cover
Contact Name
salim
Contact Email
jpm@uho.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
salim@uho.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Matematika
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 20868235     EISSN : 25973592     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu periode Januari dan Juli.
Arjuna Subject : -
Articles 183 Documents
Pengaruh Model Penskoran Terhadap Kestabilan Reliabilitas Skala Sikap Dengan Mempertimbangkan Variasi Usia Responden ., busnawir
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan  penelitian  ini  ialah  untuk  mengetahui  kestabilan  reliabilitas  skala  sikap berdasarkan  penskoran  terboboti  dan  penskoran  Likert.  Penelitian  ini  merupakan  eksperimen simulasi faktorial 2x2 dengan menggunakan 1000 responden (siswa).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa:   Koefisien  reliabilitas  berdasarkan  penskoran  terboboti  lebih  stabil  dibandingkan penskoran  Likert;    Varians  koefisien  reliabilitas  pada  kelompok  usia  homogen  lebih  kecil dibandingkan  pada  kelompok  usia  heterogen;   pada  penskoran  terboboti,  tidak  ada  perbedaan varians koefisien reliabilitas. Disimpulkan bahwa koefisien reliabilitas yang dihasilkan berdasarkan penskoran terboboti lebih stabil dibandingkan penskoran Likert.Kata kunci: reliabilitas, skor komposit, penskoran likert, penskoran terboboti, populasi homogen, populasi heterogen.
Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswa ., dasa ismaimuza .
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian  eksperimental  ini  menggunakan  desain  3x2  faktorial.  Instrumen  yang digunakan  meliputi  tes  kemampuan  matematika,  nilai  rapor,  tes  kemampuan  berpikir  kritis matematis,  untuk  mengkaji  dan  menganalisis  perbedaan  kemampuan  berpikir  kritis  matematis siswa  yang  menerima  pembelajaran  berbasis  masalah  dengan  strategi  konflik  kognitif  (PBLKK) dan pembelajaran konvensional (KV) ditinjau dari keseluruhan dan pengetahuan awal siswa (tinggi, sedang, dan rendah).  Kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis  masalah  dengan  strategi  konflik  kognitif  PBLKK  lebih  baik  daripada  siswa  yang memperoleh pembelajaran konvensional.Kata kunci: konflik kognitif, berpikir kritis matematis, PAMPE
Kesenjangan Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Model Pembelajaran Kooperatif, Penguasaan Bahasa dan IPA Maonde, H. Faad
e: 2597-3592
Publisher : Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (823.967 KB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini menggunakan desain 3x3 faktorial bertujuan untuk mempelajari kesenjangan hasil belajar matematika ditinjau dari model pembelajaran kooperatif Jigsaw, DTDT dan STAD dengan level penguasaan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan IPA. Penelitian ini dilaksanakan di 5(lima) SMP Negeri di Kota Kendari dengan sampel berjumlah 405 siswa.  Hasil analisis dengan EViews-7 menunjukkan bahwa hipotesis (i) perbedaan rerata Y menurut Bj dengan syarat Ai dari 6 hipotesis yang diajukan, dua hipotesis di antaranya menerima H0 (ii) perbedaan rerata Y menurut Ai dengan syarat Bj 6 hipotesis yang diajukan 2 hipotesis menerima H0, (iii) kesenjangan tipe-1 sampai dengan tipe-4 semuanya menolak H0. Kata kunci: Kesenjangan hasil belajar matematika, model pembelajaran kooperatif, penguasaan  Bahasa dan IPA
Pemecahan Masalah Matematika dengan Pendekatan Teori Pembelajaran Perilaku pada Siswa Sekolah Menengah Atas Misu, La; Rosdiana, &
e: 2597-3592
Publisher : Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (510.947 KB)

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah: (1) Menetapkan  langkah-langkah pemecahan masalah matematik siswa melalui model pembelajaran perilaku, dan (2) menyusun implementasi model pembelajaran perilaku kaitannya dengan pemecahan masalah matematik baik siswa kelas XII IPA maupun kelas XII IPS. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMAN 7 Kendari, yang terdiri dari satu kelas IPA dan satu kelas IPS tahun ajaran 2014/2015.  Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan 1). Langkah-langkah model pembelajaran perilaku dalam pemecahan masalah matematik siswa sebagai berikut (a) pemilihan kooperatif sebagai pendekatan pembelajaran, (b) Pemberian masalah matematik, (c)  Pemecahan masalah lebih ditekankan pada masalah dunia nyata, (d) Penyelesaian masalah matematik dengan berbagai cara, dan (f) Pemberikan penguatan positif dan penguatan negative. dan 2). Penggunaan model pembelajaran perilaku di SMAN 7 Kendari baik kelas IPA maupun kelas IPS umumnya cukup efektif, dengan rata-rata presentase partisipasi siswa sebesar 71% dan pelaksanaan proses pembelajaran oleh guru sebesar 76%.Kata Kunci: Pemecahan Masalah Matematik, Teori Pembelajaran Perilaku
Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Berbasis Potensi Pesisir terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP ., Kadir
e: 2597-3592
Publisher : Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.276 KB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk memecahkan masalah matematika pada siswa SMP di dearah posisir Sulawesi Tenggara. Untuk memecahkan masalah tersebut dilakukan penelitian menerapkan pembelajaran kontekstual berbasis potensi pesisir  atau Coastal Potency-Based Contextual Teaching and Learning (CCTL). SMP pesisir yang diteliti dipilih secara acak dari dua level sekolah pesisir, yaitu sedang dan rendah. Pada setiap level sekolah dipilih secara acak dua kelas, satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Siswa kelas eksperimen mendapat CCTL dan siswa kelas kontrol mendapat pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini adalah pretes dan postes kemampuan pemecahan masalah matematik, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan uji t, ANAVA satu jalur, dan ANAVA dua jalur. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan CCTL berpengaruh positif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMP pesisir dan hal ini lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional baik ditinjau dari peringkat sekolah maupun pengetahuan awal matematika siswa.
Perbedaan Hasil Ujian Nasional Matematika Tingkat SD Tahun 2006-2010 &, Ikman; Nursae, Wa
e: 2597-3592
Publisher : Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (537.766 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mempelajari perbedaan  hasil ujian nasional mata pelajaran matematika tahun 2006-2010 secara bersama-sama dan secara parsial terhadap skor rerata. Sampel diambil dari siswa yang jumlahnya paling sedikit pada masing-masing sekolah/ tahun dengan cara non acak. Jumlah sampel sebanyak 162 orang yang terdiri dari: 62,54% (variabel X1Z);  67,78% (variabel X2Z); 80,00% (variabel X3Z); 64,80% (variabel X4Z); 76,00% (variabel X5Z); secara keseluruhan adalah 14,20%. Hasil menunjukkan secara bersama-sama maupun secara terpisah berpengaruh yang signifikan terhadap skor rerata matematika
Pengaruh Tahapan Polya Dalam Pemecahan Masalah Terhadap Ketuntasan Belajar Geometri Siswa Sekolah Menengah Pertama ., Baiduri
e: 2597-3592
Publisher : Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (557.72 KB)

Abstract

Tujuan penelitian  ini adalah untuk menganalisis aktivitas siswa pada tahapan Polya dalam pemecahan masalah geometri serta pengaruhnya terhadap ketuntasan belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Subjek penelitian adalah peserta didik SMP kelas VII sebanyak 30 orang dengan rentang umur 11 – 13 tahun. Data dikumpulkan melalui tes dan angket. Hasil penelitian menyatakan bahwa aktivitas yang dilakukan siswa pada setiap tahapan Polya SMP dalam pemecahan masalah geometri berpengaruh positif terhadap ketuntasan belajarnya.Kata-kata kunci: pemecahan masalah, tahapan Polya, ketuntasan belajar
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Pekerjaan Rumah Terhadap Hasil Belajar Matematika SD &, Ikman; ., Erlin
e: 2597-3592
Publisher : Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.903 KB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini menggunakan desain 2x2 faktorial antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan konvensional dan pemberian pekerjaan rumah dengan catatan dan tanpa catatan dalam pekerjaan rumah siswa secara simultan terhadap hasil belajar matematika. Hasil analisis menyimpulkan bahwa secara empiris data mendukung hipotesis yang diajukan; rerata hasil belajar matematika untuk siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, khusus untuk siswa yang (i) diberikan pekerjaan rumah dengan catatan dan tanpa catatan berdasarkan statistik uji-t mempunyai perbedaan pengaruh yang signifikan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif dan Pemberian Pekerjaan Rumah (PR)
Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMAN , Faad Maonde, Ita Nurmuiza; Asrul Sani, &
e: 2597-3592
Publisher : Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (703 KB)

Abstract

Motivasi belajar siswa dalam tulisan ini merupakan bagian penelitian dengan judul Pengaruh Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif dan Motivasi terhadap hasil belajar matematika SMA di Kota Kendari. Perlunya kajian motivasi siswa terhadap hasil belajar matematika secara parsial untuk mempelajari sampai seberapa besar korelasi, sumbangan,  kontribusi dan pengaruh variabel motivasi terhadap hasil belajar siswa.  Penelitian ini dilaksanakan di Kelas XI-IA SMA Negeri 2 Kendari tahun ajaran 2014/2015 dengan sampel berjumlah 90 orang siswa dari populasi  berjumlah 180 orang siswa. Hasil analisis regresi linear dengan menerapkan metode kuadrat terkecil diperoleh hasil sebagai berikut: (i) motivasi belar siswa mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika dengan korelasi sebesar 0.612; sumbangan sebesar  36.7% serta kontibusi sebesar 0.818 satuan artinya setiap perubahan satu satuan motivasi belajar siswa akan diikuti oleh meningkatnya hasil belajar siswa sebesar 0.818 satuan dalam populasi. Kata kunci :Motivasi, hasil belajar matematika.
Efektivitas Penerapan Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar Ibrahim &, Muchtar; Janna Murti, Andi Mifthahul
e: 2597-3592
Publisher : Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.841 KB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Quantum Teaching dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika. Populasi adalah seluruh kelas IV Sekolah Dasar yang terdiri dari tiga kelas, sementara sampelnya dua kelas diperoleh secara random yaitu kelas Va dan Vc masing–masing sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis deskrptif dan inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara perlakuan disatu pihak dan kontrol di pihak lainnya. Artinya pembelajaran Quantum Teaching lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.Kata kunci : efektivitas, pembelajaran quantum teaching

Page 1 of 19 | Total Record : 183