cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Tadris Kimiya
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Tadris Kimiya Journal is a Journal published by Department Chemical Education, Tarbiyah & Keguruan Faculty UIN SGD Bandung, has a scope of discussion on education and chemistry learning.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 1 (2016)" : 6 Documents clear
ISOLASI DAN PEMANFAATAN MINYAK ATSIRI DARI DAUN DEWANDARU (Eugenia uniflora L.) SEBAGAI DEODORAN Rusmiati, Lilis; Nursa’adah, Euis
Jurnal Tadris Kimiya Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Department of Chemical Education, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jta.v1i1.1164

Abstract

Ilmu kimia memiliki dua aspek penting yaitu kimia sebagai produk dan proses. Kimia sebagai proses diantaranya keterampilan proses sains yang dapat dikembangkan dengan metode praktikum. Namun lembar kerja siswa (LKS) yang digunakan dalam praktikum masih kurang melatih siswa melakukan proses ilmiah, menganalisis dan menemukan suatu konsep. Hal tersebut bisa diatasi dengan suatu format LKS yang sesuai salah satunya format LKS berbasis Think-Explain-Apply (TEA). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS dengan format TEA pada konsep koloid. Penelitian diawali dengan isolasi minyak atsiri daun dewandaru (Eugenia uniflora L.) menggunakan metode destilasi uap-air. Hasil destilasi diperoleh minyak atsiri sebesar 0,08% (b/v) berwarna kuning jernih, berbau khas tanaman dewandaru. Komponen utama minyak atsiri ini yaitu β-ocimen, benzofuran, kariofilen, germakren dan bisiklogermakren serta mempunyai aktivitas antibakteri yang kuat terhadap bakteri gram positif Staphylococcus epidermidis. Minyak atsiri tersebut selanjutnya dibuat deodoran dengan karakteristik dapat menghambat pertumbuhan bakteri S. epidermidis dengan diameter zona hambat sebesar 8,15 mm, pH 5, uji organoleptik berdasarkan kesukaan terhadap warna (30%), bau (13,3%), homogenitas (33,3%), stabil terhadap waktu penyimpanan 30 hari dan tidak menimbulkan iritasi. Prosedur kerja pemanfaatan minyak atsiri daun dewandaru diimplementasikan dalam LKS berbasis TEA dengan hasil uji kelayakan rata-rata rhitung 0,80 dan reabilitas 0,92 sehingga dinyatakan valid dan diterima.
PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PRAKTIKUM JENIS-JENIS KOLOID: PENDEKATAN SAINSTIFIK Sari, Sari; Hidayat, Resti Yulianti
Jurnal Tadris Kimiya Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Department of Chemical Education, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jta.v1i1.1155

Abstract

Karakteristik ilmu kimia yang sulit dipahami menuntut adanya keterampilan berpikir yang mendalam dan kreatif. Oleh karena itu diperlukan adanya bimbingan untuk siswa dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif melalui penerapan pendekatan saintifik pada praktikum jenis-jenis koloid dengan mengembangkan beberapa indikator dari keterampilan berpikir kreatif tersebut. Tujuan penelitian ini diarahkan untuk menganalisis keterampilan berpikir kreatif setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada  subkonsep jenis-jenis koloid. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kelas. Instrumen yang digunakan adalah LKS dan lembar soal tes keterampilan berpikir kreatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui pengisian LKS, pengisian soal tes KBKf dan observasi. Hasil penelitian menunjukan 79,5% aktivitas siswa terlaksana dengan baik. Berdasarkan hasil tes KBKf, siswa pada kelompok atas dan kelompok rendah termasuk ke dalam kategori baik sekali dengan nilai masing-masing 81,4 dan 85,2 dan untuk kelompok sedang mendapat nilai 79,5 dengan kategori baik. Sedangkan kemampuan siswa berdasarkan LKS dari ketujuh subindikator keterampilan berpikir kreatif yang dapat dikembangkan memperoleh nilai rata-rata 79,6 dengan kategori baik.
PEMBELAJARAN KONSEP IKATAN KIMIA DENGAN ANIMASI TERINTEGRASI LCD PROJECTOR LAYAR SENTUH (LOW COST MULTI TOUCH WHITE BOARD Agustina, Andri
Jurnal Tadris Kimiya Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Department of Chemical Education, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jta.v1i1.1163

Abstract

Ikatan kimia merupakan konsep yang penting untuk memahami berbagai topik dalam ilmu kimia. Konsep tersebut dinilai sulit dipelajari. Kesulitan tersebut terletak pada ketidakmampuan siswa mengorganisasikan level pengetahuan secara sistematis. Siswa tidak mampu memvisualisasikan level molekuler kemudian menghubungkannya dengan level makroskopik dan simbolik. Animasi pada tingkat molekuler dapat mendorong proses pembelajaran yang efektif. Pengintegrasian LCD projector layar sentuh berbiaya murah digunakan untuk menciptakan komunikasi antara siswa-guru menjadi efektif. Pre-test dan post-test digunakan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media animasi terintegrasi LCD projector layar sentuh dalam pembelajaran konsep ikatan kimia. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa penggunaan media animasi dapat meningkatkan pemahaman dan minat belajar siswa pada konsep ikatan kimia.
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA KONSEP KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN Laelasari, Nur; sari, sari
Jurnal Tadris Kimiya Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Department of Chemical Education, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jta.v1i1.1159

Abstract

Kelarutan dan hasil kali kelarutan merupakan konsep yang berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari, sehingga dalam proses pembelajarannya harus menuntut siswa terlibat aktif. Berdasarkan studi lapangan di SMAN 26 Bandung diperoleh informasi bahwa belum semua siswa terlibat aktif saat prboses pembelajaran serta kurang terampilnya siswa dalam menggunakan alat bahan. Untuk mengatasi hal tersebut maka perlu dilakukan pembelajaran yang dapat mengembangkan keterampilan proses sains serta sikap ilmiah siswa melalui pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik dalam mengembangkan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kelas dengan subyek berjumlah 36 orang siswa kelas XI MIA 1. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa, deskripsi pembelajaran, lembar kerja siswa, tes keterampilan proses sains, lembar observasi serta angket/kuesioner sikap ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik pada konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan mampu mengembangkan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa. Keterampilan proses sains siswa selama dan setelah proses pembelajaran memperoleh hasil pencapaian yang baik dengan nilai rata-rata sebesar 70,7 dan 76,3. Sikap ilmiah siswa pada indikator keingintahuan dapat dikategorikan kurang, pada indikator bekerja sama dan toleransi dapat dikategorikan baik dibandingkan indikator sikap ilmiah lainnya. Keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa perlu dikembangkan secara maksimal dalam proses pembelajaran agar siswa dapat terlibat aktif.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA BERBASIS INKUIRI PADA ANALISIS KAFEIN BERBAGAI BAHAN BAKU MINUMAN Pratiwi, Rahmawati Dwi
Jurnal Tadris Kimiya Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Department of Chemical Education, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jta.v1i1.1162

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perlunya melakukan pengembangan lembar kerja berbasis inkuiri pada materi praktikum Kimia Organik yaitu analisis kafein dalam minuman. Bahan baku minuman mengandung kafein yang digunakan dalam penelitian adalah biji cokelat, biji kopi, dan daun teh. Metode penelitian ini adalah Research and Development yang terdiri dari dua tahap yaitu perencanaan dan pengembangan. Pada tahap perencanaan dihasilkan prosedur analisis kafein secara kualitatif dengan metode Parry, pemisahan senyawa kafein dan analisis kuantitatif dengan spektrofotometer UV-Vis. Pada tahap pengembangan dihasilkan lembar kerja berbasis inkuiri diturunkan dari prosedur analisis kafein yang telah dilakukan di Laboratorium. Lembar kerja inkuiri hasil pengembangan ini memiliki karakteristik yaitu adanya wacana, pertanyaan dan tugas yang mendorong kegiatan berinkuiri serta dilengkapi dengan rubrik penilaian untuk mengukur proses dan produk yang dihasilkan oleh peserta didik. Lembar kerja berbasis inkuiri pada analisis kafein dari berbagai bahan baku minuman dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata rhitung 0,8. Hasil analisis kafein dari berbagai bahan baku minuman menunjukkan kondisi optimum proses ekstraksi dicapai dengan menggunakan pelarut kloroform yaitu biji kopi memiliki kadar kafein tertinggi dengan nilai rata-rata sebesar 1,007%. Dengan demikian, lembar kerja berbasis inkuiri dapat digunakan dalam praktikum Kimia Organik khususnya pada materi pemisahan senyawa organik kafein.
PENINGKATAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA MELALUI TASK BASED LEARNING PADA LARUTAN BUFFER Pitasari, Ratih; Yunaningsih, Anni
Jurnal Tadris Kimiya Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Department of Chemical Education, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jta.v1i1.1161

Abstract

Task based learning (TBL) adalah suatu pembelajaran yang menuntut siswa berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berpikir dalam memahami konsep-konsep yang dipelajari. Keterampilan generik sains memiliki indikator, di antaranya: pengamatan langsung, pengamatan tidak langsung, bahasa simbolik, inferensi logika, pemodelan matematik, dan membangun konsep. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keterampilan generik sains siswa pada pembelajaran TBL larutan buffer. Metode penelitian yang digunakan adalah metode peneitian tindakan kelas dengan dua siklus sesuai ketercapaian KKM. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA-5 dari salah satu SMA negeri di kota Bandung sebanyak 32 orang. Instrumen yang digunakan adalah soal yang mengacu pada indikator keterampilan generik sains. Data hasil penelitian diolah dengan menggunakan statistika dekriptif persentase. Hasil tes keterampilan generik sains siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata pada siklus I 70 dan siklus ke II 82. Maka hasil peneltian ini menunjukkan bahwa penerapan TBL dalam pembelajaran kimia dapat meningkatkan keterampilan generik sains siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 6