cover
Contact Name
Irfa Waldi
Contact Email
irfawaldinasution29@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
irfawaldinasution29@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Ihya' al Arabiyah
ISSN : 24428353     EISSN : 24427683     DOI : -
Core Subject : Education,
Ihya' al 'Arabiyah is a peer-reviewed academic journal, established in 2015 as part of the UIN Sumatera Utara Medan. Ihya' Journal is dedicated to the publication of scholarly articles in various branches of Arabic Studies, by which exchanges of ideas as research findings is facilitated. Ihya' welcomes contributions of articles on Arabic Studies
Arjuna Subject : -
Articles 114 Documents
BUDAYA BELAJAR KELOMPOK MAHASISWA Haq, Samsul
Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Vol 4, No 2 (2018)
Publisher : UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ketepatan penggunaan metode pembelajaran oleh dosen memunkinkan mahamahasiswa untuk mencapai tujuan belajar baik dari segi kognitif, afektif, maupun psikomotor. Agar metode pembelajaran yang digunakan oleh dosen tepat, dosen harus memperhatikan beberapa faktor, yaitu tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, kemampuan dosen, kondisi mahamahasiswa, sumber dan fasilitas, situasi kondisi dan waktu. Penggunaan metode pembelajarandengan memperhatikan beberapa faktor di atas diharapkan proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik.
أسلىب املناظرة باملدخل الفعال في حعليم مهارة الكالم Rozi, Fahrur
Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Vol 4, No 2 (2018)
Publisher : UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

مسخخلص: الؿسٍلت وأطالُب الخهلُمُت جلهب دوزا َام في نملُت الخهلُم، ئذ أنها حظاند وحظهل ازطاٌ اإادة ئلى الؿلبت والفهم بها. ئن أخؿأ اخخُاز الؿسٍلت أو أطالُب الخهلُمُت وجؿبُلها كد ٌظبب ئلى فظاد الخهلُم، أي ندم اشتران الؿلبت في الخهلُم بجد وخماطت. وباأهع، ئن أصح اخخُاز الؿسٍلت أو أطالُب الخهلُمُت وجؿبُلها كد ٌظبب ئلى هجاح الخهلُم، أي اشترن الؿلبت في الخهلُم بجد وخماطت. وندم اخخُاز الؿسٍلت أو أطالُب الخهلُمُت اإىاطبت داخل الطف ٌظبب اإشىالث الخهلُمُت. ومً أخد أطالُب الخهلُم اإشالي في حهلُم مهازة الىالم َى أطلىب اإىاقسة.
MODEL PENILAIAN PEMBELAJARAN DI PAUD INKLUSIF Harfiani, Rizka; Setiawan, Hasrian Rudi
Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu komponen penting untuk mengetahui keefektifan proses pembelajaran adalah penilaian. Permasalahan dalam merancang model penilaian pembelajaran kerap ditemui oleh guru, khususnya bagi guru yang mengajar di lembaga berbasis pendidikan inklusif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis model penilaian pembelajaran yang diterapkan di lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) yang berbasis pendidikan inklusif yaitu di Raudhatul Athfal An-Nahl, Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles and Huberman, serta pengujian keabsahan data dengan metode triangulasi. Hasil penelitian menemukan bahwa di RA. An-Nahl dilakukan dua jenis penilaian yaitu assessment for learning dan assessment of learning. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa model assessment yang diterapkan mampu memberikan penilaian kepada siswa terhadap peningkatan pembelajaran dari aspek sikap, keterampilan, dan pengetahuan.
تطوير المادة لدرس القراءة لمستوى الجامعي Rozi, Fahrur
Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

?????: ?? ????? ??????? ?? ??? ?????? ?????? ???? ????? ???? ??? ??? ?????? ????? ?? ???? ?? ?????? ?? ??????? ??? ????? ??????? ?? ?????? ????????? ? ?? ????????? ???? ??? ????? ?? ??????? ?????????? ??????? ????? ??????? ??? ?? ??????? ???????? ???? ????? ??? ?????? ????????? ???? ?????? ????? ??????? ?? ????? ??????. ?? ????? ??????? ??? ??? ???? ?? ??? ?????? ??????? ???? ??????? ?????? ??? ?? ???? ?? ???? ???? ?? ???? ?? ???? ???????? ????? ??????????? ???? ???? ??????? ??????? ???? ?????? ???????? ?????????? ????? ?? ??? ????? ???? ??? ?? ????? ????? ??? ????? ????? ???? ???? ???? ????? ???????? ????? ???? ?????????? ?? ????? ?????? " ??? ???? ?????? ?????? ???? ???? ???? ????? ???^ ??? ??????? ?? ???^ ???? ???? ???????^ ????? ???? ??????^ ???? ??????? ???? ????
DARI AL-AZHAR KE TANAH MANDAILING: BIOGRAFI DAN KIPRAH SYEKH JUNAID THALA RANGKUTI Rangkuti, Miswar
Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi ini mengkaji biografi dan kiprah Syekh Junaid Thala di Sumatera Utara. Studi ini merupakan hasil dari penelitian kepustakaan. Temuan kajian ini adalah bahwa Syekh Junaid dalam pendidikan masyarakat terfokus pada tiga usaha, yaitu mengutamakan pembangunan madrasah sebagai sarana pendidikan, mengadakan hubungan baik dengan anggota masyarakat sehingga para orang tua merasa tertarik untuk menyekolahkan anaknya ke Madrasah Al Junaidiyah serta bertanggung jawab terhadap kelangsungan dan perkembangannya, dan melengkapi alat-alat pengajaran yang dibutuhkan serta mengadakan berbagai sarana sumber dana yang dapat menjamin kelangsungan madrasah.
PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) BINA INSAN BATANG KUIS Ikbal, Muhammad
Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab di SDIT Bina Insan ini merupakan kajian terhadap pelaksanaannya ditinjau dari sisi historis. Dari penelaahan terhadap data yang ada didapati bahwa dari awal mula berjalannya proses belajar mengajar di sekolah SDIT ini (tahun 2013), pembelajaran bahasa Arab telah dilaksanakan dan berkembang sampai pada saat sekarang ini (tahun 2018). Pada awalnya pembelajaran bahasa Arab di SDIT ini diajarkan oleh guru kelasnya. Hal tersebut dilaksanakan karena dianggap guru kelasnya mampu untuk mengajarkan bahasa Arab tersebut. Kemudian pada tahun berikutnya direkrut guru yang berlatar belakang pendidikan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, hal ini dilakukan untuk memfokuskan bidang kajian terhadap yang diajarkannya dan dianggap dapat mengembangkan bahasa Arab di SDIT tersebut.
IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING ISLAMI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA AL-ULUM MEDAN Azhabi, Herwina; Lubis, Saiful Akhyar; Saputra, Edi
Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 This research is backed by the interest of researchers to research the discipline and motivation of learning students at Al-Ulum High School Medan. This research aims to determine how the efforts of the teachers of BK in improving the motivation to learn the students of XI class in Al-Ulum High School Medan. See what obstacles in improving the motivation of grade XI students in SMA Al-Ulum Medan. The method used in this study is qualitative in a narrative approach, which is a research procedure that generates a detailed data of the written or oral words of the observed behavior.The results of the implementation of Islamic counseling services in improving the motivation to learn students of XI class in Al-Ulum SMA Medan namely: first, the efforts of teachers of BK in increasing the motivation to learn student XI class by applying the principles In the guidance of Islamic counseling, so that the results achieved good learning. This can be seen from the student's success to complete the process of learning at Al-Ulum school in Medan. Secondly, the obstacles in increasing the motivation to learn the students of XI grade in SMA Al-Ulum are: the background of counseling teachers who are not from education counselling tutoring and need to plus one more teacher BK, see there is only one BK teacher in high school Al-Ulum Medan. Parents who are not exposed to the issue of students who need counseling guidance.
PESANTREN MUSTHAFAWIYAH DALAM KAJIAN SEJARAH Ikbal, Muhammad
Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Vol 5, No 1 (2019)
Publisher : UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini memaparkan beberapa hal yang berkaitan dengan sejarah pondok pesantren musthafawiyah. Dengan metode kajian dokumen yang didapat dari beberapa tulisan yang telah diteliti oleh para peneliti. Adapun hasil dari kajian tersebut bahwa pesantren musthafawiyah terus berkembang dari masa ke masa. Di mana pada awalnya pendiri pesantren musthafawiyah ini mengajar di Tano Bato di suatu madrasah. Namun karena terjadi banjir bandang maka beliau pindah ke Desa Purbabaru dan juga diikuti oleh murid-muridnya. Pada awal berdirinya pesantren musthafawiyah tidak menerima santri perempuan karena tidak cukup ruangan untuk tempat belajar.  Pada tahun 1959 barulah menerima santri perempuan yang hanya tiga orang saja. Pada saat ini santri yang menuntut ilmu di pesantren ini lebih dari tiga belas ribu santri dan santriyati.
النطق العربي لدى الطلاب الأندويسيين Haq, Samsul
Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

?????? : ????? ?? ??????? ???? ??????? ??? ??????? ???????? ??????? ?? ????. ??? ??? ????? ??? ??????. ?????? ??? ????? ????? ??? ???? ????? ???? ????? ???? ???? ?? ????? ?????? ?????? ???????? ???????? ???????? ????????? ??????. ???? ???? ????? ???? ?????? ?????? ?? ????? ?????? ???? ???? ????? ??????. ??? ??? ????? ????? ????? ??????? ??????? ????????. ??? ?? ?? ???? ????? ???? ?????. ????????? ?????? ????? ?? ??? ????? ??????? ???? ????? ??? ????? ??? ????? ???????? ?????? ??????????? ?? ????? ?????? ????????? ????????. ????? ??? ???????? ??? ?????? ?????? ???? ??? ??? ?? ??? ????? ?? ?? ????? ???? ?????? ??? ?? ???? ?????? ????? ?? ???? ?????? ??? ????? ???? ?????? ????????? ???????? ???????? ??? ??? ?? ?? ?? ??? ???????? ???????? ?????? ?? ???????? ?????? ??????? ??????????.?????? ??? ???????? ?? ?????? ?????? ??????? ??????? ??????????? ??????? ??????? ???? ????????? ?? ???????? ???? ?????????. ???? ?? ??? ???????? ??? ????? ????? ????? ??????? ???????? ?????? ??? ??????? ???????????? ?????? ?????? ??????? ?????? ????????? ???????? ???????? ?? ?????????.
PEMBELAJARAN MAHARAH KALAM PADA PROGRAM KURSUS BAHASA ARAB SPESIAL RAMADHAN DI PONDOK PESANTREN DARUL LUGHAH WAD DIRASATIL ISLAMIYAH PAMEKASAN - MADURA Aziz, Mahbub Humaidi; Nawawi, M. Syathibi; Alfan, Muhammad
Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penilitian tentang pembelajaran maharah kalam pada program kursus bahasa Arab spesial Ramadhan di Pondok Pesantren Darul Lughah Wad Dirasatil Islamiyah (PP. DLWI) Pamekasan Madura ini menarik untuk dikaji, karena program ini dapat menjadikan pesertanya mampu berbicara bahasa Arab dalam 21 hari sesuai tingkatan masing-masing, yaitu mubtadi?, mutawassith, dan mutaqaddim. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) proses pembelajaran maharah kalam dari segi materi, metode, media dan evaluasi, (2) efektivitas, dan (3) efisiensi pembelajaran maharah kalam pada program kursus bahasa Arab spesial Ramadhan di PP DLWI Pamekasan Madura. Jenis penelitian kualitatif yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observari, wawancara, angket dan dokumentasi. Data kualitatif dianalisis menggunakan metode deskriptif, sedangkan data kuantitatif menggunakan statistik sederhana yang terdiri atas: tahap persiapan, tabulasi dan pengolahan data. Hasil penelitian ini adalah (1) proses pembelajaran maharah kalam terdiri atas: a) materi pada tingkat mubtadi? tentang aktifitas sehari-hari, tingkat mutawassith mempelajari tentang aktifitas di hari libur dan kegiatan di bulan Ramadhan, dan pada tingkat mutaqaddim mempelajari tentang aktifitas ekonomi, kebahasaan, politik, dan olah raga, b) metode pembelajaran pada tingkat mubtadi?, mutawassith dan mutaqaddim menggunakan metode langsung, c) media pembelajaran yang digunakan adalah papan tulis, gambar, lukisan, foto, VCD, LCD dan proyektor, sedangkan d) evaluasi pembelajarannya berbentuk tes lisan dan tertulis di akhir pembelajaran, (2) efektivitas pembelajaran maharah kalam pada program ini adalah: tingkat mubtadi? sebesar  87,33% (sangat efektif), tingkat mutawassith sebesar 95,6% (sangat efektif), dan tingkat mutaqaddim sebesar 98% (sangat efektif). 3. Efisiensi pembelajaran maharah kalam pada program ini adalah: tingkat mubtadi? sebesar 88,25% (sangat efisien), tingkat mutawassith sebesar 90,88% (sangat efisien), dan tingkat mutaqaddim sebesar 94,05% (sangat efisien).

Page 1 of 12 | Total Record : 114