cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jpm17@untag-sby.ac.id
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Jl. Semolowaru 45 Surabaya 60118
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat
ISSN : 25793853     EISSN : 24077100     DOI : https://doi.org/10.30996/jpm17.v5i01
JPM17 : Jurnal Pengabdian Masyarakat is a peer-reviewed and open acess journal accomodating researchers, academicians, scholars and students around the world to share theoretical, empirical knowledgeand innovative concepts adopted from high quality direct implementation projects in wide area of disiplines and represent the areas of Economics, Civics, Law sciences, social & humaniora sciences, psychological sciences, physical sciences, earth sciences, chemical sciences, language studies, literary studies, cultural studies, area studies, library and information sciences, management, marketing and engineering.
Arjuna Subject : -
Articles 121 Documents
PEMBUATAN DIGITAL MARKETING DAN MARKETING CHANNEL UNTUK UKM PJ COLLECTION ,, Candraningrat; Wibowo, Januar; Santoso, Rudi
JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 5, No 01 (2020)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30996/jpm17.v5i01.3253

Abstract

Pembuatan dan penerapan digital marketing dan marketing channel merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap pengusaha, terutama Usaha Kecil Menengah (UKM). Hal ini dikarenakan UKM memiliki peranan penting dalam pembangunan ekonomi nasional. Selain itu, juga berperan dalam pendistribusian hasil-hasil pembangunan yang sesuai dengan kepentingan rakyat dan mencapai pertumbuhan ekonomi yang maksimum. Oleh karena peran UKM yang sangat penting tersebut, membuat setiap UKM saling bersaing terutama dalam hal pemasaran produk. Hal tersebut karena pemasaran produk yang tepat tentu menghasilkan pendapatan yang tinggi, dengan demikian memberikan keuntungan yang besar. Salah satu strategi yang dapat dilakukan ialah dengan membuat dan menerapkan digital marketing dan marketing channel. Kedua hal tersebut juga harus disesuaikan dengan strategi pemasaran yang tepat. Digital marketing yang dimaksud ialah media pemasaran online dan atribut pemasaran, sedangkan marketing channel yang dimaksud ialah dengan memperluas saluran pemasaran dan penjualan produk. Mitra dalam kegiatan program kemitraan masyarakat ini adalah UKM PJ Collection. UKM PJ Collection merupakan salah satu dari 13 kelompok UKM yang berada di Daerah Kupang Gunung Timur yang bergerak di bidang produksi alas kaki sandal dan sepatu. Berdasarkan hasil pembuatan dan penerapan digital marketing dan marketing channel pada UKM PJ Collection memberikan dampak yang positif yaitu mengubah UKM PJ Collection untuk mampu menjalankan bisnis secara mandiri, memasarkan produk dengan baik melalui media pemasaran online (e-marketplace) dan atribut pemasaran dan memperluas saluran pemasaran dan penjualan produk. Ketiga hal tersebut berdampak pada tingkat pendapatan yang diperoleh UKM PJ Collection, sehingga dapat disimpulkan UKM PJ Collection berhasil melakukan pemasaran dan penjualan secara efektif dan efisien melalui digital marketing dan marketing channel yang diterapkan melalui kegiatan program kemitraan masyarakat ini. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, E-marketplace, Atribut Pemasaran, Saluran Pemasaran, UKM PJ Collection
PENINGKATAN POTENSI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN DESTINASI “PELAGA AGROTOURISM PARK” MELALUI PROGRAM PENDAMPINGAN DESA MITRA DI DESA PELAGA KABUPATEN BADUNG, BALI Pantiyasa, I Wayan; Sutiarso, Moh. Agus; Suprapto, I Nyoman Arto
JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 5, No 01 (2020)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30996/jpm17.v5i01.3244

Abstract

Potensi Desa Pelaga berupa perpaduan antara keindahan panorama alam dengan pola kehidupan masyarakat agraris beserta keunikan adat istiadatnya apabila dikemas dan dikelola dengan baik sebagai destinasi terintegrasi dalam bentuk ?Pelaga Agrotourism Park? akan memiliki prospek dalam peningkatan pendapatan masyarakat. Permasalahannya adalah keberadaan kelompok masyarakat di desa Pelaga seperti Pokdarwis sebagai motor penggerak pariwisata perdesaan belum memiliki kemampuan mengelola agrowisata yang akan dikembangkan. Kelompok-kelompok pendukung agrowisata seperti kelompok pengolah pangan belum berkembang dengan baik. Kelompok Karang Taruna Desa Pelaga juga masih belum kreatif dan produktif. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini telah terlihat manfaat yang diperoleh masyarakat. Potensi yang dimiliki Desa Pelaga telah dikemas menjadi paket-paket wisata pilihan menarik.  Pemahaman dan keterampilan yang diperoleh anggota Pokdarwis dalam mengelola destinasi agrowisata meningkat. Usaha penunjang wisata khususnya oleh-oleh berupa produk usaha kecil masyarakat lokal telah mengusung destination branding ?Pelaga Agrotourism Park? dalam setiap kemasan produknya dan sangat membantu pemasaran produk yang bersangkutan dan destinasi agrowisata di Desa Pelaga. Kata kunci: Pelaga Agrotourism Park, pengabdian masyarakat, pengelolaan pariwisata, pengembangan usaha kecil.
PELATIHAN KOMPUTER DAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI DESA PANDANLANDUNG KABUPATEN MALANG Setiawan, Rudy; ,, Purnomo; Windu, Felik Sad
JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 5, No 01 (2020)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30996/jpm17.v5i01.3249

Abstract

Machung Abdimas Grant (MAG) adalah suatu upaya Universitas Ma Chung untuk memberikan sumbangsih ilmu pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat. Berdasarkan hal ini, kami mengajukan usulan kegiatan  MAG - Pengabdian di Desa Pandanlandung, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. Machung Abdimas Grant (MAG) ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pengoperasian Komputer (Microsoft Office) dan administrasi perkantoran bagi perangkat desa dan masyarakat desa Pandanlandung Kecamatan Wagir. Kabupaten Malang.. Pencapaian tujuan tersebut dilakukan melalui pelatihan dengan metode ceramah, tanya jawab,  dan latihan (tutorial). Setelah kegiatan pelatihan dilaksanakan monitoring atau evaluasi oleh Tim MAG untuk melihat dan mendampingi perangkat desa dalam mengoperasikan komputer Microsoft Office dan administrasi di desa Pandanlandung terjadi peningkatan hasil akhir pelatihan rata ? rata 81,2 %. Diharapkan dari kegitan ini adalah  untuk peningkatan kualitas pelayanan publik dan meningkatkan pengoperasian komputer dan administrasi perkantoran  pada perangkat desa Pandanlandung yang lebih baik dan dapat dikembangkan.Kata Kunci : MAG, Komputer, Microsoft Office ,Administrasi, Desa Pandanlandung.
PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM) PENGEMBANGAN MARKETING WEBSITE DAN DESAIN KEMASAN PADA UKM BUMI CIPTA SEJAHTERA SURABAYA Prasetya, Ardian Jaya; Laksono, Yunanto Tri; Hidayat, Wahyu
JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 5, No 01 (2020)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30996/jpm17.v5i01.3254

Abstract

Pengembangan desain kemasan sangat diperlukan guna menghasilkan hasil dan kualitas dari kemasan yang lebih variatif. Kaitannya dengan perkembangan era 4.0  adalah kualitas dari produk yang akan dipasarkan juga terpengaruh dari label pada kemasan. Guna mencitrakan sebuah produk yang lebih unggul selain dari hasil kualitas pada produksinya. Dengan adanya kualitas produk dan kemasan yang menarik menjadikan produk yang dipasarkan kepada masyarakat bisa bersaing dengan baik dengan kualifikasi produk unggulan. Munculnya produk-produk unggulan lain yang memiliki kualifikasi yang baik juga menjadikan daya saing pada produk semakin beragam, entitas pada nilai produk tidak hanya dinilai dari segi kualitas produksi, higienitas, kemasan yang dipakai, namun juga dari kualifikasi branding pada kemasan. Tujuan yang didapatkan pada penyelenggaraan program ini yaitu pengembangan desain kemasan melalui teknologi dalam bentuk analog, digital (software), dan juga website, guna menunjang dan mengankat potensi masyarakat dalam memperluas kemampuan dan keunggulan produknya, sehingga pada proses pemasaran produk yang dihasilkan dapat lebih disebarluaskan tidak hanya pada wilayah lokal saja namun juga dapat disebarluaskan pada cakupan yang lebih luas yaitu nasional dan juga internasional. Pada kegiatan program yang dilakukan ini metode yang digunakan adalah pendampingan tentang bagaimana pelaku UKM dan UMKM dapat mengembangkan dasar dan pola pada produknya melalui desain kemasan dengan bentuk penggambaran desain menggunakan sketsa dasar gambar desain kemasan (analog), dan juga menggunakan desain dengan bentuk digital software. Proses pendampingan dilakukan secara langsung dimana pelaku UKM dan UMKM diberikan pembelajaran secara dasar sehingga diharapkan mampu mengembangkan inovasi dalam bentuk desain kemasarn yang lebih kreatif dan inovatif. Hasil akhir yang diberikan adalah berupa X-banner, dan juga peralatan dasar dalam membuat desain kemasan dasar. Dari bentuk hasil pada penelitian ini adalah pemberian label pada kemasan produk dalam bentuk botol dengan label dan kemasan yang terbaru. Diharapkan dengan hasil ini dapat menunjang potensi dalam pengembangan pemasaran. Kata Kunci: Desain Kemasan, Website, UKM Bumi Cipta Sejahtera Guna Surabaya.
PEMBINAAN LITERASI DAN BAHASA SANTUN MELALUI TUJUH PILAR BUDAYA CIANJUR Maryam, Siti; Mauludi, M. Abdillah Al; Martiadi, M. Dani; Baskoro, Fikky; Miftahulfalah, Abdulkholiq; Munawar, Cep Muhamad
JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 5, No 01 (2020)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30996/jpm17.v5i01.3245

Abstract

Penggunaan bahasa tidak santun telah menimbulkan konflik sosial bahkan sampai masuk ke ranah hukum. Meskipun peristiwa itu terjadi di kalangan remaja dan dewasa, namun menyediakan payung sebelum hujan akan lebih baik. Alasan itulah yang melatarbelakangi kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pembinaan literasi dan bahasa santun di Sekolah Dasar Islamic Center Cianjur. Kegiatan ini diawali dengan observasi penggunaan bahasa siswa di luar dan di dalam kelas. Hasil observasi menunjukkan bahwa para siswa masih belum sepenuhnya berbahasa dan berperilaku santun sehingga pembinaan bahasa santun ini mengaitkannya dengan tujuh pilar budaya Cianjur, karena pilar  Ngaos (mengaji/membaca/literasi) dan, Someah (santun) erat kaitannya dengan kajian Program Studi Pendididkan Bahasa dan Sastra Indonesia. Metode simulasi dan bermain peran digunakan dalam kegiatan ini. Hasilnya para siswa dapat menggunakan bahasa Indonesia  santun sehingga menambah pengguna bahasa Indonesia santun, baik di dalam kelas maupun di luar kelas meskipun masih terjadi campur kode, antara bahasa Indonesia dengan bahasa Sunda. Meskipun begitu, penggunaan  bahasa siswa tetap santun.
PELATIHAN PERANCANGAN BLOG MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SMKN 5 SURABAYA DALAM PEMBELAJARAN ABAD 21 Rusmawati, Retno Danu; Fatirul, Achmad Noor
JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 5, No 01 (2020)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30996/jpm17.v5i01.3250

Abstract

Blog  memuat beragam informasi yang dipublikasikan  dalam jaringan  World Wide Web (Wikipedia) karena  merupakan sebuah sistem dokumen hypertext  saling mengkait satu sama lainnya dapat diakses dari jaringan internet, blog sangat diperlukan oleh Guru-guru untuk   meningkatkan kompetensinya dalam pembelajaran, hasil observasi menunjukkan bahwa tidak semua guru terampil dan memiliki blog sehingga  diperlukan  usaha bekerjasama antara PPS TEP UNIPA SURABAYA dengan lembaga sekolah guna mewujudkan pelatihan bagi guru-guru SMKN 5 Surabaya merancang blog. Metode aktivitas dengan  survey (observasi), wawancara, kesepakatan kesepahaman diadakannya pelatihan perancangan  blog untuk guru SMKN 5 Surabaya oleh Prodi Pascasarjana Teknologi Pendidikan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.Kata kunci: Perancangan Blog. Kompetensi Guru. Pembelajaran. Abad- 21
PELATIHAN DAN PEMBUATAN INFOGRAFIK PENGUKURAN KUALITAS TANAH DI DESA GONDOWANGI Alfanaar, Rokiy; Kesuma, Ruth Febriana; ,, Rollando
JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 5, No 01 (2020)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30996/jpm17.v5i01.3256

Abstract

Desa Gondowangi adalah salah satu desa yang sebagian penduduknya mengandalkan sektor pertanian. Pada umumnya, petani di Desa Gondowangi mengalami masalah bedanya hasil pertanian dari berbagai lahan yang dimiliki. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan metode pelatihan pengukuran kualitas tanah dan pembuatan infografik kualitas tanah. Kegiatan pengabdian dilaksanaan dengan cara pelatihan secara langsung di lahan milik para petani. Pelatihan pengukuran dilaksanakan secara langsung oleh petani pemilik lahan sehingga petani terbiasa menggunakan soil meter. Berdasarkan hasil pengabdian didapatkan berbagai lahan memiliki kualitas tanah yang berbeda dari segi pH dan kandungan unsur hara.
ANIMAL EDUCATION BERBASIS ANIMASI SEBAGAI MEDIA BELAJAR INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN TEMATIK (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM 2013) Juliadilla, Risa; Pakaja S., Fachrudin; Iksan, Mohamad
JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 5, No 01 (2020)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30996/jpm17.v5i01.3246

Abstract

Salah satu kendala yang menghambat impelementasi Kurikulum 2013 bersumber dari kurangnya kompetensi guru. Sebagai contoh, kurangnya kemampuan untuk menguasai dan mengaitkan suatu tema pelajaran. Disisi lain, Kurikulum 2013 menuntut pengajaran dengan medium teknologi, yang mana guru diharuskan untuk kreatif dalam menggunakan metode dan media pengajaran untuk membangun minat belajar murid. Sejatinya, media animasi mampu menjembatani imajinasi anak dengan  memberi bantuan secara visual pada materi-materi yang sulit untuk dijelaskan. .Pengembangan dari segi pengetahuan dan perubahan perilaku untuk guru juga salah satu solusi untuk memediasi kesenjangan tersebut. Hal ini untuk mengembalikan paradigma Kurikulum 2013 secara utuh yang berpedoman pada pengembangan  pendidikan  karakter  murid. Kurikulum 2013  juga berfokus pada integrasi kognitif, afektif dan psikomotorik yang menjadi capaian dari suatu pembelajaran.  Pembelajaran secara terpadu dan tematik dapat dijadikan kesempatan untuk para guru menyisipkan pembelajaran mengenai kemanusiaan. Program animal education mengasah afektif murid melalui pengajaran kebaikan kepada hewan, yang nantinya dapat digeneralisasikan pada sesama manusia. Ini sejalan dengan inti Kurikulum 2013 yaitu kecerdasan juga diimbangi oleh karakter yang luhur. Kata Kunci: Animal Education, Animasi, Kurikulum 2013, Pendidikan Karakter
LINGKUNGAN ADALAH SEORANG GURU (REFLEKSI PEMBERDAYAAN TERHADAP LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM SERVICE LEARNING) Adriel A., Jovan; Reynalda T., Olivia; Nathanael W., Dion; Hermawan, Surya
JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 5, No 01 (2020)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30996/jpm17.v5i01.3251

Abstract

Di era globalisasi ini, tidak banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan sekitar mereka. Masih banyak daerah-daerah di surabaya ini baik daerah perkotaan maupun daerah pinggiran yang masih terdapat sampah berserakan, sungai yang tercemar sampah dari pabrik maupun dari limbah rumah tangga. Masyarakat masih meremehkan kebiasaan membuang sampah pada tempatnya sehingga tanpa kita sadari, sampah yang berserakan tersebut mengakibatkan kerusakan lingkungan yang merugikan kita sendiri. Contohnya seperti kampung Putat Jaya ini. Dari survei yang kita lakukan, Mahasiswa Petra sudah melakukan kegiatan Service Learning sebanyak 4 kali yaitu melakukan kegiatan membuat toilet,lomba cuci tangan,dan lain lain. Tetapi dari lingkungan kita belajar kembali bahwa ada yang kurang. Kita lupa bahwa ada hal yang lebih sederhana yang bisa dilakukan untuk membiasakan diri menjaga kebersihan. Oleh karena itu, demi menyadarkan akan pentingnya menjaga lingkungan sekitar, diadakanlah lomba mengecat tong sampah yang ditujukan untuk anak-anak di daerah Kelurahan Putat Jaya yang juga merupakan tempat eks-lokalisasi dolly. Dengan tujuan utama yaitu meningkatkan  kesadaran  betapa  pentingnya  menjaga  kebersihan  lingkungan  sekitar dengan membuang sampah di tong sampah yang tersedia lebih dekat dengan rumah tiap warga.  Kegiatan  Service  Learning  ini  dilakukan  melalui  banyak  tahapan.  Tahapan pertama adalah melakukan pendataan dan survei di lingkungan sekitar, yaitu Kelurahan Putat Jaya. Tahapan kedua dilakukan pencarian materi dan gambar skets tong sampah yang sesuai dengan kegemaran anak-anak di daerah Putat Jaya. Tahapan ketiga yaitu mengelompokan mereka dengan mahasiswa Universitas Kristen Petra sebagai pembimbing.  Tahapan  keempat  adalah  pelaksanaan  lomba  di  lokasi  dimana  semua pealatan dan fasilitas sudah disediakan oleh pihak  panitia lomba dan melakukan cat secara bersama-sama. Tahapan terakhir, tong sampah tersebut dikumpulkan dan dinilai sesuai dengan tingkat kreativitas mereka. Tong sampah tersebut kemudian dipilih dan ditentukan untuk juara 1,2,dan 3 dan kemudian pemberian hadiah juga untuk semua anak- anak yang ikut menjadi peserta. Tujuan diberikannya hadiah kepada seluruh peserta yaitu agar anak-anak tersebut senang dan bisa mengingat terus mengenai lomba ini sehingga bisa menanamkan pelajaran kepada mereka betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan mulai dari hal kecil yaitu dengan membuang sampah pada tempatnya. Kata kunci: Lomba Mengecat Tong Sampah, Putat Jaya, dan Lingkungan.
PELATIHAN SANITASI DAN HIGIENIS GUNA PENINGKATAN PROFESIONALITAS CLEANING SERVICE DI UNIVERSITAS CIPUTRA Dewi, Liliana; Soetedja, Venny; Sutrisno, Timotius F.C.W.; Prakoso, Dimas B
JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 5, No 01 (2020)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30996/jpm17.v5i01.3257

Abstract

Kebersihan sebuah universitas mencerminkan upaya lembaga pendidikan tinggi tersebut untuk menjaga agar kegiatan belajar mengajar berlangsung dengan baik, karena kebersihan semua sarana dan prasarana sangat mendukung proses pembelajaran  Gedung universitas yang terjaga kebersihannya akan menjadi tempat belajar yang nyaman bagi mahasiswa dan tempat bekerja yang menyenangkan bagi staf dan dosen, yang pada gilirannya akan memberikan kontribusi optimal bagi nusa dan bangsa.  Di Universitas Ciputra, hal tersebut tidak mudah diwujudkan, namun tenaga petugas kebersihan sebagai garda terdepan mengemban tugas untuk melakukan dan menjaga kebersihan, mereka tetap harus dapat melakukan tugas tersebut dengan baik. Berdasarkan wawancara dan observasi, umumnya para petugas kebersihan diberikan pelatihan dasar secara singkat saat bergabung dan selanjutnya bekerja secara langsung di lapangan dengan pengawasan seorang team leader, dan mereka belum memiliki pengetahuan lebih jauh mengenai sanitasi dan higiene lingkungan. Atas dasar hal tersebut maka dilaksanakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan sanitasi dan higiene lingkungan, kesehatan dan keselamatan kerja bagi petugas kebersihan di Universitas Ciputra, agar mereka dapat melakukan tugasnya dengan lebih baik. Pelatihan ini bekerjasama dengan mitra Property Management Universitas Ciputra sebagai penghubung dan pengatur terselenggaranya pelatihan bagi  Cleaning Service di Universitas Ciputra.  Metode yang digunakan adalah model pelatihan kepada para petugas kebersihan dengan mengukur sebelum dan sesudah pelatihan dilakukan. Hasil yang diperoleh menunjukkan peningkatan pengetahuan sanitasi dan higiene lingkungan, kesehatan dan keselamatan kerja  petugas tenaga kebersihan di lembaga pendidikan tinggi setelah mengikuti pelatihan sebesar 17 persen terutama dalam hal pengetahuan secara teori mengenai sanitasi dan higiene lingkungan, kesehatan dan keselamatan kerja.  Kata kunci: cleaning service, higienis, professionalitas, sanitas, Universitas Ciputra.

Page 1 of 13 | Total Record : 121