cover
Contact Name
Erna Meiliana
Contact Email
ernawicak3128@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaldimensidkv@trisakti.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain
Published by Universitas Trisakti
ISSN : 25027425     EISSN : 25497766     DOI : -
Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain diterbitkan oleh Pusat Studi Reka Rancang Visual dan Lingkungan, Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti. pada tahun 2016. Jurnal ini diterbitkan secara berkala 2 (dua) kali dalam setahun yaitu setiap bulan April dan Oktober. Artikel dalam Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain ini meliputi pengetahuan, kajian, penelitian , pemikiran dan gagasan intelektual terkait dengan keilmuan seni , budaya khususnya yang terkait dengan Desain Komunikasi Visual, seperti advertising, desain grafis, digital multimedia, typografi, ilustrasi dan fotografi.
Arjuna Subject : -
Articles 64 Documents
TIPOGRAFI VERNAKULAR PADA WARUNG TENDA KAKI LIMA DI JAKARTA Akbar, Taufiq; Raden, Agung Zainal Muttakin
Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain
Publisher : Universitas Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractVernacular Typhography on Street Market Tents in Jakarta. Jakarta is the capitol city of Indonesia, which became one of urban destination for people from supporting district like Bogor, Tangerang, Bekasi, and Depok. Before and after colonialism, there is lots of culture assimilation from many ethnic and parts of nation. One the effect of vernacularism is typography vernacular that spread out at tents of street market.This research is analyzing the hierarchy, contrast, and main principles of typography (readability, legibility, clarity, and visibility) of the banner of street market’s tents. Thisanalysis is to know the vernacular typography in street market’s tents which are applying indirectly the hierarchy system, contrast, and main principles of typography. The resultof this research is the banner of the street market is one of the specific identities of street market’s food vendor from time to time.AbstrakTipografi Vernakular pada Warung Tenda Kaki Lima di Jakarta. Jakarta merupakan ibukota negara Indonesia yang telah menjadi tujuan bagi masyarakat urban yang bermukim di kota-kota penyangganya seperti Bogor, Tangerang, Bekasi danDepok serta daerah-daerah lain di Indonesia. Sejak zaman sebelum kolonial dan setelah kolonial banyak asimilasi budaya dari berbagai etnis dan suku bangsa. Pengaruh sertabudaya yang dibawa oleh masyarakat urban multietnis tersebut memberi pengaruh yang sangat besar. Karya-karya vernakular di Jakarta, salah satunya adalah tipografi vernakular yang terpampang pada tenda-tenda pedagang kaki lima. Dalam penelitian ini dianalisis spanduk pada tenda pedagang kaki lima berdasarkan hirarki dan kontras serta prinsip pokok tipografi (readability, legibility, clarity, dan visibility). Analisis iniuntuk mengetahui tipografi vernakular pada spanduk tenda pedagang kaki lima yang secara tidak langsung telah menerapkan sistem hirarki dan kontras serta prinsip pokoktipografi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa spanduk kaki lima merupakan salah satu cirri dan identitas pedagang kaki lima sejak dulu hingga sekarang
KAJIAN MAKNA DI BALIK SAMPUL MAJALAH TEMPO (Studi Kasus “Sampul Rekening Gendut Perwira Polisi”, edisi Senin, 28 Juni 2010) Kurniawan, Ehwan
Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain
Publisher : Universitas Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractStudy meaning behind the cover of Tempo magazine. This research gave an explanation of the meaning of Tempo magazine cover visualisation “rekening gendut perwira polisi”. The cover becomes a controversy according to the police department. The cover visualisation is presented by adopting semiotic approach, the concept of Barthes structuralism, in which the meaning is built the social relations between visual element with another verbal element, and caption with the approach the concept of sintagmatic-paradigmatic and denotation-conotation. The paper discuss how the cover of Tempo magazine accused of “rekening gendut perwira polisi” represented in corruption visualreality described by Tempo.AbstrakPenelitian ini memberi penjelasan tentang makna dari visualisasi sampul depan majalah Tempo ”rekening gendut perwira polisi” yang menjadi kontroversi menurut pihak kepolisian. Visualisasi sampul tersebut dipaparkan denganmenggunakan pendekatan semiotik, konsep strukturalis Barthes, di mana makna dibangun oleh relasi sosial antara elemen yang satu visual dengan elemen yang lain verbal, dan caption dengan pendekatan konsep sintagmatikparadigmatikdan denotasi-konotasi. Kajian akan membahas bagaimana sampul majalah Tempo menggambarkan tentang “Rekening Gendut Perwira Polisi” direpresentasikan dalam realitas visual korupsi yang digambarkan oleh Tempo.
KOMUNIKASI IDEOLOGI BAND INDIE MELALUI DESAIN COVER ALBUM STUDI KASUS: THE S.I.G.I.T. Respati, Yosua Reydo
Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain
Publisher : Universitas Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractIndie Band Comunication Ideology through Album Cover Design Study Case: The S.I.G.I.T. Album cover as a part of music records has an important role as a visual communication strategy. Besides being a medium to persuade the audience, album cover able to deliver messages related to musical vision, idealism and ideology of a band.Major label choose to produce profit-oriented bands, while indie bands use album cover as a visual communication about their idealism. This research specifically discuss the visual appearance of the indie band The S.I.G.I.T.’s album cover design as a study case. Through semiotics methods this research analyzed the sign structure and significance of album cover design by The S.I.G.I.T. The analysis is conducted by describing the signelements and interpretation of the sign as a unity (supersign). Based on the analysis, will be the interpretation of the ideological significance and the idealism that make up the image of the band that communicated to the audience. This research can beuseful for the subculture research development of album cover design with approach of creative visual communication strategy.AbstrakKomunikasi Ideologi Band Indie melalui Desain Cover Album Studi Kasus: TheS.I.G.I.T. Cover album sebagai bagian dari album rekaman memiliki peran pentingdalam strategi komunikasi visual. Selain menjadi media promosi yang mempersuasiaudiens, cover album menyampaikan pesan yang merangkum visi bermusik, idealismedan ideologi sebuah band. Berbeda dengan band major label yang berorientasi padasisi komersil dan popularitas, band indie menggunakan cover album sebagai mediakomunikasi akan eksistensi idealisme mereka. Penelitian ini secara spesifik membahasdesain cover album band indie The S.I.G.I.T. sebagai studi kasus. Melalui metodesemiotika dilakukan analisa terhadap struktur tanda dan tingkatan makna tanda padadesain cover album The S.I.G.I.T. Analisa dilakukan dengan menjabarkan elemen tandadan dinterpretasi sebagai kesatuan tanda (supersign). Berdasarkan analisa tersebutdilakukan kajian terhadap muatan ideologi yang membentuk image/citra band yangdikomunikasikan ke audiens. Penelitian ini dapat bermanfaat bagi kajian produkbudaya subkultur dan pengembangan desain cover album dengan pendekatan strategikomunikasi visual yang kreatif.Kata kunci: desain cover album, band indie, ideologi, semiotika
TREN FLAT DESIGN DALAM DESAIN KOMUNIKASI VISUAL Anindita, Marsha; Riyanti, Menul Teguh
Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain
Publisher : Universitas Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractFlat Design Trend in Visual Communication Design. Visual communication design is how human being is communicating with visual image. Every designer has characteristic in their work, but in the last few years flat design appeared in visual communication design artworks. Many big and reputable companiesused flat design such as Microsoft, Apple, Google, Kompas, and many more. The flat design is very different from previously existing trend because it formed simplicity by removing all forms of gradation effects, shadows, glossy and others. There are some who assume flat design is the implementation of aminimalist style and linked it with the famous Swiss Style in the 1940s until the 1950s. This paper explained more about the development and application of a flat design in visual communication design. AbstrakTren Flat Design Dalam Desain Komunikasi Visual. Desain Komunikasi Visual menjelaskan tentang bagaimana manusia berkomunikasi melalui citra visual. Setiap desainer memiliki ciri khas berbeda dalam setiap karyanya. Dalam beberapa tahun belakangan flat design atau desain datar cukup banyak munculpada karya-karya desain komunikasi visual. Banyak  erusahaan-perusahaan besar dan ternama yang menggunakan flat design dalam karya-karyanya, seperti Microsoft, Apple, Google, Kompas, dan lain-lain. Flat design jauh berbeda dari tren yang sudah ada sebelumnya karena gaya desain ini membentuk kesan sederhana dengan membuang segala bentuk efek gradasi, bayangan, glossy dan lain-lain. Ada yang menganggap flat design adalah implementasi dari gaya minimalis dan mengaitkannya dengan The Swiss Style yang terkenal pada tahun 1940-an sampai 1950-an. Makalah ini memaparkan lebih dalam mengenai perkembangan maupun penerapan flat design dalam desain komunikasi visual.
PENERAPAN UNSUR BUDAYA LOKAL DI AMBON SEBAGAI PENGEMBANGAN MOTIF DESAIN SANDAL Aryanto, Hendro; Kristiana, Nova
Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain
Publisher : Universitas Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractThe development of the slipper’s motive design begins with the analysis of the needs and problems which started to emerge on the slipper’s craftsmen’s business as the demand is decreasing due to thelack of the slipper’s motive design’s variation which is sold to Ambon. By applying the two local culture’s element which is Batik Beta and Parang Salawaku‘s motive on the slipper’sdesign, it is later expected to help to increase the sales. Beside it is used in daily life it is also used as souvenir for the tourist who’s visiting Ambon which eventually will also help to improve the prosperity and drive the economic life of the local community as well as the local government.AbstrakPengembangan motif desain sandal diawali dengan analisis kebutuhan dan masalah yang mulai muncul di usaha kerajinan sandal di mana permintaan yang menurun karena minimnya varian model motif sandal yang dijual ke Ambon. Dengan menerapkan dua unsur budaya lokal di Ambon yaitu motifBatik Beta dan Parang Salawaku pada desain sandal, nantinya diharapkan dapat meningkatkan penjualan. Selain dipakai juga dibuat sebagai souvenir bagi wisatawan yang sedang berkunjung di kota Ambon sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan serta perekonomian masyarakat setempat maupun pemerintah daerah.
KAJIAN ELEMEN VISUAL PADA DESAIN KEMASAN PRODUK PERAWATAN KULIT WANITA Gumulya, Devanny; Onggo, Talitha Alysia
Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain
Publisher : Universitas Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractVisual Element Analysis of Skin Care Product Packaging Design. In Indonesia, there has been little study conducted into packaging design recommendations. As a result when developing packaging, designers may use their own judgment to design. On the other hand, skin care product is a fast growing industry. We often find brands changing their packaging very often. Many international research are done in this theme, therefore astudy is needed for evaluating consumer perception on Indonesian skin care packaging,     whether existing packaging already convey the product benefits effectively. A combinationof literature study and quantitative data from semi structured questionnaires will collect experiential data accessing participant engagement in perceiving a range of packagingsamples from selected Indonesian skin care brand: Martha Tilaar, Sariayu, Viva, and Citra. The result of this study is the design recommendation for future packaging design.AbstrakKajian Elemen Visual pada Desain Kemasan Produk Perawatan Kulit Wanita. Di Indonesia, studi mengenai desain kemasan masih sangat minim.Akibatnya pada saat mengembangkan desain kemasan, desainer menggunakan insting pribadinya untuk mendesain. Di sisi lain, ind stri produk perawatan kulit bertumbuh pesat. Seringkali ditemukan perusahaan mengganti kemasannya secara berkala, maka penelitian internasional banyak dilakukan pada desain kemasan. Oleh karena itu, studi skala lokal perlu dilakukan untuk meneliti persepsi konsumen pada kemasan produk, apakah kemasan yang ada sudah menyampaikan manfaat produk secara efektif. Metodeyang digunakan adalah studi literatur dan penyebaran kuesioner semi terstruktur menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif. Brand yang dipilih adalah Martha Tilaar, Sariayu, Viva, dan Citra. Hasil akhir dari studi ini adalah rekomendasi desain kemasan yang menarik konsumen.
PERKEMBANGAN VISUAL POSTER PEMILU DI INDONESIA Setianto, Dodi
Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain
Publisher : Universitas Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractPoster is one of the visual communication media that we often encounter. It functions as media publications, as imaging, as messengers and other. Poster can be persuasive, and affecting many people. This discussion is only on visual form of election posters that existed during the elections period in Indonesia. The period start from the beginning of the election period, from 1955 to 2009. Visual poster is strongly influenced by cultural and economic aspect, and the power at that time. Poster is a print media that contains various information such as visual or text, to persuade, imaging or as an information. The poster is a visualdisplay from top to bottom that contains information that is very important as a message that has communication function, namely as a transmitter of identity, economic situation, cultures and ideologies it’s brought.  AbstrakPoster adalah salah satu media komunikasi visual yang sering kita jumpai. Berfungsi sebagai media publikasi, sebagai pencitraan, sebagai pembawa pesan dan lain-lain. Bersifat membujuk mempengaruhi banyak orang. Pembahasanini hanya pada bentuk-bentuk visual dari poster-poster pemilu yang pernah ada selama masa pemilu di Indonesia mulai dari awal pemilu tahun 1955 sampai tahun 2009. Visual poster yang ada sangat dipengaruhi oleh aspek-aspek budaya, ekonomi dan kekuasaan pada saat itu. Poster merupakan salah satu media cetak yang memuat berbagai informasi baik berupa visual maupun teks, dengan bersifat ajakan, pencitraan atau merupakan sebuah informasi. Poster secara visual mulai dari atas sampai bawah, banyak mengandung informasi-informasiyang sangat penting sebagai pesan yang mempunyai fungsi komunikasi, yaitu sebagai penyampai identitas, situasi ekonomi, budaya, dan ideologi yang dibawanya.
KAJIAN REDESAIN MEDIA POSTER DI LINGKUNGAN KAMPUS BINUS BERDASARKAN FAHAM WIM CROUWEL Setiautami, Dria; Harnoko, Irwan
Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain
Publisher : Universitas Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractInternational standard is a which are universal, this poses such a pertaining to understand modernism. How visual communication design had a role in supporting to that spirit? In this research we give an example in the multitude of posters which installed in an area within Binus University Syahdan campus that is not in accordance with international standards for a quality management system. The grand narrative is very important in dealing with this problem. Quality standard needed to select a good poster display so it does not damage the image of atmosphere that created in Binus University. The Binus Univeritywants to very uphold international standards for a quality management system. Wim Crouwel is of graphic designer the world derived dutch very modernis. This is what a start in carrying out a study to make quality standard to be achievedby Binus Universtity and its relevance with the image of Binus University “AWorld-class university … In continuous pursuit of innovation and enterprise” AbstrakStandar Internasional adalah suatu yang universal dan menyeluruh, hal tersebut sangat berkaitan dengan paham modernisme. Bagaimana Desain Komunikasi Visual berperan dalam mendukung semangat tersebut? Dalam penelitianini kami memberikan contoh pada banyaknya poster yang terpasang di area dalam kampus Binus Syahdan yang tidak sesuai dengan standar internasional untuk sistem manajemen mutu. Narasi besar sangat penting dalam menanganimasalah ini. Dibutuhkan standar mutu untuk menyeleksi poster yang layak pajang agar tidak merusak citra atmosfir yang ingin diciptakan Binus yang sangat menjunjung tinggi standar internasional untuk sistem manajemen mutu. Wim Crouwel adalah desainer grafis dunia, berasal dari Belanda yangsangat modernis. Desainer inilah yang menjadi batu pijakan kami dalam melakukan penelitian kali ini agar standar mutu yang ingin dicapai oleh Binus dan relevansinya memakai paham Wim Crouwel dapat memperbaiki citra Universitas Bina Nusantara sehingga terjadi “A World-class university … In continuous pursuit of innovation and enterprise
PERIODISASI TEMA LUKISAN KACA BAMBANG SONJAYA Akkapurlaura, Akkapurlaura
Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain
Publisher : Universitas Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract Periodization Theme of Bambang Sonjaya’s Glass Painting. Glass painting is one of the distinctive artwork in Cirebon. This kind of painting is using glass as a medium to paint. The development of glass painting in Cirebon showed a significant improvement since the launch of coaching program of small and medium enterprises by local government. One of the small business craft that had been building is glass painting in Cirebon. Thisstudy aims to identify the object’s changes of glass paintings by Bambang Sonjaya. This study is using a qualitative approach with literature methods and interview to collecting data. The results show that Bambang Sonjaya is different from other artists in Cirebon in the rule of painting and the technical approach to paint. Bambang Sonjaya is using glue to create texture in his painting. Also Ustad Buya Yahya’s large impact to BambangSonjaya is giving the influence of Islamic hadiths in the work so Bambang’s painting style is more to syar’i. It is shown through periodization of Bambang Sonjaya’s glass painting that existed in 1999-2014.AbstrakPeriodisasi Tema Lukisan Kaca Bambang Sonjaya. Lukisan kaca merupakan salah satu karya seni khas Cirebon. Lukisan ini menggunakan kaca sebagai media untuk melukis. Perkembangan lukisan kaca Cirebon memperlihatkan peningkatan yang cukupberarti, sejak pemerintah daerah melalui instansi terkait banyak meluncurkan program pembinaan usaha kecil dan menengah. Salah satu usaha kecil kerajinan yang terusdibina adalah lukisan kaca Cirebon. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi perubahanobjek pada lukisan kaca karya Bambang Sonjaya. Metode yang digunakan adalahpendekatan kualitatif dengan metode literatur dan wawacara untuk pengumpulan data.Hasil penelitian menunjukan bahwa Bambang Sonjaya adalah seniman yang berbedadari seniman lainnya di Cirebon dari aspek aturan berkarya dan teknis pembuatan karya.Bambang Sonjaya memiliki teknis berupa penggunaan lem yang dapat membuat teksturpada sebuah lukisan. Selain itu adanya pengaruh Ustad Buya Yahya terhadap BambangSonjaya, membawa pengaruh hadist Islam dalam berkarya sehingga gaya lukis BambangSonjaya lebih ke syar’i. Hal ini ditunjukan melalui periodisasi yang ada pada lukisankaca karya Bambang Sonjaya tahun 1999-2014.
ANALISIS STRUKTUR DAN PROSES KOMUNIKASI PADA SERI IKLAN BILLBOARD SURAT KABAR KEDAULATAN RAKYAT ( Tema " Bebarengan Mrantasi Gawe " Versi Mbok Gendong ) Mahardika, Ratih
Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain
Publisher : Universitas Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractDelivery of messages through an advertisement heavily influenced by communication processes that occur in these ads with the target audience. The ads can be viewed from different angles. One of them from the standpoint of the ads itsef. Where ads will emphasize aspects of the messaging and creative persuasion through specialized media. One of the media which has the creative concept and persuasion in its ads is the newspaper Kedaulatan Rakyat. The Kedaulatan Rakyat ads with the theme “Bebarengan Mrantasi Gawe” has several versions. One of the most interesting is the version mbok gendong. Messages in the ads can be seen through the structure and process of communication as an element of communication. Furthermore, we need to see the multimodal interaction (multi modality) to get the orerall message AbstrakPenyampaian pesan melalui sebuah iklan sangat dipengaruhi oleh proses komunikasi yang terjadi dalam iklan tersebut dengan target pembacanya. Iklan dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. Salah satunya dari sudut pandang iklan itu sendiri. Iklan akan menekankan aspek penyampaian pesan yang persuasi dan kreatif melalui media khusus. Salah satu media yang memiliki konsep kreatif dan persuasi dalam iklannya yaitu surat kabar Kedaulatan Rakyat. Iklan Kedaulatan Rakyat dengan tema Bebarengan Mrantasi Gawe memiliki beberapa versi. Salah satunya yang menarik adalah versi mbokgendong. Pesan yang ada di dalam iklan tersebut dapat dilihat melalui struktur dan proses komunikasi sebagai elemen komunikasinya. Selanjutnya untuk mendapatkan pesan secara keseluruhan maka perlu dilihat interaksi multimodal (multimodality).