cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Politeknik Negeri Semarang, Indonesia
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Rekayasa Mesin
ISSN : 14116863     EISSN : 25407678     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Rekayasa Mesin(d/h MANDEGANI) diterbitkan sejak 1997, dengan frekuensi 3 kali setahun. Misi : media komunikasi bagi dosen, praktisi, dan ilmuwan tentang karya ilmiah (scientific article) hasil-hasil penelitian, survei, studi kasus dan telaah pustaka yang erat hubungannya dengan teknik mesin, meliputi topik/tema seperti perancangan mesin, instalasi, perawatan & perbaikan mesin, bahan konstruksi & komponen mesin, teknik pengerjaan logam, pembuatan komponen mesi n, pengujian bahan dan komponen mesin, teknik pengukuran & kontrol kualitas proses/produk industri manufaktur, manajemen & teknik produksi industri manufaktur, pembentukan dan pengembangan desain produk, aplikasi komputer dalam sistem kendali & operasi mesin, mesin-mesin kalor & fluida, sistem pembangkitan energi, mesin pendingin & pengkondisian udara, pembangkitan energi alternatif & terbarukan.
Arjuna Subject : -
Articles 2 Documents
Search results for , issue " Vol 10, No 2 (2015): Agustus 2015" : 2 Documents clear
Analisis Unjuk Kerja Mesin Sepeda Motor 4 Tak Dengan Penambahan Turbulator pada Intake Manifold , Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada, Setyawan Bekti Wibowo, Soeadgihardo Siswantoro, Program D
Rekayasa Mesin Vol 10, No 2 (2015): Agustus 2015
Publisher : Teknik Mesin - Politeknik Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada sepeda motor kualitas pencampuran udara dengan bahan bakar akan menentukan kualitas pembakaran dan emisi yang terjadi. Penambahan turbulator akan meningkatkan turbulensi sehingga menyebabkan campuran bahan bakar menjadi lebih homogen dan menjadi pembakaran sempurna. Akan tetapi efek dari penambahan turbulator akan menyebabkan kenaikan hambatan aliran yang menyebabkan jumlah bahan bakar yang masuk ruang bakar akan mengalami gangguan. Dalam penelitian ini dilakukan pengamatan nilai paling optimal penambahan turbulator dengan memvariasikan sudut serang sudu turbulator dengan sudut 350, 450, dan 550 serta posisi penempatan turbulator di intake manifold untuk jumlah sudu turbulator 2, 3, dan 4 bilah. Selain itu juga diamati visualisasi aliran menggunakan metode numerik untuk melihat pola aliran yang terjadi akibat penambahan turbulator.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan turbulator dengan 2 bilah sudu di bagian belakang dengan sudut 450 menghasilkan emisi yang paling baik, dikarenakan peningkatan olakan pada saluran sementara penurunan tekanan selama di saluran intake manifold cukup kecil.Kata kunci : “turbulator”,”emisi”, “metode numerik”, “intake manifold”, “pembakaran sempurna”
Karakteristik Vibrasi Pada Kompresor Piston Dua Tingkat Dua Silinder Politeknik Negeri Bandung, Parno Raharjo, Jurusan Teknik Mesin,
Rekayasa Mesin Vol 10, No 2 (2015): Agustus 2015
Publisher : Teknik Mesin - Politeknik Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengujian vibrasi pada kompresor bertujuan untuk mengetahui karakteristik vibrasi pada kompresor piston yang meliputi amplitude, time domain dan frequency domain. Pada time domain dapat diketahui besarnya amplitude dan periode terjadinya  pulsation  pada kompresor. Pada frequency domain dapat diidentifikasi amplitudo pada hamonik pertama dan harmonik ke dua baik pada kompresor maupun motor.  Amplitudo tinggi pada harmonik pertama dan ke dua pada kompresor disebabkan unbalance karena  impulse atau pulsation tekanan kompresi kompresor. Untuk mengetahui karakteristik kerusakan pada kompresor piston dapat diketahui dengan melakukan pengujian dengan kerusakan tiruan.Kata kunci : “Vibrasi”, “time domain”, “frequency domain”, “amplitude”, “frequency”, “pulsation”, “harmonic”

Page 1 of 1 | Total Record : 2


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 15, No 1 (2020): Volume 15, Nomor 1, April 2020 Vol 14, No 3 (2019): Volume 14, Nomor 3, Desember 2019 Vol 14, No 2 (2019): Volume 14, Nomor 2, Agustus 2019 Vol 14, No 1 (2019): Volume 14, Nomor 1, April 2019 Vol 13, No 3 (2018): Volume 13, Nomor 3, Desember 2018 Vol 13, No 2 (2018): Volume 13, Nomor 2, Agustus 2018 Vol 13, No 1 (2018): Volume 13, Nomor 1, April 2018 Vol 13, No 1 (2018): April 2018 Vol 12, No 3 (2017): Volume 12, Nomor 3, Desember 2017 Vol 12, No 2 (2017): Volume 12, Nomor 2, Agustus 2017 Vol 12, No 1 (2017): Volume 12, Nomor 1, April 2017 Vol 12, No 3 (2017): Desember 2017 Vol 12, No 2 (2017): Agustus 2017 Vol 12, No 1 (2017): April 2017 Vol 11, No 3 (2016): Volume 11, Nomor 3, Desember 2016 Vol 11, No 2 (2016): Volume 11, Nomor 2, Agustus 2016 Vol 11, No 1 (2016): Volume 11, Nomor 1, April 2016 Vol 11, No 3 (2016): Desember 2016 Vol 11, No 2 (2016): Agustus 2016 Vol 11, No 1 (2016): April, 2016 Vol 10, No 3 (2015): Volume 10, Nomor 3, Desember 2015 Vol 10, No 2 (2015): Volume 10, Nomor 2, Agustus 2015 Vol 10, No 1 (2015): Volume 10, Nomor 1, April 2015 Vol 10, No 3 (2015): Desember 2015 Vol 10, No 2 (2015): Agustus 2015 Vol 10, No 1 (2015): April 2015 Vol 10, No 1 (2015) Vol 9, No 3 (2014): Volume 9, Nomor 3, Desember 2014 Vol 9, No 2 (2014): Volume 9, Nomor 2, Agustus 2014 Vol 9, No 1 (2014): Volume 9, Nomor 1, April 2014 Vol 9, No 3 (2014): Desember 2014 Vol 9, No 2 (2014): Agustus 2014 Vol 9, No 1 (2014): April 2014 Vol 8, No 2 (2013): Volume 8, Nomor 2, Agustus 2013 Vol 8, No 1 (2013): Volume 8, Nomor 1, April 2013 Vol 8, No 2 (2013): Agustus 2013 Vol 8, No 1 (2013): April 2013 Vol 7, No 3 (2012): Desember 2012 More Issue