cover
Contact Name
Tafsillatul Mufida Asriningsih
Contact Email
tafsillatul@mipa.unipdu.ac.id
Phone
+62321-873655
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Articles 65 Documents
IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MAHASISWA TADRIS FISIKA MENGGUNAKAN FOUR TIER DIAGNOSTIC TEST PADA MATA KULIAH KALKULUS II Abbas, Muhammad Luqman Hakim
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 4, No 1: Maret - Agustus 2019
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (740.769 KB) | DOI: 10.26594/jmpm.v4i1.1487

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi mahasiswa Tadris Fisika yang sedang menempuh matakuliah Kalkulus II menggunakan four tier diagnostic test. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes diagnostik menggunakan four tier diagnostic test dan teknik wawancara. Hasil analisis tes diagnostik menggunakan four tier diagnostic test menunjukkan bahwa dari 41 mahasiswa tadris Fisika yang menjadi sampel pada penelitian ini, didapatkan sebanyak 52,03% mahasiswa termasuk kriteria mengetahui konsep, sedangkan sisanya 5,69% mahasiswa tidak mengetahui konsep, 2,44% mahasiswa menebak dan 39,84% mahasiswa mengalami miskonsepsi. Sebagaian besar mahasiswa mengalami miskonsepsi pada konsep turunan fungsi logaritma natural, Integral rangkap dua, aplikasi integral rangkap dua, persamaan diferensial orde satu dan dua.
PERBANDINGAN METODE GAUSS- LEGENDRE, GAUSS-LOBATTO, DAN GAUSS-KRONROD PADA INTEGRASI NUMERIK FUNGSI EKSPONENSIAL Darmawan, Randhi N
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 2: September 2016 - Februari 2017
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.347 KB) | DOI: 10.26594/jmpm.v1i2.596

Abstract

Integrasi numerik merupakan merupakan suatu metode untukmenetukan nilai integrasi dari suatu fungsi dimana jika suatu fungsi tersebut sulit diselesaikan secara analitik menggunakan metode baku yang ada pada ilmu kalkulus. Solusi yang didapatkan oleh integrasi numerik ini adalah nilai hampiran atau aproksimasi sehingga akan muncul error . Terdapat dua metode integrasi numerik yaitu metode Newon-Coates (equally space) dan metode Gauss Kuadratur(unequally space). Pada artikel ini akan dikaji integrasi numerik dengan metode Gauss Kuadratur yaitu metode Gauss-Legendre,Gauss-Lobatto, dan Gauss-Kronroad yang akan diterapakan untuk menentukan nilai hampiran integrasi dari fungsi eksponensial. Sehingga akan dilakukan analisis error untuk menetukan metode mana yang memiliki akurasi paling bagus yang mendekati nilai eksaknya.
ANALISIS TINGKAT PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG PADA PELABUHAN KETAPANG BANYUWANGI Hardiyanti, Siska Aprilia; Wari, Wahyu Naris; Sandi, Dora Melati Nurita; Tyas, Anis Armaning
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 4, No 2: September 2019 - Februari 2020
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (546.337 KB) | DOI: 10.26594/jmpm.v4i2.1621

Abstract

Pelabuhan Ketapang merupakan tempat penyeberangan dengan moda transportasi laut antara Jawa dan Bali. Penelitian dilakukan pada kapal Prathita dan Mutis dengan sampel 100 penumpang dan analisis data menggunakan metode IPA. Data yang digunakan valid dan reliabel. Analisis tingkat pelayanan pelabuhan Ketapang Banyuwangi terhadap kepuasan penumpang menunjukkan bahwa yang paling banyak terdapat pada kuadran B dan kuadran D. Kuadran B (pelayanan perlu dipertahankan) meliputi faktor kondisi kapal, kecepatan pemrosesan tiket, pelayanan petugas yang cepat, tepat dan ramah serta ketepatan waktu tunggu di pelabuhan. Pada kuadran D (faktor tidak terlalu penting, tapi dilaksanakan dengan baik) meliputi kebersihan dan kerapihan pelabuhan, pengaturan parkir di kapal, petugas yang tidak memandang status sosial dalam pelayanannya dan petugas bertanggung jawab terhadap keamanan dan kenyamanan penumpang.
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SEBAGAI UPAYA PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATAKULIAH OPERATION RESEARCH Widayanti, Lilis; Hakim, Lukman
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 2, No 1: Maret - Agustus 2017
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (427.152 KB) | DOI: 10.26594/jmpm.v2i1.892

Abstract

Penelitian yang dilakukan bermaksud untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk mengembangkan karakter dan meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah operation research. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada 19 mahasiswa kelas operation research. Langkah-langkah penelitian mengacu pada penelitian tindakan Kemmis dan Taggart yaitu (1) identifikasi masalah, (2) perencanaan, (3) pelaksanaan, (4) observasi, dan (5) refleksi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara, lembar penilaian karakter mahasiswa, dan tes operation research. Langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan sintaks model kooperatif tipe jigsaw. Sedangkan karakter yang direkam dalam proses pembelajaran meliputi karakter mampu bekerjasama, tanggung jawab, dan kejujuran. Dari hasil tes materi metode transportasi dan penugasan terdapat peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR STATISTIK MAHASISWA STMIK ASIA DALAM PENERAPAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING Subekti, Puji; Hakim, Lukman; Habibi, Azwar Riza
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 3, No 2: September 2018 - Februari 2019
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (460.626 KB) | DOI: 10.26594/jmpm.v3i2.1032

Abstract

Peneltian ini dilakukan dengan langkah-langkah penelitian eksperimental dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar statistik mahasiswa di STMIK Asia. Dalam penelitian ini terdapat tujuh variabel bebas yang dianalisis dengan metode stepwise. Sehingga diperoleh tiga variabel bebas yang berpengaruh secara simultan diantaranya jenis kelamin, rata-rata pendapatan orang tua dan jumlah saudara, dengan model persamaan regresi berganda sebagai berikut Y= -1,260 +0,425X7 +0,511X2 + 0,417X5. Strategi yang dapat diambil dalam penerapan problem based learning adalah dengan memilih mahasiswa dalam setiap kelompok. Dengan aturan terdapat minimal satu mahasiswa laki-laki yang menjadi ketua kelompok, terdapat minimal satu mahasiswa dengan latar belakang pendapatan orang tua di atas rata-rata dan minimal satu mahasiswa yang bukan merupakan anak tunggal atau mempunyai saudara lebih dari satu.
ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS XI SMK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI FUNGSI Nurfalah, Iis Asriah; Zanthy, Luvy Sylviana
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 5, No 1: Maret - Agustus 2020
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3021.243 KB) | DOI: 10.26594/jmpm.v5i1.1795

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa SMK kelas XI dalam menyelesaikan soal pada materi fungsi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan subjek 33 siswa kelas XI TOI-B SMKN 1 Cimahi yang terdiri dari 7 orang siswa perempuan dan 26 orang siswa laki-laki. Data kesalahan siswa dalam menyelesaikan persoalan materi fungsi diperoleh dari tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat empat jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal fungsi, yaitu kesalahan konsep, kesalahan fakta, kesalahan prinsip, dan kesalahan operasi. Faktor penyebab kesalahan terjadi pada siswa karena kurangnya penguasaan materi prasyarat, tidak memeriksa kembali hasil akhir, dan masih kesulitan dalam membuat model matematika dari suatu soal.
ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PENGADILAN AGAMA KABUPATEN KEDIRI DENGAN PENDEKATAN LOGIKA FUZZY Shofia, Niska; W, Lilia Sinta; A, Putri Kusuma
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 2, No 2: September 2017 - Februari 2018
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.696 KB) | DOI: 10.26594/jmpm.v2i2.893

Abstract

Dalam rangka meningkatkan pelayanan di bidang hukum, Mahkamah Agung RI memerintahkan seluruh Lembaga Peradilan untuk menyediakan fasilitas meja informasi (information desk). Penelitian ini dilakukan di lembaga peradilan yaitu di Kantor Pengadilan Agama Kabupaten Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan para pihak pencari keadilan terhadap pelayanan yang diberikan oleh petugas Meja Informasi Pengadilan Agama Kabupaten Kediri. Analisis tingkat kepuasannya menggunakan pendekatan metode fuzzy servqual (Service Quality) yang dibantu menggunakan aplikasi MATLAB. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata penilaian masyarakat terhadap tingkat kepuasan masyarakat dalam mendapatkan informasi pelayanan di Pengadilan Agama Kabupaten Kediri adalah baik, artinya pelayanan yang diberikan telah memenuhi harapan masyarakat.
BILANGAN TERHUBUNG PELANGI GRAF BUNGA (W_M,K_N ) DAN GRAF LEMON (LE_N) Kumala, Irvania Sukma
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 4, No 1: Maret - Agustus 2019
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.104 KB) | DOI: 10.26594/jmpm.v4i1.1618

Abstract

Misalkan G= (V(G),E(G))  adalah graf terhubung tak trivial dan m adalah suatu bilangan bulat positif. Didefinisikan c:E(G)->{1,2,...,m} sebagai suatu pewarnaan-m sisi dari G. Lintasan P di G dikatakan lintasan pelangi jika tidak terdapat dua sisi di P yang mempunyai warna yang sama. Misalkan  x dan y  adalah titik di V(G) , suatu lintasan pelangi dikatakan lintasan pelangi x-y jika lintasan tersebut mempunyai titik ujung x dan y. Bilangan terhubung pelangi dari G, dinotasikan dengan rc(G), adalah bilangan bulat positif terkecil  sehingga  mempunyai pewarnaan-m sisi sedemikian sehingga setiap dua titik x  dan y  di  terdapat lintasan pelangi .Pada penelitian ini didefinisikan dua kelas graf baru yaitu Graf Bunga (Wm,Kn) dan Graf Lemon (Len) . Selanjutnya, ditentukan bilangan terhubung pelangi dari dua kelas graf baru tersebut.
PENENTUAN HARGA PREMI BERDASARKAN FUNGSI PERMINTAAN DAN TITIK KESETIMBANGANNYA DALAM PORTOFOLIO HETEROGEN Sholahudin, Usep
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 2: September 2016 - Februari 2017
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.086 KB) | DOI: 10.26594/jmpm.v1i2.623

Abstract

Penelitian  ini mempelajari hubungan tarik menarik antara banyaknya tertanggung dan harga preminya ditiap kelas risiko pada portofolio heterogen. Pertama, penanggung menetapkan harga premi berdasarkan sejumlah tertanggung yang ditetapkan untuk masing-masing kelas risiko. Selanjutnya, pasar bereaksi yang mengakibatkan perubahan jumlah pemegang polis pada setiap kelas risiko. Sebagai konsekuensinya, penanggung menyesuaikan harga premi sebagai permintaan pasar, dan proses ini berulang sampai terpenuhi suatu keadaan tertentu. Proses tersebut telah dibuktikan memiliki titik kesetimbangan. Karakteristik dari titik kesetimbangan dibuktikan melalui teorema titik tetap. Selanjutnya, untuk mengilustrasikan teori, perhitungan harga premi berdasarkan fungsi permintaan dalam titik kesetimbangannya dilakukan untuk lima kelas risiko dengan menggunakan perangkat lunak Mathematica.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN KOMIK PADA SISWA SD Nugroho, Setiaji; Shodikin, Ali
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 3, No 1: Maret - Agustus 2018
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.132 KB) | DOI: 10.26594/jmpm.v3i1.1067

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kecenderungan pembelajaran yang berpusat pada guru menjadikan siswa kurang aktif. Salah satu alternatif untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran STAD (Student Team Achievment Division) berbantuan media komik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan STAD berbantuan komik pada materi bangun ruang kubus di kelas V MI Muhammadiyah 02 Laren Lamongan ditinjau dari tingkat ketuntasan belajar siswa, tingkat aktivitas siswa, tingkat aktivitas, dan tingkat respon siswa. Subyek penelitian ini melibatkan 17 siswa. Diperoleh hasil bahwa persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal dinyatakan tuntas sebesar 94,1%, persentase aktivitas aktif siswa sebesar 88,25% dengan kategori aktif, persentase aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran sebesar 89,15% dengan kategori baik, dan persentase respon positif siswa sebesar 96,47% dengan kategori baik.