Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya
Vol 5 No 3 (2019): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Agustus)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING SECARA KLASIKAL DI KELAS BAWAH SDN 6 TELAGA BIRU

Towalu, Suriati Isa (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses peserta didik pada mata pelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian, jumlah peserta didik yang memiliki hasil belajar kognitif dengan kategori baik sebanyak 48% pada siklus I dan 88% pada siklus II. Adapun jumlah siswa dengan keterampilan proses berkategori baik mengalami peningkatan dari 48% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar afektif siswa dengan kategori baik mengalami peningkatan dari 20% pada siklus I menjadi 92% pada siklus II. Kata kunci: hasil belajar, keterampilan proses, metode penemuan terbimbing

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ideas

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ideas adalah sebuah jurnal online berbasis OJS yang memfasilitasi publikasi artikel ilmiah dari hasil penelitian. Hasil penelitian dapat berupa hasil penelitian mandiri atau kolaboratif. Peneliti dapat berasal dari berbagai kalangan seperti guru, dosen, mahasiswa, atau praktisi. Fokus ...