Empathy : Jurnal Fakultas Psikologi
Vol 2 No 1 Juli 2013

STRATEGI REGULASI EMOSI PADA ANAK KELAS V SD

Aftrinanto, Zuhdan (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2013

Abstract

ABSTRAK  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi regulasi emosi apa yang digunakan anak untuk menghadapi peermasalahan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Metode analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan metode analisis analisis data fenomenologi. Subjek pada penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah anak yang masih duduk di bangku kelas V SD. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa anak kelas V SD dapat melakukan strategi regulasi emosi dengan baik. kelima strategi yaitu situation selection, situation modification, attentional deployment, cognitive change, ataupun response modulation dapat digunakan anak kelas V SD dalam melakukan strategi regulasi emosi. Strategi attentional deployment adalah yang paling sering digunakan oleh ketiga subjek dibanding dengan strategi regulasi emosi lainnya. Kata kunci     :  Anak Kelas V SD, Strategi Regulasi Emosi 

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

EMPATHY

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal EMPATHY adalah jurnal yang menerbitkan karya ilmiah mahasiswa psikologi Universitas Ahmad Dahlan. Terbit 2 kali dalam setahun. Menerbitkan karya ilmiah ilmu psikologi yang mencakup semua cabang ilmu psikologi yaitu psikologi klinis, psikologi sosial, psikologi perkembangan, psikologi ...