cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. badung,
Bali
INDONESIA
E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Published by Universitas Udayana
ISSN : 23028912     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and entrepreneurship that certainly have never been published. E-Jurnal Manajemen is published every month by Management Study Program.
Arjuna Subject : -
Articles 1,820 Documents
Pengaruh Lingkungan, Pribadi, Dan Psikologis Terhadap Keputusan Konsumen Berkunjung Ke Taman Burung Citra Bali International Di Singapadu, Gianyar Dana, Putu Sumber; Rastini, Ni Made
E-Jurnal Manajemen Vol 4 No 6 (2015)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.744 KB)

Abstract

This study was conducted to determine the influence of environmental, personal, and psychological to the consumer's decision to visit the Bali International Park Bird Imagery in Singapadu, Gianyar. This research was conducted at PT. Image Bali Bird Park International, which is located at Jalan Ngurah Gambir Sergeant Cok, Singapadu, Batubulan, Gianyar. Samples were taken of 120 people with purposive sampling method. Data was collected through questionnaires using a 5-point Likert scale to measure the 12 indicators. The analysis technique used is multiple linear regression. The results of this study indicate that each variable environmental, personal, and psychological positive and significant impact on the consumer's decision to visit the Bali International Park Bird Imagery in Singapadu, Gianyar. This suggests that the environment variables, personal, and psychological can affect consumer's decision to visit the Bali Bird Park International in Singapadu image, Gianyar
OPTIMIZATION OF PRODUCTION ON SMALL BUSINESS TERRY CHIPS IN THE NYANGLAN KAJA VILLAGE, TEMBUKU DISTRICT, BANGLI REGENCY Krisnadewi, Ni Putu; Setiawan, Putu Yudi
E-Jurnal Manajemen Vol 7 No 11 (2018)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.7 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i11.p08

Abstract

Optimalisasi produksi suatu perusahaan dapat diperoleh dengan cara mengatur penggunaan sumber daya perusahaan yang sifatnya terbatas. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui optimalisasi penggunaan sumber daya perusahaan untuk menghasilkan laba maksimal. Studi kasus dilakukan pada Usaha Kecil Kripik Terry di Desa Nyanglan Kaja, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli. Berdasarkan hasil analisis linear programming dengan bantuan software POM-QM, hasil produksi optimal adalah 9 sak Kripik Ladrang, 71 sak Kripik Ayam, 46 sak Kripik Bayam dan 74 sak Kripik Stick Daun Limo. Nilai break even point sebesar Rp 30.708.228,00 atau sama dengan 72 sak dalam unit. Proyeksi laba bersih jika berproduksi sesuai permintaan adalah Rp 8.293.323,00 sedangkan laba bersih jika berproduksi sesuai jumlah kombinasi produk optimal adalah Rp 11.718.143,00. Perusahaan disarankan untuk menggabungkan ketiga analisis linear programming, break even point, dan analisis biaya sebagai input bagi manajemen dalam mengambil keputusan terkait optimalisasi. Kata kunci : optimalisasi produksi, laba maksimal, kripik terry, dan linear programming
PEMBENTUKAN PORTOFOLIO OPTIMAL MENGGUNAKAN MODEL INDEKS TUNGGAL PADA SAHAM INDEKS LQ 45 Ariasih, Ni Luh Putu Ika; Mustanda, I Ketut
E-Jurnal Manajemen Vol 7 No 8 (2018)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (724.18 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i08.p17

Abstract

Investor lebih memilih untuk menginvestasikan dananya berupa saham, karena sifat saham ini sangat variatif dan fluktuatif. Investor berharap ingin mendapatkan return yang tinggi, namun dapat meminimalkan risiko. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui anggota dari saham-saham indeks LQ 45 periode Februari 2017-Juli 2017 yang dapat membentuk portofolio optimal dan mengetahui proporsi dana dari masing-masing saham dan tingkat return maupun risiko yang diperoleh. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 45 saham dengan sampel yang dipilih menggunakan metode purposive sampling hanya mencari expected return yang memiliki nilai positif terdapat sebanyak 24 saham. Berdasarkan hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan terdapat 5 anggota saham yang dapat membentuk portofolio optimal. Proporsi dana dari 5 saham tersebut adalah:sebesar 2 % dari Indofood Sukses Makmur Tbk.(INDF), 30% dari Unilever Indonesia Tbk.(UNVR), 9% dari Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.(BBTN), 44% dari Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) dan 15% dari saham Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) dengan tingkat keuntungan (expected return) sebesar 3,68% dan risiko yang ditanggung sebesar 0,02%.
STUDI KOMPARATIF PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BPR. MERTHA SEDANA DAN PT. BPR. MAS GIRI WANGI Dwi Divayana, Kadek Ari; Rahanatha, Gede Bayu
E-Jurnal Manajemen Vol 7 No 4 (2018)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (551.193 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i04.p15

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pada nasabah PT. BPR. Mertha Sedana dan PT. BPR. Mas Giri Wangi. Penelitian melibatkan 2 Bank Perkreditan Rakyat yang memiliki kesamaan pada permodalan namun berlokasi di tempat yang berbeda. Analisis regresi linier berganda digunakan sebagai teknik analisis data. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Purposive sampling adalah penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu sehingga kriteria yang digunakan dalam menentukan sampel berupa pendidikan terakhir minimal SMA, merupakan nasabah pada BPR terkait, dan pernah melakukan transaksi pada BPR terkait. Jumlah responden yang terlibat pada masing – masing BPR adalah 65 orang sehinga total keseluruhan responden yang terlibat adalah 130 orang. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati berpengaruh terhadap variabel kepuasan nasabah baik nasabah PT. BPR. Mertha Sedana dan PT. BPR. Mas Giri Wangi. Hasil yang ditemukan adalah kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pada kedua BPR. Empati merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pada nasabah PT. BPR. Merttha Sedana, sedangkan keandalan merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan nasabah PT. BPR Mas Giri Wangi. Kata kunci:Bank Perkreditan Rakyat (BPR), Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah.
PENGARUH KONFLIK KERJA-KELUARGA DAN STRES TERHADAP PHYSICAL WITHDRAWAL BEHAVIOUR Marga, Cok Putra Wibhisana; Sintaasih, Desak Ketut
E-Jurnal Manajemen Vol 6 No 12 (2017)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (608.745 KB)

Abstract

Physical withdrawal behavior is the action someone takes when they are physically and psychologically already beginning to feel apart from the organization. Form of physical withdrawal behavior such as; absence, delay and turnover. This research was conducted at public transportation . The number of respondents is 52 employees. The analysis technique used is multiple linear regression. The result of analysis test in this research shows that work-family conflict has positive effect on physical withdrawal behavior. Occupational stress positively affects physical withdrawal behavior. The results of the analysis obtained in this study, it is expected organization can pay more attention to work-family conflict ando ccupational stress experienced by employees, so that the level of physical withdrawal behaviour perceived employees decreased.
PENGARUH KONDISI PASAR MODAL DAN RASIO KEUANGAN TERHADAP RETURN SAHAM DI BURSA EFEK INDONESIA Kamiana Putri, Putu Ayu Nirmala; Purbawangsa, Ida Bagus Anom
E-Jurnal Manajemen Vol 6 No 8 (2017)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.946 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015. Jumlah populasi yang diambil sebanyak 26 perusahaan dengan metode sensus. Pengumpulan data dilakukan melalui data sekunder. Teknik analisis yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda dengan menggunakan variabel bebas kondisi pasar modal yang diproksikan dengan pertumbuhan IHSG dan rasio keuangan yang diproksikan dengan ROA, DER, dan PER. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa variabel pertumbuhan IHSG, ROA, DER, dan PER secara simultan berpengaruh signifikan terhadap return saham. Hal ini menunjukkan semakin meningkatnya nilai IHSG, ROA, PER dan menurunnya nilai DER maka return saham akan semakin meningkat. Pertumbuhan IHSG secara parsial berpengaruh signifikan terhadap return saham. Return on asset secara parsial berpengaruh signifikan terhadap return saham. Debt to equity ratio secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap return saham. Price earning ratio secara parsial berpengaruh signifikan terhadap return saham.
PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP NIAT BELI SEPEDA MOTOR HONDA VARIO 125 DI KOTA DENPASAR Kusuma, Made Andi; Santika, I Wayan
E-Jurnal Manajemen Vol 6 No 4 (2017)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (598.278 KB)

Abstract

The purpose of this study is (1) to determine the effect celebrity endorser influence on purchase intentions Honda Vario 125 in Denpasar, (2) to determine the effect of brand image influence on purchase intentions Honda Vario 125 in Denpasar and (3) to determine the effect of product quality influence on purchase intentions Honda Vario 125 in Denpasar. This research was conducted in Denpasar with data analysis techniques multiple linear regression. The number of samples obtained by using purposive sampling method is a total of 110 respondents. Based on the results of the analysis can be concluded Celebrity endorsers, brand image and product quality and significant positive effect partially on purchase intention Honda Vario 125 in Denpasar. This indicates that the Celebrity endorsers, brand image and product quality may increase purchase intention Honda Vario 125 in Denpasar.
PERAN INOVASI PRODUK MEMEDIASI ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA FASHION RETAIL DI KOTA DENPASAR Julina, Made Mahayu; Kusuma, Anak Agung Gede Agung Artha
E-Jurnal Manajemen Vol 6 No 9 (2017)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.12 KB)

Abstract

Increasing competition to compete for existing markets causes companies to establish the right strategy in marketing their business products. The study was conducted on several Fashion Retail in Denpasar City because so many Fashion Retail that developed rapidly, especially in Denpasar with the number of respondents as many as 100 people. The number of respondents is determined using purposive sampling. Data were obtained by distributing questionnaires analyzed using path analysis technique. Test results get market orientation effect posistif and significant to marketing performance, market orientation have positive and significant effect to product innovation, product innovation have positive and significant effect to marketing performance, product innovation variable can positively mediate significant market orientation to marketing performance. Limitations of this research is the scope of research that only includes Fashion Retail in the city of Denpasar alone so that the results of this study can not explain the state of the research area outside Fashion Retail Denpasar.
PENGARUH IKLIM ORGANISASI TERHADAP TURNOVER INTENTION DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI Maha Putra, Kadek Bayu Satrio; Suwandana, I Gusti Made
E-Jurnal Manajemen Vol 6 No 5 (2017)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.897 KB)

Abstract

Job satisfaction is an important thing in a company in order to suppress the rise of turnover intention by considering the organizational climate as forming aspects of job satisfaction. The higher level of job satisfaction and organizational climate levels, the lower level of turnover intention of employees in the company. The purpose of this study to determine the influence of organization climate on turnover intention and job satisfaction as a mediating variable. The study was conducted at PT BFI Finance Indonesia Tbk. The study population as many as 78 people, using the technique of saturated samples. Data collection methods used were observation, interviews, and questionnaires. Data obtained with questionnaires were analyzed using the technique of path analysis (path analysis). The results of this study indicate that the organizational climate positive and significant effect on employee job satisfaction, organizational climate a significant negative effect on turnover intention of employees, job satisfaction a significant negative effect on turnover intention of employees, as well as job satisfaction significant negative effect in mediating between organizational climate on turnover intention.
PERAN BRAND IMAGE DALAM MEMEDIASI PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP CORPORATE REPUTATION Aditya Saputra, I Gusti Putu; Sri Ardani, I Gusti Agung Ketut
E-Jurnal Manajemen Vol 6 No 1 (2017)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (640.45 KB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peran brand image dalam memediasi pengaruh green marketing terhadap corporate reputation. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Starbucks coffee yang berdomisili di Denpasar. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 120 orang responden, menggunakan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan terdiri atas Analisis SEM dan Uji Sobel. Hasil dari penelitian ini mengindikasi green marketing beserta brand image memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap corporate reputation. Brand image juga terbukti mampu memediasi pengaruh dari green marketing terhadap corporate reputation secara signifikan. Implikasi dari penelitian ini yaitu brand image mengambil peranan penting dalam aktivitas green marketing yang dilakukan, karena berdampak pada baiknya corporate reputation di mata pelanggan. Starbucks Coffee juga sebaiknya mensosialisasikan kemasan produknya yang dapat didaur ulang dalam mengembangkan strategi green marketingnya, meningkatkan persepsi pelanggan saat mengkonsumsi Starbucks Coffe, serta melakukan evaluasi kepada karyawan perusahaan. This research aims to understand the role of brand image in mediating the effect of green marketing on corporate reputation. The population of this research is the consumers of Starbucks Coffee, who are domiciled in Denpasar. This research uses 120 respondents by using the purposive sampling method. The data is collected using questionaires and analyzed by SEM method and Sobel Test. The result indicates that green marketing and brand image have positive and significant effect on corporate reputation. Brand image is also proven in mediating the effect of green marketing on corporate reputation significantly. This research’s implication is that brand image take the important role in the green marketing activities of Starbucks Coffee because it affects the corporate reputation in the consumer’s perception. Starbucks Coffee should socialize their recyclable packaging to develop their green marketing strategy; increase costumers’ perception when consuming the products; and conduct an evaluation on their staffs.

Page 1 of 182 | Total Record : 1820


Filter by Year

2012 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 9 No 8 (2020) Vol 9 No 7 (2020) Vol 9 No 6 (2020) Vol 9 No 5 (2020) Vol 9 No 4 (2020) Vol 9 No 3 (2020) Vol 9 No 2 (2020) Vol 9 No 1 (2020) Vol 8 No 9 (2019) Vol 8 No 8 (2019) Vol 8 No 7 (2019) Vol 8 No 6 (2019) Vol 8 No 5 (2019) Vol 8 No 4 (2019) Vol 8 No 3 (2019) Vol 8 No 2 (2019) Vol 8 No 12 (2019) Vol 8 No 11 (2019) Vol 8 No 10 (2019) Vol 8 No 1 (2019) Vol 7 No 9 (2018) Vol 7 No 8 (2018) Vol 7 No 7 (2018) Vol 7 No 6 (2018) Vol 7 No 5 (2018) Vol 7 No 4 (2018) Vol 7 No 3 (2018) Vol 7 No 2 (2018) Vol 7 No 12 (2018) Vol 7 No 11 (2018) Vol 7 No 10 (2018) Vol 7 No 1 (2018) Vol 6 No 9 (2017) Vol 6 No 8 (2017) Vol 6 No 7 (2017) Vol 6 No 6 (2017) Vol 6 No 5 (2017) Vol 6 No 4 (2017) Vol 6 No 3 (2017) Vol 6 No 2 (2017) Vol 6 No 12 (2017) Vol 6 No 11 (2017) Vol 6 No 10 (2017) Vol 6 No 1 (2017) Vol 5 No 9 (2016) Vol 5 No 8 (2016) Vol 5 No 7 (2016) Vol 5 No 6 (2016) Vol 5 No 5 (2016) Vol 5 No 4 (2016) Vol 5 No 3 (2016) Vol 5 No 2 (2016) Vol 5 No 12 (2016) Vol 5 No 11 (2016) Vol 5 No 10 (2016) Vol 5 No 1 (2016) Vol 4 No 9 (2015) Vol 4 No 8 (2015) Vol 4 No 7 (2015) Vol 4 No 6 (2015) Vol 4 No 5 (2015) Vol 4 No 4 (2015) Vol 4 No 3 (2015) Vol 4 No 2 (2015) Vol 4 No 12 (2015) Vol 4 No 11 (2015) Vol 4 No 10 (2015) Vol 4 No 1 (2015) Vol 3, No 8 (2014) Vol 3 No 9 (2014) Vol 3 No 7 (2014) Vol 3 No 6 (2014) Vol 3 No 5 (2014) Vol 3 No 4 (2014) Vol 3 No 3 (2014) Vol 3 No 2 (2014) Vol 3 No 12 (2014) Vol 3 No 11 (2014) Vol 3 No 10 (2014) Vol 3 No 1 (2014) Vol 2 No 9 (2013) Vol 2 No 8 (2013) Vol 2 No 7 (2013) Vol 2 No 6 (2013) Vol 2 No 5 (2013) Vol 2 No 4 (2013) Vol 2 No 3 (2013) Vol 2 No 2 (2013) Vol 2 No 12 (2013) Vol 2 No 11 (2013) Vol 2 No 10 (2013) Vol 2 No 1 (2013) Vol 1 No 2 (2012) Vol 1 No 1 (2012) More Issue