cover
Contact Name
Naser Jawas
Contact Email
naser.jawas@stikom-bali.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jsi@stikom-bali.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Sistem dan Informatika
ISSN : 1858473X     EISSN : 24603732     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Bagian Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P2M) STIKOM Bali. Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) terbit dua kali dalam satu tahun, yakni setiap bulan Mei dan Nopember. Jurnal ini berisi makalah-makalah ilmiah hasil penelitian dari civitas akademika STIKOM Bali.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 1 (2015)" : 20 Documents clear
Perancangan Aplikasi Knowledge Sharing Dengan Konsep Gamification Pramana, Dian
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 10 No 1 (2015)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.927 KB)

Abstract

Knowledge sharing merupakan sebuah aktivitas dimana pengetahuan ditukarkan kepada orang lain, teman, dan komunitas pada sebuah organisasi. Knowledge sharing tidak hanya memberikan sesuatu kepada orang lain atau mendapatkan sesuatu dari mereka sebagai timbal balik. Namun knowledge sharing terjadi ketika orang-orang secara alami tertarik untuk membantu satu sama lain untuk membangun kompetensi dan kapasitas yang baru untuk bertindak. Dengan memanfaatkan konsep gamification, knowledge sharing akan menjadi lebih menarik. Gamification sendiri merupakan penggunaan game design, thinking, dan mechanic untuk meningkatkan konteks non-game. Jadi dengan gamification, setiap individu yang terlibat dalam knowledge sharing akan berlomba-lomba dalam berbagi pengetahuannya. Pada penelitian ini telah dirancang sebuah aplikasi knowledge sharing yang menggunakan konsep gamification. Tahapan yang dilakukan untuk menyelesaikan penelitian ini adalah identifikasi masalah, penelusuran pustaka, pengumpulan dan pengolahan data, perancangan sistem, penyimpulan hasil, dan penyusunan laporan. Hasilnya berupa blue print aplikasi yang terdiri dari Data Flow Diagram, Entity Relationship Diagram, serta basis data konseptual.
Sistem Informasi Eksekutif Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Denpasar Pramana, Dian; Yuningsih, Lilis
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 10 No 1 (2015)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (544.855 KB)

Abstract

Salah satu hal penting yang dibutuhkan oleh Dinas Kependudukan dalam operasional kegiatannya adalah proses pembuatan laporan. Salah satu laporan yang dimaksud adalah laporan pengajuan Kartu Keluarga. Laporan ini nantinya akan digunakan untuk membuat kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan proses administrasi kependudukan. Namun pada kenyataannya, Kepala Dinas perlu waktu yang lama untuk mengetahui laporan tersebut. Hal tersebut dapat mengganggu operasional kerja karena kebijakan yang dihasilkan terlambat atau tidak tepat sasaran. Untuk itu perlu dibangun sebuah Sistem Informasi Eksekutif yang mempermudah Kepala Dinas dalam memperoleh informasi. Tahapan yang telah dilakukan dalam menyelesaikan penelitian ini adalah dengan identifikasi permasalahan, penelusuran pustaka, pengumpulan dan pengolahan data, perancangan, pembuatan dan pengujian sistem, serta penyimpulan hasil. Adapun luaran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah suatu Sistem Informasi Eksekutif yang dapat membantu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Denpasar dalam pembuatan laporan bagi Top Level Management.
Analisa Perancangan Sistem Informasi Pemasaran Berbasis Website Samsudin, M.
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 10 No 1 (2015)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (683.861 KB)

Abstract

Dewasa ini promosi suatu usaha baik jasa maupun produk banyak dilakukan melalui Website berbasis jaringan internet. Hal ini disebabkan karena promosi melalui website dipandang sangat efektif, dapat dijangkau oleh lapisan masyarakat luas yang hampir tak terbatas, baik tempat, ruang maupun waktu. Di dunia pendidikan yang modern saat ini, media promosi online dengan pembuatan website juga telah bermanfaat untuk mengembangkan produk dari pendidikan. Begitu pula pada Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Informasi Bali Global daerah Klungkung yang memerlukan adanya media promosi agar cepat dalam proses perkembangannya. Dalam penelitian ini dibangun sebuah kerangka kerja sistem informasi pemasaran berbasis website, yang dikembangkan dengan Zachman Framework, yang menghasilkan rancangan desain yang bersih, mudah dimengerti, seimbang, dan lengkap. (Minoli, 2008:p111). Penelitian ini juga dapat memberikan masukan dan kemudahan bagi para pengguna dan pencari informasi seputar pendidikan.
Perancangan Sistem Informasi Penjualan 0nline Dengan Zachman Framework Utami Januhari, Ni Nyoman
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 10 No 1 (2015)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (561.376 KB)

Abstract

Pemanfaatan Teknologi Informasi sangat meluas penggunaannya untuk berbagai bidang usaha, dengan adanya persaingan dibidang jasa yang semakin ketat, diperlukan cara untuk memperluas pemasaran dan mempermudah pelanggannya khususnya pada bisnis property. Bali adalah objek pariwisata yang baik untuk dikunjungi oleh wisatawan. Keinginan untuk memiliki property di Bali sangatlah tinggi, tetapi terdapat kendala yang sering dihadapi oleh calon penjual dan pembeli property seperti adanya persaingan bisnis yang cukup ketat, informasi dikalangan masyarakat tidak merata, biaya yang dibutuhkan untuk pemasaran sangat tinggi, tingginya biaya yang dibutuhkan untuk pemasaran, sulitnya melakukan transaksi bagi para pemesan, diperlukannya media promosi untuk pemasaran property. Sebuah media yang mampu mempublikasikan dan memberikan layanan informasi tentang property akan mampu menjawab tantangan tersebut dilihat dari segi efisiensi penerapannya. Berdasarkan hal tersebut, maka dibangun sebuah kerangka kerja sistem informasi penjualan online Property, yang dikembangkan berbasis Zachman Framework, dan menghasilkan rancangan desain yang bersih, mudah dimengerti, seimbang, dan lengkap.
Distribusi Konten Web Server Menggunakan Motode Content Delivery Network Krisna Juliharta, I Gede Putu
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 10 No 1 (2015)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (542.651 KB)

Abstract

Website diakses dari berbagai negara diseluruh dunia, sehingga besar kemungkinan akses ditiap Negara atau lokasi berbeda beda tergantung jarak dari web server. Teknik content delivery network memungkinkan website didistribusikan di banyak lokasi sehingga mampu memberikan kemampuan akses yang cepat di berbagi lokasi, bahkan memberikan kemampuan high availability bagi server tersebut. Dengan menggunakan beberapa aplikasi seperti Bind9, Nginx, Varnish, dan aplikasi yang lainnya, dalam penelitian ini dibuat sebuah web site yang menggunakan CDN sebagai media distribusinya, sehingga bisa diakses dari lokasi yang berbeda. Hasilnya adalah telah dibuat dua mesin pengelola CDN yang diberi nama dynamic dan edge, dan untuk distribusi konten telah berhasil dihubungkan dengan menggunakan plugin W3 cache.
Bussiness Impact Analysis Aplikasi Jaringan Komputer Dengan Teknik Packet Sniffing Krisna Juliharta, I Gede Putu
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 10 No 1 (2015)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1091.643 KB)

Abstract

Jaringan komputer sebagai jembatan tentunya banyak dilalui oleh data, dan besar kemungkinan di sadap untuk tujuan yang tidak baik sehingga bisa menyebabkan jaringan lumpuh, bisa juga menyebabkan pencurian data dari sebuah perusahaan. Dengan melakukan analisa jaringan menggunakan teknik packet sniffing diharapkan dapat menangkap data yang melalui jaringan. Data yang didapat diolah dan dikelompokkan menggunakan network miner. Hasil dari pengelompokan itu adaah IP address yang berkomunikasi. Setelah melakukan pengelompokkan dilanjutkan dengan penghitungan bussiness impact analysis dari IP address tersebut menggunakan perhitungan common vulnerability scoring system version 2 (CVSSv2) yang menghasilkan kelompok IP address dengan resiko high sebanyak 6 dan resiko medium sebanyak 9. Sehingga dapat disimpulkan pengelolaan jaringan selama ini sangat berisiko terhadap pencurian data.
Perancangan Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Penerapan Metode Jigsaw Yulyantari, Luh Made; Suryasa, I Wayan
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 10 No 1 (2015)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.87 KB)

Abstract

Pembelajaran dapat dilakukan secara individu maupun secara kelompok. Terdapat beberapa pendekatan atau metode dalam pembelajaran kooperatif, salah satunya adalah metode Jigsaw. Modelpembelajaran “Kooperatif Jigsaw” yaitu suatu metode pembelajaran yang mengkondisikan siswa belajar dalam kelompok, bertanggung jawab atas penguasaan materi belajar yang ditugaskan kepadanya, kemudian mengajarkan bagian tersebut kepada anggota kelompok yang lain. Terdapatberbagai jenis pembelajaran yang membutuhkan media dalam penyampaiannya, salah satunya adalah pembelajaran mata kuliah Bahasa Indonesia. Mata kuliah Bahasa Indonesia cocok untuk menggunakan metode jigsaw karena materi yang ada di dalam mata kuliah tersebut membutuhkan metode diskusi dalam penyampaiannya. Proses pembuatan media pembelajaran Bahasa Indonesia ini harus melalui tahapan analisa dan perancangan. Oleh karena itu, analisis dan perancangan akan dibuat dengan detaildalam dokumen perancangan, yang sering disebut dengan Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak (SKPL) dan dilanjutkan dengan pembuatan Deskripsi Perancangan Perangkat Lunak (DPPL). Metode pengembangan yang digunakan sesuai dengan unsur-unsur yang terkandung di dalam jenis-jenisdokumen tersebut. Berdasarkan analisa dan perancangan yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa sistem yang dirancang sudah menggunakan konsep dan tahapan pembelajaran dengan metode Jigsaw, sehingga dapat dijadikan media pembelajaran sebagai alat bantu pembelajaran Bahasa Indonesia.
Aplikasi Komik Untuk Toilet Training Berbasis Android Setia Buan, I Komang
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 10 No 1 (2015)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (673.353 KB)

Abstract

Pendidikan prasekolah atau Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dikenal dengan nama Taman kanak-Kanak (TK). Pada jenjang pendidikan ini sasarannya adalah anak-anak yang berusia berkisar 4 tahun sampai 5 tahun yang biasanya diklasifikasikan pada kelompok A. Pentingnya pendidikan Taman Kanak-Kanak dikembangkan adalah untuk menumbuhkan minat belajar anak-anak sejak usia dini. Salah satu menu pembelajaran anak usia 4 – 5 tahun di Taman Kanak-Kanak adalah pelaksanaan toilet training (latihan toilet). Menu pembelajaran pelaksanaan toilet training sangat penting bagi anak usia dini agar mereka dapat mengenal kebersihan. Namun, pada umumnya anak – anak mengalami kesulitan dalam belajar, karena pada masa tersebut merupakan masa – masa untuk bermain. Oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran yang menyenangkan, kontekstual, efektif, efisien, dan bermakna. Pemilihan suatu metode pembelajaran bertujuan untuk mempermudah pelaksanaan kegiatan pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan dan hasil yang baik dan maksimal. Komik merupakan bacaan yang sangat digemari anak – anak. Namun anak – anak pada usia 4 – 5 tahun belum bisa membaca sehingga sehingga diperlukan suatu komik yang bisa mengeluarkan suara yang menjelaskan isi daripada komik tersebut. Dari hal diatas, perlu dibuatkan suatu aplikasi yang berbentuk komik dimana komik tersebut terdapat sedikit tulisan dan ada narasi yang akan menjelaskan isi komik tersebut. Aplikasi yang akan dibuat berbasis android dan diharapkan dengan aplikasi ini, pelaksanaan toilet training akan membantu anak membiasakan dirinya menggunakan toilet di rumah sehingga para orang tua dapat terbantu mengatasi kecerobohan anak di rumah.
Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Laboratorium STMIK STIKOM Bali Berbasis Web Wikranta Arsa, I Gusti Ngurah
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 10 No 1 (2015)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.065 KB)

Abstract

Hasil karya, jadwal penggunaan, dan pengumuman event atau kegiatan laboratorium STMIK STIKOM Bali menjadi sangat penting dalam kaitannya dengan keefektifan kinerja bidang laboratorium dan seluruh stafnya. permasalahan yang ditemukan adalah belum dimilikinya sistem yang terintegrasi untuk dapat melihat informasi jadwal penggunaan lab, hasil karya yang telah dimiliki lab, dan event yang diselenggarakan di lab, misalnya adalah lomba dan peminjaman lab oleh mahasiswa. Petugas lab dalam hal ini laboran dan kordinator lab hanya akan mencatat dan mengarsipkan segala macam kegiatan dalam map, serta jika ada peminjaman lab harus melakukan koordinasi dengan kepala lab, dan melihat list penggunaan lab hanya pada papan peminjaman yang terpasang di ruangan kepala laboratorium. Penggunaan teknologi web dapat memecahkan masalah yang ditimbulkan diatas, dimana dengan teknologi web dapat melihat informasi jauh lebih fleksibel dan tentunya sistem pengarsipan yang lebih rapi, karena tersimpan dalam sebuah database. Hasil penelitian berupa analisis dengan pendekatan PIECES dan rancangan sistem laboratorium dengan rancangan DFD,ERD, Konseptual Database, dan Rancangan interface.
Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Pengembangan Sistem Informasi Dewi Kansa Putri, Ni Made; Dewi Ari Jayanti, Ni Ketut; Sumiari, Ni Kadek
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 10 No 1 (2015)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.779 KB)

Abstract

Budaya organisasi adalah sebuah sistem makna bersama yang dianut oleh para anggota yang membedakan suatu organisasi dari organisasi-organisasi lainnya. Saat ini penerapan teknologi informasi dan komunikasi diperlukan dalam individu, organisasi maupun dunia bisnis sebagai alat bantu dalam upaya memenangkan persaingan. Pembangunan Teknologi Informasi Perusahaan dilakukan secara bertahap sebelum sebuah sistem menyeluruh selesai dibangun, hal tersebut disesuaikan dengan kekuatan sumber daya yang dimiliki. Budaya organisasi merupakan sistem nilai organisasi dan akan mempengaruhi cara pekerjaan dilakukan dan cara pegawai berperilaku sehingga budaya tersebut sangat mempengaruhi keberhasilan pengembangan sistem informasi, karena aktor yang terpenting dalam sistem informasi adalah user. Oleh karena itu pengembangan sistem informasi baru dapat secara maksimal diterapkan di perusahaan bila perilaku pegawai-pegawai didalamnya telah sejalan dengan tujuan penerapannya sistem informasi tersebut. Dengan demikian dibutuhkan budaya organisasi yang mampu mendorong karyawan untuk memanfaatkan teknologi informasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuisioner dan skala penilaian menggunakan skala likert.Hasil dari penelitian ini adalah ada pengaruh secara signifikan dan parsial (satu-satu) antara budaya organisasi dan pengembangan sistem informasi

Page 1 of 2 | Total Record : 20