cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
PEDAGOGIK (JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR)
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 149 Documents
PENGARUH METODE INDEX CARD MATCH TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA UNTUK SISWA KELAS II SDN SUKARAPIH O2 TAMBELANG KABUPATEN BEKASI Fauziah, Eva; Rikmasari, Rima
PEDAGOGIK (JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR) Vol 2, No 01 (2014): PEDAGOGIK (JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR)
Publisher : PEDAGOGIK (JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENGARUH METODE INDEX CARD MATCH TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA UNTUK SISWA KELAS II SDN SUKARAPIH O2  TAMBELANG KABUPATEN BEKASI Eva Fauziah* Rima Rikmasari Email: r.rikmasari@gmail.com ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah banyaknya siswa di SDN Sukarapih 02 Tambelang yang memiliki keterampilan membaca yang sangat rendah. Yang ditunjukan dengan masih banyaknya siswa yang mengeja, kesalahan dalam membedakan huruf, banyaknya penyelipan dan pengurangan kata.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan membaca dengan menggunanakan metode index card match untuk siswa kelas II di SDN Sukarapih 02 Tambelang, Kabupaten Bekasi.Populasi dalam penelitian ini adalh seluruh siswa dari kelas II di SDN Sukarapih 02 yang berjumlah 50 siswa dengan sampel dalam penelitian ini adalh kelass II sebanyak 50 siswa. Hasil penelitian menunjukan thitung > ttabel dengan hasil 2.655 > 1.711 dengan df 48. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh metode index card match terhadap keterampilan membaca siswa kelas II di SDN Sukarapih 02 Tambelang Kabupaten Bekasi.
HUBUNGAN KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA SEKOLAH DENGAN ETOS KERJA GURU DI SDIT NURUL FALAH KEC.TAMBUN UTARA KAB.BEKASI Puspita Dewi, Yessy Lulut Ria; sugiharti, rini endah
PEDAGOGIK (JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR) Vol 2, No 01 (2014): PEDAGOGIK (JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR)
Publisher : PEDAGOGIK (JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini berkaitan dengan kepemimpinan demokratis kepala sekolah dan etos kerja guru di SDIT Nurul Falah ditemukan bahwa kepala sekolah belum dapat membangkitkan etos kerja yang tinggi. Selain itu, rendahnya motivasi guru dalam mengajar, serta guru kurang efektif dalam menjalankan tugasnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode deskriptif yang bersifat korelasional. Populasi dan sample dalam penelitian ini berjumlah 41 guru. Hasil penelitian menunjukan rata-rata untuk kepemimpinan demokratis kepala sekolah adalah 80,92. Sedangkan untuk etos kerja guru adalah 74,20. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepemimpinan demokratis kepala sekolah dengan etos kerja guru. Koefisien determinasi sebesar 31,3 % menunjukkan bahwa kepemimpinan demokratis kepala sekolah memberikan konstribusi positif terhadap etos kerja guru. Sedangkan 68,7 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.   Kata kunci   : Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah, Etos Kerja Guru
HUBUNGAN PERSEPSI PENGGUNAAN ALAT PERAGADALAM PROSES PEMBELAJARAN IPA DENGAN MOTIVASI BELAJAR DI SDIT BAITUL HALIM TAMBUN SELATAN KABUPATEN BEKASI Mega Santoso, Riscky Azhara; Budianti, Yudi
PEDAGOGIK (JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR) Vol 2, No 01 (2014): PEDAGOGIK (JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR)
Publisher : PEDAGOGIK (JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini yaitu tidak adanya media pembelajaran yang memadai untuk menjelaskan proses pembelajaran sehingga mempersulit anak dalam memahami konsep proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan hubungan persepsi siswa terhadap penggunaan alat peraga dengan motivasi belajar siswa kelas IV,V dan VI di SDIT Baitul Halim Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji korelasi dan analisis regresi sederhana. Populasi dan Sampel  dalam  penelitian  iniberjumlah89 siswa .Hasil  pengolahan data yang didapat  dari penggunaan alat peraga danhasil motivasi belajar siswadiperolehmelalui angket yang terdiri dari 45 item didapat produkmomen sebesar 0,987 makaHo diterima.   Kata kunci: Penggunaan alat peraga, motivasi belajar siswa
PENGARUH PENDEKATAN PAIKEM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PKn SISWA KELAS II DI SDN LIMUSNUNGGAL 03 CILEUNGSI Cemara, Raddinnia; -, Aningsih
PEDAGOGIK (JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR) Vol 2, No 01 (2014): PEDAGOGIK (JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR)
Publisher : PEDAGOGIK (JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya motivasi belajar siswa kelas II terhadap pelajaran PKn di SDN Limusnunggal 03 Cileungsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan PAIKEM terhadap motivasi belajar PKn siswa kelas II di SDN Limusnunggal 03 Cileungsi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dan wawancara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II yang berjumlah 116 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini mengunakan rumus purposive sampling dengan jumlah 57 siswa.Sedangkan  hasil  pengolahan data yang didapat dari pengaruh pendekatan PAIKEM danmotivasi belajar siswa siswadiperoleh uji – t  sebesar 0,658 yang berarti terdapat pengaruh yang baik antara pendekatan PAIKEM dengan motivasi belajar siswa.   Kata kunci:     Pendekatan PAIKEM, motivasi belajar PKn siswa
PENGARUH MEDIA FILM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VMATA PELAJARAN IPS SDN MEKARSARI 01 TAMBUN Nurimasari, Yekti; Sundari, Kori
PEDAGOGIK (JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR) Vol 2, No 01 (2014): PEDAGOGIK (JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR)
Publisher : PEDAGOGIK (JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Pelaksanaan kegiatan pembelajaran IPS di lapangan terlihat kurangnya penggunaan media pembelajran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media film terhadap hasil belajar ips dikelas V SDN Mekarsari 01 Tambun. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi yang digunakan sebanyak 205 siswa dari kelas V, sampel yaitu kelas VC 35 siswa sebagai kelas Kontrol dan VD 35 siswa sebagai kelas Eksperimen. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung sebesar 10,973 dengan db= 68 pada taraf nyata α = 0,05 sehingga diperoleh ttabel 2,02 yaitu 10,973 > 2,02, berarti H0 ditolak dan H1 diterima,yang artinya terdapat pengaruh positif signifikan pada hasil belajar siswa Kelas V pada Mata pelajaran IPS di SDN Mekarsari 01 Tambun.   Kata Kunci : Hasil Belajar IPS, Media Film, karakteristik siswa kelas V
HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SDN 11 PETANG JAKARTA TIMUR Sari, Rachmawati Indah Permata; -, Amin
PEDAGOGIK (JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR) Vol 2, No 01 (2014): PEDAGOGIK (JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR)
Publisher : PEDAGOGIK (JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh keingintahuan peneliti tentang ada atau tidaknya hubungan motivasi belajar denga hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IV di SDN 11 Petang Jakarta Timur. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi dan dokumen berupa nilai ulangan tengah semester mata pelajaran IPS.Sampel dalam penelitian iniadalahberjumlah30 siswaIV di SDN 11 Petang Jakarta Timur.Dari hasil perhitungan didapat produkmomen sebesar 0,065 makaH1 diterima. Koefisien determinasi sebesar 12,3% menunjukkan bahwa motivasi belajar memberikan kontribusi terhadap hasil belajar siswa.Dengandemikiandapat disimpulkan bahwa terdapathubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV.   Kata kunci : Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa
HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN KINERJA MENGAJAR GURU DI SDIT NURUL FALAH KEC. TAMBUN UTARA KAB. BEKASI Sari, Zakiyah Indah; Noe, Wahyudin
PEDAGOGIK (JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR) Vol 2, No 01 (2014): PEDAGOGIK (JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR)
Publisher : PEDAGOGIK (JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru, kinerja mengajar guru dan mengetahui hubungan kompetensi pedagogik guru dengan kinerja mengajar guru di SDIT Nurul Falah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dan lembar observasi. Populasi dan Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu 41 guru.  Sedangkan hasil pengolahan data yang didapat dari kompetensi pedagogik dan hasil kinerja mengajar guru diperoleh melalui angket yang terdiri dari 33 item. Dari hasil perhitungan didapat  rxy produk momen sebesar 0,683 maka Ho diterima koefisien determinasi sebesar 46,7 % menunjukan bahwa kompetensi pedagogik memberikan konstribusi terhadap kinerja mengajar guru. Sedangkan 53,5 % dipengaruhi oleh faktor lain yang diteliti dalampenelitian ini.   Kata kunci : kompetensi pedagogik, kinerja mengajar guru
PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA BERDASARKAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (Studi Deskriftip Kualitatif Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Al-Azhar Syifa Budi Legenda Kabupaten Bekasi) Santoso, Nurhadi; Mustika, Eka
PEDAGOGIK (JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR) Vol 2, No 01 (2014): PEDAGOGIK (JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR)
Publisher : PEDAGOGIK (JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 dalam mengembangkan kreativitas siswa di Sekolah Dasar Al-Azhar Syifa Budi Legenda Kabupaten Bekasi. Sekolah Dasar Al-Azhar Syifa Budi Legenda merupakan sekolah rujukan kurikulum 2013 yang ada di Kabupaten Bekasi.  Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Alat yang digunakan adalah observasi, dokumentasi serta wawancara kepada siswa, guru dan kepala sekolah  dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil yang diperoleh adalah Sekolah Dasar Al-Azhar Syifa Budi Legenda sudah menerapkan kurikulum 2013 dengan baik, dalam pelaksanaan kurikulum 2013 membuat siswa menjadi kreatif karena pembelajarannya yang menstimulus siswa untuk menciptakan ide-ide baru serta melakukan percobaan di setiap kegiatan pembelajaran.   Kata Kunci : Kurikulum 2013, Kreativitas
PENGARUH TIPE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH DASAR Sundari, Kori
PEDAGOGIK (JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR) Vol 2, No 02 (2014): PEDAGOGIK (JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR)
Publisher : PEDAGOGIK (JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK “Motivasi merupakan bentuk perbuatan yang  mendorong individu untuk melakukan sesuatu guna mencapai tujuan dan mempunyai fungsi sebagai sebagai praduga, penjelas dan prediksi tingkah laku, dengan dipengaruhi oleh kondisi tertentu”. Sedangkan Tipe pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang paling sederhana dan merupakan model pembelajaran yang paling baik untuk permulaan bagi pendidik yang baru menggunakan model pembelajaran kooperatif. Dalam model pembelajaran ini, siswa ditempatkan dalam belajar yang beranggotakan empat atau lima orang yang merupakan campuran menurut tingkat prestasi. Guru menyajikan laporan, siswa bekerja dalam tim mereka untuk memastikan seluruh tim telah menguasai pelajaran tersebut. Penelitian dilaksanakan di SDI Bani Saleh 6 Bekasi, dengan jumlah responden 60 siswa, terdiri dari 1 kelas eksperemen dan 1 kelas control. Dalam penelitian ini difokuskan pada pengaruh Tipe pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Motivasi belajar siswa.  Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif yang signifikan Motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial yang diajar dengan model pembelajaran Student Teams Archievement Division(STAD) pada Kelas V SDI Bani Saleh 6 Bekasi.   Kata Kunci : Motivasi Belajar, Tipe Pembelajaran Student Teams Archievement Daivision(STAD)
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA REALIA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI SETIA DARMA 03 TAMBUN SELATAN Lestari, Novita; Mustika, Eka
PEDAGOGIK (JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR) Vol 2, No 02 (2014): PEDAGOGIK (JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR)
Publisher : PEDAGOGIK (JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah perihal keaktifan belajar siswa di SD Negeri Setia Darma 03. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media realia yang dipilih peneliti terhadap keaktifan belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen kuasi dengan dengan menggunakan nonequivalent (pretest and posttest) Control-Group Design. Pada kelas eksperimen menggunakan media realia. Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket, observasi dan tes soal. Sampel penelitian berjumlah 25 siswa untuk kelas eksperimen dan 25 siswa untuk kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan rata-rata pretest untuk kelas eksperimen adalah 79,08 dan posttest 96,56 dengan Koefisien Determinasi 26.7%. Sedangkan untuk rata-rata pretest kelaskontrol adalah 67,88 dan posttest 73,52. Hasil dari analisis dalam eksperimen ini dengan menggunakan analisis perhitungan independent sample t-testyang diperoleh nilai 15.849. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media realia dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pelajaran IPA kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Setia Darma 03 Tambun Selatan. Kata kunci       : Media realia, keaktifan belajar siswa.

Page 1 of 15 | Total Record : 149