cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Gastronomy Tourism
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Gastur adalah jurnal peer-reviewed yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Industri Katering Universitas Pendidikan Indonesia. Gastur terbit secara periodik (1 tahun 2 kali terbit) bulan April dan Oktober dengan jumlah 6 artikel setiap kali terbit (12 artikel per tahun). Gastur tersedia gratis (Open Access) untuk seluruh pembaca dan mencakup perkembangan dan penelitian dalam bidang Wisata Gastronomi yaitu: 1. Catering Industry 2. Food & Beverage Industry 3. Gastronomy Tourism.
Arjuna Subject : -
Articles 75 Documents
PENGARUH KOMPETENSI ACHIEVEMENT AND ACTION DAN KOMPETENSI HELPING AND HUMAN SERVICE TERHADAP KINERJA KARYAWAN F&B DEPARTEMENT DI HOTEL MUTIARA BANDUNG Turgarini, Dewi
Gastronomy Tourism Vol 2, No 1 (2016): Gastronomy Tourism
Publisher : Gastronomy Tourism

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar pengaruh variabel Kompetensi Achievement and Action (X1) dan variabel Kompetensi Helping and Human Service (X2) terhadap Kinerja Karyawan (Y). Hasil penelitian di lapangan menunjukan bahwa tingkat Kompetensi Achievement and Action terhadap kinerja yaitu sebesar 79,7%, sedangkan kompetensi Helping and Human Service terhadap kinerja sebesar 9%. Secara simultan, kompetensi achievement and action dan kompetensi helping and human service memberikan pengaruh terhadap kinerja F&B Departement Hotel Mutiara Bandung.   Kata kunci : Kompetensi achievement and action, Kompetensi helping and    human service, dan Kinerja Karyawan
STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA GAMA CATERING DI KOTA BANDUNG Meilani, Sylvia
Gastronomy Tourism Vol 2, No 1 (2016): Gastronomy Tourism
Publisher : Gastronomy Tourism

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan industri makanan dan minuman di Kota Bandung mengalami peningkatan setiap tahunnya, hal ini didapatkan berdasarkan data yang diberikan oleh Badan Pusat Statistik Kota Bandung yang pada  kuartal II di tahun 2013 mencapai kenaikan sebesar 5,18%. Gejala ini dapat meningkatkan persaingan dalam hal pelayan jasa pada bidang jasa boga, termasuk pelayan katering didalamnya. Berdasarkan data dari Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia kota Bandung (APJI) terdapat 127 perusahaan pelayanan katering yang terdapat di Kota Bandung. Gama Catering adalah salah satu perusahaan pelayanan katering yang ada di Kota Bandung. Oleh karena itu untuk dapat mempertahankan eksistensi dari perusahaan dibutuhkan pengembangan bisnis agar mampu berkompetisi guna menarik  konsumen dari para pesaing dibidang pelayanan jasa tata boga ini.   Analisis yang digunakan adalah analisis Deskriptif, hal ini bertujuan untuk dapat mengetahui gambaran mengenai lingkungan perusahaan terkait dengan peluang, ancaman, kekuatan , dan kelemahan yang dimiliki oleh Gama Catering serta perumusan analisi strategi dengan menggunakan Matriks SWOT. Analisis Deskriptif Kuantitatif menggunakan matriks EFE, IFE, IE, dan QSPM. Dari pengolahan data menggunakan metode diatas menghasilkan 16 alternatif strategi untuk pengembangan usaha. Adapun alternatif strategi yang menjadi prioritas utama adalah : Melakukan inovasi berkelanjutan dalam rangka peningkatan kualitas dan pengembangan produk untuk meraih kepuasan dan loyalitas pelanggan dengan nilai TAS sebesar 6,495. Kata kunci : Pengembangan Usaha Katering, Analisis SWOT, dan QSPM.
PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN DI RESTORAN MCDONALD SE-KOTA BOGOR Turgarini, Dewi
Gastronomy Tourism Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : Gastronomy Tourism

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Restoran McDonald merupakan restoran waralaba yang bertemakan American Restoran. Di tengah persaingan yang cukup ketat, restoran McDonald se-kota Bogor akan menambah referensi dengan fakta yang faktual dan akurat dalam menentukan volume penjualan terhadap restoran. Berdasarkan dari hasil penelitian yang dapat di peroleh, bahwa saluran distribusi dengan dimensi delivery service, drive thru, dan eat-in, serta biaya promosi memiliki pengaruh positif secara keseluruhan, namun secara parsial, saluran distribusi dengan dimensi eat-in serta biaya promosi memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap volume penjualan di restoran McDonald se-kota Bogor. Kata kunci : Volume Penjualan, restoran McDonald se-kota Bogor.
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA LIMA RUMAH MAKAN SATE KLASIFIKASI C DI KOTA BANDUNG Ningsih, Caria
Gastronomy Tourism Vol 2, No 1 (2016): Gastronomy Tourism
Publisher : Gastronomy Tourism

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan yang dilaksanakan oleh perusahaan untuk meningkatkan kepuasan konsumen adalah dengan meningkatkan kualitas produk. Pada dasarnya kualitas produk yang efektif dan efisien akan menghasilkan dampak yang positif terhadap calon pembeli. Demikian juga yang dilakukan oleh Pengusaha Rumah makan sate di Kota Bandung. Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan statistik hipotesis, kualitas produk yang terdiri dari performance, features, reliability, durability, serviceability, dan estetika dapat mempengaruhi kepuasan serta berpengaruh positif dan signifikan secara simultan pada Lima Rumah Makan Sate Klasifikasi C di Kota Bandung.  Kata Kunci: Kualitas produk dan kepuasan konsumen.
PENGARUH KOMPETENSI ACHIEVEMENT AND ACTION DAN KOMPETENSI HELPING AND HUMAN SERVICE TERHADAP KINERJA KARYAWAN F&B DEPARTEMENT DI HOTEL MUTIARA BANDUNG Turgarini, Dewi
Gastronomy Tourism Vol 2, No 1 (2016): Gastronomy Tourism
Publisher : Gastronomy Tourism

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar pengaruh variabel Kompetensi Achievement and Action (X1) dan variabel Kompetensi Helping and Human Service (X2) terhadap Kinerja Karyawan (Y). Hasil penelitian di lapangan menunjukan bahwa tingkat Kompetensi Achievement and Action terhadap kinerja yaitu sebesar 79,7%, sedangkan kompetensi Helping and Human Service terhadap kinerja sebesar 9%. Secara simultan, kompetensi achievement and action dan kompetensi helping and human service memberikan pengaruh terhadap kinerja F&B Departement Hotel Mutiara Bandung.   Kata kunci : Kompetensi achievement and action, Kompetensi helping and    human service, dan Kinerja Karyawan
STUDI PENGEMBANGAN DIVERSIFIKASI PRODUK CRISPY BABY FISH DALAM UPAYA MEMPENGARUHI PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN Panca, Dewi
Gastronomy Tourism Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : Gastronomy Tourism

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan pariwisata di bidang kuliner di Indonesia mengalami kemajuan yang pesat. Hal ini terbukti dengan banyaknya yang mendirikan usaha bidang kuliner khususnya di Jawa Barat, diantaranya ; sentra oleh-oleh, restoran dan lain-lain. Salah satunya di Cianjur perusahaan crispy baby fish Suhada menciptakan produk baru dari ikan tawar yang berukuran mungil yang digoreng kering, sehingga “bebas duri” dimakan. Situasi pasar sekarang menunjukkan tingkat persaingan pasar yang sangat tingggi, sehingga mengakibatkan penjualan crispy baby fish mengalami penjualan yang fluktuatif. Sehingga mengakibatkan proses keputusan pembelian konsumen menurun. Oleh karena itu dilakukan pengembangan diversifikasi produk dengan cara membuat produk yang lebih bervariasi. Diantaranya crispy baby fish diberi tambahan aneka rasa sambal tradisional (Sambal kencur, sambal balado, dan sambal ijo). Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh hasil temuan mengenai diversifikasi produk, proses keputusan pembelian, dan pengaruh diversifikasi produk terhadap proses keputusan pembelian produk crispy baby fish dengan menggunakan tiga macam sambal. Variabel bebas dari penelitian ini adalah diversifikasi produk. Sedangkan yang menjadi variabel terikat (Y) adalah proses keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan eksperimental, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa diversifikasi produk memberikan pengaruh yang signifikan terhadap proses keputusan pembelian. Secara keseluruhan perusahaan harus lebih meningkatkan diversifikasi produk sebagai suatu strategi pemasaran, meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi ikan sehari-hari, meningkatkan jumlah pembelian crispy baby fish aneka sambal tradisional.  Kata Kunci : Diversifikasi Produk, Proses Keputusan Pembelian, Kuliner.
PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP PENDAPATAN DI RUMAH MAKAN SEAFOOD HDL 293 Sudono, Agus
Gastronomy Tourism Vol 2, No 1 (2016): Gastronomy Tourism
Publisher : Gastronomy Tourism

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap pendapatan di rumah makan seafood HDL 293, baik secara parsial maupun secara simultan. Model analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan software SPSS 18.0 for windows.  Populasi penelitian ini adalah konsumen restoran seafood HDL 293 Bandung yang berjumlah 100 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas produk, harga dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap pendapatan di rumah makan seafood HDL 293 Bandung, baik secara parsial maupun simultan.  Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Promosi, Pendapatan
ANALISIS PERBAIKAN MENU UNPOPULAR DI RESTORAN DAPUR SUNDA DI KOTA JAKARTA Andriatna, Weni
Gastronomy Tourism Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : Gastronomy Tourism

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui analisis perbaikan menu unpopular secara stimultan di restoran dapur sunda Metode yang di gunakan Anava. Populasi yang di gunakan  dalam penelitian ini adalah jumlah menu, dan lama bulan yang diteliti di restoran Dapur Sunda. Jenis sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh sebanyak  195 responden. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis menu engineering, analisis kualitas produk menggunakan kuisioner, analisis anava. Teknik pengumpulan data yang di lakukan studi literatur, metode survey, metode deskriptif analitik melalui kuesioner, wawancara dan studi literatur.  Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa menu unpopular cukup berpengaruh tiap bulanya terhadap pengembangan menu dan juga pendapatan restoran Dapur Sunda.Dari hasil penelitian ini maka di perlukan pengaturan menu engineering yang baik  Kata kunci: menu unpopular, menu engineering dan restoran Dapur Sunda
ANALISIS KUALITAS PRODUK DALAM PENGEMBANGAN BISNIS NUGGET JAMUR TIRAM PUTIH ANEKA RASA BUMBU MASAKAN TRADISIONAL Ahman, Eeng
Gastronomy Tourism Vol 2, No 1 (2016): Gastronomy Tourism
Publisher : Gastronomy Tourism

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Metode penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Tunggal (RAT), uji organoleptik menggunakan Uji Friedman dan penentuan perlakuan terbaik organoleptik menggunakan index efektifitas. Analisis kelayakan finansial menggunakan perhitungan Break Event Point (BEP), Payback Period (PP), Net Present Value (NPV) dan Profitability Index (PI). Hasil penelitian menyajikan perlakuan terbaik berdasarkan index efektifitas diperoleh dari jamur tiram putih 100 g, dengan lima parameter uji organoleptik  rasa 6,14; warna 5,67; aroma 6,47; bentuk 6, 20 dan tekstur 6,33. Hasil kajian Kelayakan finansial produksi nugget jamur tiram putih bumbu  masakan tradisional didapatkan Harga Pokok Produksi (HPP) sebesar Rp. 6.412,77/ 200gr dengan asumsi pengambilan mark up sebesar 50% Rp. 9.700,-/ 200 g. Perhitungan BEP dicapai pada volume penjualan  26.231,64 unit atau senilai  Rp. 252.326.195,59. Payback Period dicapai pada 3 tahun 3 bulan 27 hari. Nilai Net Present Value (NPV) sebesar   Rp. 118.894.282,67,-. Profitability Index (PI) sebesar 1, 33 dengan demikian unit usaha produksi nugget dari jamur tiram putih aneka rasa masakan tradisional layak dilaksanakan.  Kata kunci: Nugget Jamur Tiram Putih Bumbu Tradisional, Pengembangan Bisnis
STUDI EKSPERIMEN PEMBUATAN SELAI DENGAN BAHAN DASAR TAPE KETAN HITAM DAN TAPE KETAN KUNINGAN SERTA DAYA TERIMA KONSUMENNYA Priatini, Woro
Gastronomy Tourism Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : Gastronomy Tourism

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tapai atau biasa disebut Tape merupakan makanan khas Jawa Barat yang bahan dasarnya difermentasikan. Tape ketan putih yang dibungkus daun jambu banyak terdapat dan sekaligus makanan khas dari Kabupaten Kuningan, tetapi untuk Tape ketan hitam sudah sangat jarang ditemukan baik di daerah Bandung ataupun Kuningan. Sebagian besar penikmat tape ketan hitam maupun tape ketan kuningan mengeluhkan masa simpan tape yang sebentar sehingga tidak bisa disimpan untuk jangka waktu yang lama. Agar penikmat tape bisa menyimpan dan mengkonsumsi tape lebih lama maka diolahlah tape menjadi suatu kudapan yang memiliki daya simpan lebih lama. Salah satu pengawetan makanan dengan cara alami yaitu pengawetan dengan konsentrasi gula seperti selai. Hasil penelitian yang dilakukan menyatakan produk Selai tape ketan hitam dan Selai tape ketan kuningan diterima dan signifikan dengan nilai skala 3-4 atau antara netral dan suka. Daya simpan produk Selai tape ketan hitam dan Selai tape ketan kuningan pada suhu ruang yaitu sekitar 28 hari. Kandungan gizi pada kedua produk hampir sama tetapi produk Selai tape ketan kuningan lebih unggul dalam kandungan kalsium, fosfor, vit.A dan vit.C. Pengujian daya terima konsumen menyatakan diterima dengan skala 4-5 atau suka. Hubungan antara kualitas produk dan daya terima konsumen untuk kedua produk adalah kuat searah dan sedang searah. Hasil pengujian signifikasi yaitu kualitas produk secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap daya terima konsumen pada kedua produk.   Kata kunci : Tape ketan, selai, daya terima konsumen