cover
Contact Name
Al-Ta'rib
Contact Email
jurnalaltarib@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
attarib@iain-palangkaraya.ac.id
Editorial Address
Jalan G. Obos Komplek Islamic Centre Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia, Postal Code 7311
Location
Kota palangkaraya,
Kalimantan tengah
INDONESIA
Al-Ta'rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya
ISSN : 23545887     EISSN : 26555867     DOI : https://doi.org/10.23971/altarib
Core Subject : Education,
Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya (ISSN 2354-5887 and E-ISSN 2655-5867) is a peer-reviewed open-access journal and follows a double-blind review policy. This journal is scheduled for publication biannually, in June and December, with the first issue to appear in June 2013. The Journal welcomes research-based papers touching the ground of Arabic language teaching and learning with insights from applied linguistics, literature, and related academic disciplines.
Arjuna Subject : -
Articles 59 Documents
ANALISIS BUKU TEKS "AKU CINTA BAHASA ARAB" UNTUK MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS V TERBITAN TIGA SERANGKAI Abrar, Muhammad; Hamidah, Hamidah; Rafi'i, Rafi'i
AL-TA'RIB : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1347.78 KB) | DOI: 10.23971/altarib.v5i2.772

Abstract

ABSTRAKBuku ?Aku Cinta Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Kelas V? Penerbit: Tiga serangkaiadalah salah satu buku yang digunakan sekolah-sekolah Madrasah Ibtidaiyah di Palangkaraya. Penyusunan buku teks yang dilakukan dengan cermat dan tepat sangatlah penting untuk dilakukan. Penyusunan buku teks yang tidak didasarkan pada aspek-aspek buku teks yang baik akan sangat merugikan para siswa. Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu: 1)Bagaimana tingkat kelayakan  isi/materi buku ?Aku Cinta bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyyah kelas V? Penerbit Tiga Serangkai. 2) Bagaimana tingkat kelayakan  penyajian buku ?Aku Cinta bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyyah kelas V? Penerbit Tiga Serangkai.3) Bagaimana tingkat kelayakan  bahasa buku ?Aku Cinta bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyyah kelas V? Penerbit Tiga Serangkai. Dan adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui tingkat kelayakan Buku ?Aku Cinta Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Kelas V? Penerbit: Tiga serangkai dari aspek kelayakan isi. 2) Untuk mengetahui tingkat kelayakan Buku ?Aku Cinta Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Kelas V? Penerbit: Tiga serangkai dari aspek kelayakan penyajian. 3) Untuk mengetahui tingkat kelayakan Buku ?Aku Cinta Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Kelas V? Penerbit: Tiga serangkai dari aspek kelayakan bahasa. Penelitian ini merupakan penelitian kualititatif-kuantitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan dokumentasi dan analisisdata menggunakan teknik analisis isi (content analysis) yang dilakukan dengan sistematis, obyektif dan kuantitatif. Analisis isi (content analysis) merupakan sebuah metode penelitian terhadap sebuah teks tanpa harus meminta pendapat penulis buku maupun pembaca buku.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kelayakan isi dalam Buku ?Aku Cinta Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Kelas V? Penerbit: Tiga serangkai sangat layak digunakan jika dilihat dari kesesuaian uraian dengan materi kompetensi isi (KI) dan kompetensi dasar (KD), keakuratan materi, kemutakhiran materi, kesesuaian budaya, latihan dan evaluasi, dan pengayaan. Presentase skor kelayakan isi pada buku ini yaitu 91,65%. 2) Kelayakan penyajian dalam Buku ?Aku Cinta Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Kelas V? Penerbit: Tiga serangkai sangat layak digunakan jika dilihat dari teknik penyajian, pendukung penyajian, strategi penyajian materi pembelajaran, dan koherensi dan keruntutan alur pikir. Presentase skor kelayakan isi pada buku ini yaitu 87,85%. 3)Kelayakan bahasa dalam Buku ?Aku Cinta Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Kelas V? Penerbit: Tiga serangkai sangat layak digunakan jika dilihat dari keakuratan, komunikatif, kesesuaian kaidah bahasa, dan kesesuaian perkembangan peserta didik. Presentase skor kelayakan isi pada buku ini yaitu 100%.Kata kunci : Analisis, Kelayakan isi, penyajian, bahasa
علم الأصوات العربية؛ تطوراتها ونظريتها والإستفادة منها لتعليم اللغة العربية Hasan, Naifah
AL-TA'RIB : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (600.558 KB) | DOI: 10.23971/altarib.v6i2.1070

Abstract

??? ??????? ?? ???? ???? ?????????? ??? ????? ??? ?? ????? ????? ??? ???? ?? ??? ?? ?????? ????????? ?? ????? ???????. ???? ?? ???? ???????? ??????? ??????? ????? ???? ???? (392??) ?? ????? ?? ????? ??????? ???? ??? ??? ?????? ??? ???? ???????. ??? ????? ??????? ???? ????? ??? ????? ??????? ?? ????? ???????? ?? ??? ????? ?? ????? ?????? ???????? ????????? ????????? ???????? ???????? ?????????? ????????? ????????? ????? ????? ????????. ????? ???? ??????? ???? ?????? ????? ?? ????? ???? ??? ????? ????? ??????? ?????? ?? ????? ??????? ?? ??????? ??? ??? ??????? ???? ????? ?????????? ?? ????? ??? ??????? ???? ???????? ???.??????? ????????: ??? ???????? ????? ????? ???????.
كائن اللغة العربية في العالم المعاصر والأهمية بتعلمها Wahdah, Nurul
AL-TA'RIB : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.116 KB) | DOI: 10.23971/altarib.v1i1.260

Abstract

Bahasa Arab  semula hanya dikenal sebagai bahasa al-Qur'an dan bahasa kitab-kitab klasik. Dalam perkembangannya, bahasa Arab tidak lagi  dipakai sekedar untuk aspek agama saja, tetapi eksistensinya telah meluas pada aspek-aspek lainnya seperti sosial, ekonomi, pendidikan dan kebudayaan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan bahasa Arab penting untuk dipelajari, yaitu: 1) Bahasa Arab digunakan  secara resmi dalam forum internasional seperti UNESCO, ILO, pertemuan negara-negara Non- Blok lainna., 2) ada kecenderungan yang kuat untuk membentuk bahasa Arab sebagai bahasa standar mendekati bahasa Al-Qur'an, 3) Bahasa Arab dapat menyesuaikan tuntutan zaman 4) bahasa Arab merupakan bahasa ilmiah, 5) besarnya populasi  penduduk dunia yang telah menggunakan bahasa Arab.
IMPLEMENTASI KURIKULUM BAHASA ARAB DI PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM (PTAI) DI INDONESIA Yusuf, Enjang Burhanudin
AL-TA'RIB : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.26 KB) | DOI: 10.23971/altarib.v2i1.1532

Abstract

???? ????? ??????? ?? ????????? ????? ?????? ?? ?????? ??????? ??? ?? ?????? ??????? ???????? ??????? ??? ????? ?????? ??? ????? ?? ???? ?? ??????? ??????? ???? ????? ??????? ?? ?????? ??????? ????? ????? ????????? ????? ????????? ????????? ?? ?????? ?????? ????? ??????? ?? ??????? ???????? ?? ??? ????? ???????. ??? ????? ?????? ?????? ?? ????? ?????? ??????? ?????? ????? ???????? ??? ??? ???? ???? ?????? ?????????? ?????? ?? ????? ????? ??????? ??? ?????? ?? ??????? ???????? ??? ?? ?? ???????? ??????? ??? ????? ?? ????? ??????? ??? ?????. ?????? ??????? ????????? ?? ????????? ?? ????? ????? ??????? ?? ???????. ?????? ???? ?? ??????? ????????? ???? ???? ?????? ?? ????? ????? ??????? ????????? ???????? ??????? ??? ?? ???? ???? ?????? ?????? ?????? ???? ??????? ????????? ???????? ?????? ??? ?????? ?? ????? ????? ???????  ??????? ??????? ??? ???? ?????? ????? ??????? ?????? ???? ??????? ????? ???? ????? ?????? ????? ???? ??????? ???????? ??????????? ???????? ??????? ??????????? ?????.
فعالية ألعاب اللغة على استيعاب مفردات اللغة العربية فى الفصل الخامس بالمدرسة الابتدائيّة الحكوميّة كيرينك بانكيري بالنكارايا Sayuti, Ahmad
AL-TA'RIB : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya Vol 4, No 2 (2016)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (525.699 KB) | DOI: 10.23971/altarib.v4i2.562

Abstract

?????? ?? ??? ????? ?? ?? ?????? ????? ???????? ???????? ??????? ???? ???????? ??????? ????? ??????? ?? ?????? ????? ?? ???????? ???? ????? ?? ????? ?????? ????? ????? ??? ??????? ?????? ????? ??????? ?? ????? ?????? ?????? ??????????? ????????? ?????? ??????? ??????????. ??? ????? ????? ?? ?????? ?? ????? ?????? ?????? ?????????? ?????????  ?????? ??????? ?????????? ????? ??????? ???????? ???????? ???? ???????? ????????? ?? ?????? ????? ?? ??????? ???.???? ??? ????? ?? ??????? ??????????? ????????? ?????? ??????? ?? ??????? "????? ????" ?????? ??????? ??????????. ??? ????? ?? ????? ?????? ???? ?????? ???????? ??????? ????????? ???????? ????? ???????. ???? ????? ????? ?? ??? ????? ?? ?????? ?? ????? ?????? ?????? ??????????? ?????????  ?????? ??????? ?????? ???? ? ??? ???? ?????? ???? 50 ?????, ?????? ?? ????? ??????-? ????? 26 ????? ??? ???????? ???????? ????X ??????? ?? ????? ??????-? ????? 24 ????? ??? ???????? ??????? ????Y. ???? ???????? ???? ?? ?????? ????? ?? ??? ?????? ?????? ?????? ????? ???????? ?????? ???????.??? ??????? ??????? ????? ???????? ????????? ?? 72?58 ????????? ??????? ??59?33 ???? ????? ?? ?????? ???????? ?? ???? ??????? ??????? ?????? ????? ????? ? ?????? ?? 13?25 . ????? ??? ?????  ?????? ?????? ???? ?? Ha ????? ? Ho ????? ? ???? ??????? ???????? ??????? ??? ??????? ????? ????? ??????? ????? ????? ??????
ISTIRĀTĪJIYYĀT TA’LĪM MAHĀRAH AL-KALĀM ‘ALA DHOU’ AL-NAZARIYYAH AL-SULŪKIYYAH “BEHAVIORISM THEORY” BIMA’HAD AL-ANSOR PADANG SIDEMPUAN Febriani, Suci Ramadhanti; Wahyuni, Wahyuni; Ihwan, Muhamad Bisri; Wargadinata, Wildana
AL-TA'RIB : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya Vol 8, No 1 (2020)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (565.999 KB) | DOI: 10.23971/altarib.v8i1.1892

Abstract

One of the most important aspects of learning is the  strategy. Basically every educational institution has diverse strategies in delivering learning materials. As a typical educational institution, Pesantren has a unique learning strategy. This study aims to uncover the learning strategies of speaking skills in the al-Ansar boarding school and the learning of speaking skills based on the theory of behaviourism. This research used a descriptive qualitative approach with a case study research method. Researchers obtained data through observation, interviews and documentation. Data analysis was done through classification, data presentation, and drawing conclusions based on Milles and Huberman's theories. The results of this study are as follwos. 1) Strategies for teaching speaking skills are: Shobah al-lughah, Tabligh, language festival competitions and application of substantive conversation, language gam., 2) Strategies for teaching speaking skills in behaviourism theory are Shobah al-lughah, Tabligh and language festival competitions. The findings generated in this study were the learning of speaking skills using behaviourism theory gradually affect the students' speaking skills.
تعليم المفردات للأطفال بالطريقة الأغنية في روضة الأطفال " الأسوة " ديلنجو كلاتين Barokah, Anisatul
AL-TA'RIB : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1022.874 KB) | DOI: 10.23971/altarib.v6i1.968

Abstract

???? ??? ??????? ??? ?????? ??? ???? ????? ??? ????? ?????? ???????? ???????? ??????? ?? ???? ??????? "??????" ???? ??????. ???? ????? ???? ?????? ????? ??????? ????? ?????? ??? ???? ???????? ?? ??????? ??????? ???? ?????? ???????? ????????? ?????????? ????? ?? ????? ????? ?????? ????? ??????? ???????. ?? ??????? ? ???? ????? ??? ??????? ?????? ???????? ?????? ?? ???? ???? ????? ??????? ????? ???????????? ?? ???? ????????? ?????? ??????? ??????? ?????? ??? ??? ???. ??????? ????? ?????? ?? ???? ??????? ??????? ?? ?????? ??? ????? ???? ???? ???. ???? ???? ????? ?????? ???? ?? ????? ???????? ???????. ????? ?????? ??????? ???????? ?? ??????? ??????? ??? ??? ??? ??????? ???????? ?????. ?? ?? ???? ????? ???? ????? ??? ?????? ?????? ?? ????????? ?? ???? ????? ????? ????????. ???? ??????? ???????? ????? ?????? ??????? ??????? ??????? ?? ??? ?? ????? ?? ???????. ??? ????? ?????? ???????? ????????? ????? ???????? ????? ???????? ??????? ????????? ??????????? ???????? ?? ???????? ??? ????? ??????? ????????? ????? ????? ?? ?????? ???? ?????.??????? ????????: ????????? ??????? ???????
PREPARATION OF TEACHING BOOK BASED ON INTEGRATIVE APPROACH IN “MADANI SUPER CAMP” NARMADA WEST LOMBOK (AR) Nita Kasih, Baiq Widia
AL-TA'RIB : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1263.765 KB) | DOI: 10.23971/altarib.v7i1.1465

Abstract

Arabic learning in Indonesia is divided into two institutions that is Arabic  learning in formal and non-formal institutions. And in a learning process, teaching books is very important because it?s one of the basic elements of the existing curriculum components.  The researcher founds that there is no teaching books for Arabic  lesson in Madani Super Camp and it?s causes no Arabic learning there. Therefore, researcher needs to compile teaching books according to the necessary of students.. The purpose of this research is to produce a teaching books based on integrative approach and to measure the effectiveness of that book to improve student?s ability in Arabic learning. This research uses research and development method with qualitative and quantitative approach. Researcher also used the ADDIE?s development research steps:analysis, design, development, implementation and evaluation. The techniques to collect data are observation, interview, questionnaire and test. The results of this research is a teaching books consisting of eight units, that are: ashwat, mufrodat, tarkib, istima?, kalam, qira'ah, kitabah and ibaroh qosiroh. And each unit consists of fourteen lesson except the eighth unit that is seventeen lesson. And teaching books that have been prepared are effective to improve student?s ability in Arabic language learning.
علم الدلالة: علاقة المعنى في اللغة العربية، واللغة الإنجليزية، واللغة الإندونيسية Deviyana, Ade Destry
AL-TA'RIB : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (571.304 KB) | DOI: 10.23971/altarib.v4i1.557

Abstract

Pada Semantik bahasa Arab, lafadz  (?????) dan kalimah (??????) mempunyai arti sama yaitu ?kata?. kata adalah sebagai alat penyampai makna. Kata tidak hanya punya satu makna, bahkan lebih dari satu dan banyak makna. Makna menunjukan hubungan antara enkoding dan dekoding. Pada umunya, kata menunjukan pada tiga macam makna yaitu monosemi, homonimi, dan sinonimi. Dalam perkembangannya, dari homonimi dan sinonimi terjadi relasi makna yang pada setiap negara memiliki istilah masing-masing. Diantaranya pada bahasa Arab, bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia. Relasi makna yang tampak dengan persamaan istilah dari ketiga bahasa tersebut adalah: (1) ??????? / Synonymy/ Sinonimi,  (2) ???????/ Antonymy/ Antonimi, (3) ??????? ?????? /Homonymy/ Homonimi, (4) ????????? /Polisemy/ Polisemi, (5)  ??????? / Hiponymy/ Hiponimi, (6)  ???????? / Hipernimi/ Hypernymy, (7)  ???? ????? /Meronymy/ meronimi, (8)  ?????? /Ambiguity/ Ambiguitas. Relasi makna yang tampak dengan perbedaan istilah adalah (1) homofon dan homograf pada bahasa indonesia dan bahasa Inggris ini adalah bagian dari ??????? ??????  pada bahasa Arab, (2) oposisi pada bahasa Indonesia atau relational opotition pada bahasa Inggris adalah bagian dari ??????? pada bahasa Arab, dan (3) redundansi atau redundancy belum ditemukan peristilahan dalam bahasa Arab.
تنفيذ تعليم القواعد النحوية فى الفصل النموذجي بمدرسة فتح الهداية المتوسطة الإسلامية لامونجان جاوى الشرقية Diantika, Devi Eka
AL-TA'RIB : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya Vol 4, No 2 (2016)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (510.757 KB) | DOI: 10.23971/altarib.v4i2.566

Abstract

??????? ????????? ??? ??????? ???????? ?? ???? ???????? ???????? ???? ???? ????????? ?????? ??????? ???????. ??? ???? ?????? ??? ?????? ??????? ????????? ?? ?????? ????? ?????? ??????? ??????? ???? ????? ???? ?? ????? ???????? ?? ??? ?????? ?????? ?? ??????. ???? ????? ???? ??? ??????? ?? ?????? ??????? ????? ??????? ?? ???? ?????? ??????? ???? ???? ?? ??????? ????? ????? ?????? ????? ?????? ??? ??? ?????? ??????. ????? ??? ??????? ??????? ???? ?? ?????? ?????? ??? ????? ???? ???? ????? ?? ???? ?????? ???? ??????? ?? ?????? ?????? ??? ?????  ??? ????? ??????? ????????? ?????? ???? ?? ??? ??????? ??? ???????? ??????? ?? ????? ?????? ??????? ?? ???? ?????? ??? ????? ??? ??????? ????????