cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Journal of Mechaninal Engineering Education
ISSN : -     EISSN : 23564997     DOI : -
Journal of Mechaninal Engineering Education merupakan jurnal yang mendeseminasikan hasil penelitian dalam bidang pendidikan teknik mesin (vocational education in mechanical engineering). Terbit tiap bulan Juni dan Desember setiap tahunnya.
Arjuna Subject : -
Articles 230 Documents
RELEVANSI MATERI MATA KULIAH FISIKA TEKNIK DAN KIMIA TEKNIK DENGAN MATERI MKKBS PRODUKSI DAN PERANCANGAN DI DPTM FPTK UPI Hidayat, Setiawan; Suherman, Amay; Hamdani, Aam
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 2, No 1 (2015): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v2i1.1164

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan deskripsi relevansi materi dan pemetaan sekuen antara materi mata kuliah fisika dan kimia teknik dengan materi mata kuliah keahlian bidang studi (MKKBS). Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analitik dengan teknik pengumpulan data dokumentasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada MKKBS yang memerlukan dukungan seluruh materi mata kuliah fisika dan kimia teknik. Ada MKKBS yang sama sekali tidak memerlukan dukungan materi mata kuliah fisika dan kimia teknik. Materi mata kuliah fisika dan kimia teknik yang tidak diperlukan pada MKKBS bukan berarti harus dihilangkan, melainkan harus tetap ada untuk mendukung MKKBS lainnya. Mata kuliah fisika teknik belum sepenuhnya mendukung seluruh materi yang diperlukan oleh MKKBS. Materi mata kuliah kimia teknik sudah sepenuhnya mendukung materi yang diperlukan oleh MKKBS. Diperoleh dokumen pemetaan sekuen relevansi materi mata kuliah fisika teknik dan kimia teknik dengan materi MKKBS.
PERSEPSI SISWA JURUSAN TKR TERHADAP STANDAR KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA Herbert, Jeans; Kuswana, Wowo S.; Untung, Sunarto H.
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 2, No 1 (2015): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v2i1.1155

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambaran pemahaman siswa di SMK Negeri 6 Bandung tentang kesehatan dan keselamatan kerja ketika berada di lapangan/workshop, standar kesehatan dan keselamatan kerja yang memenuhi standar di industri, dan pemahaman siswa terhadap memahami rambu-rambu kesehatan dan keselamatan kerja, upaya penanganan dan penanggulangan kecelakaan kerj. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif eksploratif. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, observasi, dan kuesioner. Sampel diambil sebanyak 20 siswa secara sampling purposive dari total populasi siswa kelas XII TKR SMK Negeri 6 Bandung. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pemahaman siswa jurusan TKR terhadap standar kesehatan dan keselamatan kerja pada mata diklat memperbaiki roda dan ban, secara umum memiliki gambaran pada kategori baik. Kesehatan dan Keselamatan Kerja yang terdapat disekolah sudah sesuai dan memenuhi standar kesehatan dan keselamatan kerja di industri. Tingkat pemahaman siswa kelas XII TKR terhadap rambu-rambu kesehatan dan keselamatan kerja dan upaya penanganan dan penanggulangan kecelakaan kerja yang kemungkinan terjadi di lapangan sudah sesuai dan baik.
DESAIN DAN PEMBUATAN BAHAN AJAR BERDASARKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN SISTEM DAN INSTALASI REFRIGERASI Muqodas, Rizal Zenal; Sumardi, Kamin; Berman, Ega Taqwali
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 2, No 1 (2015): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v2i1.1160

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa bahan ajar cetak (buku) yang mempunyai karakteristik pendekatan saintifk Kurikulum 2013 yang akan digunakan pengguna pada mata pelajaran sistem dan instalasi refrigerasi di Sekolah Menengah Kejuruan. Berawal dari Perubahan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi Kurikulum 2013 yang menuntut adanya pemerataan sistem khususnya dalam meningkatkan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran seperti perangkat pembelajaran. Pengadaan perangkat pembelajaran yang berkarakteristikan Kurikulum 2013 merupakan suatu tuntutan Kurikulum yang harus segera dipenuhi. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian pengembangan (research and development/ R&D). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang sudah dibuat oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Penelitian ini menghasilkan produk perangkat pembelajaran berupa bahan ajar cetak yang mempunyai kategori sangat layak sesuai dengan karakteristik Kurikulum 2013. Kesimpulan dari hasil penelitian ini didapat bahwa bahan ajar cetak Kurikulum 2013 yang telah dibuat, layak untuk dipergunakan dalam kegiatan pembelajaran.
HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR PRAKTEK LAS TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DI BIDANG PENGELASAN SISWA SMK Febryanto, Dwi; Karo-Karo, Uli; Kusman, Maman
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 2, No 1 (2015): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v2i1.1151

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan prestasi belajar terhadap minat berwirausaha di bidang pengelasan dalam Mata Pelajaran Teknik Pengelasan di SMK N 12 Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Sampel penelitian ini diambil dari anggota populasi secara acak dan berstrata secara proposional. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 36 siswa dari populasi sebanyak 144 siswa. Prestasi Belajar diperoleh dari data dokumentasi siswa pada mata pelajaran teknik pengelasan, sedangkan minat berwirausaha siswa didapat dari angeket. Penelitian ini menggunakan analisis regresi dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar terhadap minat berwirausaha siswa memiliki pengaruh yang positif dan signifikan. Prestasi belajar siswa dalam kategori sedang. Disimpulkan bahwa prestasi belajar praktek las di SMK N 12 Bandung berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa di bidang pengelasan.
PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH OTOMASI Masitoh, Ulana; Hayadi, Haryadi; Purnawan, Purnawan
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 2, No 1 (2015): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v2i1.1165

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peningkatan hasil belajar otomasi dan respon mahasiswa setelah mempelajari materi simbol dan mekanisme katup pneumatik, menggunakan media animasi katup pneumatik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pre-eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu pre-test and post-test group design. Peningkatan hasil belajar dinyatakan dalam N-Gain, berdasarkan hasil pre-test dan post-test, serta respon mahasiswa diperoleh melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan media pembelajaran animasi, baik dengan menggunakan model individual learning maupun group learning, dapat meningkatkan hasil belajar otomasi pada materi simbol dan mekanisme katup pneumatik, dimana rata-rata N-Gain pada model individual learning berkategori sedang, sedangkan rata-rata N-Gain pada model group learning berkategori tinggi. Penerapan media pembelajaran animasi katup pneumatic, selain cukup efektif dan membawa hasil positif dalam kegiatan pembelajaran, juga menyebabkan respon yang positif pada mahasiswa karena dapat membuat mahasiswa lebih termotivasi dalam belajar.
RELEVANSI MATERI MATA KULIAH BODI OTOMOTIF DAN MATERI MATA PELAJARAN TEKNIK PERBAIKAN BODI OTOMOTIF DENGAN MATERI UJI KOMPETENSI STANDAR BSNP Kunia, Muhammad Yusuf; Suherman, Amay; Ariyano, Ariyano
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 2, No 1 (2015): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v2i1.1156

Abstract

Tujuan relevansi yaitu terpenuhinya semua kebutuhan pengguna. Mengingat belum adanya pemetaan materi kurikulum secara komprehensip antara MK Bodi Otomotif, MPPKTPBO dengan UKK TPBO standar BSNP. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian evaluasi dengan pendekatan discrepancy evaluation model. Fokusnya untuk mengukur adanya perbedaan antara yang seharusnya dicapai dengan yang sudah dicapai. Subyek dan tempat penelitian adalah SMKN 8 Bandung, DTM UPI dan dokumen BSNP. Temuan penelitian ini yaitu: materi MK Bodi Otomotif belum relevan terhadap materi MPPK TPBO di SMK 8 Bandung. Materi MK Bodi Otomotif belum relevan terhadap materi UKK TPBO standar BSNP. Materi MPPK TPBO sudah relevan terhadap materi UKK standar BSNP. Sekuen antara ketiga materi tersebut telah dipetakan.
ANALISIS KETERSEDIAAN PERALATAN PRAKTIK LAS PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LAS DASAR DI SMK Chrisdiana, Rizky; Karo-Karo, Uli; Sasmita, Asep H.
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 2, No 1 (2015): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v2i1.1161

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesesuaian ketersediaan peralatan praktik las dasar oksi-asetilin dengan Badan Standar Nasional Pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Sampel penelitian adalah bengkel praktikum las oksi-asetilin SMKN 1 Majelengka. Pengumpulan data dengan cara observasi dan dokumentasi di bengkel teknik las dasar. Analisis data menggunakan rating scale dan persentase ketercapaian. Hasil menunjukkan bahwa ketersediaan prasarana bengkel praktikum las oksi-asetilin SMKN 1 Majalengka tidak tercapai. Ketersediaan meliputi: luas, lebar dan rasio ruang perpeserta didik pada bengkel praktikum las. Luas area, lebar ruang dan rasio perinstruktur kurang tercapai. Peralatan pada bengkel praktikum las oksi-asetilin kurang tercapai. Media pendidikan dan perlengkapan lainnya kurang tercapai. Peralatan utama las oksi-asetilin kurang tercapai. Peralatan pendukung praktikum las oksi-asetilin tercapai. Sarana pada ruang penyimpanan dan instruktur tidak tercapai. Kesimpulan bahwa kesesuai alat dan ruangan dengan siswa pada bengkel las dasar belum tercapai dengan baik.
STUDI EKSPLORASI FASILITAS WORKSHOP TEKNIK OTOMOTIF SMK NEGERI 2 GARUT BERDASARKAN STANDAR SARANA PRASARANA Rahman, Faisal; Supriawan, Dedi; Permana, Tatang
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 2, No 1 (2015): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v2i1.1152

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang sarana dan prasarana di workshop Teknik Mekanik Otomotif SMK Negeri 2 Garut dan pemenuhan standar uji kompetensi Teknik Mekanik Otomotif SMK berdasarkan instrumen verifikasi SMK penyelenggara ujian praktik kejuruan. Penelitian ini mengambil lokasi di workshop Otomotif SMK Negeri 2 Garut. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan peneliti adalah hasil dari observasi dan dokumentasi, berupa pedoman observasi/checklist. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sarana di workshop Teknik Mekanik Otomotif SMKN 2 Garut 85,7% telah memenuhi Standar Nasional Pendidikan. (2) Prasarana di workshop Teknik Mekanik Otomotif SMKN 2 Garut 50%g sudah memenuhi Standar Nasional Pendidikan atau kategori kurang layak. (3) Sarana dan prasarana yang terdapat di workshop Teknik Mekanik Otomotif SMKN 2 Garut 98,7% telah memenuhi standar uji kompetensi. Kesimpulan penelitian ini SMKN 2 Garut sangat layak untuk dijadikan tempat pelaksanaan ujian kompetensi.
STUDI KOMPARASI PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA REALIA DENGAN MEDIA HANDOUT PADA MATA PELAJARAN ALAT UKUR Irawan, Verry A.; Sabri, Sabri; Sasmita, Asep H.
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 2, No 1 (2015): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v2i1.1166

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menerapkan media handout  dan media realia pada proses pembelajaran alat ukur mekanik presisi, serta mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajarnya. Metode penelitian menggunakan metode quasi experimental design. Tipe kuasi eksperimen yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Sampel dijadikan dua kelompok yaitu kelas kontrol diberi perlakukan handout dan kelas eksperimen diberi perlakuan media realita.  Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran alat ukur dengan menggunakan media realia pada saat proses pembelajaran ternyata lebih besar dibandingkan dengan menggunakan media hand out. Hasil post-test pembelajaran dengan menggunakan media realia menunjukan peningkatan yang lebih besar.
PENERAPAN POLA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SMK PADA MATERI KATUP PNEUMATIK Ramdan, Muhamad; Hamidah, Ida; Purnawan, Purnawan
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 2, No 1 (2015): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v2i1.1157

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendapatkan gambaran perbedaan peningkatan hasil belajar antara siswa yang menggunakan pola pembelajaran multimedia presentasi dengan multimedia interaktif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi experimental dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara kelompok yang menggunakan multimedia presentasi dan multimedia interaktif. Nilai rata-rata N-Gain siswa yang menggunakan multimedia presentasi berkategori sedang dan yang menggunakan multimedia interaktif berkategori rendah. Disimpulkan bahwa penggunaan multimedia presentasi berpengaruh lebih baik pada peningkatan hasil belajar siswa dibandingkan penggunaan multimedia interaktif pada materi katup pneumatik.

Page 1 of 23 | Total Record : 230