia, La Ndia; Zamsir, Zamsir
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (929.517 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v6i1.7404

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 2 Kendari. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas vii dengan menggunakan model pembelajaran think pair share (TPS) di SMP Negeri 2 kendari. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIG SMP Negeri 2 Kendari yang berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 18 laki-laki dan 17 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada rata-rata hasil belajarsiswa. Dimulai dari rata-rata ketuntasan belajar siswa, presentase pada distribusi nilai pretest dengan kategori sangat tertinggi adalah 0%, kategori tinggi 5,71%, kategori sedang 68,57%, kategori rendah 25,71%, dan kategori sangat rendah adalah 0%. Sedangkan presentase pada distribusi nilai posttest dengan kategori sangat tertinggi adalah 2,86%, kategori tinggi 65,71%, kategori sedang 31,43%, kategori rendah 0%, dan kategori sangat rendah adalah 0%.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 KENDARI PADA MATERI PECAHAN MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) Abujina, Abujale; Bey, Anwar; Sahidin, Latief
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2013)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.274 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v1i2.2961

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII?SMP?Negeri 10 Kendari pada materi pecahan melalui pendekatan Realistic Mathematics Education?(RME). Dari hasil analisis dan pembahasan, diperoleh kesimpulan: (1) Keterlaksanaan skenario?pembelajaran yang dilakukan oleh guru mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 79,05%mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 89,52%. (2) Aktivitas belajar siswa juga mengalami?peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 77,04% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar?85,87%. (3) Persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat, yaitu pada siklus I persentaseketuntasan belajar secara klasikal sebesar 70,59% dan mengalami peningkatan pada siklus II?mencapai 76,47%. Berdasarkan hasil penelitian yang dikemukakan di atas, maka dapat disimpulkan?bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VII?SMP Negeri 10 Kendari pada materi pecahan dapatditingkatkan melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). ?Kata Kunci: hasil belajar matematika; pendidikan matematika realistik; pendekatan
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL STATISTIKA (STUDI KUALITATIF PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 KENDARI) Agustiva, Wa Ode; Ndia, La; ., Ikman
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (597.727 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v4i1.3059

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kesalahan-kesalaha yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal statistika pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kendari. (2) untuk mengetahuifaktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal statistika pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kendari. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4Kendari Tahun Ajaran 2014/2015 pada kelas VII2. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, hasil tes dan hasil wawancara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soalstatistika ditinjau dari objek matematika yaitu kesalahan fakta, kesalahan konsep, kesalahan prinsip dan kesalahan prosedurual. 2) Faktor- faktor yang menyebabkan siswa kelas VII2 SMP Negeri 4Kendari melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal statistika yaitu siswa tidak memahami soal dengan baik, sehingga siswa tidak mampu mengubah suatu permasalahan kedalam bentuk matematika, siswa kurang memahami bagaimana cara memperoleh mean atau nilai rata-rata, median atau nilai tengah. ?Kata Kunci: analisis kesalahan siswa, 0bjek matematika, hasil jawaban siswa
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI POKOK OPERASI BENTUK ALJABAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI I LAWA KABUPATEN MUNA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK 1 Rami, Fartia sam; Ndia, La
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.75 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v1i1.2951

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada? pokok bahasan operasi bentuk aljabar melalui pembelajaran kooperatif tipe talking stick. (2) untuk memperbaiki proses belajar mengajar matematika siswa pada materi pokok operasi bentuk aljabar. Berdasarkan hasil analisis data, pada siklus I jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar secara individu sebanyak 13 orang dari 30 siswa dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal hanya 43,33%? dan pada siklus II jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar secara individu meningkat dari 13 siswa menjadi 25 siswadengan ketuntasan belajar secara klasikal yang dicapai meningkat menjadi 83,33%. Hal ini telah mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu minimal 85% siswa telah mencapai ketuntasan belajar secara individu. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika pada materi pokok? Operasi Bentuk Aljabar? siswa kelas VII.1? SMP Negeri I Lawa Kab. Muna? dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick? ?Kata Kunci: pembelajaran kooperatif; talking stick
ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL FUNGSI KUADRAT PADA SISWA KELAS X-3 SMA NEGERI 1 ASERA Isfan, Isfan; Rahim, Utu; Jazuli, La Ode Ahmad
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.767 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v6i1.7393

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) untuk mengetahui bagaimana gambaran hasil belajar matematika siswa kelas X3SMA Negeri 1 Asera dalam menyelesaikan soal-soal fungsi kuadrat dan (2) untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan apakah yang dilakukan siswa kelas X3SMA Negeri 1 Asera dalam menyelesaikan soal-soal fungsi kuadrat. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas X3 sebanyak 23 orang, dan subjek yang diwawancarai dalam penelitian ini terdiri dari 6 orang. Data hasil wawancara digunakan sebagai pembanding data hasil tes. Analisis data dilakukan melaluireduksi data, penyajiandata, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil yang diperoleh dalampenelitianiniadalah: (1) Hasil deskriptif nilai tes hasil belajar matematikasiswa dalam menyelesaian soal-soal fungsi kuadrat siswa berkisar 5 sampai dengan 59 dengan rata?rata 25,9; median 21 dan modus 14; (2) jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal materi fungsi kuadrat yang meliputi kesalahan konsep, kesalahan prinsip dan kesalahan perhitungan.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TTW (THINK-TALK-WRITE) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII-5 SMP N 2 RAHA Fajar, La Ode Muhammad Sabrin; Sudia, Muhammad
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.807 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v4i1.3054

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan maslah siswa kelas VIII-5 SMP N 2 Raha melaui penerapan model pembelajaran TTW (Think-Talk-Write). Hasil tes tindakan siklus I menunjukan bahwa sebanyak 2 siswa dari 31 siswa telah memperloleh nilai minimal ?70? dengan presentase kentutasan secara klasikal sebesar 6%. Hal demikian belum mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan, dimana kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran TTW (Think-Talk-Write) baru mencapai 81,82%, sedangkan hasil tes siklus II menunjukan peningkatan dibandingkan dengan hasil tes siklus I yaitu sebanyak 2 dari 31 orang siswa atau 6% telah memperoleh nilai ? 70, sedangkan pada siklus II yaitu sebanyak 28 dari 32 siswa atau 88% telah memperoleh nilai ? 70? sehingga dari segi hasil indikator keberhasilan telah tercapai , sedangkan dari segi proses pada siklus II telah mencapai indikator keberhasilan yang telah di tetapkan, dimana kegiatan pembelajaran mencapai 93,33%.. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari siklus I, dan II maka disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 2 Raha dengan menggunakan model pembelajaran TTW (Think- Talk- Write)pada materi kubus dan balok dapat ditingkatkan.Kata Kunci : Meningkatkan, TTW (Think-Talk-Write), Pemecahan Masalah
PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMAN 10 KENDARI PADA MATERI PANGKAT, AKAR DAN LOGARITMA Kausar, Aufal; Tiya, Kadir; Rahim, Utu
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.471 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v4i1.3049

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 10 Kendari pada materi pangkat, akar dan logaritma melalui pendekatan pembelajaran problem posingDari hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar matematika siswadapat ditingkatkan. Hal ini diketahui pada tes awal, sebanyak 3 orang siswa atau sekitar 10% siswa berhasil mencapai nilai diatas? KKM yaitu 65. Pada siklus I sebanyak 11 orang siswa atau sekitar37% siswa memperoleh nilai diatas? KKM yang menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajarmatematika siswa pada hasil tes siklus I sebesar 27% (8 siswa) dibandingkan hasil tes awalKemudian terjadi peningkatan sebesar 30% (9 siswa) pada hasil tes siklus II yaitu 20 siswa atau sekitar 67% siswa memperoleh nilai diatas KKM. Pada hasil tes siklus III menunjukkan 27 siswaatau sekitar 90% siswa memperoleh nilai diatas? KKM. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa sebesar 23% (7 siswa).Kata Kunci: pembelajaran problem posing, hasil belajar matematika, logaritma
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN PENGAJUAN MASALAH (PROBLEM POSING) PADA MATERI AJAR SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL Fajriati, Septi; Tiya, Kadir; Rahim, Utu
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (713.867 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v5i1.7316

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 14 Kendari melalui pendekatan pengajuan masalah pada materi ajar sistem persamaan linear dua variabel. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 20 siswa dari 37 siswa (54,05%) yang memperoleh nilai ? 67 dengan rata-rata 62,91. Hal ini belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan. Pada siklus II jumlah siswa yangmencapai ketuntasan belajar secara individu meningkat dari 20 siswa menjadi 30 siswa (81,08%) yang memperoleh nilai ? 67 dengan rata-rata 76,64. Hal ini telah mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu minimal 75% siswa telah mencapai ketuntasan belajar. Berdasarkan hasilobservasi, evaluasi, dan refleksi pada setiap tindakan kelas, maka dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan pengajuan masalah (problem posing) maka hasil belajar siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 14 Kendari pada materi ajar sistem persamaan linear dua variabel dapat ditingkatkan. Hal ini terlihat pada pencapaian persentase pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa sudah terlaksana dengan baik sebesar 85%.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII-A SMP-TQ MUADZ BIN JABAL KENDARI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT Ramadhan, La Ode Muhammad; Bey, Anwar; Ikman, Ikman
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.915 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v5i1.7310

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua pertemuan untuk setiap siklusnya bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas VIII-A SMP-TQ Muadz bin Jabal Kendari melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament). Penelitian ini merupakan Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-A SMP-TQ Muadz bin Jabal Kendari. Hal ini ditunjukkan adanya peningkatan dari segi keterlaksanaan pembelajaran maupun dari segi hasil belajar matematika. Keterlaksanaan pembelajaran untuk siklus I mencapai 97,37% oleh guru dan 70,40% oleh siswa, siklus II mencapai 94,74% oleh guru dan 71,71% oleh siswa. Hasil belajar siswa meningkat diihat dari persentase tes awal 28,13% telah mencapai KKM, 71,88% pada siklus I dan 78,13% pada siklus II. Disimpulkan bahwa pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) tersebut dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa Kelas VIII-A SMPTQ Muadz bin Jabal Kendari.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN PROPORSIONAL SISWA KELAS VII 5 SMP NEGERI 1 LASALEPA Arianti, Arianti; Fahinu, Fahinu; La Ndia, La Ndia
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.031 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v5i1.7318

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Sampel penelitian ini sebanyak 20 orang siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) Kemampuan penalaran proporsional siswa sebelum pembelajaran menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel tergolong cukup dimana 50,00% siswa memperoleh nilai antara 41 dan 55. Selain itu diperoleh nilai rata-rata yaitu 55,93, standar deviasi 11,0893, varians 121,197, nilai minimum 43,75 dan nilai maksimum 87,50. 2) Kemampuan penalaran proporsional siswa setelah pembelajaran menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada materi perbandingan tergolong tinggi dimana 60% siswa memperoleh nilai antara 71 dan 85, selain itu diperoleh nilai rata-rata yaitu 74,68, standar deviasi 8,7158, varians 75,966, nilai minimum 56,25 dan nilai maksimum 93,75, dan 3) Ada pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap kemampuan penalaran proporsional siswa Kelas VII-5 SMP 1 Lasalepa.

Page 1 of 21 | Total Record : 209