cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
WARTA
ISSN : -     EISSN : 25495631     DOI : -
Core Subject : Education,
Warta LPM merupakan media komunikasi dan informasi ilmiah hasil pengabdian kepada masyarakat yang meliputi bidang ilmu-ilmu sosial, sains dan teknologi.
Arjuna Subject : -
Articles 164 Documents
PEMBERDAYAAN JURNALISTIK BAGI ORGANISASI KEPEMUDAAN MASJID PADA FORSAM KLATEN SELATAN Aisyah, Vinisa Nurul
WARTA LPM WARTA LPM, Vol. 23, No. 1, Maret 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/warta.v23i1.8999

Abstract

Informasi bukan milik media massa dan wartawan saja. Sejak berkembangnya internet, informasi bukan menjadi hal yang sulit didapatkan. Peran masyarakat sebagai khalayak aktif dalam penyebaran informasi melalui dunia maya ini perlu diimbangi dengan kemampuan penulisan website. Salah satu organisasi kepemudaaan, Forum Silaturahmi Antarmasjid (FORSAM) Klaten Selatan merespon baik kebutuhan informasi dalam era digital dengan membuat wadah resmi yaitu website FORSAMklaten.com. Website memiliki peran penting dalam organisasi melalui. Pertama, sisi internal, yaitu sebagai wadah anggota untuk menyalurkan potensi di budang tulis menulis. Kedua, sisi eksternal, website menjadi media resmi yang menyampaikan informasi, jadwal kegiatan dan agenda FORSAM beserta jaringannya. Kehadiran website ini kemudian perlu diimbangi dengan peningkatan kemampuan penulisan website anggota sehingga dilaksanakan pelatihan penulisan website ini. Metode pelatihan dilakukan dengan tiga cara yaitu ceramah, praktik penulisan kemudian evaluasi dan pendampingan penulisan. Sesi ceramah menekankan penjelasan awal tentang prinsip-prinsip jurnalistik secara umum sementara praktik penulisan dan evaluasi lebih menekankan pada partisipasi peserta workshop. Kegiatan ini juga beberapa rekomendasi untuk keerlanjutan pengelolaan website yaitu pembuatan struktur untuk pengurus website, rubrikasi yang lebih spesifik, pembuatan jadwal piket dan penambahan fitur website terkait dengan link jaringan FORSAM Klaten Selatan. Melalui pelatihan ini diharapkan adanya peningkatan kompetensi anggota FORSAM Klaten Selatan di bidang tulis menulis sehingga mampu mengelola website mereka secara optimal.
PEMETAAN POTENSI DESA UNTUK PENGUATAN BADAN USAHA MILIK DESA DENGAN PENDEKATAN ASSET BASED COMMUNITY-DRIVEN DEVELOPMENT Srirejeki, Kiky; Faturahman, Agus; Warsidi, Warsidi; Ulfah, Permata; Herwiyanti, Eliada
WARTA LPM WARTA LPM, Vol. 23, No. 1, Maret 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/warta.v23i1.8974

Abstract

Desa Pliken adalah salah satu desa di Kabupaten Banyumas yang sudah memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Namun, setelah hampir satu tahun berdiri, dampak keberadaannya sulit diukur. Saat ini, salah satu kegiatan BUMDes adalah pengelolaan sampah, meskipun masih menjadi kegiatan utama, pemerintah desa saat ini sedang mempertimbangkan kegiatan lain untuk ekspansi aktivitas bisnis BUMDes. Untuk memastikan keberlanjutan kegiatan perusahaan milik desa, gagasan perluasan bisnis harus didasarkan pada perencanaan dan strategi yang menyeluruh. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut dengan melakukan pemetaan terhadap potensi desa. Kegiatan ini merupakan bagian dari perencanaan dan strategi komprehensif untuk menciptakan BUMDes yang berkelanjutan. Kegiatan ini dilakukan dengan partisipasi masyarakat desa yang mewakili keragaman desa. Kami menggunakan pendekatan pembangunan berbasis masyarakat yang berbasis aset untuk memastikan bahwa setiap potensi anggota diakui dan dapat digunakan untuk meningkatkan pembangunan desa. Hasil menunjukkan bahwa bakat/potensi individu, organisasi warga dan lembaga lokal adalah faktor utama dalam penyusunan peta potensi desa. Lebih lanjut, hasilnya menunjukkan peningkatan kapasitas dan manajemen serta pengembangan jaringan desa sangat penting untuk penguatan BUMDes.
BIMBINGAN TEKNIS PERENCANAAN PARTISIPATIF PEMBANGUNAN DESA DI KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR, KABUPATEN KAMPAR Aguswan, Aguswan; Saputra, Trio; Astuti, Widia; Eka, Eka; Syofian, Syofian
WARTA LPM WARTA LPM, Vol. 23, No. 1, Maret 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/warta.v23i1.9680

Abstract

Kecamatan XIII Koto Kampar merupakan wilayah pinggiran yang bertetangga dengan kabupaten Lima Puluh Koto provinsi Sumatera Barat. Lokasi daerah ini terletak paling ujung di sebelah barat Kabupaten Kampar, sehingga beberapa permasalahan teknis di lapangan. Permasalahan itu antara lain: (1) pengaturan tapal batas Desa; (2) belum tersedia profil desa di Kecamatan XIII Koto Kampar; (3) kemampuan aparatur desa dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat desa yang masih belum maksimal, sehingga pemenuhan kebutuhan pelayanan dan peningkatan kesejahteraan masarakat desa kurang tercapai; dan  (4) penyusunan perencanaan desa dan penetapan prioritas pembangunan desa yang tidak tepat sasaran, disebabkan kurangnya data dan informasi yang disediakan oleh desa. Berdasarkan uraian di atas, untuk memperkuat penyelenggaraan pemerintahan, pembangunaan dan pelayanan kepada masyarakat, maka perlu dilakukan kegiatan pemberdayaan pimpinan desa beserta perangkatnya yakni dengan menyelenggarakan bimbingan teknis perencanaan partisipatif pembangunan desa di Kecamatan XIII Koto Kampar kabupaten Kampar. Metode participatory Rural Apraisal (PRA) yang diperkuat dengan Focus Group Discussion (FGD) digunakan untuk memperkuat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pemamfaatan dan evaluasi pembangunan Desa. Dari kegiatan yang telah dilaksanakan, diperoleh hasil berupa terwujudnya penguatan organisasi dan manajemen desa, peningkatan kemampuan aparatur dalam penyusunan perencanaan desa, terlaksananya kepemimpinan partisipatif Kepala Desa dan peningkatan pelayanan prima di tingkat Desa.
PENINGKATAN KINERJA KADER POSYANDU DAN KUALITAS PELAYANAN DI POSYANDU LESTARI Fadlilah, Umi; Ariyanto, Gunawan; Hartono, Sholeh Rudi; Kurniawan, Erwan Tri; Husein, Sadam
WARTA LPM WARTA LPM, Vol. 23, No. 1, Maret 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/warta.v23i1.8773

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengurangi tingkat kesalahan pengukuran pada posyandu balita pada pengukuran 4 parameter, yaitu berat badan, panjang badan, lingkar kepala, dan suhu badannya. Oleh karena itu, penggunaan alat ukur elektronik berbasis mikrokontroler Arduino Mega 2560 didukung dengan sensor load cell, sensor infrared TN901, dan sensor ultrasonik yang dapat secara otomatis menampilkan keempat parameter tersebut melalui layar LCD (Liquid Crystal Display) diharapkan bisa membantu kader-kader posyandu untuk segera melayani masyarakat. Alat ukur elektronik tersebut bisa menampilkan hasil pengukuran yang lebih akurat dibandingkan dengan alat ukur manual. Waktu pengukuran untuk masing-masing batita hanya membutuhkan kurang dari 5 menit sampai menghasilkan pembacaan dan pencatatan keempat parameter tadi. Melalui pengabdian masyarakat ini, kami membuat dan menyumbangkan alat ukur tersebut, sekaligus memberi pelatihan terhadap kader posyandu balita tentang cara menggunakannya. Bantuan lain yang kami sampaikan adalah sumbangan dana untuk Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi peserta posyandu, terutama di Posyandu Lestari, Ngadijayan, Ngadirejo, Kartasura, Sukoharjo.  Bantuan-bantuan tersebut diharapkan bisa mendukung kinerja kader posyandu agar lebih cepat dan bermanfaat serta berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan posyandu. Hasil ukur tentang 4 parameter menggunakan alat mukur elektronik berbasis mikrokontroler Arduino Mega 2560 tersebut cukup valid, praktis, dan menghemat waktu walaupun kadang nilai ukurnya belum stabil terutama dalam hal parameter suhu
PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN GURU MELALUI MODEL DAN MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GENERASI Z Kusumaningtyas, Ratri; Sholehah, Ina Mar?atus; Kholifah, Nika
WARTA LPM WARTA LPM, Vol. 23, No. 1, Maret 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/warta.v23i1.9106

Abstract

Generasi Z merupakan generasi yang memiliki karakter berbeda dari generasi sebelumnya, yaitu multitasking, artinya mereka dapat melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Sehingga perlu adanya peningkatan kemampuan dan keterampilan  guru atau tenaga pendidik dalam proses pembelajaran agar dapat sesuai dengan karakteristik siswa generasi Z. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyiapkan model dan media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakteristik siswa generasi Z, yaitu generasi yang lahir di tahun 1995-2000. Kegiatan diikuti oleh perwakilan dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) bidang Pendidikan, khususnya Pendidik jenjang SD/MI hingga SMA/SMK di PCM Gatak. Kegiatan dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi pertama berisi penjelasan materi dan sesi kedua berisi tentang diskusi dan berbagi pengalaman. Target luaran dari kegiatan ini adalah peningkatan kompetensi para pendidik di PCM Gatak dalam penggunaan model dan media pembelajaran. Setelah dilakukan kegiatan, para guru memperoleh wawasan dan pemahaman guru tentang berbagai model pembelajaran, seperti: inquiry based learning, problem based learning, experiential based learning, task based learning, theme based learning, cooperative learning, project based learning dan flipped classroom model. Model pembelajaran seperti inilah yang dapat digunakan sebagai alternatif dalam mendidik atau mengajar generasi Z. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran. Selain itu perlu adanya pengabdian lanjutan berfokus pada simulasi model pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang efektif dan efisien
PENINGKATAN NILAI DAYA GUNA BUNGA ROSELA DAN HONJE MENJADI BAHAN SAMBAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL Kresnadipayana, Dian; Setiawan, Alfian Fendy; Sinaga, Rebeca Ester Nauli; Ristiyanasari, Desi; Yulandari, Ariefah
WARTA LPM WARTA LPM, Vol. 23, No. 1, Maret 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/warta.v23i1.8419

Abstract

Secara budaya kuliner menggambarkan identitas lokal suatu pendukung budaya yang mencirikan lingkungan dan kebiasaan yang akrab disebut sebagai kearifan lokal. Salah satu sumber daya alam yang terdapat di Indonesia berupa aneka ragam tanaman yang memiliki beragam manfaat salah satunya adalah bunga rosela dan honje. Bunga rosela dan honje memiliki manfaat gizi yang menciptakan ide kreasi dan inovasi pangan berupa Sambal Gemati Rampah Bolaho (Sambal Rosela-Honje). Sambal Gemati Rampah Bolaho adalah sambal yang memadukan rempah dan bunga rosela-honje. Mitra di dalam pelaksanan pengabdian adalah Kelompok Wirausaha Mahasiswa (KWM) Gemati. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan administrasi pada aspek manajemen keuangan, manajemen pemasaran, dan kemasan produk yang kurang menarik. Metode pelaksanaan dalam pengabdian ini adalah pendampingan dalam analisis keuangan, pelibatan dalam pameran, dan perbaikan kemasan untuk meningkatkan penjualan produk. Hasil pelaksanaan menunjukkan bahwa proses pembuatan Sambal Gemati Rampah Bolaho terdiri atas dua proses pengolahan, yaitu pembuatan bumbu dan proses memasak sambal. Proses pembuatan bumbu terdiri dari tiga tahap, yaitu persiapan alat dan bahan, pembuatan bumbu, dan pengemasan atau penyimpanan sebelum digunakan. Pembuatan Gemati Rampah terdiri dari 3 tahap, yaitu persiapan alat dan bahan, pembuatan sambal, pengemasan produk, dan pemasaran. Proses yang telah dilalui menghasilkan analisis BEP dengan ditentukan harga jual sambal rosella-honje ini senilai Rp 20.000 per pcs dengan nilai BEP 288. Dalam jangka waktu 2 bulan telah mencapai 172 pcs. Dari sini dapat dilihat bahwa penjualan sambal bunga memiliki prospek yang cukup bagus karena grafik penjualan mengalami peningkatan.
DETEKSI DINI PENYAKIT JANTUNG KORONER DI DESA KALIMANGGIS DAN MADIASARI KABUPATEN TASIKMALAYA Lina, Nur; Saraswati, Dian
WARTA LPM WARTA LPM, Vol. 23, No. 1, Maret 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/warta.v23i1.9019

Abstract

Masyarakat yang mempunyai tekanan darah dengan kategori hipertensi memiliki potensi menderita penyakit jantung koroner (PJK). Deteksi dini PJK salah satunya dengan melakukan pemeriksaan tekanan darah. Tujuan dari pengabdian masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan mitra untuk melakukan deteksi dini PJK yaitu penyakit yang disebabkan adanya plak menumpuk di dalam arteri koroner yang mensuplai oksigen ke otot jantung. Metode yang digunakan yaitu penyuluhan untuk memberikan edukasi PJK dan pelatihan pemeriksaan tekanan darah dengan praktek langsung menggunakan tensimeter. Hasil menunujukkan bahwa penyuluhan untuk memberikan edukasi mengenai PJK mampu meningkatkan pengetahuan pada mitra sebesar 25,4%. Pelatihan pemeriksaan tekanan darah untuk menentukan masuk kategori hipertensi atau tidak. dengan menggunakan tensimeter mampu meningkatkan ketrampilan mitra sebesar 41.7% Hasil uji statistik wilcoxon menunjukkan nilai p value 0.00 artinya ada perbedaan yang signifikan antara pengetahuan sebelum dan sesudah pemberian penyuluhan risiko menderita penyakit jantung  pada penderita hipertensi. Pengetahuan mitra meningkat ke arah positif dan berpersepsi ke arah lebih baik dalam mengetahui risiko menderita penyakit jantung pada penderita hipertensi.Simpulan dari pengabdian ini yaitu deteksi dini penyakit jantung mampu mendeteksi kejadian hipertensi di masyarakat. Peningkatan pengetahuan dan ketrampilan mitra pengabdian dapat mendorong partisipasi masyarakat untuk melakukan pencegahan PJK melalui pemeriksaan tekanan darah secara rutin. 
PENGEMBANGAN KEMITRAAN KA WASAN MATEMATIKA(MATH MASTER ZONE) DI KECAMATAN SA WAHAN KABUP ATEN NGANJUK Muhtadi, Muhtadi; Sutama, Sutama; Anif, Sofyan; Prayitno, Harun Joko
WARTA WARTA Volume 18, Nomor 1, Maret 2015
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PEMITRA service activities in the kecamatan Sawahan kabupaten Nganjuk, had conducted educational activities, training, and mentoring for elementary school teachers, principals, supervisors and the person in charge of Math Masters Zone program to improve the basic concepts of mathematics and its teaching method. In this Pemitra conducted training activities learning methods of Math Masters, so that teachers had  an understanding  and basic  mathematical concepts  were true,  and instructed it so easy and fun to their students. In the implementation of this Pemitra service activities, had given results and achievements were very enjoyable because math test scores elementary school students in the kecamatan Sawahan on the 2013/2014  school  year  had  average  to  8.5  and  the  highest  value  reached  10.0.  Math Olympiad  activities  also quite  lively, as  students becomed  more enthusiastic  andexcited. Based on indicators of progress and this proves that the method Math Master who had been introduced by the Executive Team Pemitra, had helped to solve problems Numeric  Phobia  for  elementary  school  students  in  the  kecamatan  Sawahan. Mathematics was considered subjects which so easy and very fun by the students.Constraints and problems still be faced today is the support and consistency of Nganjuk government has not been consistent in developing subdistrict Sawahan as Math Master Zone.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KURIKULUM 2013 MELALUI LESSON STUDY DI SEKOLAH MUHAMMADIYAH KARTASURA Subadi, Tjipto; Priyono, Kuswaji Dwi; Dahroni, Dahroni; Musyiyam, M.
WARTA WARTA Volume 18, Nomor 1, Maret 2015
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this community service, assess and understand; 1) learning implementation strategy IPS (Social Sciences) Curriculum 2013 based on lesson study in  the  School of  Muhammadiyah  Kartasura.  2)  Rationalization  and  elements  of curriculum change in 2013. 3) The process of learning and assessment processes appropriate to the curriculum in 2013. The method used; workshops and training. The Place; SMK Muhammadiyah Kartasura. Execution time; odd semester 2014/2015. Subject: Elementary School teachers, Junior High School, High School and Vocational High School Muhammadiyah Kartasura. The results achieved; 1) learning implementation strategy IPS (Social Sciences) curriculum-based lesson study 203 through  three  stages, namely;  plan  (planning),  do  (action  and  observation),  see (reflection).  2) Rationalization and elements of curriculum change in 2013 stressed on; a) The scientific approach is based approach to encourage student creativity; b)Integrity of the competence of knowledge, skills, and attitudes; c) Integrity of the curricular, co-curricular and extra-curricular activities. 3) The learning process is emphasized in the curriculum in 2013; (A) Integrated Thematic for elementary school level, (b) Approach Science (Natural Sciences) and IPS (Social Sciences) of partitive aggregative be integrated melt (liquid integrative), (c) religious and moral education, (d) learning objects; natural phenomena, social, and cultural arts. While the emphasisin  the assessment  process; assessment  student  achievement  by  using  descriptive qualitative and quantitative numerical. Learning implementation strategy IPS (Social Sciences) 203 curriculum-based lesson study using a modified model of lesson study, achievement indicators for a significant increase from the prior worhshop and trainingafter the workshop, namely; 30%: 80% (pre-test: post-test).
PENYULUHAN PENTINGNY ASA YURAN BAGI ANAK-ANAK DI TK AISYIY AH KW ADUNGAN, TROW ANGSAN, MALANGJIW AN, COLOMADU, KARANGANY AR, JA WA TENGAH Ichsan, Burhannudin; Wibowo, Bayu Hendro; Sidiq, M. Nur
WARTA WARTA Volume 18, Nomor 1, Maret 2015
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kindergarten children is a phase of school children. School children phase generally  have  better  condition  than  children  under  five  years,  because  many government programs can be targeted at these groups, that one of them is the UKS programs  (Program  Usaha  Kesehatan  Sekolah),  but  the  program  has  not  been prevalent at kindergarten school generally. A frequent problem faced by the children of this phase is difficult to eat, especially vegetables because they do not have a sweet taste. There are a variety of nutritional conditions that are unsatisfactory at schoolchildren, for example, less weight, iron deficiency anemia, a deficiency of vitamin C, and in certain areas also lack of jodium. Lack of vegetables are things that can cause vitamin and mineral deficiencies. Authors do counseling about the importance of vegetables  for  children  in  kindergarten  Aisyiyah,  Kwadungan,  Trowangsan, Malangjiwan, Colomadu to convey the importance of vegetables so that the parents have a stronger effort to encourage their children to consume vegetables. Counseling is done by the power point media and done interactively. Authors gave pre-test andpost-test regarding knowledge about the importance of vegetables. There were prizes for the highest score of the post-test to attract participants. Paired samples t test was performed with the result that there was a significant increase in knowledge (p =0.000) in the parents.

Page 1 of 17 | Total Record : 164